Uncategorized

2nd Pregnancy: Barang Yang dibawa ke Rumah sakit Saat Melahirkan

By on August 16, 2016
Assalamualaikum.. 
Mami mau cerita nih tentang barang apa aja yang harus dibawa ke RS saat melahirkan. Berhubung si adek udah 33 weeks, jadi mami udah nyiapin semua barang yang bakal dibawa. Semua udah siap di dalam tas. Jadi begitu tiba2 mules langsung angkut deh tas nya. Ga perlu ribet masuk-masukin barang ke tas sebelom ke RS. Mana kontraksi, pasti kan riweuh ya kudu nyiapin barang-barangnya. Yang ada banyak yang ga kebawa.
Waktu jaman Kenzie juga begitu, mami udah siapin barang-barang nya jadi pas tiba-tiba pecah ketuban tuh tas langsung di bawa. Cuma maklum karena belom pengalaman jadi cuma bawa barang seadanya gitu. Ga komplit-komplit amat. Kaya baju bayi cuma bawa buat pulang doang. Emang sih baju dipinjemin dr RS tapi kan tetep aja lebih baik kalo kita juga nyedian baju siapa tau emang dibutuhin. Trus kaya topi mami bawa cuma 1 doang dan itu dipake pas pulang. Padahal mungkin kepala Kenzie kedinginan tiap malem kena AC. Huhuhu.
Akhirnya mami gugling lah untuk cari tau barang apa aja sih yang kudu di bawa. Setelah melihat dr berbagai sumber, inilah barang bawaan mami buat dibawa ke RS saat melahirkan nanti.
PERLENGKAPAN IBU
Apa aja sih perlengkapan mami yang mami bawa?
  • 1 bh kain sarung
  • 3 bh gurita
  • 4 bh daster dengan kancing depan
  • 1 bh baju untuk pulang dari RS
  • 5 bh bra menyusui
  • 8 bh celana dalam hamil
  • 1 pak pembalut maternity
  • 6 bh breastpad
  • Perlengkapan mandi dan kosmetik
  • 1 bh kaos kaki
PERLENGKAPAN BAYI
Nah ini nih perlengkapan adek agak banyak bawanya. Bawa bondu segala buat poto-poto cantik. Hehehehe.
  • 2 bh diapers
  • 1 set pakaian untuk pulang dari RS ( sleepsuit, kaos dalem, gurita, sarung tangan, topi)
  • 2 bh kain bedong + 1 bh bedong instan
  • 1 stel baju panjang
  • 2 pasang sarung tangan dan kaki
  • 2 bh topi
  • 1 bh selimut topi
  • 1 bh selimut tebal

PERLENGKAPAN MENYUSUI
Belajar dari pengalaman Kenzie 4 tahun yang lalu, mami gak ada persiapan sama sekali perlengkapan menyusui atau ASI. Saat itu ASI mami baru keluar di hari ke 3, trus Kenzie kuning. Pas ASI mulai keluar, mami harus pompa. Tapi karna ga punya akhirnya pake punya RS dan itu giliran pakenya karena pasien lain juga pake. Disuruh beli botol susu sama susternya untuk Kenzie yang ada diruang perina. Dan untuuung banget ada temen yang nengok trus bawa kadonya botol ASIP. Yak ampun itu ketolomg banget. Mau beli segala perabotan itu gak mungkin karena kan lagi riweuh di RS, dan baby shop nya agak jauh juga. Nah berbekal dari pengalaman, sekarang mami juga udah nyiapin cooler bag yang isinya perlengkapan untuk menyusui. 
  • Cooler bag + ice gel
  • Breastpump
  • Botol ASIP
  • Botol susu
DOKUMEN PENTING
Ini dia satu lagi yang ga boleh ketinggalan. Siapa tau mau langsung bikin akte kelahiran. Buku rumah sakit jg jangan ketinggalan ya. Oh iya kalo mami kan udah booking kamar jadinya kudu dibawa itu kertas bookingan kamar.
  • Buku catatan rumah sakit
  • Kartu asuransi
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi ktp
  • Fotokopi buku nikah

Semua barang bawaan, mami masukkin ke dalam plasik ziplock. Barang jadi lebih rapih, gak tercecer kemana-mana. Saat ngambil barang pun ga akan ngeberantakin barang yang lainnya. Kaya misalnya mami mau ambil pakaian adek untuk pulang, mami tinggal keluarin 1 plastik aja yang isinya udah 1 set baju pulang. Kain bedongan mami masukkin di dalam 1 plastik. Jadi rapih deeeehh…

Naaah itu semua deh yang mami bawa ke rumah sakit. Semuanya udah tertata rapi di dalam tas. Sebenernya sih masih sebulanan lagi dan mami bakal SC yang tanggalnya udah ditentuin. Tapi gada salahnya kan udah disiapin dari sekarang. Namanya mau lahiran mah ga bisa diprediksi. Tapi semoga mami aman yaaaa, adek lahir sesuai waktunya, udah cuukup umur untuk lahir. Mohon doanya ya semuanya semoga mami diberi kemudahan dan kelancaran. Mami dan adek selamat. Degdegser cyiiiin sebulan lagi. Hihihihi.
Semoga tulisan mami ini bermanfaat yaaa buat buibu yang mau lahiran juga.

