Uncategorized

Kok Kenzie galak?

By on July 3, 2013

Aduuuuh Kenzie mulai galak nih sama temennya. Tapi cuma sama temennya yang satu ini sih. Jadi, ada tetangga baru dirumah, dia punya anak perempuan umur 2 tahun lebih. Si anak ini emang agak galak juga. Suka main rebut mainan Kenzie, isengin Kenzie, narik tangan atau kakinya Kenzie. Lama-lama Kenzie jadi suka kesel. Akhirnya Kenzie suka pukul anak itu. Ga kenceng sih karena selalu ketahan sama saya. Tapi beneran deh cuma sama anak perempuan ini aja galaknya. Sama temen-temen lainnya ga pernah galak.

Kalo Kenzie udah galak gitu saya langsung ngomong sama Kenzie dan anak perempuan itu: “maaf ya ka, Kenzie ga sengaja. Kenzie jangan galak ya sama kaka. Minta maaf sama kaka.” Mudah-mudahan Kenzie pinter, ngerti apa yang maminya bilang. Dan disinilah pentingnya pengawasan orangtua saat anaknya lagi main.  Saat anak melakukan kesalahan, kita sebagai orangtua bisa langsung kasih tau kalo itu salah dan kita harus minta maaf.

Tadi pas Kenzie galak ke anak perempuan itu pas lagi ada omanya. Kata oma, umur segitu emang lagi masa-masanya si anak galak dan egois. Bener juga sih, beberapa anak temen jg ada yang kaya Kenzie. Tapi ya saya sih ga mau anak jd galak, suka mukul, atau main rebut mainan temennya. Makanya dari sedini mungkin diajarin supaya tidak seperti itu.

Tapi dasar anak-anak ya, udah digalakin, dinangisin abis itu langsung main lagi, ketawa-ketawa lagi.

Mama-mama lain ada yang ngalamin hal kaya aku ga? Boleh minta sarannya buat menghadapi ini? 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie Panas Tinggi

By on April 4, 2013
Udah 3 hari suhu badan Kenzie naik turun. Awalnya pas bangun tidur senin malem, badan Kenzie kok panas. Pas diukur suhunya 38.5DC. Panas banget. Langsung telepon papi buat beli parasetamol. Setelah beberapa jam panasnya agak turun. Tapi ga pernah ke suhu normal. Jam 3 pagi badannya makin panas 39.7DC. Ya ampun itu kulitnya sama telapak tangan panaaaaas banget. Gimana rasanya ya Kenzie suhu badannya segitu. Akhirnya minum parasetamol lagi. Selasa siangnya suhu masih turun naik aja.
Selasa malem suhu badannya tinggi lagi. Sampe >39DC. Ngeri banget, takut Kenzie kejang. Alhamdulillah Kenzie kuat, gak sampe kejang. Saya gak tau mesti gimana kalau Kenzie sampe kejang. Akhirnya Rabu pagi saya bawa ke dokter. Kata dokter belom bisa dipastikan sakit apa karena panasnya baru kurang dari 48 jam. Kalau saat panas keluar bercak merah kemungkinan roseola, tapi jika panas tinggi sampai 3/4 hari lalu suhu normal dan muncul bercak merah kemungkinan rubela. Saya sampai ditanya “ibu lagi hamil?” “Nggak dok.” “Soalnya kalau lagi hamil dan ternyata dedenya rubela takutnya ketularan. Kalau ibu kena rubela, janin bisa cacat”. Astaghfirullah serem banget ya efek dari rubela ini bagi ibu hamil 🙁 Alhamdulillah sampai sekarang di badan Kenzie gak muncul bercak merah. Akhirnya Kenzie dikasih obat untuk anti virus.

Nah ini ada link tentang campak, rubella, dan roseola
Campak:
http://mommiesdaily.com/2010/03/11/campak-rubella-dan-roseola-i/


