Uncategorized

Resep MPASI 10 Bulan

By on January 3, 2018
Masih GTM gak? Masih. Tapi gak separah kemaren-kemaren. Entah kenapa adek Keana ini napsu makannya kurang oke. Mungkin dia bener-bener bukan tipe anak yang doyan makan. Makan kalo laper dan kalo lagi mau aja jadinya.
——————————————————————————————————————————————————-
Butternut pumpkin mini pancake
Source: Buku #99RRC @mamakokihandal
Bahan:
3 sdm puree butternut pumpkin
2 sdm oatmeal
1 btr kuning telur
Unsalted butter

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali unsalted butter. Adonan kental ya
2. Panaskan unsalted butter. Tuang adonan. Masak sampai kedua sisi kecoklatan
* bisa ditambahkan saus buah kesukaan
——————————————————————————————————————————————————-
Nasi tomat keju ayam (untuk 2 porsi Keana)
Bahan:
3 sdm beras, cuci bersih
1 bh tomat merah, buang biji potong-potong
1 siung bawang putih, cincang
1 sdm bawang bombay cincang
1-2 sdm daging ayam cincang
Keju parut secukupnya
Air kaldu secukupnya
Minyak utk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
2. Masukkan daging ayam cincang, masak sampai berubah warna.
3. Tambahkan tomat dan sedikit air kaldu. Masak sampai tomat hancur
4. Masukkan beras dan air kaldu. Masak sampai menjadi nasi aron yg lembek
5. Terakhir masukkan keju parut, aduk rata. Sisihkan kulit tomat.
6. Taruh nasi aron di wadah tahan panas. Kukus selama selama 20 menit.

——————————————————————————————————————————————————-
Sup Bola ayam Jamur Soun 9m+
Source: buku #99RRC @mamakokihandal @depezahrial
Bahan bola ayam:
250 gr dada ayam, guling
jamur kuping, cacah halus
Soun secukupnya, rebus sampai empuk, cincang halus
1 siung bawang putih haluskan
1 sdt tepung sagu

Kuah sup:
2 siung bawang putih. Cincang halus
1 sdt minyak wijen
1 sdt minyak sayur
Air secukupnya
2 bh wortel, potong-potong
1 btg daun bawang potong-potong

Cara membuat:
1. Didihkan air
2. Tumis bawang putih cincang dengan campuran minyak wijen. Tuang ke dalam air
3. Bola ayam: Campur semua bahan menjadi satu. Bentuk bola-bola dan cemplungkan ke dalam air yang sudah mendidih
4. Tambahkan wortel dan terakhir daun bawang.
5. Masak sampai matang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Cheezy Baked Potato (9m+)

By on June 14, 2015

Ngeju abiiiis. enak nih buat cemilan. Cemilan Aa dan mami. Hahaha

Cheezy Baked Potato (9m+)

Bahan:

  1. 2 bh kentang
  2. 4 kuntum brokoli
  3. Keju parut secukupnya
  4. Oregano secukupnya

Bahan saus keju:

  1. 1 sdt mentega
  2. 1 sdm tepung terigu
  3. 150 ml air (untuk 1 tahun ke atas ganti dengan susu UHT plain)
  4. 50 gr keju, parut

Cara membuat:

*Saus Keju

  1.  panaskan mentega, masukkan tepung terigu, aduk cepat jgn sampai hangus
  2. tuang air, aduk-aduk
  3. tambahkan keju, masak sampai mengental dan meletup-letup. Sisihkan 

*Baked Potato

  1. panaskan oven 175 derajat celcius
  2. kukus kentang dan brokoli. Lalu haluskan kentang dan cincang brokoli. Campur, aduk rata
  3. tuang sebagian campuran kentang brokoli ke wadah tahan panas.
  4. tuang 2 sdm saus keju
  5. tuang sisa campuran kentang brokoli
  6. tuang 2 sdm saus keju
  7. taburi dengan keju parut dan oregano bubuk secukupnya.
  8. panggang selama 15 menit di rak atas. 

