Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Cerita MPASI Keana Alesha

December 13, 2017

Mami pikir masa-masa MPASI adek Keana Alesha bakal berjalan lancar, mulus, dan ga ada yang namanya ketemu sama si musuh ibu-ibu yaitu GTM. Ternyata adek punya cerita sendiri tentang masa MPASI nya. Luar biasa banget lah perjuangan MPASI adek. Stress, nangis, udah biasa buat mami.

MPASI 6 BULAN
Mpasi Adek Keana dimulai tanggal 13 Maret 2017. Pas banget diumurnya yang ke 6 bulan. Mami excited banget mau kasih adek mamam untuk pertama kalinya.
Ada beberapa metode yang bisa dipakai jadi acuan untuk pemberian MPASI. Kalo MPASI WHO yang sekarang ini, dari mulai 6 bulan sudah bisa diberikan makanan 2x sehari dengan menu yang berbeda tiap harinya. Lalu protein hewani juga udah bisa dikasih di umur 6 bulan. Lemak tambahan juga seperti oil dan santan udah bisa dikasih.
Tapiiii kalo mami, tetap pakai cara yang sama kaya waktu Aa dulu. Awal makan cuma makan  menu dan diberikan selama 2 hari. Kenapa? Supaya kalo ada alergi atau sembelit jadi ketauan siapa penyebabnya. Selain itu, namanya juga baru belajar makan, jadi pelan-pelan aja. Takut perutnya kaget.
Terus sebaiknya pakai metode yang mana? Balik lagi ke ibunya masing-masing mau pakai yang mana.
Ini ada jadwal pemberian MPASI untuk adek Keana di umur 6 bulan
  • minggu 1: menu tunggal, 1x makan sehari, menu diulang selama  hari. Alhamdulillah lancar semuanya. Tapi alpukat bikin pup Keana jadi sedikit keras.

  •  minggu 2: mulai di minggu ke 2, Keana mulai makan 2x sehari, pagi dan siang. Menu makan pagi itu sebaiknya karbohidrat. Jangan makan buah saja di pagi hari
  • minggu 3: Keana udah mulai coba menu 4 bintang di minggu 3. Untuk frekuensi makan masih 2x. Pagi makan padat dan siang makan puree buah.
  • minggu 4 dan 5: Keana makan menu 4 bintang. Jadwal makan 2x sehari. Pagi makan padat (menu 4 bintang) dan siang makan puree buah.

    🍴 Bahan makanan yang sudah dikonsumsi Keana di umur 6 bulan:
    🌱 KARBO: beras putih, tepung beras merah, tepung beras coklat, ubi ungu
    🌱 SAYURAN: brokoli, wortel, bayam, kembang kol, butternut pumpkin, buncis, pakcoy, pakcoy, labu siam, jagung, sawi putih
    🌱 PROTEIN NABATI: tempe, tahu, buncis
    🌱 PROTEIN HEWANI: daging sapi, daging ayam, hati ayam
    🌱 BUAH: pisang, pepaya, ❌alpukat❌, βœ”buah naga merahβœ”, buah naga putih, pir, apel, semangka,melon, jeruk baby
    🌱 LEMAK TAMBAHAN: Evoo

    🍴 Keana suka semua makanan yang mami masak. Tapi untuk makan pagi Keana kurang lahap. Makanan lebih sering nyisa. Kalau makan siang lahap banget. Sepertinya Keana suka bgt sama buah.

