Uncategorized

Resep Kare Ayam

By on January 3, 2017
Sudah lama sekali mami ga posting resep masakan di blog yaa. Hehehe. Tapi mami tetep posting kok di IG. Sekarang lagi jarang posting di blog. Mami sering bgt ga ada waktu buat ngeblog. Huhuhu. Padahal kangen banget nulis. Udah ah, yuk diliat resepnya. Siapa tau ada yang butuh inspirasi masak ayam untuk hari ini. Bosen kaaan kalo cuma dibikin ayam goreng doang. Hehehe.
Kare ayam
Sumber: https://cookpad.com/id/resep/1213196-kare-ayam-tahu-resep-ala-ibu
(Dgn sedikit modifikasi)

Bahan:
  1. 500 gr ayam, potong sesuai selera
  2. 1/2 btr kelapa parut ambil santannya (me: 1 bks kara 65ml)
  3. 2 lbr daun jeruk
  4. 2 lbr daun salam
  5. 2 btg serai, geprek
  6. Garam gula merica
  7. Air
  8. Minyak sayur
Bumbu halus:
  1. 4 siung bawang putih
  2. 5 btr bawang merah
  3. 1 ruas jahe
  4. 1 ruas lengkuas
  5. 1/2 sdt letumbar
  6. 1 sdt jinten
  7. 1 ruas kunyit
Cara membuat:
1. Goreng ayam sampai kecoklatan, sisihkan. (Me: ayam dikukus)
2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan sereh sampai harum
3. Masukkan ayam. Tambahkan air secukupnya. Tambahkan garam, gula, dan merica
4. Setelah empuk tambahkan santan, koreksi rasa, dan rebus sampai mendidih
5. Angkat dan taburi dgn bawang goreng

Continue Reading

Uncategorized

Resep Kaki Naga Ayam Udang

By on July 18, 2016
Namanya begimana sih itu ya kaki naga, ayam, udang juga. Hihihi. Kenapa ya makanan ini dinamain kaki naga 😀 Mami bikin kaki naga beberapa hai sebelum lebaran. Trus mami frozen. Niatnya emang buat nyetok. Karena kan kalo lebaran gitu tukang ayam dan tukang sayur gada yang jualan. Di spm ajah kosong. Terus mami sengaja juga nyiapin buat dibawa pas lebaran. Kan mami nginep di rumah enain nya Kenzie. Biar makanan Kenzie tetep kejaga, jadi mami udah siapin deh tuh. Ada bakso dan sayur frozen juga. Namanya lebaran pasti menunya santan dan pedas, ga bisa banget buat Kenzie. Daripada tar bingung dia makan apa mendingan mami siapin aja deh. Masaknya juga tinggal goreng dan cemplungin aja karena semuanya udah diproses terebih dahulu.
Ribet ya? Iyah emang ribet. Tapi lebih ribet lagi kalo pas waktunya anak makan, eh makanannya gak cocok. Atau lagi keliling ke rumah keluarga. Jadi mending bekel kaaan. Hihihihi.
Ini mami bikin kaki naga pakai resepnya @wenicitra. Enak dan haruuum. Kapan-kapan mau bikin lagi ah buat stok. Nanti juga pas mami lahiran nyetok ini aja buat makan sehari-harinya Aa.
Resep Kaki Naga Ayam Udang ala @wenicitra
 
Bahan:
250 gr daging ayam, haluskan
100 gr udang, haluskan
2 sdm tepung terigu
2 sdm tepung sagu
1/4 siung bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, haluskan
1 btr telur ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
1/2 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
15-20 stik eskrim

Bahan pelapis:
1 btr telur kocok lepas
Bread crumbs secukupnya

Cara membuat:
1. Campur daging ayam, udang, dan bawang putih yang semuanya sudah dihaluskan. Aduk sampai tercampur rata
2. Tambahkan semua bahan lain kecuali tepung sagu dan terigu. Aduk rata kembali.
3. Campurkan tepung terigu dan tepung sagu, aduk rata
4. Panaskan kukusan hingga air mendidih dgn api sedang, lalu siapkan pinggan tahan panas yg sudah diolesi minyak
5. Beri minyak pada tangan agar tidak lengket. Ambil 1 sdm adonan dan bentuk bulat memanjang lalu beri tusulan utk pegangan. Lakukan sampai adonan habis. Kukus 30 menit
6. Dinginkan di suhu ruangan lalu celupkan ke kocokan telur dan balur sgn breadcrumbs
7. Goreng dgn api sedang hingga berwarna keeemasan

Continue Reading

Uncategorized

Resep Muffin Coklat Lembut

By on
Lagii, si Aa minta cemilan. Demi Aa yaaa mami bikinin. Dan alhamdulillah si Aa doyan. Hihihi.
Ini muffinnya lembut loooh, ga yang keras gitu, rasanya juga nyoklat banget. 
Resep Muffin Coklat Lembut
Sumber : @tintinrayner .
 
