Uncategorized

Inspirasi Menu Ramadhan 1435 H

By on August 11, 2014
Alhamdulillah banget saya punya akn IG, bisa kenal sama orang-orang yang jago masak. Salah satunya Mama Mitha @pincoolio . Beliau lah yang mencetuskan ide #masuba1435H . Kalo buka hashtag itu isinya ribuan foto makanan yang menginspirasi kita. Seru banget berbagi foto makanan dan resep. Hihihi. Alhamdlillah bisa ikutan #masuba1435H walo gak 30 hari full. Soalnya kan ada yang buka diluar atau gak masak 😀

Dan ini link resep men Ramadhan 1435 H. Semoga jadi inspirasi buat yang lain yaaa…

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 1: Mie Glosor Khas Bogor 
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 2: Sayur Acar Kuning
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 3: Ayam Lada Hitam Praktis
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 4: Pepes Telur Asin
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 5: Sambal Ayam Goreng
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 6: Semur Bola Ayam
Menu Sahur / Buka Puasa hari ke 8: Kakap Siram Dabu-Dabu
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 9: Ayam Cabe Ijo + Tumis Daun Singkong
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 10: Oseng Kikil Tempe Cabai Hijau + Krecek Oncom
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 12: Steam Shrimp + Cah Pakcoy
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 13: Oseng Pare Udang Rebon + Sayap Ayam Goreng
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 16: Pecak Ikan Mas + Oseng Putren Wortel Bakso
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 17: Cumi Udang Goreng Mentega
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 18: Tumis Sawi Hijau + Rolade Daging Saus Cokelat ala JTT
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 19: Kalio Ayam + Tumis Buncis
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 20: Udang Saos Padang + Tumis Labu Siam
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 23: Pare Bumbu Merah + Pesmol Ikan
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 25: Buncis ala Szechuan + Ayam Teriyaki
Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 26: Tumis Ceciwis + Cumi Gortep
Menu Sahur / Buka Puasa hari ke 27: Ayam Saus Padang + Tumis Kangkung Terasi

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa hari ke 27: Ayam Saus Padang + Tumis Kangkung Terasi

By on
Ceritanya nih, si onty mau dateng ke rumah. Minta dibikinin lagi tuh ayam saus padang. Kan yang kemaren minta dibikinin udang saos padang gak jadi dateng, eeeeh yang sekarang ga jadi dateng juga dooong. Errrrr.

Ayam saos padangnya pake resep udang saos padang. Resep bisa diliat disini: http://ceritamamikenzie.blogspot.com/2014/07/menu-sahur-buka-puasa-hari-ke-2-udang.html
Resep Tumis Kangkung Terasi
Bahan:
  1. 3 ikat kangkung
  2. 4 siung bawang merah, iris tipis
  3. 3 siung bawang putih, iris tipis
  4. 1 bh cabai merah besar, iris serong
  5. 10 bh cabai rawit, iris serong
  6. 1 sdt terasi
  7. garam dan gula secukupnya
  8. air secukupnya
  9. minyak secukupnya

Cara Membuat:
  1. Tumis Bawang putih, bawang merah, dan cabai
  2. Masukkan kangkung
  3. Tambahkan terasi, garam, gula, dan air
  4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 26: Tumis Ceciwis + Cumi Gortep

By on
Baru posting menu buka puasa hari giniii? Hahahaha. Baru ada semangat lagi nih buka leptop. Ya gitu deh kalo lagi males buka leptop ga ngeblog ya bener-bener ga ada postingan untuk beberapa saat. Dan akhirnya numpuk deh bahan postingan hehe. Gak apa-apa ya Ramadhannya udah lewat tapi baru posting hehehe.
Di hari ke 26 saya bikin menunya simpel bin gampil banget. Makluuum udah hari-hari akhir udah males masak macem-macem. *dasar pemalas 😀
Gampiiil banget bikin nih tumis ceciwis. Cuma geprekin bawang putih doang 😀
Tumis Ceciwis ala Mami Kenzie
Bahan:
  1. 250 gr ceciwis, bersihkan
  2. 2 siung bawang putih, geprek
  3. 1 sdt kecap asin
  4. garam dan gula secukupnya
  5. air secukupnya
  6. minyak secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan kecap asin
  2. Masukkan ceciwis
  3. tambahkan garam, gula, dan air
  4. Masak sampai matang
Cumi goreng tepungnya pakai bumbu instan. Lebih gampil lagi kan. Ya temanya masakan yang gampil 😀

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 25: Buncis ala Szechuan + Ayam Teriyaki

By on July 24, 2014
Perpaduan dua negara, Cina dan Jepang. Hehehe. Cocok gak ya? Cocok ajah sih kata saya mah 😀 Oh iya hari ke 24 buka puasanya pake sayur lodeh, ayam goreng, tahu tempe goreng, dan sambal. Cuma gak sempet foto-foto >.< 

Resep buncis ala Szechuan nya saya contek dari www.justtryandtaste.com

Resep Buncis ala Szechuan
Bahan:
– 250 gr buncis
– 300 gram daging ayam cincang
Bumbu:
  1. 2 sendok makan minyak untuk menumis
  2. 1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
  3. 4 siung bawang putih, cincang halus
  4. 3 buah cabai merah besar, buang biji rajang halus
  5. 5 butir cabai rawit merah, iris serong tipis
  6. 1 sendok makan saus tiram
  7. 2 sendok makan saus tomat
  8. 1 sendok makan gula pasir
  9. 2 sendok makan kecap manis
  10. 1/2 sendok makan kecap asin
  11. 1/2 sendok teh merica bubuk
  12. 1/2 sendok teh garam 
  13. 100 – 200 ml air
  14. 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sendok makan air untuk mengentalkan masakan 

Cara Membuat:
  1. Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak.Tumis bawang bombay hingga harum dan berubah transparan.
  2. Tambahkan bawang putih cincang dan tumis hingga harum dan bawang matang terlihat sedikit kuning kecoklatan. 
  3. Tambahkan cabai iris, aduk rata dan tumis hingga layu. 
  4. Masukkan daging ayam cincang, masak dan tumis sambil diaduk-aduk hingga daging berubah warna menjadi pucat dan tidak pink lagi. 
  5. Tambahkan saus tiram, saus tomat, gula pasir, kecap asin, kecap manis, merica, garam. Aduk tumisan hingga rata. 
  6. Tuangkan air dan larutan maizena, masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan gula dan garam. Angkat, sisihkan. 
  7. Siapkan wajan bersih. Beri sekitar 2 sendok makan minyak dan panaskan, tumis buncis hingga permukaannya tampak layu dan berubah warna menjadi sedikit gelap, sekitar 5 menit, aduk-aduk selama buncis ditumis agar matangnya merata.
  8. Angkat buncis dan tata di piring saji. Siramkan tumisan ayam cincang di atas buncis

Kalau ayam teriyaki nya saya pake saori saos teriyaki

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 23: Pare Bumbu Merah + Pesmol Ikan

By on July 21, 2014
Pesmol ikan yang rasanya gurih manis pas banget dipasangin sama pait dan pedesnya pare bumbu merah. Enaaak!

Enak deh perpaduan dua menu ini. Makanan yang kaya gini yang bikin lahap makan 😀
Resep Pare Bumbu Merah
Bahan:
  1. 1/4 kg pare, potong-potong, remas pare dgn garam sampai layu
  2. 1 sdm ebi cincang
  3. 1 lbr daun salam
  4. Lengkuas secukupnya geprek
  5. Garam dan gula secukupnya
  6. Air secukupnya

Bumbu halus:
  1. 4 btr bawang merah
  2. 3 bh cabai merah besar

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus, tambahkan ebi, daun salam dan lengkuas
  2. Masukkan pare
  3. Tambahkan garam, gula, dan air
  4. Masak sampai matang
Resep pesmolnya sebenernya udah pernah saya posting. Tapi gak apa-apa saya tulis lagi disini biar gampang. Hehehe.

Resep Pesmol Ikan
Bahan:
  1. 1/2 kg ikan kembung, bersihkan
  2. 2 lbr daun salam
  3. 1 lbr daun jeruk
  4. 1 btg serai, geprek
  5. 1 cm lengkuas
  6. 1 btg daun bawang, potong-potong
  7. 2 sdm air asam jawa
  8. 10 bh cabai rawit utuh2 bh wortel, potong korek
  9. 10 bh buncis, potong korek belah 2
  10. air jeruk nipis
  11. Garam dan gula
Bumbu halus:
  1. 10 btr bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit
  4. 1 cm jahe
  5. 2 btr kemiri
  6. 1 bh cabai merah besar buang biji
Cara Membuat:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit
  2. Goreng ikan sampai agak kering
  3. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk
  4. masukkan buncis, wortel, gula, garam, dan air asam jawa
  5. Tambahkan ikan, aduk sebentar. Angkat

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 20: Udang Saos Padang + Tumis Labu Siam

By on
Huaaaa… super duper latepost banget ini sih. Hihihi. Dua hari kemarin gak sempet mau posting. Soalnya dua hari itu banyak kerjaan plus ada urusan ke luar rumah. Jadi baru hari ini nih sempet buka laptop.
Menu buka puasa hari ke 20: udang saos padang dan tumis labu siam.

