Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

2nd Pregnancy: Barang Yang dibawa ke Rumah sakit Saat Melahirkan

August 16, 2016
Assalamualaikum.. 
Mami mau cerita nih tentang barang apa aja yang harus dibawa ke RS saat melahirkan. Berhubung si adek udah 33 weeks, jadi mami udah nyiapin semua barang yang bakal dibawa. Semua udah siap di dalam tas. Jadi begitu tiba2 mules langsung angkut deh tas nya. Ga perlu ribet masuk-masukin barang ke tas sebelom ke RS. Mana kontraksi, pasti kan riweuh ya kudu nyiapin barang-barangnya. Yang ada banyak yang ga kebawa.
Waktu jaman Kenzie juga begitu, mami udah siapin barang-barang nya jadi pas tiba-tiba pecah ketuban tuh tas langsung di bawa. Cuma maklum karena belom pengalaman jadi cuma bawa barang seadanya gitu. Ga komplit-komplit amat. Kaya baju bayi cuma bawa buat pulang doang. Emang sih baju dipinjemin dr RS tapi kan tetep aja lebih baik kalo kita juga nyedian baju siapa tau emang dibutuhin. Trus kaya topi mami bawa cuma 1 doang dan itu dipake pas pulang. Padahal mungkin kepala Kenzie kedinginan tiap malem kena AC. Huhuhu.
Akhirnya mami gugling lah untuk cari tau barang apa aja sih yang kudu di bawa. Setelah melihat dr berbagai sumber, inilah barang bawaan mami buat dibawa ke RS saat melahirkan nanti.
PERLENGKAPAN IBU
Apa aja sih perlengkapan mami yang mami bawa?
  • 1 bh kain sarung
  • 3 bh gurita
  • 4 bh daster dengan kancing depan
  • 1 bh baju untuk pulang dari RS
  • 5 bh bra menyusui
  • 8 bh celana dalam hamil
  • 1 pak pembalut maternity
  • 6 bh breastpad
  • Perlengkapan mandi dan kosmetik
  • 1 bh kaos kaki
PERLENGKAPAN BAYI
Nah ini nih perlengkapan adek agak banyak bawanya. Bawa bondu segala buat poto-poto cantik. Hehehehe.
  • 2 bh diapers
  • 1 set pakaian untuk pulang dari RS ( sleepsuit, kaos dalem, gurita, sarung tangan, topi)
  • 2 bh kain bedong + 1 bh bedong instan
  • 1 stel baju panjang
  • 2 pasang sarung tangan dan kaki
  • 2 bh topi
  • 1 bh selimut topi
  • 1 bh selimut tebal

PERLENGKAPAN MENYUSUI
Belajar dari pengalaman Kenzie 4 tahun yang lalu, mami gak ada persiapan sama sekali perlengkapan menyusui atau ASI. Saat itu ASI mami baru keluar di hari ke 3, trus Kenzie kuning. Pas ASI mulai keluar, mami harus pompa. Tapi karna ga punya akhirnya pake punya RS dan itu giliran pakenya karena pasien lain juga pake. Disuruh beli botol susu sama susternya untuk Kenzie yang ada diruang perina. Dan untuuung banget ada temen yang nengok trus bawa kadonya botol ASIP. Yak ampun itu ketolomg banget. Mau beli segala perabotan itu gak mungkin karena kan lagi riweuh di RS, dan baby shop nya agak jauh juga. Nah berbekal dari pengalaman, sekarang mami juga udah nyiapin cooler bag yang isinya perlengkapan untuk menyusui. 
  • Cooler bag + ice gel
  • Breastpump
  • Botol ASIP
  • Botol susu
DOKUMEN PENTING
Ini dia satu lagi yang ga boleh ketinggalan. Siapa tau mau langsung bikin akte kelahiran. Buku rumah sakit jg jangan ketinggalan ya. Oh iya kalo mami kan udah booking kamar jadinya kudu dibawa itu kertas bookingan kamar.
  • Buku catatan rumah sakit
  • Kartu asuransi
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi ktp
  • Fotokopi buku nikah

Semua barang bawaan, mami masukkin ke dalam plasik ziplock. Barang jadi lebih rapih, gak tercecer kemana-mana. Saat ngambil barang pun ga akan ngeberantakin barang yang lainnya. Kaya misalnya mami mau ambil pakaian adek untuk pulang, mami tinggal keluarin 1 plastik aja yang isinya udah 1 set baju pulang. Kain bedongan mami masukkin di dalam 1 plastik. Jadi rapih deeeehh…

Naaah itu semua deh yang mami bawa ke rumah sakit. Semuanya udah tertata rapi di dalam tas. Sebenernya sih masih sebulanan lagi dan mami bakal SC yang tanggalnya udah ditentuin. Tapi gada salahnya kan udah disiapin dari sekarang. Namanya mau lahiran mah ga bisa diprediksi. Tapi semoga mami aman yaaaa, adek lahir sesuai waktunya, udah cuukup umur untuk lahir. Mohon doanya ya semuanya semoga mami diberi kemudahan dan kelancaran. Mami dan adek selamat. Degdegser cyiiiin sebulan lagi. Hihihihi.
Semoga tulisan mami ini bermanfaat yaaa buat buibu yang mau lahiran juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *