Uncategorized

Review MPASI 6 Bulan Kenzie

By on September 20, 2012
Alhamdulillah terlewati sudah sebulan pertama MPASI Kenzie. Selama sebulan itu pula saya selalu mencari ide dan informasi tentang menu MPASI untuk usia 6 bulan. Awalnya sih saya udah bikin jadwal dan menu untuk satu bulan tapi pada kenyataannya jadwal tersebut jadi kacau. Hihihi. Misalnya tadinya besok mau makan buah pisang, eh di supermarketnya gak ada, ya jadi harus cari buah yang lain.
Jadi, apa aja ya makanan yang udah Kenzie makan selama sebulan? Ini nih.
  • Buah: alpukat, melon, pisang, pepaya, pear, jeruk baby
  • Sayur: kabocha, kentang, timun jepang
  • Serelia: bubur beras merah, bubur tepung pisang, bubur kacang hijau, bubur beras putih, bubur beras coklat
Warna kuning: makanan pencetus alergi
Warna hijau: makanan favorit Kenzie
Warna ungu: makanan yang ga disukai Kenzie
Dan ini jadwal serta menu MPASI 6 bulan Kenzie.

Awalnya saya menerapkan menu yang sama selama 3 hari, tapi kesana-sananya sih kadang 1 hari sudah ganti menu. Kalau Kenzie gak suka sama makanannya ya besoknya saya ganti. Seperti waktu makan puree pear, suapan pertama ekspresinya aneh. Suapan kedua mulut ditutup rapat-rapat. Wah Kenzie ga suka sama buah pear. Jadi ya besoknya saya ganti.

Lucu liat ekspresi Kenzie setiap dikasih menu baru. Pasti ekspresi disuapan pertama itu aneh. Tapi suapan-suapan selanjutnya sih lancaaaar. Saya gak pernah memaksa Kenzie untuk makan banyak. Kadang tetangga bilang “Kok sedikit sih makannya”, “Tanggung makannya sedikit lagi, abisin aja”. Kalau Kenzie sudah keliatan gak mau makan ya saya berentiin makannya. Saya gak mau bikin Kenzie merasa terpaksa untuk makan. Selama ada beberapa suapan yang masuk ya gak masalah.


Saya juga mau membuat Kenzie disiplin dalam hal makan. Saya gak mau Kenzie makan sambil diajak jalan-jalan atau main. Takutnya nanti kebiasaan, kalau mau makan harus diajak main. Setiap makan Kenzie selalu saya dudukkan di baby bouncer, di stoller, atau dipangkuan papi atau neneknya. Di pangkuan ya bukan di gendongan. Jadi Kenzie sudah terbiasa kalau makan ya harus duduk. Pengen sih beli hi-chair untuk makan itu. Masih dalam proses diskusi dengan papi nih. Hehe. Tadinya mau sewa ajah tapi dipikir-pikir ya mending beli sekalian. Kalau sewanya lebih dari sebulan kan lumayan juga keluar uangnya tapi barang bukan punya kita 😀

Selama MPASI pup Kenzie masih tidak teratur juga. Kadang setiap hari pup dan paling lama 3 hari sekali pup nya. Sampai akhirnya Kenzie mengalami sembelit. Pupnya keras dan sedikit. Tumben banget Kenzie kok rewel gak mau ditaro di tempat tidur. Pas saya gendong dia mulai ngeden. Mukanya merah dan seperti menahan sakit. Pas saya taro di kasur saya lihat ternyata Kenzie pup sedikit serta keras. Saya angkat kakinya dan agak sedikit saya  buka lubang anusnya. Pupnya keluar lagi, keras dan agak sedikit berdarah. Waaah ga tega banget liatnya. Besok paginya Kenzie 2 kali pup dengan tekstur yang sama dan hanya sedikit. Langsung deh sarapan dan makan siangnya saya kasih puree pepaya. Asupan air putih juga saya banyakin dari biasanya. Ada kemungkinan bayi yang mengalami sembelit saat sudah MPASI karena kurangnya asupan air putih. Dan hasilnya pupnya langsung lembek. Siang dan sore Kenzie pup dengan tekstur lembek dan banyaak. Alhamdulillah.