    🍴 Di awal-awal mpasi, pup Keana cenderung cair berampas. Makin lama, pup mulai padat. Ada hari yang Keana gak pup tapi besoknya pup dengan tekstur yang agak padat. Selama sebulan ini mami amati apa yang bikin Keana sembelit. Ternyata BUAH ALPUKAT penyebabnya. Dan yang bisa ngelancarin pupnya kalo makan BUAH NAGA.
    .
    🍴 Gak muncul tanda alergi
    .
    🍴 Kenaikan berat badan di 6 bulan: 400gr. Ini batas minimal banget πŸ˜₯πŸ˜₯ sebenernya masih di atas garis ijo dikit sih kalo di plot ke GC. Tapiii kurvanya gak se oke dulu. Hiks. kalo udah sekali turun bb nya gara2 sakit suka susah naiknya lagi hiks

MPASI  7 BULAN
Di awal  bulan, makan masih lahap. Apa yang dimasak pasti dimakan. Buah, bubur dilahap terus.  Bisa diliat di video, selalu mangap kalo disuapin. Begitu mau masuk  8 bulan , GTM mulai ngedeketin Keana.

MPASI 8  BULAN
Nah, pas umur  8 bulan adek keana bener-bener temenan sama yang namanya GTM. Ya Allah itu dibikinin makanan apa aja gak mau. Yang manis, yang asin, gak mau. Tiap masak seringnya kebuang. Maminya pusing banget ngadepinnya.

MPASI 9 BULAN
Di umur 9 bulan, GTM masih berlanjut. Akhirnya mami kepikiran apa dicoba aja yah metode BLW, karena si adek ini seneng banget masukin apapun ke mulut. Jadi mami cobalah kasih nasi lembek di bulet-buletin sama scramble egg. Ya ampun terharu banget, si adek lahaaap. Banyak makannya.

Seneng banget liatnya. Besokannya pas sarapan di coba lagi. Alhamdulillah masih lahap.

Tapi ya begitulah kalo makan sendiri. Banyak yang kececer. Kadang banyakan yang kebuanganya daripada yang kemakan.

MPASI 10,11,12 BULAN
Lalu apa GTM udah bener-bener pergi? Ngga!! si GTM kadang masih suka mampir. Ada kalanya si adek dalam satu hari bener-bener gak mau makan. Ya udah mami ga bisa apa-apa. Ditawarin makan ini itu gak mau. Kadang cuma makan biskuit doang.

Stress gak sih ngadepinnya? Bangeeet. Suka jadi marah-marah dan nangis. Sering banget nangis pas lagi nyuapin adek. Luar biasa banget deh ujian mami di mpasi nya adek ini. bener-bener warbiyasak!!

Kalo liat aa nya makan, dia suka mau. Jadi dari umur  11 bulanan udah mulai makan yang pake gulgar. Biar deh yang penting mau makan. Makan bubur instan pun dicoba. Tapi ya gitu, kadang ma u kadang ngga. Naik turun tekstur dicoba juga. Tapi masih tetep aja susah sama yang namanya makan.

Selama adek susah makan mami pelajari banget adek tuh gimana pola makannya.

  • Adek Keana bukan tipe anak yang doyan makan. Jadi dia bakal makan kalo laper aja. Porsi makannya juga gak banyak. Nasi bukan jadi makanan utama buat adek. Pernah baca gak di FB ada yang share tentang si ibu yang khawatir anaknya gak mau makan terus dibawa ke dokter. Si dokter ngejelasin kalo anaknya itu bukan tipe pemakan gitu deh. Dan menurut dokter, makan itu ga perlu harus nasi. Buah atau roti pun cukup. Okelah, artikel itu bikin mami jadi lebih berpikir, jangan stress, mungkin adek seperti itu
  • Adek Keana bakal susah makan kalau badannya lagi ga enak, biasanya karna tumbuh gigi dan batpil
  • Adek Keana gak suka makanan yang teralu keras dan kasar kaya gorengan yang terlalu garing

Nanti di postingan selanjutnya mami bahas ya gimana cara mami mengatasi GTM nya Keana.

Sampe saat ini sih masih ada aja masanya Keana gak mau makan. Beberapa hari lahap, tar mogok makan lagi. Paling maunya biskuit atau buah mangga. Oh iya, nasi pake abon seringnya ampuh bikin adek mau makan. Semoga makin kesana, adek makin mau makan biar maminya gak kepikiran terus hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *