Uncategorized

Resep MPASI: Nugget Tahu Oatmeal (12m)

By on January 26, 2018
Adek lagi maunya makanan yg kering2. Jadi mami bikin nugget tahu oatmeal aja. Sebenernya pake oatmeal karna gak punya breadcrumbs 😁😁 resepnya modif dari resep mpasi zalfa @ayudiagitaa . Ijin share resepnya ya mama zalfa.
.
Nugget tahu oatmeal (13m+)
Bahan:
1 bh Tahu putih, haluskan
2 sdm Daging ayam cincang
1/2 btg Wortel parut
1 btg Daun bawang iris
1 siung Bawang putih cincang
1/4 bh Bawang bombay cincang
1 btr telur
2 sdm tepung terigu
Butter
Garam

Bahan pelapis:
1 btr telur
Oatmeal yg sudah di blender

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dgn butter
2. Masukkan daging ayam, masak sampai berubah warna
3. Masukkan wortel, daun bawang, dan garam. Aduk rata. Masak sebentar. Sisihkan
4. Campur tahu, tumisan, tepung terigu, dan tekur. Aduk rata
5. Taruh diwadah tahan panas. Kukus sampai matang
6. Potong-potong adonan nugget. Lumuri dengan kocokan telur lalu balur dgn oatmeal. Lakukan sampai nugget habis
7. Goreng dgn minyak sampai kecoklatan. Angkat. Sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Steam Ikan Nila (12m)

By on January 22, 2018

Recook resepnya @monsterpipi_bund . Biasanya kalo masak steam ikan gini jahe sama bapit cuma dicincang. Tp liat resep nya @monsterpipi_bund ditumis. Jadi ikutan deh bikin jg.

Steam Ikan Nila
Bahan:
Ikan nila, cuci bersih, lumuri dgn jeruk nipis, diamkan 5 menit, cuci bersih kembali
1 btg daun bawang, iris tipis
1 sdt saos tiram
1/2 sdt kecap asin
2 sdm air
1/2 sdt minyak wijen

Bumbu halus
2 siung bawang putih
Sedikit jahe

Cara membuat:
1. Panaskan minyak wijen. Tumis bumbu halus. Masukkan saos tiram, kecap asin, dan air. Matikan api
2. Taruh ikan di wadah tahan panas. Siram dengan tumisan bumbu
3. Kukus selama 15 menit
4. Masukkan irisan daun bawang. Masak lagi sebentar sampai daun bawang layu
5. Sajikan dengan nasi

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Brokoli Cah Telur (12m)

By on

Kabita ngeliat menunya Russel Richel @vici_phanduwinata . 1 menu udah komplit ya ci hehe. Maacih vici resepnya.

Brokoli Cah Telur
Bahan:
1 bh brokoli ukuran sedang
50 gr udang, kupas bersih
1 btr telur, kocok lepas
3 siung bawang putih, cincang
2 btr bawang merah, cincang
1 sdm saus tiran
1 sdm kecap asin
Garam, gula, merica
Air secukupnya
Larutan maizena
Minyak

Cara membuat:
1. Rebus brokoli sampai matang, sisihkan
2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
3. Masukkan udang, masak sampai berubah warna
4. Tambahkan air, saus tiram, kecap asin, garam, gula, merica. Masak sampai mendidih
5. Masukkan brokoli. Aduk-aduk
6. Masukkan kocokan telur, diamkan sebentar lalu aduk perlahan
7. Masukkan larutan maizena. Masak sampai kuah sedikit mengental

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Creamy Salmon Macaroni (12m+)

By on

Creamy Salmon Macaroni (12m+)
Bahan:
Makaroni, rebus sampai empuk, sisihkan
Brokoli, potong2, kumus, sisihkan
bawang putih, cincang
Bawang bombay, cincang
Salmon, potong dadu kecil
Keju parut secukupnya
Oregano secukupnya
1 sdm tepung terigu
100 ml susu uht plain
Butter

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu dan susu, aduk rata
2. Tumis bawang putih dab bombay dengan butter sampai harum. Masukkan potongan salmon. Masak sampai berubah warna
3. Masukkan campuran susu. Tambahkan keju parut. Aduk2
4. Masukkan brokoli dan makaroni. Masak sampai mengental dan meletup-letup

Continue Reading

Uncategorized

Mengatasi GTM Keana

By on January 8, 2018
Bismillahirrohmanirrohim.. Mami mau share perjuangan mami ngadepin GTM nya adek Keana. Mami buka mau pamer atau sombong kalau adek udah mau makan. Mami Cuma mau berbagi aja pengalaman mami dalam ngadepin GTM. Karena mami tau banget ngadepin anak GTM itu berat banget. Bikin stress. Semoga apa yang mami share bisa membantu ibu-ibu lain yang anaknya lagi GTM.
Mami mau cerita dulu ya, awal mulanya Keana GTM itu pas umur 8 bulan. Jadi yang tadinya mau makan apa aja, lahap makan aja, mulai nunjukin ogah-ogahan makan. Disuapin mingkem. Akhirnya mami kepikiran apa adek mau makannya sendiri karena apa yang adek pegang pasti dimasukkin ke mulut. Dicobalah lah metode blw ala-ala. Hehehe. Menu pertamanya itu nasi lembek sama scramble egg. LAHAP!! Sampe beberapa hari berikutnya masih lahap. Tapi ternyata adek blw nya abal-abal, soalnya kadang pengen disuapin juga. Dan lebih banyak makanan yang kebuang daripada yang masuk.
Baca juga: Cerita MPASI Keana
GTM terus berlanjut, malah kadang ada sehari adek gak mau makan. Terus mami ngadepinnya gimana? Nahan kesel sambil nangis. Iyah beneran nangis. Gak cuma sekali deh mami nangis pas lagi waktunya adek makan. Jam makan adek itu jamnya mami uji nyali.
Selain GTM, adek ini sering banget batuk pilek. Udah mah susah makan ditambah sering batpil. Ya Allah bener-bener deh pokonya. Batpil itu bikin bb banyak banget turunnya. Kalo berkali-kali batpil berarti kan baru naek bb nya eh turun lagi. Udah deh GTM dan BB turun jadi masalah banget buat mami. Bener-bener bikin mami pusiiiing.
.
Apa aja yang udah mami usahain biar adek mau makan?
  • Naik turun tekstur
  • Kasih garam dari umur 11  bulan
  • Makan sambil nonton tv atau ngajak main (pengennya gak begini tapi apa daya0
  • Ikut menu keluarga, ikut makan kalau aa makan
  • Makanan instan
Dari itu semua tetep aja kalau makan paling cuma masuk beberapa suap doang. Hiks. Jadi kira-kira hampir 5 bulan lah si adek susah makan. Tapi Alhamdulillah mami udah bisa mengatasi masalah GTM nya adek. Mami mau share ya. Semoga bisa bermanfaat, bisa membantu ibu-ibu lain.
🍴MENINGKATKAN NAPSU MAKAN🍴
Di IG itu banyak bgt ibu2 yang suka sharing hal-hal bermanfat. Salah satunya postingan bunda zami @ayutyassnugroho. Mbak ayu bilang musuh utama bb anak itu batpil. Kalo udah batpil bb bisa terjun bebas. Jadi, kita harus ngusahain banget anak selalu dalam kondisi yang sehat. Kalo kondisi anak sehat, anak bakal enak jg buat makan. Selain itu, mami juga liat instastory @theoilsby , kalau sistem pencernaan bagus, bisas meningkatkan napsu makan anak. Kebeneran banget adek ini BAB nya suka keras, bisa 1 hari gak pup. mungkin itu ya yang bikin adek gak mau makan.
Jadi ini yg mami lakuin utk meningkatkan napsu makannya adek Keana:
πŸ‚Menjaga Daya Tahan Tubuh
Untuk menjaga daya tahan tubuh adek biar gak gampang batpil, mami pake YLEO yang THIEVES. Buat mami oil ini juara. Udah hampir 2 bulan mami pakein ini ke adek. Pas papi batuk, adek Keana gak ketularan. Alhamdulillah daya tahan tubuh adek lebih bagus sejak pake ini. Semoga manfaat dari  THIEVES ini bisa menjaga daya tahan tubuh adek.
πŸ‚Mengatasi Masalah Pencernaan
Setelah liat instastory nya @theoilsby , akhirnya mami memutuskan untuk beli YLEO TUMMYGIZE. Oil ini memang untuk bayi ya. Emang sih yleo ini pricey menurut mami. Tapi demi adek mau makan apapun mami usahain. Mami udah pake oil ini sekitar 3  mingguan. Tiap habis mandi pagi mami oles  1 tetes tummygize di perut adek.
πŸ‚Pijiat Napsu Makan
Mami keingetan kalau ada pijat yang manfaatnya untuk meningkatkan napsu makan anak. Kalau gak salah namanya pijat tuina. Langsung lah mami buka yutub buat cari videonya. Video pijatnya yang dr. Reza Gunawan ya. Mami baru ngelakuin 1 sesi. Insya Allah nanti mau pijat lagi.
πŸ‚Suplemen atau Vitamin dari Dokter Anak
Karena sering bolak balik batpil, bikin bb Keana susah naik, dan napsu makan keana yang kacau, akhirnya mami minta vitamin ke DSA nya Keana. Pernah dikasih yang sirup dan racikan. Suplemen atau Vitamin ini membantu  meningkatkan napsu makan adek. Untuk pemberian vitamin sebaiknya konsul ke DSA ya.
Terus setelah melakukan  hal- hal di atas hasilnya gimana?
Alhamdulillah BERHASIL! MasyaAllah tabarakallah adek mulai mau makan lagi. Yg tadinya sehari paling Cuma sekali makan ini bisa 3x makan. Walau porsi gak banyak.
πŸ”΄Jadi intinya bukan pada obat atau oil yg dipake ya. Tp kondisi anak harus fit. Kondisi yg fit bikin anak jd mau makan. Kaya kita aja kalo badan ga sehat mana enak buat makan.
Setelah berhasil ningkatin napsu makan adek, skrg PR mami utk ningkatin bb adek.
⬆MENAIKKAN BERAT BADAN⬆
Setelah napsu makan adek membaik sekarang giliran mikirin gimana biar bb adek naik. Mami ngikutin cara menaikkan bb dr @ayutyassnugroho dan @kunaskitchen . Makasih ya mbak udah sharing, alhamdulillah berhasil jg di adek.
Berikut beberapa cara yg mami pakai utk naikin bb adek
πŸ—Kurangi Nasi, Perbanyak Protein dan Lemak
Mami gak terlalu banyak kasih nasi. Lebih banyak porsi lauknya. Kadang dobel protein juga. Mami lagi sering kasih daging merah. Terus untuk menumis mami pakainya butter.
🍌Cemilan: Pisang dan Yoghurt
Menurut mamanya Raline, sebaiknya cemilan biskuit di stop. Tapi mami masih suka kasih biskuit sih. Hehehe. Nah mami lebih sering kasih buah pisang yang tinggi kalori untuk cemilannya Keana. . yoghurt mami kasih yg merk  yummy greek atau merk greenfields.
🍳Perbanyak makan  telur puyuh
Di awal mami ngasih telur puyuh, adek beruntusan jidatnya. Yah alergi deh. Tapi mami tetep kasih sih, 2/3 hari sekali mami kasih telur puyuh. Alhamdulillah mami perhatiin jidatnya ga beruntusan lagi.
🍼Rutin minum susu
Semenjak umur 13 bulan, mami udah kasih susu tambahan ke adek. Mami kasih sufor utk adek karna niatnya utk naikin berat badan. Tapi itupun adek belum bisa banyak minumnya. Sekali minum cuma kuat ngabisin 60ml. Frekuensi jg baru 1x sehari pas malem jam 7 atau 8. Mami mau coba ngasih 2x sekarang. Pagi sebelom tidur pagi dan malem sebelum tidur malem.
Tapi adek Keana gak bisa minum sufor, udah dua merk yang dicoba. Dua-duanya bikin pup adek jadi keras. Untuk sekarang jadinya minum UHT plain.
Hasilnya gimana?
Alhamdulillah dalam waktu sebulan naik 700gram. Masyaallah Tabarakallah. Mami gak mau sebut bb adek. Hehehe. Yang pasti adek gak gendut tapi ga langsing juga.
Liat anak sehat, mau makan, bahagia banget ya rasanya. Salah satu bentuk rejeki dari Allah buat mami. Semoga adek Keana sehat selalu, napsu makan semakin baik, dan bb bisa ideal sesuai usianya. Aamiin.
Semoga apa yang mami share bisa membantu ibu-ibu yang lagi kesulitan menghadapi GTM dan masalah bb anak ya. Terus semangat ya buibu. Bener deh, butuh kesabaran ekstra menghadapi ini. Sabar dan tenang ya. Dan yang paling penting jangan putus berdoa minta sama Allah. Insya Allah doa seorang ibu bakal dikabulin sama Allah. Aamiin.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bola Daging Saus Butternut Pumpkin