Yang paling bikin saya merasa bangga sendiri adalah saya berhasil TIDAK memberikan bubur susu instan untuk Kenzie. Semuanya saya buat sendiri. Yeaayy!! Pdahal orang-orang selalu nanya “kapan makan bubur cerelac?” “udah makan biskuit milna?” -maap ya nyebut merk- 😛 Pernah sih lagi gak dapet ide mau bikin makanan apa, kepikiran tuh ngasih bubur susu instan merk-merk itu. Eh tapi, saya mikir gini “harus semangat. harus bisa bikin makanan yang sehat untuk Kenzie”. Gak jadi deh bikin bubur susu instan. Bukan berarti saya anti sama bubur instan ya, ga berarti bubur instan itu jelek. Tapi saya ini Full Time Mother, masa iya saya males bikin makanan yang sehat untuk Kenzie. Kerjaan saya kan cuma ngurusin Kenzie.Yang working mom aja bisa bikin homemade masa saya nggak 😛 Kecuali kalau bener-bener ga bisa bikin makanan sendiri baru deh pake yang instan. Hehehe

Nah, sekarang masuk ke usia 7 bulan saya harus terus menerus mencari ilmu dan menu baru untuk MPASI  usia 7 bulan. Tekad saya, saya harus memberikan makanan yang sehat untuk Kenzie. Makanan homemade.  Bahan-bahannya gampang kok dicarinya. Tinggal ke warung sayur. Hehe. Semangat untuk saya!! Sehat selalu untuk Kenzie!!

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puree Timun Jepang

By on September 18, 2012
Menu kali ini adalah puree sayuran. Saya coba bikin puree timun jepang.
Bahan:
  1. 1 buah timun jepang
Cara Membuat:
  1. Kupas kulit timun jepang, buang bijinya dan potong kecil-kecil
  2. Kukus timun jepang selama 3-5 menit
  3. Blender timun jepang yang sudah dikukus
Tadinya saya gak mau pakai blender tapi banyak yang bilang agak susah kalau dihaluskan dengan menggunakan saringan kawat. Saat diblender saya menambahkan sedikit air matang agar mudah hancur.
Reaksi Kenzie: Di 3 suapan pertama ekspresi Kenzie aneh 😀 Tapi kesananya lahaaaap. Selama 2 hari makan puree ini Kenzie pup dengan tekstur keras dan lembek.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puree Kabocha + ASI

By on September 3, 2012
Bubur beras merah disembur, puree kentang disembur juga. Waduuuh.. Kenzie gak suka ya? Gak apa-apa. Hari ini kita coba puree kabocha yaaa.. Anaknya temen ada yang suka banget sama puree kabocha jadi saya penasaran pengen coba buat makan Kenzie.
Ini dia penampakan kabocha. Saya beli 1/4 dari 1 buah. Kenzie makan  1/4 nya dari 1/4buah.. 😀
Bahan:
  1. 5 potong kabocha
  2. ASI
Cara membuat:
  1. Kukus kabocha selama 5 menit, kulit dan biji tidak perlu dibuang terlebih dahulu. Kulit lebih mudah dikupas setelah dikukus.
  2. Haluskan menggunakan saringan kawat
  3. Tambahkan ASI sampai kekentalan sesuai dengan yang diinginkan
Daaan inilah ekspresi Kenzie saat makan puree kabocha + ASI 😀
Yup, Kenzie gak suka kabocha.. sembur-sembuuur.. Udah masuk mulut dilepehin lagi. Tapi tetep berhasil masuk beberapa suap sih. Lumayaaan.. Nah, pas makan siang, puree kabocha saya campur dengan puree pepaya. Kenzie lebih lahap makannya. Mungkin rasanya lebih manis setelah dicampur pepaya. Yeaaay makan siangnya banyaaak..
Reaksi Kenzie: Di hari Kenzie makan puree kabocha, Kenzie tidak pup. Kenzie gak lahap kalau cuma makan kabocha, kalau dicampur yang lain agak lahap makannya.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puree Kentang + ASI

