Uncategorized

Resep Soto Bogor

By on November 13, 2018

SOTO KUNING BOGOR
Source: @xanderskitchen

Bahan:
750 gr daging sapi (sengkel + sandung lamur)
2 batang sereh , memarkan
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
1 liter santan dari 1 butir kelapa (me: 2 bks santan kara 65ml)
Air secukupnya
2 batang bawang daun, iris halus
2 batang seledri, iris halus
3 sdm minyak, untuk menumis

Continue Reading

Uncategorized

Rumah Vaksinasi Bogor

By on August 29, 2018
Assalamualaikum.. Mami mau sharing tentang pengalaman mami vaksin adek di Rumah Vaksinasi Bogor. Mami sebenernya udah lama tau tentang rumah vaksinasi ini. Kayanya dari jaman Kenzie lahir deh  udah ada rumah vaksinasi ini. Gak lama di Bogor buka juga. Lokasi RV Bogor ada di Taman Yasmin sektor 6 ya.

Mami kutip sejarah singkat Rumah Vaksinasi yang mami ambil dari web https://rumahvaksinasi.id/

Rumah Vaksinasi didirikan pada akhir Maret 2012 oleh dr. Piprim B. Yanuarso, SpA(K) karena keprihatinan akan mahalnya biaya vaksinasi di Rumah Sakit Swasta. Rumah Vaksinasi berjuang untuk memberikan solusi berupa layanan vaksinasi bagi anak dan dewasa yang murah dengan kualitas prima.

Inisiatif untuk mendirikan Rumah Vaksinasi berawal dari percakapan Dr.Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), seorang dokter dari RS Cipto Mangunkusumo dengan seorang followernya di twitter. Sang pasien yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu mengeluhkan mahalnya harga vaksin.

Rumah Vaksinasi memperhatikan kesehatan klien secara utuh. Setiap anak yang datang ke Rumah Vaksinasi akan dipantau tumbuh kembangnva. Orang tua juga akan dipandu untuk memberikan ASI eksklusif kepada anaknya.

Konsep vaksinasi nonprofit atau vaksin murah yang disediakan di Rumah Vaksinasi adalah vaksin dengan harga dari distributor lalu ditambah jasa medis dokter, sehingga tarif vaksinasi di Rumah Vaksinasi bisa ditekan menjadi sangat murah dibanding dengan di RS swasta.

Berdasarkan hal di atas, mami memutuskan sekarang ini Keana vaksin di Rumah Vaksinasi Bogor. Berhubung sekarang papi ga ada asuransi dari kantornya, jadi mami memutuskan di Rumah Vaksinasi aja. Dulu sih vaksin di RS aman ya karena ditanggung asuransi, gak takut kantong jebol. Hahaha. Lumayan banget kan itu pas vaksin DPT yang gak panas, vaksin Hexaxim plus jasa dokter dan lain-lain abis sekitar Rp  1,2jt. Coba kalo bayar sendiri. Alhamdulillah DPT  sama PCV 1x ditanggung asuransi. Setelah itu papi pindah kerja jadi gak pake asuransi lagi sekarang.

Pas mami posting IG story adek abis vaksin,  temen mami ngasih tau, kenapa gak vaksin di Rumah Vaksinasi Bogor aja. Harga jauh lebih murah dan juga kita ga barengan sama pasien lain yang lagi sakit. Kan anak kita soalnya lagi sehat. Eh iya ya, bener juga. Langsung deh jadwal vaksin selanjutnya mami bawa adek ke RV Bogor.

Awal vaksin di RV Bogor tanggal 19 Maret 2018. Adek vaksin DPT, HIB, dan Polio di umur 18 bulan. Mami dan papi ikutan vaksin TD. Bener kata orang-orang habis vaksin pegel lengannya. Ternyata lumayan ya rasanya di vaksin hehehe. Maafin mami ya adek harus ngerasain sakit disuntik. Tapi mendingan sakit disuntik dek, daripada harus ngalamin sakitnya. Amit-amit.

