Uncategorized

Perkembangan Keana Alesha

By on November 29, 2017
Assalamualaikum..
Yak ampuuun mami gak pernah update lagi perkembangan adek Keana ya. Hhuhu. Jadi mari kita rangkum aja disini. Terakhir mami cerita tentag keana  4 bulan.

KEANA ALESHA 5 BULAN

Alhamdulillah dr umur 4 ke 5 bulan ini naiknya banyak walo ga sampe 1kg ya dek. Trus ternyata bulan lalu itu tingginya 65 bukan 68, mami salah liat 😂😂 jadi hari ini tadi diukur usia 5 bulan BB 7,8kg dan TB 67cm.
Tapi sediiih di bulan ke 5 keana batuk berdahak gitu dan meler idungnya. Hiks. Kasian liatnya 😭😭 Ketularan Aa plus 2 hari kecapean dan ketemu byk orang pas nikahan om nya. Udah gitu, si Aa di rawat, alhasil adek ikut dibawa nginep di RS. Batpil dan panas tinggi juga si adeknya. jadi turun banyak bb nya. turun 5gr. Potek hati mami. Hiks.

KEANA ALESHA 6 BULAN

Udah waktunya makan. Horeeee. Maminya excited bangeeet. Alhamdulillah
adek Keana makannya lahap banget. Apa yang mami bikin adek
mangap-mangap aja. Untuk bb nya ada peningkatan.

KEANA ALESHA 7 BULAN
Adek Keana udah punya 2 gigi  di umur 7 bulan. Gigi seri bawah udah tumbuh. Kayanya ini nih yang bikin Keana demam selama 3 hari. Sekarang alhamdulillah udah gak demam.

Berat badannya naik. Walo kurang bagus sebenernya, hiks. Bb adek cuma 7,9kg di usia 7 bulan 😥 Gara2 umur 5 blan kmren batpil berat bikin bb adek jd susah naik skrg.


Kayanya mami pusinh bgt ya urusan bb adek. Iyah pake banget! Soalnya ada target kenaikan berat badan yg harus dicapai. Itu jadi salah satu indikator tumbuh kembang anak. Makanya mami concern bgt buat masalah bb Keana.

Oh iya umur 7 bulan udah bisa panggil “mama” kalo pas lagi nangis. Sama kaya Aa, awalnya manggil mama. Udah duduk. Walo kalo mau posisi duduk masih dibantu tp kalo udah duduk udah tegak banget. Dan adek lebih seneng duduk daripada tengkurep.

KEANA ALESHA 8  BULAN
Perkembangan Keana di usia 7-8blan:
👧 Bb 8,2kg. Tb 68cm
👧 Duduk sendiri tanpa bantuan
👧 Merangkak
👧 Berdiri
👧 Melangkah kalau dipapah
👧 Marah kalau barang yang dipegang direbut
👧 Bisa Tepuk tangan
👧 Udah punya 2 gigi seri di bagian bawah
Dan di umur  bulan lebih adek Keana mulai kenal sama yang namanya GTM. Perjuangan mpasi adek Keana dimulai disini.

KEANA ALESHA 9 BULAN

Alhamdulillah diumurnya
8 bulan adek udah makin pinter. Cuma makannya aja yg lagi ga oke. Gtm
berkepanjangan hiks. Semoga 9 bulan udah lancar lg ya adek mamamnya.

.
👧 Bb: 8,5 kg PB: 71 cm
👧 lancar merangkak
👧 berdiri sendiri pegangan ke meja atau kursi
👧 mulai merambat
👧 senengnya di papah jalan
👧 lancar banget manggil mama. Apalagi kalo nangis minta nenen karna ngantuk, pasti dipanggil2 “maaa.. Mamaaaaa”
👧 bisa malu kalo ditanya orang. Senyum Tapi muka ditempelin ke pundak mami.
👧 makin nempel sama mami

KEANA ALESHA 10 BULAN

Drama GTM dan bb yang naik turun masih belom pergi juga di umur  bulan hiks. Semenjak kena batpil di umur 5 bulan, adek Keana jadi gampang banget kena batpil.