Continue Reading

Uncategorized

2nd Pregnancy: 32 Weeks – Sakit Lagi

By on August 3, 2016
Assalamualaikum, mau laporan perkembangan si adek nih. Hihihi. Minggu kemarin mami periksa pas adek usianya 31 weeks. Alhamdulillah semua keadaannya baik. Dan adek hebat banget, posisi kepala yang tadinya sungsang sekarang udah di atas. Mami cuma ajak ngobrol aja. Mami bilang “dek posisi nya pindah ya, kepalanya di bawah jangan di atas gitu”. Hihih. Katanya kan disuruh nungging biar posisi kepala ke bawah, tapi hamil ini mami gak kuat banget sama yang namanya nungging. Baru sekali nungging aja langsung engap, idung mampet. Bedaaaa pas jamannya Aa bisa nungging berkali-kali dengan waktu yang lama. Huhuhu.
Terus nih, kemarin mami dadakan ke dokter karena mami sakit. Sakit? Iyah sakit lagi. Hamil adek ini mami jadi lebih sering sakit atau cuma sekedar gak enak badan. Biasanya malem tuh emang suka ga enak badan, mungkin kecapean kali ya seharian beraktivitas. Nah pas Senin malem kok badan berasa ga enak bangeeeet, kepala gak pusing. Tidur ga nyenyak, badan semua sakit rasanya. Kaki dan pinggang pegelnya super duper. Tidurnya kebangun terus. Pas bangun abis sholat shubuh makin menjadi. Menggigil, kepala berat, badan lemes tapi pada sakit. Biasanya kalo bangun tidur tuh badan seger walo malemnya agak ga enak badan. Wah ini sih beneran sakit nih. Akhirnya mami bilang ke papi kalo mami kayanya sakit. Aa papi yang ngurusin, dari mandiin, nyuapiin, sampe urus semuanya. Papi bantuin cuci piring, masak nasi, dan akhirnya sampe ga kerja. 
Trus papi ajak mami ke dokter. Namanya lagi hamil ya ada nyawa lain dalam tubuh mami. Papi pasti gak mau kenapa-kenapa sama adek dan mami. Akhirnya papi ngajak ke dokter. Ke dokternya juga harus dokter kandungan karena biar lebih paham kondisi ibu hamil. Sayangnya dokter tetap mami ga praktek hari itu. Jadinya ke dokter lain yang mami pernah periksa juga ke dia. Alhamdulillah banget kalo kondisi adek mah sehat. Cuma maminya aja yang disuruh cek lab karena takutnya kena db atau tipes. Soalnya mami gada gejala flu jadi ngeri kena penyakit itu. Oh noooo ambil darah. Tegang mami. Heheheh. Kayanya terakhir ambil darah tuh dulu pas hamil gede Kenzie. udah lama banget kan. Pas ambil darah megangin tangan papi sekuat tenaga. Asli mami takut. Cemen ya. hahaha.
Keluarlah hasilnya alhamdulillah tipes atau db negatif. Tapi hasil trombositnya sedikit dibawah rata-rata dan leukosit sedikit tinggi dibawah rata-rata. Kata dokter sih mungkin ispa jadi leukosit tinggi. Tapi gak perlu ada yg dikhawatirkan katanya. Cukup bedrest aja kalo bisa, jangan beraktivitas. Tapi kan mana bisa yaaa. Huhuhuhu. Tapi sebisa mungkin sih mami ga kecapean. Ga banyak yang dikerjain. Tapi tetep aja sih ada aja yang kudu dikerjain. Wakakakaka. Nasib jadi emak-emak ya cyiiin. Lagi sakit juga ga bisa istirahat.
Tapi alhamdulillah sekarang udah membaik, tapi kadang masih berasa sih badan belom fit nya dan kepala masih agak pusing dikit. Semoga besok udah bener-bener fit jadi bisa sedikit masak lah. Tapi kata papi jangan masak dulu jangan kecapean. Daripada nanti sakit lagi malah jadi makin ribet.  Baiklaaaah.. Hihihi.
Mungkin mami sakit karena kecapean kali ya dengan aktivitas baru mami selama seminggu kemaren. Bangun lebih pagi, trus kudu anter dan nungguin aa sekolah. Pulang harus bebenah dan masak lagi. Jadi badan mami kecapean.
 
Oh iya, bb mami seminggu turun 1kg loh huhuhuhu. Tapi alhamdulillahnya bb adek seminggu naik 200gr. Sehat yah dek..
Udah ah curhatnya. Sekarang mau catet perkembangan adek di umurnya yang 32 minggu. Udah 8 bulan dong yaaaa. Yak ampun asli ini bulan September dah mau lahiran? Kok cepet amat ya. Bener-bener ga berasa. Belom siapin tas buat dibawa ke RS, belom cuciin semua baju-bajunya. Oemjiiii sehat-sehat biar bisa dikelarin semuanya.
  • Usia adek 32 weeks
  • BB adek 1813 gr (ini bb nya di atas rata-rata bb ideal janin 32w)
  • Kelamin perempuan (3 dokter bilang perempuan, insya Allah bener yes)
  • Air ketuban cukup
  • Posisi kepala sudah dibawah
  • Letak plasenta sudah bagus

Alhamdulillah bageeeet semua keadaan adek bagus, sehat.  Karena kemaren baru kontrol, jadi kontrol selanjutnya diundur ya Adek. Sehat-sehat ya nak. Tumbuh sehat, normal, dan sempurna. Aamin..

Continue Reading