Bahan:
50 gr tepung maizena
3 sdm coklat bubuk
100 gr gula palem (karena ga ada, mami ganti gula pasir halus)
225 ml susu cair
75 gr butter
125 gr dark cooking chocolate
75 ml minyak sayur
2 btr telur
110 gr gula pasir halus
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder double acting

Cara membuat:
1. Campur tepung maizena, gula palem, coklat bubuk, dan susu cair. Masak di atas api kecil. Sampai meletup dan kental licin.
2. Masukkam dcc dan butter, aduk sampai licin. Matikan api
3. Masukkan 1 butir telur dan minyak, aduk sampai rata
4. Masukkan 1 butir telur dan gula pasir halus, aduk sampai rata
5. Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata
6. Tuang ke dalam cup muffin. Beri taburan sesuai selera
7. Panggang selama 25-30 menit dengan suhu 180dc.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Donat Empuk

By on
Aa lagi pengen ngemil mulu. Dikit-dikit buka kulkas nyari makanan. Bikinin donat deh kesukaan Aa. Cobain resepnya mbak @iha.irawan, beneran enak loh si donatnya. Bikinnya juga gak ribet, cuma bikin berotot ajah. Hahaha. Si Aa sekali makan abis 3 donat. Ga sia-sia mami sampe pegel tangannya. Hahahah.
Resep Donat empuk 
Sumber: @icha.irawan
 
Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi (me: sedang)
125 ml air hangat
3 gr fermipan
2,5 sdm gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 kuning telur
40 gr margarin, lelehkan

Cara membuat:
1. Siapkan air hangat, masukkan 2 sdm tepung terigu, gula, dan fermipan. Aduk rata perlahan
2. Masukkan campuran air hangat ke dalam wadah tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni. Masukkan susu, margarin, kuning telur. Uleni sampai kalis elastis
3. Bulatkan adonan, tutup dgn kain diamlan 45 menit sampai mengembang 2x lipat
4. Bagi adonan masing2 40gr, bulatkan adonan. Tutup lagi adonan lalu biarkan sampai mengembang
5. Bolongi menggunakan kepala botol
6. Goreng donat dalam minyak panas dgn api kecil

Continue Reading

Uncategorized

Resep Risol Isi Sayur

By on
ampun deh ah mami mah. Kalo kepengen sesuatu ya langsung ke dapur bikin. Kmaren kepengen risol kaya yang dijual-jual gitu. Risol isi sayur yang mericanya kerasa banget. Trus bikin deh mami. Padahal badan lelah loh ini, tapi masiiih aja betah maen ke dapur. Ampuuuun.

Risol Isi Sayur

Bahan kulit :
300 ml air
150 gr terigu protein sedang
1 sdm margarin cairkan
1 butir telur
1 kuning telur
3/4 sdt garam
Cara membuat :
1. Tuang terigu dalam wadah lalu lubangi tengahnya, tuangi air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk sampai terigu dan air tercampur rata dan halus
2. Masukkan telur dan kuning telur sambil diaduk rata, masukkan garam dan margarin cair aduk hingga rata dan halus
3. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, tuangi dengan sesendok adonan kulit lalu ratakan dengan cara memutar wajan hingga rata. Biarkan sampai matang pinggirannya mulai kering. Angkat. Lakukan sampai adonan kulit habis.

Bahan tumis sayuran:
3 bh wortel, potong dadu kecil
2 bh kentang, potong dadu kecil
2 btg daun bawang, iris tipis
1/2 bh bawang bombay, potong dadu kecil
3 siung bawang putih, cincang
Garam, gula, merica secukupnya
50 ml air
Minyak secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan wortel dan kentang
2. Tambahkan air, garam, gula, merica. Masak sampai air meresap
3. Terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar. Angkat, sisihkan.

Bahan pelapis:
1 btr telur, kocok lepas
Tepung roti

Penyelesaian:
1. Ambil 1 lembar kulit lalu isi dengan 1 sdm tumisan sayur
2. Lipat kulit risol
3. Lumuri dengan kocokan telur dan balur dengan tepung roti
4. Goreng sampai berwarna kecoklatan. Angkat, sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Soto Kuning Daging

By on July 15, 2016
Sebenernya sih kepengennya makan soto kuning yang isinya babat atau kikil. Tapi karena males banget bersihin babat dan kudu beli kikil ke spm, jadinya pake daging aja yang ada di warung Hehehe. Hamil ini seneng banget makan soto kuning. Pakein jeruk limo sama sambel terus kecapin dikit. Mantaaap!
Soto Kuning Khas Bogor
Sumber: www.diahdidi.com

bahan :
250 gram daging bagian tetelan, potong-potong
250 gram jerohan campur, babat, iso, ati ( rebus dulu hingga setengah empuk ), potong-potong
-saya 500gr daging
1500 ml santan kental
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk, buang tulang
2 cm jahe, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa
2 sendok teh garam ( secukupnya )
1 blok bumbu kaldu rasa sapi
1 sendok makan gula pasir

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sendok teh ketumbar sangrai
3 cm kunyit, bakar
1/4 sendok teh merica butiran