Rubella
http://mommiesdaily.com/2010/03/18/campak-rubella-dan-roseola-ii/


Roseola
http://mommiesdaily.com/2010/03/24/campak-rubella-dan-roseola-iii/

Badan Kenzie panas banget setiap tengah malem sampai subuh. Di Rabu malem suhunya masih tinggi, 39.4DC. Tangan Kenzie nempel di perut tuh kerasa banget, tembus ke dalem baju. Kasiannya anak mami. Hari ini, Kamis, alhamdulillah suhu badannya udah mulai normal 37,6DC. Walo masih agak sedikit anget dari suhu biasanya.
Waktu hari Rabu ke dokter saya bener-bener kasian banget sama Kenzie. Baru kali ini Kenzie histeris banget pas lagi diperiksa. Kenzie kan gak mau lepas dari saya, sama papinya aja gak mau. Nah, pas ditaro ditempat tidur dia langsung nangis. Pas diperiksa mulut apalagi. Kenzie bener-bener ketakutan. Nangis sampe sesenggukan kata orang sunda mah. Baru kali ini saya lihat Kenzie nangis kaya gitu. Gak tega banget. Karena saya mau ngobrol dulu sama dokternya, saya kasih Kenzie ke papi. Tapi Kenzie masih nangis juga. Saya gendong lagi. Saya minta suster untuk ukur lingkar kepalanya, ditidurin lagi lah di tempat tidur. Nangisnya makin kenceng. Pas saya gendong Kenzie nangis sampe batuk dan akhirnya muntah banyak. Susu sama makanan keluar lagi. Gak tegaaaa. Sampe segitunya Kenzie ketakutan diperiksa 🙁
Setelah bersih-bersih, papi yang ngurus pembayaran dan pengambilan obat. Kenzie ngajakin pergi, badannya ngajakin keluar. Akhirnya saya bawa keluar RS. Dia minta saya jalan terus sampai ke jalan raya. Karena papi belom beres, saya mau masuk lagi ke RS, Kenzie nangis lagi. Saya ajak jalan lagi. Begitu saya mau masuk lagi, dia nangis lagi. Kenzie trauma ya? Kasian. :((
Sering saya lihat anak kecil yang ketakutan saat mau diperiksa. Anak-anak pada nangis kejer. Sekarang saya mengalaminya. Bener-bener ga tega liatnya. Semoga kalau harus ke dokter Kenzie ga sehisteris kemarin. Aamiin.
Selama sakit Kenzie jadi rewel. Sering ngerengek. Maunya digendong terus. Gak mau sama siapa-siapa. Tidur terus. Tapi Kenzie segini tuh pinter banget, rewelnya ga parah. Pas malem bobonya nyenyak. Ga nangis kejer yang ga berenti-berenti ataupun ngajakin begadang. Cuma maminya ga bisa kemana-mana soalnya mau mimi terus. Alhamdulillah hari ini  Kenzie udah mulai ceria. Mau jalan sendiri, ketawa, ngoceh. Seneng bisa liat senyum Kenzie dan denger suara ketawanya Kenzie.
Kenzie sayang cepet sembuh ya. Jangan sakit lama-lama. Mudah2an ini cuma demam aja, ga perlu kena roseola atau rubela. Mami sama papi ga tega liat Kenzie sakit. Sehat terus ya nak. Ceria lagi. Mami dan papi sayang Kenzie :*

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie di Arena Bermain

By on March 17, 2013
Seneng deh ngajak Kenzie ke arena bermain yang ada di mall. Pertama kali diajak kesana waktu umur 9 bulan. Langsung antusias liat mobil-mobilan. Di naikin ke mobil-mobilan gak mau duduk, diri sambil pegang stir dan diputer-puter. Pertama kali main langsung bisa. Pinter banget. Sekarang klo ngemall harus ngajak dia  ke arena bermain. Hihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Satu Tahun Perjalan Menyusui