👧 bb: 8,4kg pb:
Drama bb kalo sakit hiks. Jd di 9 bulan udah 8,5 trus naik 8,7. Eeeh sakit turun 400gr. 😥😥
👧 giginya udah 3 setengah. Kenapa setengah soalnya gifi seri atas yang satunya baru nongol dikit sedangkan yg sebelahnya udah panjang 😂
👧 udah jago rambatan. Menjelajah kemana-mana
👧 udah bisa kisskiss mami, dadah, kiss bye, tepuk dada kalo ditanya mana keana alesha
👧 makin bawel. Paling fasih ngomong mama, papa, mamam, neh (nenen)
👧 makannya maunya sendiri alias BLW
👧 suka bgt sama lagu baby shar doo doo doo
👧 hobi video call papi. Liat hape langsung ambil dan bilang aooooh
👧 suka banget sama buku dan mainan aa

KEANA ALESHA 11 BULAN

👧 bb: 8,7kg
👧 gigi udah 4
👧 udah bisa berdiri sendiri sebenernya tp masih takut-takut
👧 kemarin bisa jalan sendiri lebih dari 3 langkah
👧 makin ga bisa jauh dari mami. Mami baru berdiri mau ke kamar mandi atau dapur udah ditangisin 😅
👧 kalo megang hape langsung tempelin ke kuling atau muka sambil bilang “haooo”
Masih nih gak mau makannya, cuma lumayan lah kadang lahap kadang ngga.

KEANA ALESHA  12 BULAN
Happy birthday adek Keana Alesha. Ya Allah waktu epat banget berlalu. Sekarang adek udah bukan bayi lagi ya dek. Doa mami adek sehat selalu, makan yang lahap, makin pinter, bahagia selalu. Mami papi aa sayang banget sama adek.

Continue Reading

Uncategorized

Keana 4 Bulan

By on January 25, 2017
haloo. Seperti biasa mami telat posting ulang bulannya Keana. Wakakakak. Gak apa-apa yaaa. Hihihi. Alhamdulillah nih Keana udah usia 4 bulan. Bener-bener gak kerasa. Perasaan baru lahiran deh kok udah 4 bulan aja ya. Dua bulan lagi MPASI, 6 bulan lagi umur 1 taun. Ya Allah time flies yes.

🌼 BB 7,0 kg. PB 68cm
🌼 seneng banget emutin jari
🌼 Mulai banyak ngoceh
🌼 Masih berusaha untuk tengkurep sendiri. Semangat adeeek 💪💪
🌼 Seneng maen sama boneka
🌼 Suka banget diajak maen sama Aa
🌼 Nangis kalo ditinggal sendirian. Beneran deh ini. gak mau banget ditinggalin sendirian. Mami tinggal bentar udah teriak-teriak dia.
🌼 Nangis kalo digendong sama orang lain

Pertambahan bb nya ga sampe 1kg untuk bulan ini. Cuma naek 700gr. Gak apa-apa masih oke banget kok. Walo dalem hati sebenernya pengennya 1 kg sih dek. Hahahaha. Ah segitu juga dah alhamdulillah ya Nak. Di plot ke GC juga bagus kok.

Growth Chart Keana 4 Bulan
Alhamdulillah Keana tumbuh sehat ya Nak. Mami doain adek cepet tengkurep sendiri yaaa. Keberatan pantat ya dek mau tengkurepnya Hahahahah.

Continue Reading

Uncategorized

Mengetahui Perkembangan Anak dengan Menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

By on July 16, 2012

Sebentar lagi usia Kenzie 5 bulan. Apa saja ya perkembangan yang sudah harus dicapai oleh Kenzie di usia 5 bulan? Sekarang, diusianya yang ke 4 bulan 27 hari, Kenzie sudah lancar tengkurap ke sisi kanan dan kiri, ngoceh, ketawa kalau diajak bercanda, merespon jika diajak ngobrol, dan mengambil benda yang ada di dekatnya. Lagi-lagi saya mencari tahu jawaban dari pertanyaan saya di atas dengan bertanya kepada dokter yang ada di twitter, yaitu @drOei . Lalu beliau menyarankan untuk mengisi Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) yang dimuat pada situs http://balitakami.wordpress.com/
Percakapan dengan @drOei
Saya akan share sedikit tentang KPSP ini. Untuk lebih lengkapnya kunjungi link: http://balitakami.wordpress.com/alat/kuesioner-pra-skrining-perkembangan-kpsp/comment-page-1/#comment-1728
Kuesioner Pra Skrining Perkembangan digunakan untuk mengetahui apakah perkembangan anak normal atau adanya penyimpangan. KPSP dibagi ke dalam beberapa usia anak: 3, 6, 9, 12, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, dan 72 bulan.

  • Bila anak berusia diantaranya maka KPSP yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak. Contoh: Bayi umur 7 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 6 bulan. Bila anak ini kemudian sudah berumur 9 bulan yang digunakan adalah KPSP 9 bulan
  • Bila umur anak lebih dari 16 hari dibulatkan menjadi 1 bulan. Contoh bayi umur 3 bulan 16 hari dibulatkan menjadi 4 bulan bila umur bayi 3 bulan 15 hari dibulatkan menjadi 3 bulan
  • Setiap pertanyaan hanya mempunya satu jawaban YA atau TIdak
  • Hitung jawaban YA (bila dijawab bisa atau sering atau kadang-kadang
  • Hitung Jawaban TIDAK (bila jawaban belum pernah atau tidak pernah)
  • Bila jawaban YA =9 -10, perkembangan anak sesuai dengan tahan perkembangan (S)
  • Bila jawaban YA = 7 atau 8, perkembangan anak meragukan (M)
  • Bila jawaban YA = 6 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P)
  • Rincilah jawaban TIDAK pada nomor berapa saja

Saat ini usia Kenzie 4 bulan 27 hari, jadi Kenzie menggunakan KPSP untuk usia 3 bulan. Berikut contoh pertanyaan KPSP untuk usia 3 bulan. 