By on January 3, 2018

Bola daging saus butternut pumpkin
Bahan:
100 gr daging sapi giling
1 sdm bawang bombay cincang
Sejumput garam
Sejumput pala bubuk
Butter
Puree butternut pumpkin

Cara membuat:
1. Campur daging, bawang bombay cincang, garam, dan pala bubuk. Buat bola daging
2. Panaskan butter. Masukkan bola daging. Masak sampai kecoklatan
3. Masukkan puree butternut pumpkin. Masak sabentar.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sop Salmon Lobak (10m+)

By on

Sop Salmon Lobak (10m+)
Bahan:
🌱 Ikan salmon, lumuri dgn air jeruk nipis, diamkan 10 menit. Cuci bersih. Potong-potong
🌱 Lobak, potong-potong. Rebus sampai empuk, sisihkan
🌱 tofu, potong-potong
🌱 daun salam
🌱 sereh, geprek
🌱 minyak utk menumis
🌱 air secukupnya
🌱 garam gula (1th+) Bumbu halus: bawang putih, jahe

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daun salam dan sereh
2. Tambahkan air, masak sampai mendidih
3. Masukkan ikan salmon dan tofu
4. Masukkan lobak, garam, gula. Masak sampai matang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Semur Daging Tofu (12m+)

By on

Semur daging tofu (12m+)
Bahan:
πŸ‚ daging dapi beku, parut
πŸ‚ tofu, potong dadu kecil
πŸ‚ kentang, potong dadu kecil
πŸ‚ kecap (nafisa)
πŸ‚ garam gula secukupnya
πŸ‚ air secukupnya
πŸ‚ minyak utk menumis

Bumbu halus:
πŸ‚ bawang merah
πŸ‚ bawang putih
πŸ‚ jahe
πŸ‚ kemiri
πŸ‚ tomat

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daging, masak sampai berubah warna
2. Tambahkan kentang, air, dan bumbu lainnya
3. Masak sampai kentang empuk, lalu masukkan potongan tofu
4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tumis Salmon Oregano

By on

Tumis Salmon Oregano
Bahan:
🐟 ikan salmon
🐟 brokoli, cincang, rebus sebentar
🐟 bawang bombay cincang
🐟 butter
🐟 oregano
🐟 jeruk nipis

Cara membuat:
1. Lumuri ikan salmon dgn air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Lalu cuci bersih dan cincang ikan
2. Panaskan butter, masukkan bawang bombah. Tumis sampai harum
3. Masukkan ikan salmon, masak sampai berubah warna
4. Tambahkan brokoli yg sudah direbus. Tambahkan oregano
5. Masak sampai matang
.

Continue Reading