Uncategorized

Resep Muffin Coklat Lembut

By on July 18, 2016
Lagii, si Aa minta cemilan. Demi Aa yaaa mami bikinin. Dan alhamdulillah si Aa doyan. Hihihi.
Ini muffinnya lembut loooh, ga yang keras gitu, rasanya juga nyoklat banget. 
Resep Muffin Coklat Lembut
Sumber : @tintinrayner .
 
Bahan:
50 gr tepung maizena
3 sdm coklat bubuk
100 gr gula palem (karena ga ada, mami ganti gula pasir halus)
225 ml susu cair
75 gr butter
125 gr dark cooking chocolate
75 ml minyak sayur
2 btr telur
110 gr gula pasir halus
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder double acting

Cara membuat:
1. Campur tepung maizena, gula palem, coklat bubuk, dan susu cair. Masak di atas api kecil. Sampai meletup dan kental licin.
2. Masukkam dcc dan butter, aduk sampai licin. Matikan api
3. Masukkan 1 butir telur dan minyak, aduk sampai rata
4. Masukkan 1 butir telur dan gula pasir halus, aduk sampai rata
5. Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata
6. Tuang ke dalam cup muffin. Beri taburan sesuai selera
7. Panggang selama 25-30 menit dengan suhu 180dc.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Kue: Brownies ala Canti by JTT

By on September 8, 2014
Kepengeeen banget bikin brownies. Langsung nyari ke www.justtryandtaste.com . Cari resep yang paling gampang bahan dan langkah-langkahnya. Ketemu deh resep brownies ini. Rasanya? Enaaaaaaaak banget. Pertama kali bikin langsung enak. Aaaaahh ketagihan jadi pengen bikin lagi.

Resep Brownies ala Canti by JTT
Untuk + 15 potong, menggunakan loyang segiempat ukuran 20 x 20 cm
Bahan:
– 2 butir telur, suhu ruang
– 200 gram gula pasir
– 100 gram mentega, suhu ruang 
– 100 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
– 45 gram coklat bubuk
– 175 ml susu cair (dibuat dari 110 ml air + 65 ml susu kental manis)
– Seujung kuku garam, jika menggunakan mentega tawar
Topping:
– Buttercream
– Keju cheddar parut secukupnya
Resep buttercream: 
Kocok jadi satu dengan mikser kecepatan tinggi hingga smooth:
– 100 gram mentega
– 100 gram gula halus
– 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)
Cara membuat:
– Siapkan oven, set di suhu 175’C, letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang segi empat ukuran 20 x 20 cm dengan mentega dan taburi tepung, Sisihkan.
– Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula pasir, menggunakan hand mixer kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian gunakan speedtinggi hingga telur dan gula mengembang. Tambahkan mentega dan teruskan mengocok hingga mentega tercampur baik. Proses ini tidak memakan waktu lama (1 – 2 menit saja). Matikan mikser.
– Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak langsung diatas adonan telur dan mentega, tuangkan secara bergantian dengan susu cair. Kira-kira bagi masing-masing menjadi 3 tahapan, aduk ringan setiap tahapannya dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik.
– Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 menit. Lakukan test dengan menusukkan lidi di tengan kue, jika tidak ada adonan yang menempel maka brownies telah matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan sempurna sebelum dioleskan buttercream.

– Jika brownies telah dingin, olesi permukaannya dengan buttercream dan taburi dengan parutan keju cheddar di atasnya. Kue siap dipotong dan santap.
Duuuh kue coklat pake keju pas digigit tuh sensasi dimulutnya super enak! Sukaaaa.. Dan bukan cuma saya aja yang suka, Kenzie juga suka. Doyan banget. Banyak banget dia makan kuenya. Hihihihi. Harus bikin lagi ini sih. 😀

Continue Reading

Uncategorized

Resep Kue Kastengel ala Diah Didi

By on July 24, 2014
Ini diaaa kue ketiga yang saya bikin untuk lebaran nanti. Kue kastengel. Resepnya masih dari mbak Diah Didi. Simpel banget ya resepnya. Kesimpulan saya, bikin kue lebaranitu gampang ya ternyata hehehe.


Resep Kastengel ala Diah Didi
Bahan :
  1. 150 margarin
  2. 2 sendok makan gula halus
  3. 1 butir kuning telur untuk adonan, dan satu butir untuk olesan
  4. 200 gram tepung terigu protein rendah
  5. 1 sendok makan susu bubuk
  6. 250 gram keju cheddar, parut, separo di campur adonan, separo buat hiasan / topping

Cara membuat :
  1. Kocok margarin, gula halus, dan kuning telur selama 3 menit.
  2. Masukkaan terigu dan susu bubuk, aduk rata dengan spatula.
  3. Masukkan keju parut separo, aduk rata.
  4. Ratakan adonan di tempat datar yang di alas palstik sambil agak di padatkan, cetak sesuai selera.
  5. Olesi dengan kuning telur, taburi sisa keju parut secukupnya.
  6. Panggang di oven suhu sedang ( tergantung oven masing2 ) selama 20 – 30 menit / hingga matang dan kecoklatan atasnya.
  7. Kemas jika sudah dalam keadaan dingin.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Kue Putri Salju Ala Diah Didi

By on July 21, 2014
Alhamdulilllah banget bisa berhasil bikin kue kedua. Tadi abis sahur langsung bikin kue putri salju. Pake resep dari www.diahdidi.com . Rasanya enaaaak banget. Kenzie aja doyan. Kenzie bilangnya ini “tue buwan” alias kue bulan. Seneng ya rasanya bisa berhasil bikin kue padahal gak bisa awalnya trus nyari resep di internet, dan nekat bikin 😀 Hehehehe. 