Ada dua dokter yang praktek , dr. Tafdhila dan dr. Saza. Keana udah pernah sama keduanya. Keduanya enak diajak konsulnya.

Keana vaksin apa aja?

Sebelumnya kita liat dulu yuk jadwal imunisasi rekomendasi IDAI tahun2017

Source: google

Vaksin yang sudah diberikan:

  • Hepatitis B 1, 2, 3, 4
  • Polio 0, 1, 2, 3, 4
  • BCG
  • DTP 1, 2, 3, 4
  • HIB 1, 2, 3, 4
  • PCV 1, 2, 3
  • Influenza
  • Campak
  • MR
  • Varisela

Vaksin yang terlewat:

  • Rotavirus

Vaksin yang akan diberikan selanjutnya:

  • Japanese Enchepalitis
  • Tifoid
  • Hepatitis A
Jadwal RV Bogor
Jadwal praktek RV Bogor ga sama tiap minggunya, jadi untuk tahu jadwal prakteknya bisa follow Instagramnya @rv.bogor ya. Kalau mau vaksin Diana sebaiknya telepon dulu untuk menanyakan stok vaksinnya.
Biaya RV Bogor
Biaya vaksin sudah termasuk dengan jasa dokter. Harga juga lebih murah dibandingkan dengan harga di rumah sakit. Setiap kunjungan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000
Mami lampirkan prickelst vaksin di RV Bogor ya.

Jadi mami udah 3 kali vaksin Adek di RV Bogor dan bakal lanjut vaksin lagi disana. Yang mau vaksin anaknya boleh coba vaksin di RV Bogor yaa..

Continue Reading

Uncategorized

Lulapin Id : mami menang giveaway

By on April 30, 2018
Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu mami menang giveaway (lagi). Udah beberapa kali ikutan giveaway dan mami menang. Alhamdulillah banget bisa dapetin hadiah secara gratis. Hehehe. Kalo kata sodara mah, mami hoki sering menang giveaway.
Kali ini mami ikutan Giveaway yang diadain sama salah satu online shop yang menjual perhiasan. Mereka ngadain giveaway dalam rangka merayakan pergantian nama dari ACS Gold menjadi LULAPIN, dan lahirnya toko perhiasan kolektif online โ€œLULAPIN.ID” @lulapin.id  .
Mami menagin hadiah voucher belanja sebesar Rp 1.000.000.  Kebetulan banget mami lagi pengen ganti antingnya adek yang dari bayi karena udah kekecilan. Lansgung pilih model-modelnya. Lucu-lucu dan cantiiik banget model perhiasannya. Akhirnya dapet dua model anting, yang satu untuk mami dan yang sau lagi untuk adek. Mami cuma tambah Rp 250.000 saja.
Ini emas asli ya dengan kadar 18K. Dapat sertifikatnya. Dan packing super bagus dan mewah. Pengalaman mami belanja di sini super puas, kenapa?
๐Ÿ’ @lulapin.id trusted yaaa.
๐Ÿ’ packingnya cantik
๐Ÿ’ kita dapet sertifikatnya.
๐Ÿ’ pengiriman super cepet. Dikirim kamis, jumat udah sampe.
๐Ÿ’ adminnya super duper ramah. Mami tanya-tanya dijawab dgn baik. Responnya juga cepet.
Antinng mami yang ada bandul heart nya. adek yang model standar aja.

Yang mau beli perhiasan di LULAPIN bisa cek di IG @lulapin.id atau website   lulapin.id


Terimakasih ya lulapin.id . Sukes terus.

Continue Reading

Uncategorized

Perkembangan Bicara Anak Usia 12-24 Bulan

By on

๐Ÿ”ŠPerkembangan Bicara Anak Usia 12-24 bulan
Ada beberapa mama yang DM mami tanya “keana udah pinter ya ngomongnya. Anakku baru bs sedikit”.

Alhamdulillah Keana diusia 15 bulan udah mulai bisa ngomong. Ngucapin 1 kata tapi ujungnya doang. Pas umur 17 bulan udah mulai makin bawel. Bisa bilang papi mami dan aa dengan lengkap. Terus 18 bulan ini udah bisa ngikutin apa yang mami ucapin. Walo kadang ada yang belom jelas bgt pengucapannya. Dan tadi siang Keana bisa bilang 3 kata dalam 1 kalimat. Keana bilang “Yaaah papi teja (kerja)”. MasyaAllah adeek.

Dulu pas Kenzie, dia gak sebawel Keana diumur kaya sekarang ini. Pendiem banget. Bilang Mami papi sih bisa tapi gak cerewet kaya Keana. Begitu umur 2 taun, mami inget banget kenzie ngomong “dudu dudu” sambil dia duduk. Wah mulai bisa ngomong nih. Dan begitu mulai ngomong langsung pinter banget. Langsung ngomong dalam bentuk kalimat.

Jadi, perkembangan bicara tiap anak berbeda. Yang penting kita selalu latih, sering ajak ngobrol. Kudu rajin. Bener-bener diajakin ngobrol, jadi kosakata yang didengar banyak. Trus mami sering baca buku untuk Kenzie, dan Keana pasti ikut merhatiin.

Mami mau share ttg perkembangan bicara anak usia 12-24 bulan yang mami kutip dari: http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/keterlambatan-bicara

๐Ÿ’ฌ Usia 12-18 bulan
Pada usia ini, anak biasanya sudah dapat mengucapkan 3-6 kata dengan arti, dapat mengangguk atau menggelengkan kepala untuk menjawab pertanyaan, menunjuk anggota tubuh atau gambar yang disebutkan orang lain, dan mengikuti perintah satu langkah (Tolong ambilkan mainan itu). Kosakata anak bertambah dengan pesat; pada usia 15 bulan ia mungkin baru dapat mengucapkan 3-6 kata dengan arti, namun pada usia 18 bulan kosakatanya telah mencapai 5-50 kata. Pada akhir masa ini, anak sudah bisa menyatakan sebagian besar keinginannya dengan kata-kata.
โ—Waspada bila: tidak ada kata berarti pada usia 16 bulan

๐Ÿ’ฌUsia 18-24 bulan
Dalam kurun waktu ini anak mengalami ledakan bahasa. Hampir setiap hari ia memiliki kosakata baru. Ia dapat membuat kalimat yang terdiri atas dua kata (mama mandi, naik sepeda) dan dapat mengikuti perintah dua langkah. Pada fase ini anak akan senang mendengarkan cerita. Pada usia dua tahun, sekitar 50% bicaranya dapat dimengerti orang lain.
โ—Waspada bila: Tidak ada kalimat 2 kata yang dapat dimengerti pada usia 24 bulan

Untuk mengetahui tentang perkembangan bicara anak usia lainnya, bisa klik ini ya  http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/keterlambatan-bicara


Mami catat kata-kata yang udah bisa keana ucap.
Kosakata Keana umur 18 bulan:
1. Mami
2. Papi
3. Aa
4. Nena (Keana)
5. Oti (onty)
6. Ami (om afi)
7. Bobo
8. Nenen
9. Mamam
10. Minum
11. Dadah
12. Hai
13. Halo
14. Dog
15. Cat
16. Duck
17. Cow
18. Bird
19. Hos (horse)
20. Wabit (rabit)
21. Dino (dinosaur)
22. Tirex
23. Sego (stegosaurus)
24. Wiwitos (teiceratops)
25. Mobil
26. Motor
27. Jiji (jijik)
28. Totoh (kotor)
29. Cowet (coret)
30. Moon
31. Star
32. Wenbow (rainbow)
33. Toteh (helikopter)
34. Awoh abah (Allahu Akbar)
35. Pempes (pampers)
36. Pu (pup)
37. Bash tit (brush teeth)
38. Babeh (bubble)
39. Shoes
40. Apel
41. Nana (banana)
42. Warna: Blue, Green, Red, Pink, Peach, Yellow, Brown, Black, Orange
43. Owil (oil)
44. Amin
45. Woweh (flower)
46. Fish
47. Dudu
48. Nanek (naik)
49. Tuwun (turun)
50. Waaan (run)
51. Menghitung one-ten kecuali seven
52. No no
53. Lagi
54. Enak
55. Mamau (gak mau)
Dll
Semoga info yang mami kutip bisa bermanfaat yaa. Kalo memang ibu-ibu
merasa khawatir sama perkembangan bicara anaknya, boleh banget untuk konsul
ke DSA nya.

