Uncategorized

Resep Pangsit Kuah

By on March 2, 2014
Lagi kepengeeen banget makan pangsit kuah. Daripada beli mending bikin sendiri biar dapet banyak. Browsing deh cari resepnya. Ketemu resep pangsit kuah dari www.justtryandtaste.com. Blog ini isinya resep masakan yang rasanya oke bangeeet! Di resep aslinya pakai daging ikan, karena saya gak punya ikan jadi diganti dengan udang cincang.
Resep Pangsit Kuah
Bahan:
– 20 lembar kulit pangsit siap pakai 
– 100 gram udang cincang
– 150 gram ayam cincang
– 2 sendok makan tepung sagu/tapioka
– 1 butir telur ayam kocok lepas 
– 2 batang daun bawang, cincang halus
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 2 siung bawang merah, haluskan
– 1/2 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh minyak wijen
– 1 sendok teh kecap asin
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1/4 sendok teh garam
Kuah:
– 1 1/2 liter kaldu ayam atau air biasa
– 5 siung bawang putih, cincang halus
– 2 sendok makan kecap asin
– 1 sendok teh kaldu bubuk (jika menggunakan air biasa dan bukan kaldu)
– 2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
Pelengkap:
– Daun sawi
– Bawang merah goreng untuk taburan 
– Sambal rawit
Cara Membuat:
– Siapkan mangkuk, masukkan daging ayam dan daging udang, tambahkan semua bumbu ke dalamnya, tepung tapioka/sagu, daun bawang dan telur kocok. Aduk rata. Cicipi rasanya.
– Siapkan selembar kulit pangsit, isi dengan 1/2 sendok makan adonan. Lipat seperti melipat amplop, hingga bagian isi tertutup kulit pangsit. 
– Lakukan hingga semua bahan habis. Tata pangsit di dalam dandang kukusan, beri jarak antar pangsit agar tidak lengket.  Kukus selama 15 menit, hingga pangsit matang. Sisihkan.
Membuat kuah:
Siapkan panci, beri kaldu ayam atau air biasa, masukkan semua bumbu ke dalamnya. Rebus hingga mendidih. Cicipi rasanya.  Angkat. 
Penyajian:
Siapkan mangkuk saji, tata daun sawi dan pangsit, siram dengan kuah panas dan taburi dengan daun bawang cincang dan bawang merah goreng. Sajikan beserta dengan sambal rawit

Continue Reading

Uncategorized

Resep Cumi Saos Tomat

By on February 21, 2014
Resep Cumi Sos Tomat


Bahan:

  1. 500 gr cumi, bersihkan kulitnya, potong-potong
  2. 1 bh bawang bombay ukuran sedang, iris-iris
  3. 2 bh cabai hijau buang biji, iris serong
  4. 2 bh tomat ukuran besar
  5. 5 sdm saus tomat
  6. Garam, gula, dan merica secukupnya
  7. air

Cara Membuat:
  1. Rendam tomat di dalam air panas. Kupas kulitnya lalu blender sampai halus
  2. Tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan cabai hijau
  3. Masukkan cumi, masak sampai berubah warna
  4. Tambahkan tomat yang sudah diblender, saus tomat, garam, gula, merica, dan air
  5. Masak hingga matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Misoa Kuah Pedas

By on
Resep ini saya dapat dari http://food.detik.com/read/2010/10/11/115852/1461023/921/misoa-kuah-pedas dengan sedikit modifikasi 😀
Bahan:
3 keping misoa
Kuah Pedas :
  1. 50 gr daging ayam, potong dadu sedang saja
  2. 4 Siung bawang Putih
  3. 1/2 sdt Terasi Bakar
  4. 3 biji Cabe Merah, buang isi, goreng hingga layu dulu
  5. 5 biji Cabe Rawit, iris tipis2
  6. 1 bh serai, belah dua
  7. 3 iris jahe segar
  8. 1 sdm kecap ikan
  9. 1 sdm kecap manis
  10. sedikit garam
  11. 1 sdt Gula Pasir
  12. 1/2 bulatan sedang bawang bombay, iris tipis2/cincang
  13. 3 sdm minyak sayur
  14. 1 btg daun bawang, iris tipis, untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Panaskan air, rendam misoa, lalu tiriskan
  2. Haluskan cabe merah, terasi bakar dan bawang putih
  3. Panaskan 3 sdm minyak sayur, masukkan bawang bombay, aduk hingga harum, baru masukkan bumbu halus beserta serai dan jahe serta cabe rawit, tumis hingga harum, besarkan api, masukkan potongan daging ayam, aduk hingga berubah warna, beri kecap asin dan kecap manis, aduk-aduk lagi.
  4. Bumbui dengan garam dan gula pasir, aduk rata, beri air secukupnya sebagai kuah, masak hingga kuah mendidih.
  5. Sajikan misoa ke dalam mangkuk saji, siram dengan kuah pedas, tabur atasnya dengan potongan daun bawang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Gulai Ikan Tongkol