Ceritanya pas hari Jumat si onty Lani mau nginep kesini, pengen dibikinin makanan yang enak. Dia ngasih ide bikin udang saos padang. Eeeh dia gak jadi nginepnya, tapi bikin udang saos padangnya tetep jadi dooong. Dulu kita berdua sering banget bikin ayam saos padang, soalnya kita berdua doyan banget sama yang namanya pedes. Biasanya saya bikin bumbunya tuh bawang merah, bawang putih, dan cabe merah atau cabai rawitnya dihalusin. Tapi saya lagi kepengen makan udang saos padang yang bumbunya kaya diabang pecel ayam. Pake saos gitu. Gugling deh jadinya. Naaah sampe deh ke blog www.momylicious.com . Langsung suka sama blog ini. Foto-fotonya keren! Tampilannya keren! Resepnya juga banyak! Ngiler abis sama tampilan udang saos padangnya. Ternyata niiih pas banget sama yang saya mau bumbunya, pake saos. Jadi yang dihalusin cuma si cabe ajah, bwang merah dan bawang putih dicincang. Tapi bawang merahnya saya ganti pake bawang bombay. Udah ah kepanjangan ceritanya 😀 Yuk liat resepnya.

Resep Udang Saos Padang 
Saya modif sedikit resepnya 😀
Bahan:
  1. 500 gr udang
  2. 1/2 bh bawang bombay, potong dadu
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. 1 cm jahe
  5. 1 sdm saus tomat
  6. 3 sdm saus sambal
  7. 3 bh cabai merah besar, haluskan
  8. 3 bh cabai rawit merah, iris serong
  9. 1 sdt garam
  10. gula secukupnya
  11. 1 btg daun bawang, iris tipis, untuk taburan
  12. 75 ml air
  13. minyak secukupnya

Cara Membuat:
  1. Bersihkan udang, kerat punggungnya.
  2. Panaskan minyak, goreng udang hingga matang, sisihkan
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Tambahkan jahe, cabai giling, saus sambal, saus tomat, dan cabai rawit merah
  5. Masukkan garam, gula, dan air
  6. Masak hingga kuah agak mengental, masukkan udang, aduk-aduk
  7. Angkat, taburi dengan daun bawang

Dan ini resep tumis labu siam nya:
Bahan:
  1. 1 bh labu siam, potong korek, remas dengan garam sampai layu
  2. 3 siung bawang putih, geprek
  3. 1 bh cabai merah, iris serong
  4. 2 lbr daun salam
  5. 2 cm lengkuas, geprek
  6. garam dan gula scukupnya
  7. air secukupnya
  8. minyak untuk menumis

Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai merah, daun salam, dan lengkuas
  2. Masuukkan labu siam
  3. Tambahkan garam, gula, dan air
  4. Masak sampai air meresap dan matang

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 19: Kalio Ayam + Tumis Buncis

By on July 17, 2014
Kemaren keingetan enaknya makan kalio buatan ibu. Jadi untuk buka hari ini menunya kalio ayam. Karena kalionya udah agak pedes jadi sayurnya yang ga pedes. Bikin tumis buncis aja. Plus bikin martabak tahu juga buat yang garing-garingnya.

Resep Kalio Ayam
Bahan:
  1. 1/2 kg ayam, kukus sebentar
  2. 100 ml santan
  3. 1 btg sereh, geprek
  4. 3 lbr daun jeruk
  5. 2 lbr daun salam
  6. 1 bh asam kandis, rendam dengan sedikit air hangat

Bumbu halus:
  1. 10 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 10 bh cabai merah keriting
  4. 3 btr kemiri sangrai
  5. 1 ruas jahe
  6. 1 ruas lengkuas
  7. 1 ruas kunyit
  8. 1 sdm ketumbar sangrai