Continue Reading

Uncategorized

Review: Moller’s Tran Minyak Hati Ikan Cod

By on April 27, 2018
  
๐ŸŸREVIEW MOLLER’S TRAN๐ŸŸ

Masih dalam edisi meningkatkan napsu makan Keana ๐Ÿ˜ iyah, mami masih berusaha banget biar adek Keana doyan makan. Kalo mau makan kan berat badan jadi naik juga harusnya. Yaelah ribet amat dari dulu ngomongin berat badan mulu si mami. Ya gimana dong, kan mami gak mau kalo bb Keana jauh di bawah normal. Lebih ribet lagi kalo sampe bb jauh dibawah bb yang seharusnya di umurnya sekarang. Tiap ibu punya pemikirannya masing-masing ya ๐Ÿ™

Beberapa kali mami direkomendasiin untuk coba Moller’s Tran. Karena banyak testi yang bilang bikin anaknya jadi napsu makan dan bb tambah. Tapi mami maju mundur mau belinya. Karena jujur ini pricey. Papi aja sampe bilang “mahal amat” ๐Ÿ˜‚. Tapi demi anak apa sih yang ngga. Namanya juga usaha.

Mami tulis tentang Moller’s Tran ya. Mami kutip dari @nourish_indonesia

Moller’s tran cod liver oil ini adalah minyak yang diambil dari hati ikan cod FRESH tanpa diawetkan
Moller’s Tran yang Nourish jual 100% ORI.
Manfaatnya apa saja?
๐ŸŸ Kaya akan Omega-3, DHA, Vit D, Vit E, yang berguna untuk perkembangan otak, tulang, menjaga imunitas tubuh
๐ŸŸ Review mommies yang dishare ke kami bilang Moller’s Tran ini bisa menambah nafsu makan. Wah ini penting ya mommies

Moller’s Tran ini direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh :
๐Ÿ‘ถ Bayi (bisa dari 1bulan yaa)
๐ŸคฐIbu hamil & menyusui

Dosis
– Bayi <6bulan : 2.5ml
– Bayi >6bulan & dewasa : 5ml

Cara Penyimpanan & Aturan Pakai :
– setelah dibuka harus simpan dikulkas, agar kualitas minyak tetap terjaga
– Harus habis dalam 3 bulan (karena ini tanpa pengawet ya)
– Bila segel belum dibuka bisa tahan sesuai expire yg tercantum

Untuk Moller’s Tran ini belum ada label halalnya tetapi menggunakan bahan alami dan product dari ikan.

Lalu gimana efeknya di Keana?
Setelah pemakaian rutin selama 1,5 bulan, napsu makan Keana bagus, tapi nggak yang bener2 jadi doyan makan banget. Tetep ada gak mau makannya. Untuk berat badannya nambah sekitar 500gr.

Aa juga ikut minum tp gak rutin. Kalo mau doang. Tapi si Aa naik sampe 700gr. Warbiyasak pipi sampe tembem ๐Ÿ˜‚

Jadi, efek di tiap anak beda-beda ya. Mgkin di anak yg lain bisa bener2 bikin napsu makan meningkat dan bb naik banyak.

Cuma nih, Moller’s Tran ini berasa banget amisnya. Jadi kalo adek abis minum bau amisnya kaya masih ada terus. Cuma tetep berasa aroma tutty fruity nya. Adek sih doyan banget sama Moller’s Tran. Semangat banget kalo waktunya minum ini dan mulutnya mangap lebaaar.