Pelengkap :
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang sledri, potong-potong halus
Emping melinjo secukupnya
Sambal rawit, kecap, secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
  2. Masukkan daging dan jerohan
  3. Masukkan santan dan semua bumbu lain
  4. Masak hingga bumbu meresap dan daging empuk
  5. Masukkan daun bawang dan sledri
  6. Sajikan dengan nasi putih, dan pelengkap sesuai selera

Continue Reading

Uncategorized

Resep Udang Saus Tomat

By on
Si Aa minta dimasakin udang tapi mami bosen kalo cuma di tumis saus tiram gitu. Trus main deh ke IG nya @dabeldi_kitchen, dia share resep udang. Mami bikin juga ah, tapi bumbunya pake saus tomat aja soalnya kan buat Aa.
Udang saus tomat
Bahan:
500 gr udang, buang kepala dan kupas kulit
1/2 bh bawang bombay, iris
2 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, geprek
2 btg daun bawang, potong2
6-8 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
Garam gula merica secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan jahe.
2. Masukkan udang, masak sampai udang berubah warna
3. Tambahkan saus tomat, saus tiram, garam, gula, merica, dan air
4. Masukkan daun bawang. Masak sampai udang matang dan kuah agak mengental

Continue Reading

Uncategorized

Resep Oat Tofu Bokchoy

By on

Beberapa minggu yang lalu mami ikutan kuis recook nya Quaker Oat. Disuruh recook menu Quaker Oat Tofu Bokchoy. Ternyata oat bisa juga dicampur sama sayur dan tofu yaaa. Dulu pernah sih pas Kenzie MPASI mami campur oat pake sayur dan lauk kaya ayam atau telur. Mami pikir itu aneh, tapi ternyata bisa dimasak dengan sayur dan lauk.

Sampe sekarang belum ada pengumumannya nih. Hiks. Semoga mami menang yaaa..

Ini bisa juga buat menu mpasi, tinggal disesuaikan saja garamnya, potongan tofu dan sayur disesuaikan juga dengan tekstur makan si anak.

Quaker Tofu Bokchoy Asian Style (1 porsi)
Bahan:
5 sdm quaker oat quick cooling oatmeal
200 ml air kaldu
1 siung bawang putih, cincang
2 sdm daging sapi cincang
30 gr tofu, potong dadu
4 btg bokchoy, potong-potong
1 bh wortel ukuran kecil, potong-potong. Kukus atau rebus terlebih dahulu
1 btg daun bawang, iris tipis
Garam dan merica secukupnya
1/4 sdt minyak wijen
1 sdt utk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, masak sampai daging matang
2. Tambahkan air kaldu, masukkan quaker oat quick cooking oatmeal
3. Tambahkan tofu, garam, merica, dan minyak wijen. Aduk-aduk
4. Masukkan daun bawang, daun bokchoy, dan wortel
5. Masak hingga tekstur mengental dan sayur matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Buko Pandan

By on
Akhirnyaaaa mami bikin juga si buko pandan ini. Awalnya @wenicitra yang bikin si buko. Dibawa ke ultahnya Atiqah, pada nyobain lah para macan. Karena mami ga dateng ke ultah atiqah jadinya ga icip deh. Di grup rame pada ngomongin si buko ini enak. Trus di IG juga udah berseliweran foto-foto si buko. Penasaran kan mami, akhirnya bikin juga deh. Dan nyesel banget baru nyoba sekarang. Ternyata buko pandan ini emang enak banget. Papi ajah doyan! Simpel pula bikinnya, tinggal campur-campur aja. Hehehe.
Resep Buko Pandan

Bahan:
1 kaleng susu evaporated
2 bks susu kental manis
10 lbr daun pandan blender dgn sedikit air matang. Saring, ambil sarinya
2 cup sagu mutiara, rebus sampai matang
2 cup nata de coco
Daging kelapa muda dr 1 bh kelapa
1 bks nutrijel plain, masak dgn air kelapa muda + tambah air sesuai takaran
Keju parut

Cara membuat:
1. Masak nutrijel, biarkan mengeras. Potong dadu
2. Campurkan semua bahan, aduk rata.
3. Dinginkan dalam kulkas
4. Saat disajikan beri topping keju parut

 Coba bikin deh, asli ini enak banget. Rasanya creamy dan aroma pandannya itu looh. Tuh kan jadi pengen bikin lagi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Paria Saus Tiram

By on
Bosen sama tumis paria yang pake teri gitu. Akhirnya mami tumis aja pake saus tiram. Heheheh
Resep Tumis Paria Saus Tiram

Bahan:
2 bh paria, bersihkan, potong2 lalu remas dgn garam sampai layu
2 sdm saus tiram
Garam gula secukupnya
Air secukupnya
Minyak secukupnya

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
3 bh cabai merah besar
5 bh cabai rawit merah

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai matang
2. Masukkan paria
3. Tambahkan garam gula, saus tiram, dan air, koreksi rasa
4. Masak sampai kuah menyusut

Continue Reading