*sisa saus keju simpan di wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas bisa tahan selama 1 minggu

Continue Reading

Uncategorized

Resep Paddas Porridge versi MPASI

By on April 15, 2015
Kmren mami liat-liat blog JTT. eh mami liat resep bubur ini. Mirip-mirip sama bubur MPASI. Jad bisa nih buat anak 9 bulan ke atas. Tinggal tekstur dan bahannya aja yang disesuaikan. Di skip garam gula nya.
Paddas Porridge dengan Slow Cooker versi MPASI
Bahan:
  1. 4 sdm beras
  2. 2 sdm daging sapi cincang
  3. 800 ml air kaldu ayam (bisa menggunakan air biasa)
  4. 1 sdm wortel potong dadu kecil
  5. 1 sdm zucchini potong dadu kecil
  6. 1 batang daun bawang, rajang kasar

Bumbu: 
  1. 1/2 sdm minyak untuk menumis
  2. 1 sdm bawang bombay cincang
  3. 1 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1 lembar daun jeruk, sobek kasar bagian tulang tengahnya
  5. 1 batang serai, geprek
  6. 1 ruas jari jahe, gerek
  7. garam, gula pasir, merica bubuk  secukupnya

Cara membuat:
  1. cuci bersih, asukkan beras ke dalam panci slow cooker. Sisihkan.
  2. panaskan minyak dan tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan bawang putih, daun jeruk, jahe dan serai, aduk dan tumis hingga harum. 
  3. Masukkan potongan daging sapi, Masak sampai daging berubah warna. Matikan kompor.
  4. Tuangkan tumisan ke dalam panci berisi beras. Masukkan kaldu dan aduk rata. 
  5. Tutup panci dan masak dengan posisi high selama 2 – 3 jam atau low selama 4 jam-an. 
  6. Jika bubur matang, masukkan semua sayuran, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan lanjutkan memasak selama 1 jam hingga sayuran menjadi empuk.
  7. Angkat jahe, serai, dan daun jeruk. Sajikan hangat

Note:
  • Untuk dibawah 1 tahun, garam, gula, dan merica di skip. Karena bubur sudah gurih dari tumisan daging dan kaldu
  • Sayur bisa disesuaikan dengan selera masing-masing
  • Sayur bisa diparut untuk anak dibawah 1 tahun
  • Bisa dimasak pakai panci biasa
Mami doyan loooh sama bubur ini. Ikut icip pas kenzie makan 😀

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bunga Kol Saus Keju

By on November 8, 2013
Resep ini juga saya dapat dari buku dr. Tiwi, Sehat Lezat Olah Saji dr. Tiwi. Ini cemilan yang sehat. Kenzie kan suka banget sama bunga kol. Jadi pas banget deh resep ini saya coba. Sausnya sengaja ga saya langsung campurin, Biar Kenzie cocol sendiri nanti. Kayanya cemilan ini bisa dimulai dari 10m. Soalnya kan pakai tepung maizena untuk sausnya. 
Bahan:
  1. 150 gr bunga kol, potong sesuai kuntum
Saus Keju:
  1. 10 gr mentega
  2. 1 sdm tepung maizena
  3. 150 ml air
  4. 75 gr keju cheddar, parut
Cara Membuat:
  1. Kukus bunga kol hingga empuk. Angkat. Sisihkan
Saus Keju:
  1. Panaskan mentega hingga leleh. Masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tuang air dan tambahkan keju. Aduk terus hingga keju leleh dan mengental. Angkat
  2. Sajikan kembang kol dengan sausnya
Tapi sayang, Kenzie ga suka. dia cuma cocolin saus kejunya pake telunjuk >.<

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Ikan Dori Tahu Sutra

By on November 4, 2013

Kemarin saya beli ikan dori. Tapi belum tau mau dimasak apa. Kalau gak salah ikan dori ini udah boleh dikonsumsi mulai usia 9m+ . Akhirnya gugling deh resep buat ikan dori. Eh nemu resep sup ikan dori tahu sutra dari sini http://mayshakitchen.blogspot.com/2013/01/resep-sup-ikan-dori-tahu-sutra.html .
Tadi sih saya cobain enak. Mudah-mudahan Kenzie suka juga.