By on March 9, 2013
Alhamdulillah sudah satu tahun saya menyusui Kenzie. Yup satu tahun Kenzie minum ASI. Satu tahun menyusui Kenzie itu penuh perjuangan. 
~ ASI baru keluar setelah 3 hari pasca melahirkan. Tapi saya tahu bayi baru lahir bisa bertahan selama 72 jam ga mimik karena masih ada cadangan persediaan sewaktu di dalam rahim. Suster juga nanya mau ASI eksklusif atau tidak, karena jika ASI eksklusif bayi gak akan diberikan cairan apapun. Kenzie juga waktu itu tiduuur terus. Mimiknya juga belum jago. Mertua udah nyuruh kasih madu. Saya tahu madu itu gak boleh untuk bayi dibawah 1tahun. Saya gak turutin. Saya juga belum terlalu paham tentang ilmu menyusui. Saya cuek aja Kenzie gak minta mimik. Eh ternyata karena kurangnya cairan ASI bilirubin Kenzie cepet naiknya walopun ada sebab lain kenapa bilirubinnya tinggi. Tapi kurangnya asupan ASI jadi penyebabnya juga.
Akhirnya Kenzie harus disinar biru larena masih kuning. Sampai usia 1 bulan kurang 1 hari Kenzie masih kuning. Dan menurut dokter hal itu merupakan breastmilk jaundice. Saat itu keluarga kurang mendukung saya untuk tetap memberikan ASI. Semuanya menyarankan untuk kasih sufor aja. DSA Kenzie juga menyarankan pakai sufor. Yang akhirnya yaa demi Kenzie biar ga kuning lagi saya menurut. Cuma suami dan teman-teman yang sudah berpengalaman yang selalu menyemangati saya. Setiap hari saya cari dukungan dari teman-teman.
Karena stress kurang dukungan, stress anak disinar biru sampai 3 kali, bikin ASI saya jadi seret. Kenzie sering ngamuk pas lagi mimi karena aliran ASI saya gak sederas saat seperti dia minum sufor dari dot. Kenzie nangis kejer saya panik juga yang akhirnya bikin ASI jadi seret juga. Kalau ASI mau deras si ibu harus bisa rileks, senang, dan santai biar hormon oksitosinnya lancar. Wah dari Kenzie umur 0 bulan sampai 1 bulan lebih bener-bener perjuangan banget deh nyusuin Kenzie. Saya harus “gak peduli” sama omongan orang tentang ASI saya sedikit dan ASI saya jelek. Saya selalu meyakinkan diri kalau ASI saya banyak. Setiap mimiin Kenzie saya selalu ajak ngobrol Kenzie “Kenzie berdoa yuk, Ya Allah miminya banyakin ya, ya Allah. Yang deres miminya. Biar Kenzie bisa kenyang”. Selalu seperti itu. Alhamdulillah akhirnya ASI saya mulai banyak dan bisa lepas dari sufor.
~ Berat badan Kenzie kok naiknya sedikit ya? Kok Kenzie kurus ya? Kenapa Kenzie ga segendut bayi lain yang minum ASI? Aduuuh semua pertanyaan itu selalluuu saya tanyain ke papi. Selaluuuu ganggu pikiran saya. Siapa sih yang ga pengen punya anak gemuk, montok? Pertanyaan-pertanyaan itu yang bikin saya punya pikiran: “Pih, pake sufor aja yuk. Biar Kenzie gemuk. Masa Kenzie kecil sih?”. Papi selalu bilang “Emang nanti ga ada efek apa-apa kalo pake sufor? Nanti kalo Kenzie ga mau ASI lagi gimana? Emang terjamin bakal gendut kalo pake sufor?” Iya juga sih ya. Anak tetangga pake sufor tetep kurus. Huks.. Terus harus gimana dooong 🙁 Sebenernya sih bb Kenzie ga kurang cuma ga pas di garis ijo kalau di plot ke growth chart, tapi ga di garis merah juga, masih di berat yang normal sebenernya. Sampai gambar kurvanya saya twit ke @drOei dan alhamdulillah beliau bilang berat Kenzie masih bagus.
Jadi mungkin ASI saya lebih banyak mengandung foremilknya dibandingkan dengan hindmilknya. Yang ternyata hindmilk itu mengandung banyak lemak. Jadi Kenzie ga banyak minum hindmilknya yang bikin dia ga segendut bayi-bayi lain. 