By on
Lagi kepengen banget makan gulai ikan. Di tukang ikan lagi ada ikan tongkol. Yuk ah kita bikin gulai ikan tongkol. Kenzie ikut makan gulai juga. rasanya ga pedes karena cabenya saya buang bijinya. Dan dia sukaaa.
Resep Gulai Ikan Tongkol
Bahan:
  1. 1 ekor ikan tongkol, potong-potong
  2. Santan dari 1/2 bh kelapa
  3. 10 bh cabai rawit utuh
  4. Garam dan gula pasir secukupnya
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 lbr daun salam
  7. 1 bh serai, geprek

Bumbu halus:
  1. 8 btr bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 2 bh cabai merah (buang biji)
  4. 2 ruas jahe
  5. 2 ruas kunyit
  6. 2 ruas lengkuas
  7. 3 ruas kunyit
  8. 5 btr kemiri

Cara Membuat:
  1. Goreng sebentar ikan tongkol
  2. Tumis bumbu halus. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai
  3. Masukkan ikan tongkol
  4. Masukkan santan
  5. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masukkan cabai rawit
  6. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Oncom Item 1

By on

Salah satu menu favorit saya nih. Enak banget dimakan pake nasi panas.

Resep Tumis Oncom Item
Bahan:

  1. 2 potong oncom item, cuci, hancurkan
  2. 1 bh wortel, potong korek tipis
  3. 3 bh buncis, iris tipis
  4. 3 btr bawang merah, iris tipis
  5. 2 siung bawang putih, iris tipis
  6. 5 bh cabai rawit merah, iris serong
  7. Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai
  2. Masukkan wortel dan buncis
  3. Tambahkan oncom item, garam, dan gula
  4. Aduk rata. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sate Udang

By on
Lagi bosen makan udang saos tiram. Tapi kepengen makan udang soalnya Kenzie lagi  banget sama udang. Setelah browsing sana-sini dapet deh resep sate udang. Gampang banget ternyata bumbu-bumbunya. Dan rasanya juga enak. Yang pasti Kenzie lahap banget makan pake udang.
Resep Sate Udang
Bahan:
  1. 500 gr udang, buang kepalanya
  2. 1/2 bh jeruk nipis
  3. 1/2 sdt garam
  4. tusuk sate
Bahan rendaman:
  1. 3 siung bawang putih, haluskan
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1/4 sdt merica
  4. 5 sdm kecap manis
Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan rendaman
  2. Tusuk udang dengan tusukan sate. Dalam satutusuk ada 4-5 udang
  3. Rendam udang selama 30 menit
  4. Panaskan teflon beri sedikit minyak goreng, panggang udang di atas teflon

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tempe Penyet

By on February 10, 2014
Bahan:

  1. 1 bh tempe, potong-potong sesuai selera
  2. 1 genggam daun kemangi

Bahan sambal:

  1. 3 bh cabai merah besar
  2. 15 bh cabai rawit hijau
  3. 1/2 sd terasi bakar
  4. 2 btr kemiri
  5. Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng tempe sampai kecoklatan, sisihkan
  2. Tumis sebentar bahan sambal, lalu ulek
  3. Taruh tempe di atas sambal lalu tekan-tekan sampai setengah hancur
  4. Aduk rata, tambahkan daun kemangi di atasnya

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Buncis Cumi Asin

By on


Bahan:

  1. 250 gr buncis, potong ujungnya
  2. 100 gr cumi asin, cuci bersih, rendam air hangat
  3. 4 btr bawang merah, iris tipis
  4. 3 siung bawang putih, iris tipis
  5. 3 bh cabai merah keriting, iris serong
  6. 6 bh cabai rawit, iris serong
  7. 1 bh tomat, buang biji, potong-potong
  8. Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng cumi asin sampai setengah matang, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan tomat
  3. Tambahkan buncis, masak sampai buncis empuk
  4. Tambahkan cumi asin, garam, dan gula. Aduk rata. Angkat

Continue Reading

Uncategorized

Resep Misoa Goreng

By on
Dapet misoa dari nenek. Langsung kepikiran bikin misoa goreng. Biasanya dulu nenek atau ibu yang bikinin buat saya. Nah sekarang saya mau bikin buat Kenzie dan papi. Hehe.
Masakan yang memakai misoa adalah masakan Cina, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Ini dia bentuk dari misoa.
Bahan:

  1. 4 keping misoa
  2. 1 bh wortel, parut halus
  3. 5 sdm daging ayam cincang
  4. 2 btg seledri, cincang halus
  5. 250 ml air

Bumbu halus: 

  1. 3 btr bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt merica
  4. 1 sdt garam

Balutan:

  1. 1 btr telur kocok lepas
  2. tepung roti

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum
  2. Masukkan wortel, seledri, daging ayam cincang, tumis sampai setengah matang
  3. Tambahkan air, garam, dan merica.
  4. Masukkan misoa. Masak sampai air meresap dan misoa mengental
  5. Masukkan adonan misoa ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit mentega.
  6. Tekan-tekan adonan sampai padat. Diamkan sampai adonan dingin
  7. Keluarkan adonan dari cetakan lalu potong-potong
  8. Gulingkan adonan ke dalam kocokan telur lalu balur dengan tepung roti
  9. Goreng sampai kecoklatan

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tahu Gulung Isi Sosis

By on
Satu lagi resep dari www.justtryandtaste.com yang udah berhasil saya coba. Tahu gulung isi sosis.
Bahan: 

  1. 300 gram tahu sutera
  2. 4 buah sosis sapi/ayam
  3. 2 butir telur
  4. 1/2 batang wortel, serut kasar atau cincang halus
  5. 1 daun bawang, rajang halus

Bumbu:
  1. 2 siung bawang putih, cincang halus
  2. 1 sendok teh merica bubuk
  3. 1/2 sendok teh garam
  4. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  5. 1 sendok teh minyak wijen (optional) 
Bahan dadar, kocok jadi satu:
  1. 3 butir telur
  2. 8 sendok makan air
Cara Membuat:
  1. Hancurkan tahu menggunakan garpu atau remas-remas hingga tahu benar-benar hancur
  2. Tambahkan wortel, daun bawang dan bumbu, aduk rata. Cicipi rasanya. Tuangkan telur, aduk tahu menjadi adonan yang tercampur baik. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan datar anti lengket diameter 20 cm, olesi permukaannya dengan minyak. 
  4. Tuangkan 1 sendok sayur kocokan telur, miringkan wajan ke kiri dan ke kanan sehingga kocokan telur menyebar merata menjadi lapisan tipis. Masak hingga telur mengeras dan matang. Angkat dan balikkan wajan ke permukaan talenan atau piring. Goreng sisa telur lainnya. 
  5. Letakkan selembar dadar di atas meja datar, ambil sekitar 3 sendok makan adonan tahu, ratakan di permukaan dadar telur.
  6. Taruh sebuah sosis diatas tahu, tutup sosis dengan adonan tahu.
  7. Kemudian gulung dadar berisi tahu dan sosis menjadi satu gulungan, lakukan dengan hati-hati sambil dipadatkan. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan dan dadar.
  8. Bungkus gulungan tahu dengan alumunium foil, kukus selama 15 menit agar adonan tahu matang.
  9. Siapkan wajan datar, beri minyak agak banyak dan panaskan. 
  10. Goreng gulungan dadar berisi tahu dengan api sedang hingga dadar menjadi kecoklatan dan ketika ditekan dengan spatula terasa keras. Balikkan dan masak semua sisinya hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Continue Reading