Mami makin yakin adek Keana itu tipe anak yang:
๐Ÿ”นmakan utk hidup
๐Ÿ”นmakan kalo lapar
๐Ÿ”นmakan dgn porsi yang sedikit tapi sering
๐Ÿ”นlebih suka ngemil

Jd keinget sepupu mami dulu waktu kecilnya kaya Keana. Pas SD doyan makan apa aja. Nanti jg Keana pasti gitu ya, dek ๐Ÿ˜˜

Oh iya, mami belinya di @nourish_indonesia . Ada di Instagram dan shopee juga.  Harganya 425.000 isi 250ml

Semoga membantu review dari mami…

Continue Reading

Uncategorized

Keana’s Outfit

By on

Punya anak cewek itu menyenangkan banget. Bisa kita dandanin macem-macem hehehehe. Seneeeng banget pas hamil adek tuh pas di USG kata dokternya cewek. Yes, keinginan untuk belanja baju-baju lucu, bandana, dan sepatu lucu bisa terealisasi hahaha.


Kalo pas Kenzie dulu kan kalo beli paling cuma kaos, kemeja, celana, dan topi. Kalo cewek mah segala rupa lucu-lucu.

Kalo posting foto Keana suka ada yang nanya aja, beli baju dimana, beli sepatu dimana. Baiklah mami jadi ada ide buat materi blog. Hehehe. Keana itu beli bajunya gak yang mahal-mahal kok. Malah sering belinya yang diskon. Iyalah emak mana yang ga suka diskon. Udah diskon, lucu pulak modelnya, langsung deh ga pake babibu beli hahaha. Dan buat mami, KECE ITU GAK PERLU MAHAL. Dengan baju harga murah, tetep bisa kece kok. Suer deh ๐Ÿ˜› tuh difoto yang diatas, harga jumpsuit cuma Rp  60.000 dan bolero jeans nya sekitar Rp 50.000 (lagi diskon 75%). Murah banget kaaan.

Okelah ini tempat mami belanja outfitnya Keana, ada yang di offline store dan di online store.

BAJU
Offline Store
Yogya Dept Store –
Favorit mami beli baju Keana itu di Yogya Dept. Store. Baju-bajunya lumayan bermerk dan seringnya diskon gede, bisa sampe 75%. Tiap bulan kan belanja bulanan di Yogya, pasti aja ada baju yang dibeli. Untung papi gak pernah protes mami nyodorin nota buat dibayar. Wakakak. Maacih ya pih. Tenang pih bulan ini mami bakal beli baju lagi. ๐Ÿ˜›

Ini beberapa merk baju favoritnya mami dan foto adek Keana lagi pake baju merk itu ya. Kenapa mami suka? Karena modelnya lucu-lucu, bahannya bagus dan awet, plus diskonan doongs.

Snoopy Baby

 Baby Looney Tunes


Olive Oyl / Baby Popeye

Cool Baby

Q’NA

Butik Amira –
Ini bakal jadi tempat favorit beli baju untuk adek Keana. Modelnya lucu-lucu parah dan murah juga. Rata-rata harga kaos  50.000, harga legging 45.000, dress 60.000. Lokasinya ada di Jalan Pajajaran Bogor dan di Cibinong City Mall.

Online Store

Keana juga suka beli baju di online store. Ada  2 online store tempat mami beli baju. Lagi-lagi dipilih karena harganya ramah di kantong dan modelnya lucuk.
@isninaura

@milankidsshop
Awalnya mami di endorse, tapi jadi suka beli juga karena lucu-lucu model bajunya.
 

BANDANA
Salah satu aksesoris yang harus dipunya anak cewek. Bener gak? Waktu kecil sih anteng banget dipakein bandana. eh pas udah gede mulai ga betahan. Masih mau pake tapi lama kelamaan dilepas sendiri hehehe. Waktu adek masih bayi, mami beli di online shop yang ada di IG, cuma lupa namanya apa. Nah belom lama ini, adek di endorse bandana sama temen mami. Modelnya lucu-lucu bangets.