KPSP usia 3 bulan
Alhamdulillah, semua pertanyaan di atas jawabannya YA. Berarti perkembangan Kenzie sesuai dan normal. Kenzie anak pintar.
Berikut link KPSP:


Jika masih ada perkembangan yang belum tercapai, maka anak perlu diberikan stimulasi. Situs  http://balitakami.wordpress.com/  juga memberikan informasi tentang stimulasi-stimulasi apa saja yang harus diberikan. Stimulasi dibagi menjadi beberapa range: 0-3, 3-6, 6-9, 9-12, 12-15, 15-18, 18-24, 24-36, 36-48, 48-60, dan 60-72 bulan.
Kenzie masuk ke dalam range usia 3-6 bulan. Berikut  stimulus-stimulus yang diberikan pada range usia 3-6 bulan yang saya kutip dari http://balitakami.wordpress.com/2008/09/12/stimulasi-pada-bayi-umur-3-6-bulan/
Gerak Kasar
Stimulasi perlu dilanjutkan.
– Berguling-guling
– Menahan kepala tetap tegak

Menyangga berat
Angkat badan bayi melalui bawah ketiaknya ke posisi berdiri. Perlahan-lahan turunkan badan bayi hingga kedua kaki menyentuh meja, tempat tidur atau pangkuan anda. Coba agar bayi mau mengayunkan badannya dengan gerakan naik turun serta menyangga sebagian berat badannya dengan kedua kaki bayi.
~ Wah, kalau latihan ini sih sering banget dan Kenzie suka. Kenzie kalau didiriin napak banget dan kayak yang mau loncat-loncat
Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala
Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.
~ Kalau latihan yang ini, leher Kenzie belum cukup kuat


Duduk
Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.
~ Kenzie masih latihan duduk dibantu bersandar ke bantal


Gerak Halus
Stimulasi yang perlu dilanjutkan
– Melihat, meraih dan menendang mainan gantung
– Memperhatikan benda bergerak
– Melihat benda-benda kecil
– Meraba dan merasakan berbagai bentuk permukaan


Memegang benda dengan kuat.
Letakkan sebuah mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah di tangan bayi. Setelah bayi menggenggam mainan tersebut, tarik pelan-pelan untuk melatih bayi memegang benda dengan kuat.
~Kenzie kuat banget kalau udah megang benda 

Memegang benda dengan kedua tangan.
Letakkan sebuah benda atau mainan di tangan bayi dan perhatikan apakah ia memindahkan benda tersebut ke tangan lainnya. Usahakan agar tangan bayi, kiri dan kanan, masing-masing memegang benda pada waktu yang sama. Mula-mula bayi dibantu, letakkan mainan di satu tangan dan kemudian usahakan agar bayi mau mengambil mainan lainnya dengan tangan yang paling sering digunakan.
~ Belum pernah coba. Yuk Kenzie kita coba 😉

Makan sendiri
Beri kesempatan kepada bayi untuk makan sendiri, mula-mula berikan biskuitnya sehingga bayi bisa belajar makan biskuit.
~ Nanti yah nak kalau sudah 6 bulan, sabaaar 1 bulan lagi

Mengambil benda-benda kecil
Letakkan benda kecil seperti remah-remah makanan atau potongan-potongan biskuit di hadapan bayi. Ajari bayi mengambil benda-benda tersebut. Jika bayi telah mampu melakukan hat ini, jauhkan pil, obat dan benda kecil lainnya dari jangkauan bayi.
~ Untuk 6 bulan juga 😉

Bicara dan Bahasa

Stimulasi yang perlu dilanjutkan
– Berbicara
– Meniru suara-suara
– Mengenali berbagai suara.