Dan saat Kenzie usia 6 bulan, lulus S1 ASI sampai 7 bulan lebih disitulah saya merasa berhasil menyusui Kenzie. Berat badan Kenzie naiknya banyak. Setelah di plot di growth chart beratnya ada di garis hijau. Alhamdulillah banget. Eeeh, pas lagi gendut-gendutnya, Kenzie sakit beberapa kali yang bikin berat badannya turun banyak dan bikin susah naik lagi sampai sekarang 🙁 Tapi kata dokter sampai sekarang beratnya masih dalam batas normal, belum kekurangan. Dan dilihat dari postur saya, mumgkin Kenzie ikut postur maminya yang kecil. Pdahal papinya tinggi besar loh.
~ Kenzie mulai gigit puting. Setelah tumbuh gigi, akhirnya saya merasakan fase ini. Mantep banget rasanya kalo udah mulai gigit. Alhamdulillah Kenzie jarang sih gigit-gigitnya. Ga pernah sampe bikin puting berdarah. Kalo Kenzie gigit, mulutnya saya buka pake jari kelingking. Langsung deh dilepas gigitannya
~ Saat tanggal 18 Februari 2012, satu hari sebelum Kenzie ulang tahun yang pertama, satu hari sebelum lulus S2 ASI, saya mengalami peradangan payudara yang bikin ASI jadi ga keluar selama satu hari. Jadi gini ceritanya, tanggal 18 Feb itu saya, papi, dan Kenzie jalan-jalan. Nah Kenzie gak mimi selama jalan-jalan. Baru mimik lagi 3 jam dari mimi terakhir. Padahal itu jarak yang biasa. Tapi mungkin ASI lagi deras karena suasana hati saya lagi senang. Pas sampe tempat makan saya ngerasa PD saya nyeriiii banget, saya tahu kalau itu bengkak. Saya makan dulu, baru nyusuin Kenzie. Gak lama mimi Kenzie langsung bobo. Saat nyusuin pun saya ga ngerasa LDR. Gak lama badan saya langsung menggigil, seluruh badan gemeteran, muka pucat, mual, muntah, dan pusing. Saya coba perah saat masih di tempat makan, pakai tangan ASI ga keluar. Sampai dirumah saya langsung tidur, badan terasa lemas dan pandangan kabur. Setelah bangun tidur saya kompres PD dengan air hangat, saya pompa tapi ASI yang keluar cuma dikit. Tapi setelah saya lihat dengan jelas ASI nya warna merah muda, lama-lama agak kecoklatan, termyata ASI saya campur darah 🙁 Kaget, panik, takut. Saya langsung tanya teman yang member AIMI ASI, gimana kalo ASI yang ada darahnya keminum. Dia bilang gak apa-apa. Ya udah setiap 2-3 jam sekali saya pompa dan tetap saya susui ke Kenzie. Tapi Kenzie gak suka, mungkin rasanya berubah. Tidurnya jadi rewel 🙁
Besoknya 19 Feb PD saya masih bengkak juga. Biasanya kalau bengkak, saya kompres dan saya pompa langsung kempes kok ini ngga kempes-kempes juga. Akhirnya saya ke dokter UGD di RS Hermina Bogor. Hari itu ga ada jadwal klinik laktasi. Diperiksalah saya sama dokter jaga UGD. Dia nanya anaknya umur berapa saya bilang satu tahun. Eh dia malah bilang “sebenernya kan ASI eksklusif itu cuma sampai 6 bulan ya. Kalo udah 1 tahun sih gak juga gapapa” Heee? Maksudnyaaa? Ga usah ngASI lagi gitu? Enak banget dia. Gak oke banget nih dokter! Keseeel banget dengernya. Saya sama papi langsung liat-liatan. Saya dikasih 3 jenis obat: obat demam, antibiotik, dan obat pereda nyeri.
Sampe dirumah saya coba pompa lagi. Yang keluar malah susu tapi warnanya agak kekuningan. Aduuuh apa ini nanah? Makin ngeri ajah. Soalnya tadi pagi nanya ke temen, ciri2 mastitis itu gimana? Katanya “kalo mastitis sih dah parah cha, sampai bernanah” 🙁 Langsung deh nanya ke temen yang istrinya kena mastitis. Karena keadaan udah lumayan membaik juga, dah ga terlalu lemes saya bisa browsing. Ciri-cirinya mirip. Makin takut dan panik. Soalnya kalau bener mastitis harus dilakukan insisi untuk dikeluarkan cairan nanahnya. Konsultasinya ke dokter bedah. Ya Allah takutnya bukan main. Pokonya besok saya harus ke klinik laktasi. Harus.
Saat di klinik laktasi RSIA Hermina, PD saya diperiksa sama bidan. Bidan ini bidan yang ngajarin senam, kursus prenatal, dan kursus merawat bayi baru lahir. Saya inget banget, soalnya dia enaaak banget ngejelasin yang dia ajarin. Alhamdulillah banget bidan bilang bengkaknya gak parah memang agak merah sedikit tapi ga mastitis. Alhamdulillah ya Allah. Bidan ini malah menyarankan saya ngASI sampai 2 tahun. Dia bilang darah atau nanah gak apa-apa kalau terminum bayi. ASI sudah dirancang sedemikian rupa sama Allah yang didalamnya justru melindungi bayi. Salah satu penyembuhan bengkak ini harus disusui terus oleh bayi.
Pas malemnya, Kenzie tuh minta mimik terus. Ngempeng semaleman. ASI udah lumayan lebih banyak keluarnya. Dan saat pagi, PD saya sudah kempes. Walo masih tertinggal ada yang bengkak sedikit. Tapi keadaannya jauh membaik. Terima kasih ya nak, kamu bantu banget nyembuhin mami. Akhirnya bisa LDR lagi. Dan ASI mulai banyak lagi. Kenzie mimiknya jadi tenang lagi karena udah banyak dan rasanya udah kembali lagi. Alhamdulillah.
Selama saya sakit, Kenzie kan dua hari tuh ditinggal ke dokter dan saya titipin. Dengan terpaksa saya kasih sufor aja biar tetep ada susu yang masuk. Tapi tau gaaa? Kenzie gak mau. Mau pake dot, mau pake gelas, mau disendokin, tetep ajah gak mau minum tuh susu. Udah dibikinin 90ml buat dia minum sambil bobo, yang keminum cuma 10 ml. Dan tidurnya bkan karena minum susu, tapi karena di ayun-ayun sambil digendong. Kenzie lebih suka mimi mami ya nak? Anak pinter :*
Saat sakit, Kenzie dipegang orang lain, sama papi, uwak, dan neneknya. Saya lemes, demam, pusing, serba ga enak, sampe ga bisa ngurus Kenzie. Setiap Kenzie ngajak main, minta gendong, atau minta dituntun saya pasti nolak. Efeknya Kenzie juga jadi cuek sama saya. Pas pulang dari dokter, Kenzie ga sumringah liat maminya. Biasa aja, cuek. Ya Allah sediiiih banget. Gak boong deh rasanya sedih banget dicuekin sama Kenzie. Liat Kenzie anteng maen sama yang jagainnya, saya cuma bisa tiduran bikin ngerasa bersalah banget sama Kenzie. Gimana kalau saya kerja terus Kenzie dijaga sama pengasuh ya? Terus Kenzie lebih milih main atau disuapin makannya sama pengasuh. Ya Allah ga ada artinya deh gaji yang saya terima kalo anak jadi lebih milih sama pengasuhnya 🙁 Sampai sekarang saya belum berpikiran untuk kerja lagi di kantoran. Saya sih pengennya punya usaha online. Jadi punya penghasilan tapi tetep bisa full time sama Kenzie. Semoga bisa terwujud secepatnya.
Dari pengalaman beberapa hari saya sakit itu, saya ngerasa kayak lagi menyapih Kenzie. Frekuensi menyusui berkurang, ASI sedikit, PD bengkak, kayak yang lagi menyapih deh. Saya baru tau kenapa banyak yang bilang ga rela untuk menyapih walopun usia anaknya udah 2 tahun. Ternyata emang gak rela banget. banyak hal yang bikin saya ga rela untuk menyapih Kenzie terlalu dini. Sedih deh liat anak minta mimi tapi ASI dah seret. Trus bakal kangen sama ngerengek manjanya Kenzie minta mimi. Bakal kangen momen saat menyusui, saat lagi pandang-pandangan, saat Kenzie sayang-sayang miminya, saat Kenzie ketawa girang kalo udah diliatin miminya. Saat lagi nyusuin Kenzie tuh saya ngerasa saya bisa mencurahkan seluruh kasih sayang sayang saya sambil mendekap Kenzie. Saya tatap mata Kenzie, saya peluk badannya, jarak yang bener-bener deket sama Kenzie. Aaah momen-momen yang luar biasa menurut saya. 
Kalo kata @ID_AyahASI menyapih itu kesiapan antara ibu, anak, dan ayah. Saya rasa saya gak akan pernah siap sampai Kenzie umurnya 2 tahun. Banyak hal-hal yang bikin saya ga rela untuk berhenti menyusui.
Alhamdulillah saya sudah satu tahun menyusui Kenzie walopun ada beberapa kali dia harus minum sufor, tapi saya merasa berhasil menyusui Kenzie. Yang pasti lanjut sampai Kenzie 2 tahun. Harus bisa. Pasti bisa.
Bagi mami, menyusui Kenzie adalah kebahagiaan buat mami. Mudah-mudahan ASI mami selalu banyak untuk Kenzie ya. Mudah-mudahan ASI mami selalu bikin Kenzie sehat. Amin.

