Uncategorized

Resep Cumi Saos Tomat

By on February 21, 2014
Resep Cumi Sos Tomat


Bahan:

  1. 500 gr cumi, bersihkan kulitnya, potong-potong
  2. 1 bh bawang bombay ukuran sedang, iris-iris
  3. 2 bh cabai hijau buang biji, iris serong
  4. 2 bh tomat ukuran besar
  5. 5 sdm saus tomat
  6. Garam, gula, dan merica secukupnya
  7. air

Cara Membuat:
  1. Rendam tomat di dalam air panas. Kupas kulitnya lalu blender sampai halus
  2. Tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan cabai hijau
  3. Masukkan cumi, masak sampai berubah warna
  4. Tambahkan tomat yang sudah diblender, saus tomat, garam, gula, merica, dan air
  5. Masak hingga matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Misoa Kuah Pedas

By on
Resep ini saya dapat dari http://food.detik.com/read/2010/10/11/115852/1461023/921/misoa-kuah-pedas dengan sedikit modifikasi 😀
Bahan:
3 keping misoa
Kuah Pedas :
  1. 50 gr daging ayam, potong dadu sedang saja
  2. 4 Siung bawang Putih
  3. 1/2 sdt Terasi Bakar
  4. 3 biji Cabe Merah, buang isi, goreng hingga layu dulu
  5. 5 biji Cabe Rawit, iris tipis2
  6. 1 bh serai, belah dua
  7. 3 iris jahe segar
  8. 1 sdm kecap ikan
  9. 1 sdm kecap manis
  10. sedikit garam
  11. 1 sdt Gula Pasir
  12. 1/2 bulatan sedang bawang bombay, iris tipis2/cincang
  13. 3 sdm minyak sayur
  14. 1 btg daun bawang, iris tipis, untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Panaskan air, rendam misoa, lalu tiriskan
  2. Haluskan cabe merah, terasi bakar dan bawang putih
  3. Panaskan 3 sdm minyak sayur, masukkan bawang bombay, aduk hingga harum, baru masukkan bumbu halus beserta serai dan jahe serta cabe rawit, tumis hingga harum, besarkan api, masukkan potongan daging ayam, aduk hingga berubah warna, beri kecap asin dan kecap manis, aduk-aduk lagi.
  4. Bumbui dengan garam dan gula pasir, aduk rata, beri air secukupnya sebagai kuah, masak hingga kuah mendidih.
  5. Sajikan misoa ke dalam mangkuk saji, siram dengan kuah pedas, tabur atasnya dengan potongan daun bawang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Oncom Item 1

By on

Salah satu menu favorit saya nih. Enak banget dimakan pake nasi panas.

Resep Tumis Oncom Item
Bahan:

  1. 2 potong oncom item, cuci, hancurkan
  2. 1 bh wortel, potong korek tipis
  3. 3 bh buncis, iris tipis
  4. 3 btr bawang merah, iris tipis
  5. 2 siung bawang putih, iris tipis
  6. 5 bh cabai rawit merah, iris serong
  7. Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai
  2. Masukkan wortel dan buncis
  3. Tambahkan oncom item, garam, dan gula
  4. Aduk rata. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Misoa Goreng

By on February 10, 2014
Dapet misoa dari nenek. Langsung kepikiran bikin misoa goreng. Biasanya dulu nenek atau ibu yang bikinin buat saya. Nah sekarang saya mau bikin buat Kenzie dan papi. Hehe.
Masakan yang memakai misoa adalah masakan Cina, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Ini dia bentuk dari misoa.
Bahan:

  1. 4 keping misoa
  2. 1 bh wortel, parut halus
  3. 5 sdm daging ayam cincang
  4. 2 btg seledri, cincang halus
  5. 250 ml air

Bumbu halus: 

  1. 3 btr bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt merica
  4. 1 sdt garam

Balutan:

  1. 1 btr telur kocok lepas
  2. tepung roti

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum
  2. Masukkan wortel, seledri, daging ayam cincang, tumis sampai setengah matang
  3. Tambahkan air, garam, dan merica.
  4. Masukkan misoa. Masak sampai air meresap dan misoa mengental
  5. Masukkan adonan misoa ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit mentega.
  6. Tekan-tekan adonan sampai padat. Diamkan sampai adonan dingin
  7. Keluarkan adonan dari cetakan lalu potong-potong
  8. Gulingkan adonan ke dalam kocokan telur lalu balur dengan tepung roti
  9. Goreng sampai kecoklatan

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tahu Gulung Isi Sosis

By on
Satu lagi resep dari www.justtryandtaste.com yang udah berhasil saya coba. Tahu gulung isi sosis.
Bahan: 

  1. 300 gram tahu sutera
  2. 4 buah sosis sapi/ayam
  3. 2 butir telur
  4. 1/2 batang wortel, serut kasar atau cincang halus
  5. 1 daun bawang, rajang halus

Bumbu:
  1. 2 siung bawang putih, cincang halus
  2. 1 sendok teh merica bubuk
  3. 1/2 sendok teh garam
  4. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  5. 1 sendok teh minyak wijen (optional) 
Bahan dadar, kocok jadi satu:
  1. 3 butir telur
  2. 8 sendok makan air
Cara Membuat:
  1. Hancurkan tahu menggunakan garpu atau remas-remas hingga tahu benar-benar hancur
  2. Tambahkan wortel, daun bawang dan bumbu, aduk rata. Cicipi rasanya. Tuangkan telur, aduk tahu menjadi adonan yang tercampur baik. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan datar anti lengket diameter 20 cm, olesi permukaannya dengan minyak. 
  4. Tuangkan 1 sendok sayur kocokan telur, miringkan wajan ke kiri dan ke kanan sehingga kocokan telur menyebar merata menjadi lapisan tipis. Masak hingga telur mengeras dan matang. Angkat dan balikkan wajan ke permukaan talenan atau piring. Goreng sisa telur lainnya. 
  5. Letakkan selembar dadar di atas meja datar, ambil sekitar 3 sendok makan adonan tahu, ratakan di permukaan dadar telur.
  6. Taruh sebuah sosis diatas tahu, tutup sosis dengan adonan tahu.
  7. Kemudian gulung dadar berisi tahu dan sosis menjadi satu gulungan, lakukan dengan hati-hati sambil dipadatkan. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan dan dadar.
  8. Bungkus gulungan tahu dengan alumunium foil, kukus selama 15 menit agar adonan tahu matang.
  9. Siapkan wajan datar, beri minyak agak banyak dan panaskan. 
  10. Goreng gulungan dadar berisi tahu dengan api sedang hingga dadar menjadi kecoklatan dan ketika ditekan dengan spatula terasa keras. Balikkan dan masak semua sisinya hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Oncom Daun Labu

By on November 13, 2013

Bahan:

  1. 2 ikat daun pucuk labu
  2. 1 bh oncom, potong kotak
  3. 5 btr bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 1 bh cabai merah besar, iris serong
  6. 5 bh cabai rawit, iris serong
  7. Garam dan gula
Cara Membuat:
  1. Rebus daun pucuk labu selama kurleb 5 menit, tiriskan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai. Masukkan oncom.
  3. Tambahkan daun pucuk labu, garam dan gula. Masak sebentar. Angkat

Continue Reading

Uncategorized

Resep Pesmol Ikan Mujair

By on
Bahan:
  1. 1/2 kg ikan mujair, bersihkan
  2. 2 lbr daun salam
  3. 1 lbr daun jeruk
  4. 1 btg serai, geprek
  5. 1 cm lengkuas
  6. 1 btg daun bawang, potong-potong
  7. 2 sdm air asam jawa
  8. 10 bh cabai rawit utuh
  9. 2 bh wortel, potong korek
  10. 10 bh buncis, potong korek belah 2
  11. air jeruk nipis
  12. garam dan gula
Bumbu halus:
  1. 10 btr bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit
  4. 1 cm jahe
  5. 2 btr kemiri
  6. 1 bh cabai merah besar buang biji
Cara Membuat:
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit
  2. Goreng ikan sampai agak kering
  3. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk.
  4. masukkan buncis, wortel, gula, garam, dan air asam jawa
  5. Tambahkan ikan, aduk sebentar. Angkat
Kenzie ikut makan pesmol juga. Dia suka loh. Lahap bangeeet. Untuk anak under 1y tinggal disesuaikan aja bahan-bahannya. Ikannya bisa diganti ikan mas, ikan gurame atau yang lainnya.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bunga Kol Saus Keju