By on
Hiks.. Bubur beras merah yang dimakan Kenzie sukses disembur-sembur :(( Baiklah, mari kita coba menu karbohidrat lainnya. Kali ini saya coba bikinin puree kentang + ASI untuk Kenzie.
Bahan:
  1. 1 buah kentang yang kecil, kupas kulitnya
  2. ASI
Cara membuat:
  1. Kukus kentang
  2. Haluskan dengan menggunakan saringan kawat
  3. Tambahkan ASI sampai kekentalannya sesuai dengan yang diinginkan
Suapan pertama, ekspresi mukanya aneh. Suapan kedua, masih aneh juga. Suapan tiga, puree nya didorong pake lidah. Huaaaa… sepertinya Kenzie gak sukaaa. :((  Walopun gak lahap makannya tapi masih ada yang ditelen. Makan siang dicoba lagi makan puree kentang ini, eeeh masih gitu juga. Oke nak, besok mari kita coba menu lainnya.
Reaksi Kenzie: Setelah makan puree kentang Kenzie pup, teksturnya padat berwarna kuning dan ada juga lendirnya berwarna hijau berampas. Selain itu, di jidatnya beruntusan, mungkin alergi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puree Pepaya

By on August 30, 2012
Mariiii kita coba menu baruu. Kali ini menu makan Kenzie adalah puree pepaya. Karena sudah mulai makan dua kali, puree pepaya dimakan saat pagi. Siangnya Kenzie makan tepung gasol beras merah. Review tepung gasol kita bahas nanti yaaa.. 😉
Puree pepaya tidak perlu dicampur ASI karena kekentalannya sudah cukup. Saya menggunakan pepaya california yang sudah matang, rasanya manis.
Saya membutuhkan beberapa potong pepaya, lalu dihancurkan di saringan kawat. Udah deh jadi. Ga ribet bikin puree itu. hehehe.
Wuiiih Kenzie lahap bangeeeet makan puree pepaya. Mungkin karena rasanya yang manis kali ya. Kenzie makan puree pepaya selama 3 hari. Dan selama 3 hari itu juga dia lahap makannya.
Reaksi Kenzie: Katanya pepaya bisa bikin pup lancar. Hari pertama makan pepaya Kenzie memang pup, warnanya kuning kehijauan dan ada sedikit warna merah. Teksturnya seperti puree pepaya, lembek,  beda seperti sebelum-sebelumnya yang teksturnya padat. Tapi 2 hari kemudian Kenzie gak pup. Tapi walaupun Kenzie pupnya tidak teratur dia ak pernah nangis saat pup, artinya Kenzie tidak mengalami sembelit

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puree Melon

By on August 27, 2012
Dari sebelum memulai MPASI saya sudah membuat jadwal menu MPASI untuk Kenzie. Sayangnya karena lebaran, banyak tukang buah yang gak jualan. Di supermarket pun buah yang tersedia cuma sedikit. Jadi banyak perubahan jadwal menu MPASI Kenzie.

Ini dia menu makan Kenzie yang ketiga. Puree Melon. Kok ketiga? Yang kedua mana? Yang kedua lupa difoto jadi ga bisa saya ceritain deh. Kan gak asik kalau gak ada fotonya. Hehehe. Menu makan yang kedua adalah puree pisang+ASI. Nanti kalau Kenzie makan puree pisang lagi bakal saya tulis disini 😉

Perlatan yang digunakan untuk membuat puree melon+ASI masih sama dengan perlatan yang digunakan sebelumnya. Cuma media pemberiannya saya tidak menggunakan piring dan sendok. Tekstur puree melon cair, sama seperti jus melon hanya lebih kental sedikit. Saya menggunakan botol yang ada sendoknya biar mudah memberikannya kepada Kenzie.
Bahan untuk membuat puree melon:
  1. Buah melon potong kotak-kotak sedang, ambil sekita 4-6 kotak. Ambil bagian yang agak lembek jangan terlalu dekat dengan kulitnya. Ada yang bilang melon perlu dikukus terlebih dahulu. Kalau saya sih gak saya kukus karena melon sudah matang.

Cara membuat:

  1. Haluskan melon dengan saring kawat. 

Puree melon tidak saya campur dengan ASI karena teksturnya sudah cair.