Mencari sumber suara
Ajari bayi agar memalingkan mukanya ke arah sumber suara. Mula-mula muka bayi dipegang dan dipalingkan perlahan-lahan ke arah sumber suara, atau bayi dibawa mendekati sumber suara.
~ Kenzie sudah mahir dalam hal ini. Kenzie bakal nengok kalau dipanggil namanya

Menirukan kata-kata.
Ketika berbicara dengan bayi, .ulangi beberapa kata berkali-kali dan usahakan agar bayi menirukannya. Yang paling mudah ditirukan oleh bayi adalah kata papa dan mama, walaupun ia belum mengerti artinya.
~ Sepertinya belum waktunya untuk Kenzie hehe

Sosialisasi dan Kemandirian

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.
– Memberi rasa aman dan kasih sayang
– Mengajak bayi tersenyum.
– Mengamati
– Mengayun
– Menina-bobokkan

Bermain “Ciluk-ba”
Pegang saputangan/kain atau koran untuk menutupi wajah anda dari pandangan bayi. Singkirkan penutup tersebut dari hadapan bayi dan katakan “ciluk ba” ketika bayi dapat melihat wajah anda kembali. Lakukan hal ini berulang kali. Yang penting, usahakan bayi tidak dapat melihat wajah anda untuk beberapa saat dan tiba-tiba wajah anda muncul kembali dengan gembira dan berseri-seri. Cara lain adalah mengintip bayi dari balik pintu atau tempat tidurnya.
~ Yeaaay, mami dan papi sering ngajak main Ciluk-ba sama Kenzie

Melihat dirinya di kaca
Pada umur ini, bayi senang melihat dirinya di cermin. Bawalah bayi melihat dirinya di cermin yang tidak mudah pecah.
~ Dari umur 1 bulan Kenzie sering dihadapkan ke kaca. Saat usianya 2 bulan Kenzie sudah ketawa-ketawa sendiri kalau lihat wajahnya di kaca

Berusaha meraih mainan
Letakkan sebuah mainan sedikit diluar jangkauan bayi. Gerak-gerakkan mainan itu didepan bayi sambil bicara kepadanya agar ia berusaha untuk mendapatkan mainan itu. Jangan terlalu lama membiarkan bayi berusaha meraih mainan tersebut, agar ia tidak kecewa.
~ Yup, mami sering melakukan latihan ini. Kenzie sudah pintar meraih benda


Naaah, berikut link untuk stimulasi yang harus diberikan:
0-3 bulan
3-6 bulan
6-9 bulan
9-12 bulan
12-15 bulan
15-18 bulan
18-24 bulan
24-36 bulan
36-48 bulan
48-60 bulan
60-72 bulan

Jadi gak sabar untuk menjawab pertanyaan KPSP untuk usia 6 bulan. Semoga perkembangan Kenzie selalu meningkat. Makin pinter terus yah ‘nak.

Ayo para ibu rajin cek perkembangan anak dengan menggunakan KPSP ini agar kita tahu apakah perkembangan anak kita sudah baik atau masih ada yang kurang. Terima kasih sekali kepada @drOei yang telah memberikan link  
http://balitakami.wordpress.com/ 


Continue Reading

Uncategorized

Kolik

By on July 12, 2012
Kemarin pagi saya baca twit @dr_piprim yang menjawab pertanyaan dari seseorang tentang kolik. Yang saya tau kolik itu keadaan dimana bayi menangis keras selama beberapa waktu dalam sehari. Menangisnya seperti kesakitan. Lalu saya bertanya kepada @dr_piprim@ichantiks: @dr_piprim kolik itu cirinya mengejan sampe muka merah, kesakitan, dan nangis kenceng ga dok?” Jawaban @dr_piprim “kurleb”. 
Wah berarti, saat Kenzie usia kurang dari 1 bulan, Kenzie mengalami kolik. Pernah selama beberapa hari, ketika menjelang malam, Kenzie menangis kencang dan agak lama, serta seperti mengejan sampai mukanya merah. Saya pikir ada yang salah dengan perutnya. Saya takut pup nya kerasa atau apa. Tapi setelah itu Kenzie tenang dengan sendirinya. 
Nah, dari pengalaman saya, betapa pentingnya kita mempelajari segala sesuatu tentang apa saja yang bakal terjadi pada bayi newborn. Apalagi newlymom, harus banyak belajar dan cari tahu tentang anak. 
Pas siang saya baca twit @drOei yang meRT twit @BayuAndika83 tentang #kolik. Saya mau share twit @BayuAndika83 tentang #kolik.