Cara memasak:
  1. Tumis bumbu halus, daun salam, dan sereh sampai wangi
  2. Masukkan ayam, tumis sebentar
  3. Masukkan santan, daun kunit, daun salam, asam kandis, serta sedikit air
  4. Masak sampai kuah mengental sambil di aduk-aduk

Resep Tumis Buncis
Bahan:
  1. 200 gr buncis, potong-potong
  2. 1 bh cabai merah
  3. 3 siung bawang putih, geprek
  4. garam dan gula secukupnya
  5. air secukupnya
  6. minyak untuk menumis

Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai merah
  2. Masukkan buncis
  3. Tambahkan garam, gula, dan air
  4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 18: Tumis Sawi Hijau + Rolade Daging Saus Cokelat ala JTT

By on
Tumis Sawi Hijau + Rolade Daging Saus Cokelat ala JTT
 Menu buka puasa hari ke 18 gak bikin masakan yang pedes. Papi lagi suka sakit perut aja >.< Kalau saya sih makan harus sama yang pedes. Rasanya ga enak kalo gak pedes. Jadi gak napsu makannya. Menu kali ini adalah tumis sawi hijau dan rolade daging saus cokelat ala JTT.

Tumis Sawi Hijau
Resep Tumis Sawi Hijau
Bahan:
  1. 250 gr sawi hijau, potong-potong
  2. 1 bh tahu, potong dadu, goreng sampai kecoklatan
  3. 3 bh baso sapi, iris-iris
  4. 2 siung bawang putih, iris-iris
  5. 1 bh cabai merah, iris serong
  6. garam dan gula secukupnya
  7. air secukupnya
  8. minyak secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis bwang putih sampai harum, masukkan cabai merah
  2. Masukkan bakso dan sawi hijau
  3. Tambahkan air, garam, dan gula
  4. Tambahkan tahu, masak sampai matang
Akhirnya setelah lama nyimpen resep roladenya JTT berhasil dieksekusi juga. Hehehe. Alhamdulillah pada suka.
Rolade Daging Saus Cokelat ala JTT

 Resep Rolade Daging dengan Saus Coklat ala JTT
Sumber: http://www.justtryandtaste.com/2011/06/rolade-daging-sapi-dengan-saus-coklat.html
Bahan isi:
  1. 250 gram daging sapi cincang
  2. 1 butir telur ayam
  3. 1 sendok makan tepung maizena
  4. 1 butir bawang bombay ukuran kecil
Bumbu isi:
  1. 1/2 sendok teh merica bubuk
  2. 2 butir bawang putih, haluskan
  3. 1/4 sendok teh pala bubuk
  4. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  5. 1/2 sendok makan kecap asin
  6. 1/4 sendok teh garam
Bahan & bumbu dadar:
2 butir telur untuk dua buah dadar
Bahan & bumbu saus coklat:
  1. 1 butir bawang bombay ukuran kecil
  2. 1 butir bawang putih cincang halus
  3. 1 sendok makan tepung terigu
  4. 400 ml air
  5. 1/2 sendok teh merica bubuk
  6. 1/2 sendok teh pala bubuk
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. 1 sendok makan kecap asin
  9. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  10. 1/2 sendok makan worchestaire sauce (optional)
  11. 1/4 sendok teh garam
  12. 1/2 sendok makan gula
  13. 1/2 sendok makan margarine untuk menumis atau minyak sayur biasa

Cara Membuat:
  1. Siapkan mangkuk sedang, masukkan semua bahan isi dan bumbu isi, aduk rata. Cicipi rasanya dan sisihkan.
  2. Kocok lepas 1 butir telur dan seujung kuku garam di mangkuk kecil, sisihkan. beri sedikit minyak merata pada permukaan teflon. Masukkan kocokan telur dan gulirkan pan untuk meratakan telur, lakukan dengan cepat hingga telur menutupi seluruh permukaan wajan dengan ketebalan yang sama.  
  3. Balikkan pan berisi telur ke atas meja datar, balikkan telur sehingga bagian kasar berada di atas. 
  4. Ratakan 1/2 porsi adonan daging cincang diatas permukaan dadar menggunakan sendok makan, sisakan sedikit bagian tepinya agar bisa ditekuk. Lipat dadar bagian sisi kiri dan kanan serta bagian atas menutupi sedikit bagian daging. Kemudian gulung dadar sambil agak di tekan. Ulangi proses ini untuk 1 buah dadar lagi.
  5. Bungkus rolade dengan alumunium foil dan kukus di dandang selama 20 menit. Angkat rolade dan buka alumunium foil pembungkusnya. Potong-potong rolade sesuai ketebalan yang diinginkan.