Kenzie makan puree melon selama dua hari. Dan dihari kedua kenzie sudah mulai makan 2x sehari. Kenapa? Karena kenaikan berat badan Kenzie selama sebulan hanya 200gram. Kata dokter Kenzie sudah mulai aktif jadinya kenaikan berat badannya hanya sedikit. Jadi, Kenzie sudah mulai makan 2x sehari. Ok dok!
Reaksi Kenzie: Kenzie suka sama puree melon. Tapi tidak selahap puree alpukat+ASI dan puree pisang+ASI. Mungkin karena teksturnya yang cair. Pup Kenzie teksturnya masih sama dengan tekstur pup sebelumnya.

Continue Reading

Uncategorized

MPASI Pertama Kenzie: Puree Alpukat+ASI

By on
Yeaaayy, aku makaaaan
Yeaay.. Akhirnya Kenzie makan. Ya, Kenzie sudah mulai makan karena usianya sudah 6 bulan. Dari Kenzie umur 4 bulan saya sudah mulai belajar tentang Makanan Pendamping ASI (MPASI). Mulai mencari informasi tentang MPASI dan juga gabung ke dalam milis mpasirumahan . Saya juga rajin baca-baca web  http://mpasirumahan.blogspot.com/ Saya ingin memberikan mpasi yang sehat. Sebisa mungkin jarang sekali memberikan Kenzie bubur susu instan. Jadi saya mulai mempelajari bagaimana membuat puree, bubur saring, menu makan untuk MPASI awal, peralatan MPASI, dan lain-lain.
Sebagai MPASI awal ada beberapa pendapat, ada yang memulai dengan buah dan ada yang memulai dengan serelia. Namun, ada yang bilang serelia kadang bisa membuat sembelit. Nah loh.. akhirnya saya memilih buah. Saya takut Kenzie jadi susah pup. Belum makan saja Kenzie pup-nya tidak teratur. Jadi pilihan pertama saya jatuh pada puree alpukat. Ada yang bilang buah adalah makanan yang paling mudah dicerna.
Degdegan juga sih rasanya mau ngasih makan Kenzie. Kira-kira Kenzie suka gak ya? Nanti ada efek apa ya setelah makan? Nanti pup-nya jadi susah gak ya? Tapi saya juga begitu semangat ingin memberi Kenzie makan. Papi juga excited ketika Kenzie mau makan. Untungnya MPASI pertama Kenzie pas banget sama lebaran, jadi papi ada di rumah dan bisa lihat Kenzie makan.
Puree Alpukat+ASI saya berikan selama 3 hari, harusnya sih mengikuti “aturan tunggu 4 hari”, tapi kayanya kelamaan hehe. Jadi ya cuma 3 hari deh. Awal makan saya cuma kasih 3 sendok makan bayi. Kenzie lahap banget makannya. Gak ada tuh yang namanya disembur. Alhamdulillah banget.
Ini nih peralatan dan perlengkapan  yang saya pakai buat bikin MPASI Kenzie. Ada saringan kawat, mangkok dan sendok, ASIP, dan alpukat. Alpukat saya hancurin pakai saringan kawat dan sendok besi.  Saya tidak menggunakan stik kayunya karena takut ada yang menempel di puree nya nanti. Menurut yang saya baca kalau bisa jangan pakai blender. 
Cara membuatnya sangat mudah loh.
Bahan: 
  1. 1/2 buah alpukat mentega
  2. ASIP

Cara Membuat:

  1. Kerok alpukat bagian tengahnya, kalau bisa jangan sampai yang dekat dengan kulitnya.
  2. Haluskan dengan menggunakan saringan kawat
  3. Tambahkan ASIP secukupnya sampai kekentalan puree sesuai dengan yang diinginkan.

Daaaann inilah puree alpukat+ASI untuk Kenzie.. Nyamnyamnyaaaam…

Di usia 6 bulan ini sudah boleh dikenalkan dengan air putih. Kenzie diberi air putih saat makan untuk membantu proses makannya.
Selamat makan ya Kenzie. Semoga kamu selalu suka sama makanan yang mami buat. Makan yang lahap ya.. :*
Reaksi Kenzie: Kenzie suka sekali dengan puree alpukat. Sampai 3 hari makan alpukat Kenzie selalu lahap. Di hari MPASI pertama Kenzie gak pup. Tapi dihari kedua Kenzie sudah pup. Pupnya sudah mulai padat berwarna kuning dan ada juga yang agak cari berwarna hijau ada biji cabainya.

Continue Reading