“@BayuAndika83: 1. Yg disebut ‪#kolik‬ : Bayi menangis kencang,tangan terkepal,kaki ditarik ke atas,mengesankan sakit perut,lama,sulit diredakan @tentanganak”

“@BayuAndika83: #kolik‬ biasa terjadi sore hingga malam. Sejak bayi usia 2 minggu – 3 bulan. Setelah itu kebiasaan itu menghilang begitu saja @tentanganak ”

“@BayuAndika83: Ada yg mendeskripsikannya dgn “rules of 3”. 3 jam dalam sehari, 3 hari dlam seminggu, terjadi dalam 3 minggu atau lebih ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: Lama amat?Emang, krn itulah membuat cemas ortu bahkan kluarga bsr dan mudah tergoda tuk mengganti ASI/mnambah dgn sufor ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: Slama ini asumsi yg mlekat dikpla kita atopun ortu bhw bayi mnangis itu adlh tanda lapar pdhl tdk lalu muncul kepanikan ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: Ttg ‪#kolik‬ penting diketahui bg keberhasilan menyusui. Knp? Krn godaan terbesar mengganti ASI dengan sufor adlah tangisan bayi @tentanganak”

“@BayuAndika83: 7. Penyebab ‪#kolik‬ gak diketahui dgn pasti. Slh satu dugaan: berhubungan dgn pencernaan bayi yg blm sempurna,mkanya ‪#ASI‬yak @tentanganak”

“@BayuAndika83: 8. Perlu dpastikan bdanya dgn bayi lapar ya.. Kalau anak mnangis terus, BAK kurang & pnambahan BB kurang, brarti bukan ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: 9.Penting diingat , sufor/makanan tambahan tdk akan meredakan‪#kolik‬ . Mereka lebih sulit dicerna bayi, bisa malah memperparah @tentanganak”

“@BayuAndika83: 10. Krna dugaan penyebabnya banyak, maka penanganannya ada banyak tergantung berbagai dugaan tersebut, pretelin satu satu yuk @tentanganak”

“@BayuAndika83: 11. Pertama akibat alergi dari makanan ibu. Bisa produk olahan susu, kacang-kacangan, makanan laut, trus gmn donk ?? ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: 12. Cb hentikan konsumsi mknan tsbt minimal 1 minggu. Satu-satu tp testingnya.Kalau langsung semua ibu makan apa dong.. ‪#kolik‬ @tentanganak”

“@BayuAndika83: 13. Dahulukan pantang produk olahan susu. Kalau seminggu lebih tidak ada perubahan berarti penyebabnya bukan itu ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: 14. Kedua, Kcemasan ortu mempengaruhi bayi. Kolik sring terjadi pd anak pertama, orang tua sring kali pencemas saat ini ‪#kolik‬ @tentanganak”

“@BayuAndika83: 15. So,tenang ya. Ingat gangguan ini akn berakhir seiring wkt.Meski tangisannya mncemaskan,bayi tmbh dgn baik dan sehat ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83: 16. Ketiga, ‪#kolik‬ jarang tjd di masyarakat yg cpt mrespon bayi. Responsiflah, pemberian ASI sesuka bayi akan menyamankan bayi @tentanganak”

“@BayuAndika83: 17. Keempat,Ada dugaan terkait pencernaan laktosa. Bayi ‪#kolik‬diduga terlalu banyak mendapat laktosa kekurangan lemak @tentanganak”

“@BayuAndika83: 18. Akibatnya diproduksi bnyk gas. “Kosongkan” satu PD optimal agar bayi mendapat ckp hindmilk bru pindah ke yg satu lg ‪#kolik @tentanganak‬”

“@BayuAndika83:19. Kelima,terkait rokok,busui perokok,Stop ya. Jg dtemukan mkin bnyk perokok di suatu rumah, makin tinggi peluang bayi ‪#kolik‬ @tentanganak”

“@BayuAndika83: 20. Tapiii.. bs jd apapun yg dilakukan gangguan ‪#kolik‬ tetap terjadi. It’s ok.Spt disebut td akan hilang seiring wkt,tenang ya @tentanganak”

“@BayuAndika83: 21. Tuk mnghadapi ‪#kolik‬ ibu bs mminta bantuan ayah,kakeknenek,tuk smtr mmegang bayi.Ibu yg stres tak kan mredakan tangis bayi @tentanganak ”

“@BayuAndika83: 22. Itu mngapa keberhasilan mnyusui sangat berpengaruh pd peran si AYAH, 50% lho !! ‪#kolik‬ *sibakrambut* @AyahASI_Medaan@tentanganak”

“@BayuAndika83: 23. Ada bnyk cr mnenangkan bayi. Digendong,diayun pelan di tangan,jln2,dipeluk,dinyanyikan,dipijat,mandi aer hangat dll ‪#kolik‬@tentanganak”

“@BayuAndika83: 24. Yg penting slma berat badan bayi baik, BAK baik, di luar waktu ‪#kolik‬ -nya ‘kumat’ bayi aktif spt biasa, ttap tenang ya 🙂 @tentanganak”

Semoga bermanfaat ya. Yang penting kolik bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Info lainnya tentang kolik bisa dilihat di: http://milissehat.web.id/?p=56 