Membuat Saus Cokelat:
  1. Siapkan wajan, cairkan mentega dan tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, transparan dan berwarna kecoklatan. 
  2. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk dengan cepat. 
  3. Masukkan air, aduk hingga terigu larut dan mendidih. 
  4. Masukkan semua bumbu dan masak hingga kental, cicipi rasanya. Angkat. 

Tapi sayang, kurang padet pas ngegulungnya. Jadi bentuknya kurang cantik. Tapi kalo rasa mah enak dooong..

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 17: Cumi Udang Goreng Mentega

By on July 16, 2014

Ngiler banget liat postingan masakan dengan hashtag #masuba1435h . Banyak banget deh inspirasi masakan disana. Salah satunya cumi goreng mentega. Karena di tukang ikan cuma ada 1/4 kg cuminya jadi saya tambahin aja pake udang.

Cumi Udang Goreng Mentega

Resep Cumi Udang Goreng Mentega

Bahan:

  1. 1/4 kg cumi, potong bentuk cincin
  2. 1/2 kg udang, kupas
  3. 1 bh bawang bombay, iris
  4. 2 cm jahe, iris tipis
  5. 1 sdt kecap asin
  6. 1 bk saori saos tiram
  7. mentega secukupnya
  8. garam dan gula secukupnya
  9. air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan mentega, masukkan bawang bombay dan jahe. Masak hingga harum
  2. Masukkan cumi dan udang, masak setengah matang
  3. Tambahkan kecap asin, saos tiram, garam, gula, dan air
  4. Masak sampai meresap dan matang
Berhubung baru masak jam 18.30 jadi cuma masak ini aja. Gak masak sayurnya. Gara-gara kemaren ke dokter bawa Kenzie yang panas tinggi jadi baru bisa masak setelah maghrib. 

Continue Reading

Uncategorized

Menu Sahur / Buka Puasa Hari ke 16: Pecak Ikan Mas + Oseng Putren Wortel Bakso

By on July 15, 2014
Setelah dua hari, sabtu dan minggu buka puasa diluar, sekarang waktunya balik lagi ke dapur buat masak. Hahaha.. Menu kali ini pecak ikan mas dan oseng putren wortel bakso. 
Pecak Ikan Mas dan Oseng Putren Wortel Bakso

Resep pecak ikannya dapet dari ibu. Dulu ibu sering bikinnya pake ikan mujaer. Tadinya sih mau pake ikan gurame tapi keabisan di warung. Ya sudahlah pake ikan yang ada aja. Soalnya udah kebayang pedesnya hehehe.

Resep Pecak Ikan Mas
Bahan:
* 1 kg ikan mas (bisa diganti mujaer atau gurame)
Bumbu halus utk ikan:
* 4 siung b. Putih
* 1 sdt ketumbar
* 3 cm kunyit
* garam secukupnya
Bahan pecak:
* 5 bh cabai merah besar/keriting
* 7 bh cabai rawit merah
* 7 btr bawang merah
* 2 cm jahe
* 3 cm kunyit
* terasi secukupnya
* garam dan gula secukupnya
* 2 bh jeruk limo
Cara membuat:
– lumuri ikan dgn bumbu halus, diamkan 20 menit. Goreng ikan sampai matang. Sisihkan
– bakar semua bahan pecak. Lalu ulek kasar. Beri air perasan jeruk limo, garam, dan gula. Aduk rata
– Siram bumbu pecak ke atas ikan
Pecak Ikan Mas
 Lauknya udah pedes, jadi sayurnya jangan pedes lagi. 
Resep Oseng Putren Wortel Bakso
Bahan:
* 1/2 kg jagung putren, iris serong
* 1/4 kg wortel, iris serong,
* 10 bh baso, iris tipis
* 1 btg daun bawang, iris serong
* 1/2 bbh bawang bombay, iris-iris
* 1 bks saori saos tiram
* garam dan gula secukupnya
* air secukupnya
Cara Membuat:
– Tumis bawang bombay sampai harum
– Masukkan jagung dan wortel. Tambahkan air. Masak sampai setengah matang
– Tambahkan bakso, garam, gula, saos tiram, dan daun bawang, Aduk rata
– Masak sampai matang
Oseng Putren Wortel Bakso

Continue Reading