Continue Reading

Uncategorized

Happy 1st Birthday, Kenzie!

By on February 28, 2013
19 Februari 2012 – 19 Februari 2013.
Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun..
Selamat ulang tahun Kenzie..
Selamat ulang tahun…



  • Nama: Kenzie Adla Kanandar
  • Lahir: Bogor, 19 Februari 2012
  • Jam: 02:27
  • Tempat Lahir: RSIA Hermina Bogor
  • Berat Lahir: 3140 gram
  • Panjang Lahir: 48 cm
  • Cara Persalinan: SC
  • Dokter penolong: Dr. Budi Susetyo
Kenzie sayang, mami masih inget gimana rasanya waktu detik-detik menjelang kelahiran kamu. Mami masih inget pertama kali mami liat muka Kenzie. Mami masih inget waktu pertama kali mendengar suara Kenzie. Mami masih inget waktu pertama kali menggendong kamu. Mami masih inget waktu pertama kali menyusui kamu. Semua tentang Kenzie selalu ada dalam ingatan mami.
Tak terasa sudah 1 tahun umur Kenzie. Selamat ulang tahun jagoan mami dan papi. Sudah 1 tahun Kenzie menghiasi kehidupan mami dan papi. Satu tahun kita lewati bersama. Selama 1 tahun mami dan papi selalu belajar untuk menjadi orang tua yang baik untuk Kenzie.
Doa mami dan papi selalu yang terbaik untuk Kenzie. Kenzie sehat terus ya sayang. Makin pinter. Makin sayang sama mami papi. Kenzie jadi anak yang baik ya. Kenzie harus jadi anak yang sholeh, anak yang taat agama, anak yang gak pernah ninggalin sholat dan ngaji. Insya Allah mami dan papi bakal menanamkan ilmu agama sejak Kenzie kecil. Mami gak sabar pengen liat Kenzie pakai baju koko, sarung, dan peci trus pergi ke mesjid atau tempat pengajian. Aaahh anak sholeh mami pasti ganteng deh :*
Begitu banyak perkembangan Kenzie selama 1 tahun. Mami bisa lihat perubahan wajah kamu, perkembangan tiap bulannya, mami bisa tahu apa yang Kenzie suka dan tidak suka. Selama 1 tahun mami belajar memahami Kenzie, belajar bagaimana merawat Kenzie dengan baik. 
Apa aja perkembangan Kenzie di usia 11 bulan menuju 1 tahun?
  1. Kenzie sudah bisa jalan sendiri. Horeee. Tanpa dipegangin tangannya
  2. Giginya sudah 6 sekarang. 4 gigi baru tumbuh di bagian atas depan
  3. Sudah bisa bilang “tahteh” (tante), “teteh”, “nyamnyam”, “papa”
  4. Sudah bisa ngajakin mami maen, misalnya cilukba, cing ciripit, petak umpet
  5. Suka pengen makan sendiri, nyendokin sendiri makanan ke mulut
  6. Mengerti beberapa perintah sederhana, misalnya disuruh duduk karena mau pakai sepatu, duduk, genit, dll
  7. Kalau pegang hape, langsung ditempelin ke kuping trus bilang “a-oh”
  8. Kalau pegang sisir, langsung nyisir rambut sendiri
Dan ini lah catatan milestone Kenzie selama 1 tahun:
  • 0 bulan: 3.14kg, 48cm. Disinar biru sebanyak 3x karena bilirubin tinggi (19.5mg/dl)
  • 1 bulan: 3,6kg. Mulai fokus menatap seseorang
  • 2 bulan: 4.18kg. Sudah mulai ngoceh “aaah” “uuh”
  • 3 bulan: 5.6kg. Sudah bisa tengkurap sendiri tapi masih belum bisa balikin badannya lagi. Mulai meraih benda yang ada di dekat Kenzie.
  • 4 bulan: 6.4kg. Semakin mahir tengkurap. Seru kalau diajak ngobrol
  • 5 bulan: 7kg. Mulai belajar duduk di pangkuan mami atau papi. Tengkurepnya udah jago bolak-balik
  • 6 bulan: 7.2kg/62cm. Mulai makaan, makanan pertamanya puree alpukat. . Meraih benda dengan cara gulang-guling. Bisa panggil “mama”. Rajin “onngong-onggong”
  • 7 bulan: 8.1kg/69.5cm. Sudah bisa duduk sebentar tanpa disangga. Mengerti perintah sederhana seperti “kiss-kiss”. Mulai belajar duduk sendiri dari posisi tengkurap dan belajar merangkak. Kenzie dirawat karena muntah-muntah yang bikin bb nya turuuuun dan susah naik lagi hiks 🙁 
  • 8 bulan: 7.7kg. Jago merangkak. Makin rame ngocehnya. Bisa duduk sendiri dan lamaaa
  • 9 bulan: 7.8kg/72cm. Tumbuh 2 gigi depan bawah. Udah bisa berdiri sendiri. Maunya ditatah. Jago merambat. 
  • 10 bulan: 8.4kg/74cm. Melangkahnya udah jago banget kalo dituntun. Hapal beberapa gerakan yang diajarin.
  • 11 bulan: *gak nimbang* Tumbuh 4 gigi atas bagian depan. Sudah bisa jalan sendiri tanpa dipegangin. Bisa bilang “mama”, “papa”, “mamam”, “teteh”, “tahteh” (tante)
  • 12 bulan: *belum nimbang* Mau tumbuh 2 gigi depan samping, udah mulai keliatan. 
Ulang tahun pertama Kenzie dirayain bersama keluarga mami dan papi. Semua keluarga kumpul. Mami pesen kue dengan karakter yang ada di babytv. Kenzie kan sukaaa banget nonton baby tv.
Tapi gak ada foto Kenzie, mami, dan papi disamping kue soalnya Kenzie keburu ngantuk pas mulai acaranya. Orang-orang pada potong kue eh Kenzie nya malah bobo >.<
Sekali lagi selamat ulang tahun ya jagoan mami papi. Mami papi sayaaaang banget sama Kenzie. Mami ga bisa jauh dari Kenzie. Kenzie dan papi itu segalanya buat mami.:*

Continue Reading

Uncategorized

Horeee.. Kenzie Sudah 11 Bulan!

By on January 20, 2013
Selamat ulang bulan ke 11 jagoan mami :* Huaaa.. anak mami sudah besar. Bulan depan sudah 1 tahun. Kenzie, ga kerasa mami udah ngerawat Kenzie selama 11 bulan. Dari seneng, kesel, sedih, mami laluin sama Kenzie. Seneng kalo liat Kenzie ketawa, Kenzie nunjukin perkembangan barunya, dan Kenzie lahap makan masakan mami. Kesel kalo Kenzie lagi susah mamam, kalo Kenzie sembur-sembur makanannya 🙁 Sedih kalo Kenzie lagi sakit :(( Tapi mami bahagiaaa banget bisa ngurus Kenzie. Mami sendiri loh yang ngurus Kenzie. Papi juga bantu kok, tapi porsi mami lebih besar. Hihihi.
Kenzie makin banyak gayanya, makin banyak tingkahnya, makin banyak maunya. Hihihi. Kenzie juga makin pinter kok. Pinteeer banget.