Continue Reading

Uncategorized

Perkembangan Janin 37 minggu

By on February 17, 2012
Source: http://babysehat.files.wordpress.com/2011/09/bayi-kandungan.gif
Sudah lama gak berbagi cerita tentang perkembangan si kecil di dalam rahim.. Mumpung sekarang lagi sempet, saya mau berbagi cerita tentang perkembangan di usia 37 minggu ini..
Hari ini (17 Februari 2012) saya periksa si kecil. Usianya sudah masuk ke 37 minggu, yang artinya waktu persalinan semakin dekat. Rasanya exited sekali, tapi degdegan juga. Hehehe
Berikut hasil periksa tadi:
  1. usia kehamilan sudah masuk 37 minggu
  2. Posisi kepala bayi sudah di bawah dan sudah masuk jalan lahir
  3. Posisi plasenta bagus
  4. Jumlah air ketuban cukup
  5. Berat badan janin 3100 gram
  6. ukuran lingkar otak 5cm

Dari hasil tersebut, dokter bilang kalau si kecil sudah siap untuk lahir. Wah, begitu dokter bilang sudah siap untuk lahir, rasanya senang tapi langsung degdegan. Gak terasa waktu persalinan ternyata sudah sangat dekat. 

Di usia 37 minggu ini saya disarankan oleh dokter untuk melakukan jalan pagi setiap hari dan mengulang gerakan senam hamil di rumah selama 30 menit. Kegiatan ini membantu untuk kelancaran persalinan dan memudahkan untuk persalinan normal.
Selain itu, tadi dokter memeriksa panggul. Dari pemeriksaan tersebut dokter menyimpulkan bahwa kepala bayi sudah berada di jalan lahir dan saya bisa melahirkan secara normal. Alhamdulillah. Semoga saya benar-benar bisa melahirkan secara normal, karena saya ga ingin melahirkan secara caesar.
Kontraksi sudah mulai dirasakan sejak usia kandungan menginjak 35 minggu. Namun, ini merupakan kontraksi palsu. Kontraksi yang saya rasakan tidar rutin, hanya terjadi beberapa kali dalam sehari dan lamanya tidak jelas. Rasanya seperti nyeri perut bawah saat haid.
Kontraksi yang sesungguhnya itu bisa kita ketahui dari waktu terjadinya rasa kencang di perut dan rasa mulas. Jika kontraksi tersebut dirasakan makin sering, dari 1 jam sekali, 10 menit sekali, bahkan 5 menit sekali, dokter mengatakan bahwa saya harus segera datang ke rumah sakit. Jangan sampai mengalami pecah ketuban. Jika mengalami hal tersebut, bumil tidak diperbolehkan duduk atau berdiri. Bumil harus selalu tiduran selama perjalanan ke rumah sakit.
Di usia 37 minggu, suami juga harus mulai siaga karena persalinan bisa terjadi kapan saja. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan ibu dan bayi yang harus dibawa ke rumah sakit. Siapkan juga surat-surat, hasil usg, hasil lab, dll yang berhubungan selama kehamilan.
Semoga semuanya dilancarkan dan dimudahkan. Si kecil bisa lahir normal, sehat, dan sempurna. Amin..

Continue Reading

Uncategorized

Kaki Bengkak Saat Hamil

By on December 13, 2011
Source: pregnancyihub.com


Duh.. kaki mulai terasa bengkak dan cepat pegal nih. Dari saat bangun tidur, kaki terasa pegal. Apalagi kalau terlalu banyak berdiri. Selain itu, berat badan bayi dalam perut juga semakin besar, sehingga bunda harus menanggung berat badan bayi. Gak perlu khawatir bunda, ini adalah salah satu keluhan ibu hamil. Bunda gak sendirian kok.

Bengkak pada bagian kaki ibu hamil ini disebut juga dengan edema atau oedema Apa sih penyebab kaki bengkak itu? Berikut penjelasannya yang dikutip dari: http://www.ayahbunda.co.id

Kenapa ibu hamil kakinya bisa bengkak? Perubahan metabolisme tubuh, utamanya pada keseimbangan volumen cairan tubuh. Ketika sedang tidak hamil, volume air yang masuk ke dalam tubuh, kurang lebih sama banyaknya dengan volume yang dikeluarkan. Apabila volume air berlebihan, tubuh otomatis akan mengelurkan dalam bentuk keringat, saat buang air besar dan terutama saat buang air kecil. 



Cara tersebut membuat keseimbangan cairan di dalam tubuh kita akan selalu terjaga. Akan tetapi pada keadaan tertentu, misalnya fungsi ginjal terganggu akibat adanya infeksi, cairan yang berlebih tidak selalu dapat dikeluarkan dengan lancar. Jika ini terjadi, cairan yang berlebihan akan tertimbun dan tersimpan di jaringan-jaringan tubuh. Penimbunan cairan itulah yang nampak sebagai pembengkakan pada jaringan yang mengakumulasi kelebihan air. Itu yang disebut edema atau oedema.