Bahan:

  1. 500 gr ikan dori potong kotak
  2. 100 gr sawi putih
  3. 1 bungkus tahu sutra
  4. 1 sdt air jeruk lemon
  5. 1/2 sdt garam
  6. 2 siung bwng putih, memarkan
  7. 2 sdt hebi sangrai, haluskan (saya gak pakai)
  8. 1 bh tomat, potong-potong
  9. 1 sdt garam
  10. 1/4 merica bubuk
  11. 1 sdt gula pasir
  12. 2 btng daun bwng, potong-potong
  13. Air untuk kuah
  14. 1 sdm minyak untuk menumis
  15. 10 grm bwng putih goreng untuk taburan (saya gak pakai)
  16. 2 sdm jagung manis pipil

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dori dengan jeruk lemon dan garam diamkan kurleb 20 menit.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan air biarkan mendidih
  3. Masukan ikan dori, sawi putih, tahu sutra, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tambahkan daun bawang, masak sampai matang
  5. Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang putih goreng.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bakso Oatmeal (10m+)

By on September 19, 2013
Yeaaay dapet inspirasi resep dari mama abel di milis mpasi rumahan. Langsung deh bikin karna semua bahannya gampang dan ada di rumah 😉 Udah dua kali bikin resep ini dan berhasil bikin mangap Kenzie yang lagi GTM. 
Bahan: 
  1. 2 sdm daging ayam cincang, bisa diganti pakai ikan atau daging sapi
  2. 2 potong tahu sutra 
  3. 3 sdm tepung oatmeal yang sudah digrinder halus 

Bumbu halus: 
  1. 2 atau 3 siung bawang merah 
  2. 1 siung bawang putih 
  3. 1/2 potong kemiri 

Kuah: 
  1. 2 cangkir kaldu ayam 
  2. 1/2 potong tomat, kupas, buang bijinyam potong2 kecil 
  3. 1 lbr daun salam (gak pake)
  4. daun bawang secukupnya cincang halus 
  5. serai 1 batang simpulkan (gak pake)

Cara membuat: 
  1. Campur semua bahan kecuali bahan kuah
  2. dibulatkan pake sendok, rebus sampe matang (ngambang kalau sudah matag), tiriskan. 
  3. Kuahnya: rebus semua bahan sampe mendidih, masukin bakso rebus sampe matang, angkat sajikan, hangat. Teksturnya dijamin lembut gak bikin keselek dan gampang dipotong. 

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Makaroni Siram Brokoli (10m+)

By on July 15, 2013
Tadi pagi bingung mau bikin sarapan apa buat Kenzie. Ya udah deh memanfaatkan bahan makanan aja yang ada di kulkas, hehehe. Jadilah si makaroni siram brokoli. Hmm bingung ngasih namanya apa. Hahaha
Bahan:
  1. 3 sdm makaroni, rebus sampai empuk. Potong-potong jika baby belum bisa makan 1 buah makaroni utuh
  2. 1 sdm bawang bombay cincang
  3. 1 sdm daging cincang
  4. 2 sdm brokoli
  5. 1 sdm tepung terigu
  6. 80 ml air
  7. Garam dan merica secukupnya (<1y skip)
  8. Keju parut untuk taburan
  9. 1 sdm minyak utk menumis
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni. Sisihkan
  2. Tumis bawang bombay sampai harus, masukkan daging giling, masak sampai daging matang.
  3. Tuang tepung terigu, aduk cepat. Tambahkan air
  4. Masukkan brokoli, garam, dan merica. Masak sampai brokoli matang
  5. Masukkan makaroni, aduk sebentar. Angkat
  6. Taburi keju di atasnya