  • Berat badan Kenzie alhamdulillah naiknya banyak. Mami seneeeng
  • Kenzie makannya sudah mulai pakai nasi lembek
  • Kenzie udah jago bangeeet merambatnya
  • Sudah bisa berdiri sendiri tanpa pegangan
  • Sudah mulai jalan sendiri beberapa langkah. Tapi Kenzie kadang masih suka takut nih kalau di lepas tangannya
  • Maunya jalaaan terus walaupun itu di dalem rumah. Maunya dituntun kesana-sini
  • Kalau minta dituntun pasti Kenzie nempel-nempelin badannya ke mami sambil berdiri trus megangin tangan mami
  • Sudah mulai bisa turun sendiri dari tempat tidur
  • Tiap hari mami ngajarin Kenzie baca buku yang isinya cuma gambar-gambar aja. Kenzie udah tahu kalo ditanya mana ikan, kepiting, kura-kura, dan kerang. Kenzie tunjuk binatangnya.
  • Kenzie juga sudah hapal dengan muka mami dan papi di foto. Kalau ditanya mana mami dan mana papi, Kenzie tunjuk foto dengan benar
  • Setiap dengar musik, kepala dan tangan Kenzie langsung goyang. Lucu deh kalao ditambah sama ekspresi genitnya
  • Kenzie sudah bisa gerakan sholat. gerakan takbir sambil mengangkat kedua tangan lalu melipat kedua tangan di depan perut. Kalao mami bilang “Allahu Akbar” pasti Kenzie langsung ngelakuin gerakan sholat
  • Bisa main cing ciripit. jari telunjuknya ditaro di telapak tangan
  • Kalau urusan nempel sama mami sih masih. Malah makin lengket. Maunya sama mami terus.
  • Sudah bisa nyari “engeh” (mimi) dimana. Kalau udah mau engeh langsung deh nyari engehnya, narik-narik baju mami sambil nempelin mukanya ke dada trus langsung ngerebahin diri di tangan mami.
Masih banyak tingkahnya Kenzie, banyak kalau diceritain satu-satu. Gak kerasa ya nak kamu sekarang sudah besar. Gak kerasa juga mami sudah menyusui kamu selama sebelas bulan. Satu bulan lagi genap mami menyusui kamu selama setahun. Perjuangan banget. 
Kenzie, Kenzie harus tambah pintar ya. Sehat selalu. Makan yang banyak. Cepet ngomong dan cepet jalan. Mami dan papi selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk Kenzie. Mami dan papi sayang Kenzie :*

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie Menjalankan Aksi GTM nya

By on January 6, 2013
GTM, Gerakan Tutup Mulut. Pfft udah hampir 1 minggu lebih Kenzie GTM. Tapi GTM nya cuma sama bubur nasi aja. Tiap dibikinin bubur tim, mulutnya rapet pet pet pet. Susaaah banget ngebujukin dia makan. Di rayu-rayu, naik sepeda, sambil nonton tv, disuapin sama yang lain, teteeeep susah. “Kenzieee,aaaa, ayok nih mamam. Ayok buka mulutnya yang lebar” Tuh mulut langsung rapet banget. Muka melengos ke kiri ke kanan menghindari sendok. Pas bilang “nih enum (minum) dulu” langsung minum dia. Glek glek glek. Kalo nggak nih, makanannya udah di dalem mulut, eeeh dia sembur-sembur sambil ketawa. Duh! 
Kadang saya suka kesel juga sih pas Kenzie nolak makan kaya gitu. Ya gimana ngga, udah dimasakin dia ga mau makan. Mana dia harus ngejar berat badannya yang masih kurang di umurnya yang 10 bulan. Mau ngejar berat badan eh dia malah GTM. Huks!
Mungkin Kenzie bosen kali ya makan bubur tim yang dicampur-campur gitu. Ya mungkin aja sih, dari umur 7 bulan lebih makannya begituan terus >.<
Kalau makan cemilan, oat pake sayur atau buah, dia mau. Nah berarti beneran bosen nih sama bubur nasi. Beberapa makanan yang dicoba selain bubur nasi sih dia mau. Jadi saya harus puter otak nyari-nyari resep untuk anak yang lagi GTM. Milis MPASI Rumahan lah tempatnya. Yup, disinilah sumber ide saya untuk memasak MPASI Kenzie. Nemu deh  beberapa menu untuk anak yang lagi GTM. Beberapa di antaranya berhasil. Yeaaay!!
Untuk mengatasi GTM nya, saya harus cari tahu makanan apa aja yang Kenzie suka. Selain itu kalau dia ga mau makan banyak, saya kasih cemilan padat kalori. Saya kasihnya sering tapi porsinya sedikit-sedikit. Jadi Kenzie tetep makan.
Saya juga tetap bikinin bubur nasi. Misalnya 2 hari saya bikin makanan tanpa bahan nasi, di hari ketiga baru saya bikin bubur nasi. Saya gak mau nanti Kenzie bener-bener gak suka sama makan nasi. Ngeri juga kalo dia sampe gede gak mau makan nasi. Semoga ngga, amin!
Sekarang saya masih berjuang mencari ide-ide menu untuk Kenzie dan harus sabar ngadepin Kenzie kalo dia nutup mulutnya rapet-rapet. *kencangkan ikat kepala* Harus semangat. Gak boleh males bikin makanan untuk Kenzie. Semangaaaat!
Kenzie harus makan yang banyak yaa. Biar sehat dan berat badannya cepet naik. Mami masakin makanan yang Kenzie suka :*