Sesuai sifat air yang rajin mengalir ke tempat yang letaknya lebih rendah, maka jaringan yang menjadi tujuannya adalah bagian-bagian tubuh yang letaknya dibawah. Itulah mengapa tangan dan utamanya kaki paling kerap bengkak pada pagi hari. Sebab saat tidur, proses metabolisma pada sel-sel tubuh akan menghasilkan sejumlah cairan sebagai salah satu hasil “buangan”. Cairan buangan itulah yang akan terkumpul sepanjang malam. Pada pagi harinya, jumlahnya akan cukup berlimpah dan mengakibatkan pembengkakan pada ibu hamil. 

Jika bengkak di kaki berarti edema yang bunda alami termasuk ke dalam edema ringan. Namun, apabila bengkak terjadi di seluruh tubuh sampai alat kelamin pun ikut membengkak, bunda harus segera memeriksakan ke dokter.

Biasanya, saya menghilangkan rasa pegal dan bengkak pada kaki dengan merendam kaki di air hangat yang dicampur dengan garam. Kaki akan terasa hangat dan rileks. Lakukan juga sebelum tidur. Jika rasa pegal dan bengkak terjadi karena Anda terlalu banyak beraktivitas, segerelah untuk beristirahat sebentar. Duduk dan luruskan kaki agar kaki menjadi rileks.

Jangan terlalu kecapean yah bunda, karena badan kita harus menanggung berat badan si bayi 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Perkembangan Janin 22 Minggu – 24 Minggu

By on November 29, 2011

Assalamualaikum….
Aduuuh kangennya nge-blog. Baru sempet posting lagi nih. Karena ada kesibukan, jadi baru sekarang deh posting-nya. Nah, kali ini saya mau cerita tentang perkembangan Dedek. Sekarang Dedek udah 24 minggu. Artinya tinggal 16 minggu lagi menuju kelahiran. Bismillah.
Waktu tanggal 12 November 2011 kemarin, Dedek kontrol ke dokter, trus liat hasil USG nya. Subhanallah.. muka Dedek terlihat jelas. Lucuuuuu :*

Usia 22 minggu


Pada gambar di sebelah kanan bawah, itu muka Dedek. Keliatan mata, hidung, dan mulutnya. Dedek mirip siapa yaaa? Subhanallah banget ciptaan Allah ini. Kata dokter, semua organ dalam sudah terbentuk dengan sempurna. Detak jantung berada pada batas normal. Posisi Dedek juga sudah bagus, kepala berada di bawah. “Dek, jangan rubah lagi yah posisinya.” Posisi plasenta berada pada tempat yang tepat. Berat Dedek sudah mencapai 489 gram. Dan bundanya udah naik 7kg dari mulai hamil sampai sekarang. Hihihi.

Berikut perkembangan janin di usia 22 – 24 minggu yang dikutip dari http://bidanku.com

Perkembangan Janin Minggu ke-22

Janin mulai sadar akan lingkungannya dan janin akan merasa tenang ketika mendengarkan suara dan sentuhan anda di perut. Tubuh Janin mulai memproses sel darah putih. ini penting untuk Janin dalam melawan penyakit dan infeksi.
Di usia ini pula kelopak mata mulai menjalankan fungsinya untuk melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka. Jantung janin yang terbentuk di minggu ke-5 pun mengalami “modifikasi” sedemikian rupa dan mulai menjalankan fungsinya memompa darah sebagai persiapannya kelak saat lahir ke dunia. 

Perkembangan Janin Minggu ke-23

Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhnya. Saat ini janin terlihat sama seperti akan lahir, tapi lebih kecil dan kurus. Anda dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stetoskop.(letakkan stetoskop langsung di perut).pertumbuhan otak saat ini sangat cepat.
Kulitnya masih tampak keriput karena kandungan lemak di bawah kulitnya tak sebanyak saat ia dilahirkan kelak. Namun wajah dan tubuhnya secara keseluruhan amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti. Hanya saja rambut lanugo yang menutup sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap di usia kehamilan ini. 

Perkembangan Janin Minggu ke-24

Pendengaran Janin sudah terbentuk sempurna. Janin akan bergerak dengan suara musik dari luar. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara-suara bising atau teriakan yang tak disukainya. Janin membentuk pola kapan saat tidur dan saat bangun. Anda aka merasakan saat janin bergerak terus, dan saat terdiam. Kelopak-kelopak matanya kian sempurna dilengkapi bulu mata

Kalau baca perkembangan Dedek tiap minggunya, jadi makin gak sabar pengen cepet-cepet lahiran. Tapi kalau ngebayangin lahirannya langsung takut. Hal yang wajar kita merasa takut akan kelahiran anak kita, asal jangan berlebihan. Kata orang-orang, rasa sakitnya akan hilang begitu kita melihat wajah mungil buah hati kita.