Resep Kue putri Salju by Diahdidi
Bahan-bahan: 
  1. 175 gr Tepung protein rendah
  2. 150 gr Mentega 
  3. 50 gr Gula halus khusus kue kering
  4. 1 Kuning telur 
  5. 15 gr Susu bubuk 
  6. 100 gr Kacang mete, sangrai, haluskan 
  7. 100 gr Gula halus khusus taburan

Cara Membuat:
  1. Kocok mentega dan gula selama 1 menit, tambahkan kuning telur. Kocok rata
  2. Tambahkan kacang bubuk, aduk rata dengan spatula
  3. Masukkan tepung dan susu bubuk sambil di ayak dan di aduk rata
  4. Cetak adonan
  5. Oven selama kurleb 20 menit suhu 160 dc
  6. Hangat-hangat taburi dengan gula halus

Rasanya beneran enak deh. Huaaaa jadi makin semangat bikin kue lebaran sendiri. Rencananya hari rabu mau bikin kastengel. Resepnya dari mbak Diah Didi lagi 😉

Continue Reading

Uncategorized

Resep Cookies Bunga Mawar Tanpa Telur ala JTT

By on
“Ah pih kue mah beli ajah. Mami males kudu bikin-bikin. Beli ajah biar gak repot” Itu omongan saya dulu pas belum punya oven. Udah 3 tahun beli terus kue lebaran nya. Naaah semenjak punya oven jadi punya tekad bikin kue lebaran sendiri. buat apa punya oven kalo gak dipake. Jadi mending bikin sendiri deh. Kudu belajar. Harus bisa bikin kue sendiri! Bagus kalo bisa jadi usaha iyak nggak? hehehe.
Naaaah berhubung saya gak pernah diajarin bikin kue, jadinya saya mengandalkan internet untuk nyari resep kue lebaran. Biasanya kan dapet resep warisan ya. Saya mah cari di internet sajah. Web yang jadi andalan saya untuk bikin kue lebaran ada dua, www.justtryandtaste.com dan www.diahdidi.com . Kue pertama yang saya bikin kue yang mirip semprit. Saya tuh doyaaan banget sama semprit. Iya doyan makannya, tapi bikinnya gak bisa. Hehehe. Pas lagi nyari-nyari resep semprit eh ada resep dari JTT. Namanya Cookies Bunga Mawar Tanpa Telur. Pas dibaca resepnya ih bahannya sedikit alias muraaah. Hahahaha. Saya sengaja cari resep yang bahan-bahannya sedikit dan murah. Soalnya kalo udah pake bahan mahal trus gagal pasti pengen nangis rasanya. Sayang kan udah mahal-mahal trus rasanya ga enak. Ya udah lah saya bikin kue ini. Dan rasanyaaa ENAK!!!! Ini resepnya yaaaa..
Resep Cookies Mawar Tanpa Telur
Bahan:
  1. 175 gram mentega atau margarine (mentega memberikan rasa lebih nendang)
  2. 75 gram gula bubuk (haluskan gula pasir menggunakan blender)
  3. 1/2 sdt vanila ekstrak
  4. 175 gram tepung terigu serba guna
  5. 45 gram tepung maizena
Cara membuat: 
  1. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue, alasi permukaannya dengan kertas baking. Sisihkan. 
  2. Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula bubuk kemudian kocok dengan speed sedang hingga pucat dan mengembang. Masukkan vanila ekstrak dan proses hingga semua bahan tercampur baik. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena bersamaan dengan cara diayak ke dalam adonan mentega, kemudian aduk dengan spatula hingga tercampur baik.
  3. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 30 menit agar mengeras dan membuat kue tidak terlalu melebar kala dipanggang.
  4. Panaskan oven, set disuhu 165’C (api atas bawah).   
  5. Siapkan plastik segitiga yang biasa digunakan untuk menyemprot adonan kue atau anda juga bisa menggunakan kantong plastik transparan biasa, beri spuit ukuran paling besar dengan bentuk bintang/kembang di ujungnya. Masukkan adonan kue ke dalam pastik, kemudian gunting ujung plastik dan dorong spuit keluar plastik.
  6. Semprotkan adonan ke atas permukaan kertas baking dalam bentuk melingkar mulai dari titik di tengah kemudian melingkar keluar mengelilingi bagian tengah sehingga adonan menyerupai kelopak mawar. Lakukan hingga adonan habis. 
  7. Panggang adonan selama 20 menit di oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Jika permukaan kue terlihat telah mengeras dan bagian dasarnya mulai kecoklatan segera keluarkan dari oven dan biarkan dingin di rak kawat. Walau permukaan kue masih kekuningan sebenarnya kue telah matang dan kala dingin akan renyah dan garing. Jangan memanggangnya berlebihan.
Alhamdulillah banget pertama kali bikin kukis ini langsung berhasil. Kalo emang ada niat mah yang tadinya gak bisa pasti jadi bisa ya.  Semangat terus belajar bikin kuenya sampe jago 😀

Continue Reading