@dbashop

@shae_ralis

SEPATU
Kalau sepatu, Keana gak punya terlalu banyak. Karena jarang dipake kan paling cuma weekend aja, jadi punya secukupnya aja. 

Prewalker shoes
Sepatu untuk bayi sih beli di baby shop di bogor. Terus ada juga merk  @tamagoshoes . modelnya lucu-lucu deh.

Untuk yang walker shoes nya, Keana punya sneakers nya Skechers. Ini tuh sepatu super gemessin. Gambarnya lucu dan ada lampunya gitu. Hehehe. Dari duluuuu kepengen banget kalo punya anak cewe pengen beliin Skechers, alhamdulillah kesampean. Diskon 50% kalo ga salah pas beli tuh.


 Nah ada juga nih sepatu jelly yang bahannya empuk gak bikin lecet. Bisa dicek di @cania.kids ya

 Jadi itu dia tempat belanja OOTD nya Keana. Semoga membantu yaaaa..

Continue Reading

Uncategorized

Resep Bubur Mutiara

By on February 20, 2018

Udah lamaaa banget kepengen bikin ini. Akhirnya baru kesampean sekarang. Hehehe

Bubur mutiara
Source: doyanbaking

Bahan:
100gr sagu mutiara
8sdm gula pasir
1/2sdt vanila
1 lbr daun pandan
Air

Bahan kuah santan:
1 bks santan lara 65ml
250 ml air
Sejumput garam
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
1. Masak sagu mutiara dengn air dan daun pandan sampai matang. Tambahkan gula dan vanila. Masak sampai matang dan air menyusut
2. Campur santan, air, garam, dan daun pandan. Masak sampai matang dgn api kecil
3. Sajikan bubur mutiara dgn kuah santan

Continue Reading

Uncategorized

Resep Oseng Mercon Pete

By on

Liat postingan mbak duwi, ada daging, pedes, plus pake pete langsung ngileeer. Ikutan juga deh masak ini. Awas ya kalo masak ini hati-hati jadi pengen makan terus. Hehehe.
 
Resep Oseng Mercon Pete
Source: @dabeldi_kitchen
Bahan :
400 gr daging sengkel,potong2 kecil
2 papan pete, kupas kulitnya
1 sdt gula merah
1 sdm kecap manis
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
100 ml air
Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus :
6 bh bawang merah
2 siung bawang putih
50 gr cabe merah keriting
50 gr cabe rawit

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus, daun salam dan daun jeruk sampai harum.
2. Masukkan daging dan gula merah, aduk sampai daging berubah warna, masukkan air, kecap manis, gula dan garam.
3. Masak sampai air menyusut, masukkan pete. Aduk sebentar. Matikan api.
4. Sajikan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Nugget Tahu Oatmeal (12m)

By on January 26, 2018
Adek lagi maunya makanan yg kering2. Jadi mami bikin nugget tahu oatmeal aja. Sebenernya pake oatmeal karna gak punya breadcrumbs ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ resepnya modif dari resep mpasi zalfa @ayudiagitaa . Ijin share resepnya ya mama zalfa.
.
Nugget tahu oatmeal (13m+)
Bahan:
1 bh Tahu putih, haluskan
2 sdm Daging ayam cincang
1/2 btg Wortel parut
1 btg Daun bawang iris
1 siung Bawang putih cincang
1/4 bh Bawang bombay cincang
1 btr telur
2 sdm tepung terigu
Butter
Garam

Bahan pelapis:
1 btr telur
Oatmeal yg sudah di blender

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dgn butter
2. Masukkan daging ayam, masak sampai berubah warna
3. Masukkan wortel, daun bawang, dan garam. Aduk rata. Masak sebentar. Sisihkan
4. Campur tahu, tumisan, tepung terigu, dan tekur. Aduk rata
5. Taruh diwadah tahan panas. Kukus sampai matang
6. Potong-potong adonan nugget. Lumuri dengan kocokan telur lalu balur dgn oatmeal. Lakukan sampai nugget habis
7. Goreng dgn minyak sampai kecoklatan. Angkat. Sajikan.

Continue Reading