Sekarang ini Dedek sering banget gerak-gerak di dalem perut. Kalau bundanya udah terlalu lama berdiri, dia pasti bakal nendang bundanya. Ngingetin bundanya untuk istirahat. Pinternyaaa.

Nikmatilah masa-masa kehamilan bunda. Luar biasa sekali rasanya bisa merasakan yang namanya hamil. Tunjukkan kasih sayang kita kepada anak kita sejak dia masih dalam perut.

Continue Reading

Uncategorized

Perkembangan Si Kecil di Rahim

By on November 3, 2011

Subhanallah banget rasanya bisa dikasih rezeki luar biasa dari Allah.. Insya Allah bisa jadi wanita seutuhnya sebentar lagi.. Menurut saya, inilah kodrat seorang wanita: menikah, hamil, melahirkan, dan mengurus keluarga..

Alhamdulillah minggu ini Dedek udah masuk usia 20 minggu.. Seneeeeeng banget rasanya bisa ngerasain gerakannya… *peluk* Kadang gerakannya terasa pelan tp bisa tiba2 kenceng.. Gak apa-apa ya ‘Dek, mami nya ditendang.. Kan berarti Dedek aktif. Tapi kenapa kalo papi nya pegang perut, Dedek langsung diem ya.. hihihi…


Selalu gak sabar nunggu jadwal kontrol selanjutnya.. Pengen liat Dedek di layar USG.. Selalu terharu liat perkembangannya.. Pengennya sih tiap USG selalu dicetak hasilnya tapiiiii ternyata harganya lumayan mahal.. hihihi.. Mending biayanya ditabung yah Dek buat nanti.. Sesekali aja di print-nya 😀

Terharu.. itu yang selalu saya rasakan tiap lihat Dedek di layar USG.. Dari mulai Dedek baru 5 minggu dan berbentuk segaris aja udah seneng bangeeet.. Detak jantung juga udah kedengeran..

Usia 5 minggu

Kontrol yang selanjutnya, Dedek udah 9 minggu usianya. Saya dan suami bener2 terkejut waktu liat layar USG. Ternyata tangan, kaki, kepala Dedek udah terbentuk tapi masih sangat kecil. Tali pusar juga sudah terlihat. Bahagia sekali rasanya.. Gambarnya kurang jelas ya.. hehe..

Usia 9 minggu

Di usia 13 minggu, Dedek sudah semakin membesar.. Kepala, tangan, dan kaki sudah semakin besar.. Ukuran panjang dan berat Dedek sesuai dengan usianya.. Alhamdulillah Dedek sehat.. Dedeknya yang disebelah kanan yaa.. Plasentanya masih lebih besar dari Dedek..

Usia 13 minggu

Tanggal 15 Oktober 2011 kemarin, kontrol Dedek lagi.. Ternyata dede udah 18 minggu.. Subhanallah, Dedek sudah semakin besar.. Tangan dan kakinya sudah terbentuk sempurna.. Dedek menggerak-gerakan tangan dan kaki nya.. Terharu -untuk kesekian kalinya- .. Ya Allah, subhanallah sekali.. Luar biasanya Dirimu.. Ada bayi yang sudah bernyawa di dalam perut ini.. Di usia 18 minggu ini gak ada gambar USG nya karena hasil fotonya kurang bagus.. 😀

Saya bertanya sama dokter, “Dok, saya kok belum merasakan gerakannya ya?” Dokter jawab, “Sabar bu, minggu depan baru akan terasa.” Dan ternyata benar, seminggu kemudian, gerakan Dedek mulai terasa.. Menitikkan air mata, itulah respon saya yang pertama..

Sambil nulis cerita ini, Dedek nendang loh.. Rasanya bahagia sekali bisa merasakan gerakannya.. Saya akan merasa sedikit khawatir kalo Dedek terlalu lama diam.. Saya sering ngajak Dedek ngobrol. Saya tanya Dedek lagi apa, saya bilang “mami sayang dede”, kadang suka curhat juga.. hehehe.. 
Saya akan selalu menikmati masa-masa kehamilan ini.. Rasanya memang berat di trimester awal, dan mulai membaik ketika masuk ke trimester kedua.. Tapi saya merasa beruntung bisa merasakan hal ini.. Inilah nikmat dan rezeki yang Allah kasih ke saya.. Untuk itu, saya harus bisa menikmati, mensyukuri, dan menjaganya dengan baik.. Insya Allah..
Sekian dulu cerita perkembangan Dedek sampai usia 20 minggu.. Nanti saya akan cerita lagi perkembangannya setelah kontrol tanggal 12 November 2011.. 
Can’t wait to see you, baby.. :*

Continue Reading