Continue Reading

Uncategorized

Yippiiie, Kenzie sudah 10 Bulan

By on December 18, 2012
Hai my boy, selamat tanggal 19, selamat ulang bulan, selamat 10 bulan. Yippiiee hari ini Kenzie 10 bulan. Waktu cepat banget berlalu. Rasanya mami baru aja ngelahirin kamu nak. Jaitan bekas operasai caesar aja masih suka kerasa nyut-nyutan. Hehehe. Dua bulan lagi Kenzie 1 tahun. Cepat sekali kamu tumbuh besar.
Kenzie makin besar, makin lucu, makin pintar, makin banyak tingkahnya, dan makin ga mau diem. Kenzie maunya maiiin terus. Kalau bobo siang cuma sebentar.
Alhamdulillah di usia 9 bulan ke 10 bulan Kenzie sehat. Kenzie ga ngalamin sakit. Seterusnya seperti itu ya nak, sehat selalu. Tapiiiiii pas ditanggal 12-12-2012 ada kejadian bersejarah loh, hari itu Kenzie terjun bebas dari tempat tidur. :(( Kasiannya anak mami. Kenzie nangis kejer dan ada benjol di belakang kuping. Tapi Kenzie pinter nangisnya cuma sebentar abis itu langsung aktif lagi. Udah ya nak jangan pernah jatoh lagi. Amiiin.
Apa aja ya perkembangan Kenzie di usianya yang ke 9 bulan?
  • Udah lancaaaar banget merangkaknya. Udah bisa ngejar mami/papi. 
  • Duduknya udah jago. Udah gampang kalau mau duduk
  • Maunya di tatah terus. Udah ga betah kalau digendong lama-lama
  • Udah jago merambatnya
  • Kenzie sudah punya gigi sekarang. Horeeee.. Gigi bawah sudah tumbuh 2 di depan
  • Daya tangkap Kenzie bagus. Sekali diajarin gerakan untuk sebuah lagu, Kenzie bisa langsung ngikutin. Setiap dinyanyiin lagu itu Kenzie hapal gerakannya.
  • Sudah hapal jam makan. Setiap jam 7 pagi, 12 siang, dan 4 sore pasti Kenzie teriak “mamam”. Baru berenti kalau makanan udah masuk mulut. Hihihi
  • Makin seneng manjat jendela. Dan itu jadi ritual sebelum tidur, mau tidur siang atau tidur malem. Pasti aja menjat jendela dulu.
  • Kenzie seneng kalau ada temennya. Dia ajak ngobrol pakai bahasa bayi dan bakal protes kalau temennya itu pulang. Biasanya teriak atau nangis.
  • Kenzie mulai ngacak barang. Liat barang di meja atau dimana aja pasti langsung di ambil.
Semoga Kenzie bisa jalan ya sebelum umurnya 1 tahun. Makin pinter, cepet bisa ngomong juga. Terus jangan cepet ngambek :p hehehe.
Sehat selalu ya nak. Mami papi doain yang terbaik buat Kenzie.
Love u :*

Continue Reading

Uncategorized

Selamat 9 Bulan, Baby K!

By on November 27, 2012
Halo anak mami yang ganteng. Selamat 9 bulan yaaa.. Selamat bertambah usia, selamat bertambah pintar!
Sudah besar ternyata anak mami. Sudah makin pintar. Sudah bisa marah juga. Hehehe. Duuh Kenzie tuh makin gemesin deh. Makin banyak tingkahnya. Alhamdulillah di usia 8 bulan Kenzie ga ngalamin sakit ya sayang. Kenzie sehat selalu. Amin. Yang pasti banyak perkembangan baru diusia 8 bulan.
  • Yeaay Kenzie sudah bisa duduk sendiri. Dari posisi merangkak trus mundur nempelin pantat ke lantai daaaaan duduk deh. Duduknya juga udah lama dan seimbang. Tapi Kenzie punya kebiasaan jelek nih suka buang badan seenaknya >.<
  • Merangkaknya sudah lancar car car. Bisa ngejar mami ke dapur. 
  • Ngocehnya jago banget. Rame deh kalo lagi ngoceh. Kalo lagi nangis manggil “mama mamaaaa”. Suka bersenandung juga. Hihihi
  • mulai merambat. Ngerangkak trus ada yang bisa jadi pegangan langsung deh berdiri. Kadang suka lepas tangan, tapi belum bisa seimbang 😀
  • Kalau dilarang suka marah >.<
  • Makin ga bisa jauh dari mami. Maunya sama mamiii terus. Baru digendong sebentar sama orang lain langsung minta gendong maminya. Mungkin karena bonding yang kuat kali ya, Kenzie ga mau jauh dari maminya.
  • Udah bisa dadah.
  • Udah bisa ngajakin bercanda.
Doa mami untuk Kenzie semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk Kenzie. Kenzie sehat, Kenzie makin pintar, Kenzie jadi anak yang sholeh, dan semua yang terbaik untuk Kenzie. Cepet bisa jalan yah, nak. Love u more and more.. :*

Continue Reading