By on November 8, 2013
Resep ini juga saya dapat dari buku dr. Tiwi, Sehat Lezat Olah Saji dr. Tiwi. Ini cemilan yang sehat. Kenzie kan suka banget sama bunga kol. Jadi pas banget deh resep ini saya coba. Sausnya sengaja ga saya langsung campurin, Biar Kenzie cocol sendiri nanti. Kayanya cemilan ini bisa dimulai dari 10m. Soalnya kan pakai tepung maizena untuk sausnya. 
Bahan:
  1. 150 gr bunga kol, potong sesuai kuntum
Saus Keju:
  1. 10 gr mentega
  2. 1 sdm tepung maizena
  3. 150 ml air
  4. 75 gr keju cheddar, parut
Cara Membuat:
  1. Kukus bunga kol hingga empuk. Angkat. Sisihkan
Saus Keju:
  1. Panaskan mentega hingga leleh. Masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tuang air dan tambahkan keju. Aduk terus hingga keju leleh dan mengental. Angkat
  2. Sajikan kembang kol dengan sausnya
Tapi sayang, Kenzie ga suka. dia cuma cocolin saus kejunya pake telunjuk >.<

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Ikan Dori Tahu Sutra

By on November 4, 2013

Kemarin saya beli ikan dori. Tapi belum tau mau dimasak apa. Kalau gak salah ikan dori ini udah boleh dikonsumsi mulai usia 9m+ . Akhirnya gugling deh resep buat ikan dori. Eh nemu resep sup ikan dori tahu sutra dari sini http://mayshakitchen.blogspot.com/2013/01/resep-sup-ikan-dori-tahu-sutra.html .
Tadi sih saya cobain enak. Mudah-mudahan Kenzie suka juga.

Bahan:

  1. 500 gr ikan dori potong kotak
  2. 100 gr sawi putih
  3. 1 bungkus tahu sutra
  4. 1 sdt air jeruk lemon
  5. 1/2 sdt garam
  6. 2 siung bwng putih, memarkan
  7. 2 sdt hebi sangrai, haluskan (saya gak pakai)
  8. 1 bh tomat, potong-potong
  9. 1 sdt garam
  10. 1/4 merica bubuk
  11. 1 sdt gula pasir
  12. 2 btng daun bwng, potong-potong
  13. Air untuk kuah
  14. 1 sdm minyak untuk menumis
  15. 10 grm bwng putih goreng untuk taburan (saya gak pakai)
  16. 2 sdm jagung manis pipil

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dori dengan jeruk lemon dan garam diamkan kurleb 20 menit.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan air biarkan mendidih
  3. Masukan ikan dori, sawi putih, tahu sutra, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tambahkan daun bawang, masak sampai matang
  5. Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang putih goreng.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Cumi Tumis Saori

By on November 1, 2013

Resep dari: www.dapurumami.com

Bahan:

  1. 100 g Cumi tanpa kepala dan kulit, bersihkan, kerat-kerat, potong segitiga
  2. 15 g Brokoli
  3. 1/4 buah Wortel, kupas kulit, iris tipis
  4. 1 buah Bawang bombay, belah empat, potong segitiga
  5. 3 siung Bawang putih, iris tipis
  6. 1 buah Cabai hijau, belah dua, buang biji, iris serong
  7. 1 batang Daun bawang, iris serong
  8. 10 cm Jahe, kupas kulit, iris tipis
  9. 1 sdm Tepung maizena, larutkan
  10. 5 sdm SAORI Saus Tiram
  11. 3 sdm Minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan jahe dan cumi, aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air hingga mendidih, masukkan SAORI Saus Tiram, cabai hijau, wortel, brokoli dan daun bawang. Didihkan kembali.
  3. Tambahkan larutan tepung maizena, masak hingga kental. Angkat dan sajikan.

Continue Reading