Continue Reading

Uncategorized

Review MPASI 10 Bulan Kenzie

By on January 25, 2013
Mari kita mulai review MPASI 10 bulannya Kenzie. Gak banyak jenis makanan baru di MPASI 10 bulan. Masih pakai bahan-bahan yang sama. Saya jarang ke spm, jadi cuma beli bahan makanan di warung yang itu lagi itu lagi 🙁 
Bubur instan kadang masih suka saya kasih kalau saya ga sempet masak untuk sarapan. Selain itu, Kenzie GTM juga :(( cuma mau bubur instan. Hiks. Gak apa-apa lah daripada dia ga mau makan. Tapi jarang kok makan bubur instannya.
Disaat Kenzie GTM itu perjuangan banget deh. Puter otak cari resep yang kira-kira bakal lahap di makan. Kenzie gak mau makan bubur nasi atau nasi lembek. Tapi begitu makan gravy, sup krim, dan bubur instan makannya bisa lahap. Yang paling lahap itu makan sup krim. Yang biasanya makan paling banyak 1/2 mangkok bayi, ini bisa abis 1 mangkok loh. Ternyata eh ternyataaa, Kenzie mau tumbuh 2 gigi atas bagian depan. Udah keliatan giginya sekarang. Kenzie mau makannya yang lembut, gak mau makanan keras yang harus ngunyah dulu. Dan akhirnya Kenzie makannya jadi turun tekstur dulu nih. Sempet saya blender juga buburnya sampai halus. Tapi kalo sekarang ga diblender lagi buburnya. Trus ya kalo lagi ga mau makan, makannya disembur-sembur. Huaaa kadang saya suka kesel. Hiks.. Bener-bener deh perjuangan ngasih makan disaat anak lagi GTM.
Saya mengenalkan beberapa bahan makanan untuk MPASI 10 bulannya Kenzie. Apa aja? Bisa diliat disini.
Warna ungu bahan makanan yang baru saya kenalkan
Sampai usia Kenzie 10 bulan dan sekarang 11 bulan, saya masih bikin jadwal dan menu MPASI yang saya tempel di kulkas. Menu MPASI nya sih saya bikinnya dadakan, ga saya bikin dari jauh hari. Hehehe. Catatan ini berguna banget buat saya. Dari catatan itu saya bisa tau makanan apa yang bikin pup kenzie keras, makanan apa yang jadi pencetus alergi, selama seminggu Kenzie sudah makan apa saja jadi di minggu berikutnya saya harus bikin menu yang baru supaya Kenzie gak bosan, dll.
Saya juga gak lupa memindahkan catatannya ke file excel. Kalau kertas bisa ilang soalnya atau kadang lupa nyimpen dimana. Hehe. Ini menu dan jadwal MPASI 10 bulan Kenzie.
Hmmm sebenernya jadwal dan menu MPASI nya Kenzie ini belum bagus untuk dicontoh. Hihihi. Masih belum jago saya dalam masalah perMPASIan ini. Saya cuma mau share aja. 😀 Kenzie juga udah jarang pake aturan tunggu 4 hari. Soalnya masaknya itu-itu aja. Hehe. Udah lulus aturan tunggu 4 hari. Artinya bahan makanan itu ga bikin Kenzie alergi. 
Beberapa menu MPASI Kenzie:
Menu favorit di MPASI 10 bulan ini adalah: Tim roti pisang/apel keju, bubur makaroni, dan sup krim ayam.
Okeee.. begitulah MPASI 10 bulannya Kenzie. Semoga saya bisa lebih baik lagi di MPASI 11 bulan. Semoga bermanfaat buat yang baca 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sop Bihun Ayam

By on January 20, 2013

Bahan:

  1. Bihun secukupnya
  2. 1 sdm daging ayam cincang
  3. 1 ruas wortel, potong kecil-kecil
  4. 1 bh buncis, iris tipis
  5. 1 siung bawang merah, cincang
  6. 1 siung bawang putih, cincang
  7. 1 sdt ELOO
  8. 100 ml air kaldu
Cara Membuat:
  1. Rebus bihun sampai lunak, tiriskan, lalu potong-potong menggunakan sendok agar bihun menjadi potongan kecil
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan menggunakan ELOO sampai wangi
  3. Masukkan daging cicang, tambahkan air kaldu
  4. Masukkan sayuran, masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep: Bubur Makaroni

By on
Bahan:
  1. 50 gr makaroni
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. 50 gr daging ayam cincang
  4. 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  5. 150 ml kaldu ayam
  6. 10 lbr daun bayam, cincang halus
  7. 2 sdt keju parut
  8. 1 sdt ELOO
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni sampai lunak, angkat, tiriskan
  2. Panaskan ELOO lalu tumis bawang bombay
  3. Tambahkan daging ayam cincang, lalu masukkan kaldu
  4. Masukkan bayam, masak hingga matang
  5. Tuang larutan maizena, masak hingga mengental
  6. Masukkan makaroni
  7. Sajikan lalu taburi dengan keju
Waaahh. Kenzie lahaaap banget makannya. Makaroninya gak saya hancurin, tapi saya rebus sampe lunaaak banget jadi Kenzie tinggal kunyah sedikit aja..

Continue Reading