Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

2nd Pregnancy: 25 Weeks – Kram Kaki Melanda

June 23, 2016
Assalamualaikum… Camat pagi semuanyaaa.. Kali ini mami mau cerita tentang perkembangan kehamilan mami nih di usia 25 minggu. 
~25 weeks~
Minggu ini usia adek udah 25 weeks. Kemarin mami kontrol pas 24 weeks. Sekalian juga mami nanya-nanya ke dokter boleh puasa apa ngga. Kata dokter boleh asal kalo udah gak kuat harus buka, gak boleh dipaksain. Terus mami nanya ciri-ciri gak kuatnya gimana. Katanya kalo berasa lemes, berkunang-kunang gitu. Kalo laper sedikit mah gak apa-apa. Tapi nih yah adek emang pinter banget dibawa puasanya. Mami jadi gak laperan loh puasa itu. Ada sih berasa lapernya, tapi gak kaya yang gak puasa. Kalo lagi ga puasa mah laper mulu, telat makan mual. Ini mah ngga. Anak bageuuur dibawa ibadahnya. Karena pas mami kontrol kemaren udah hari ke berapa puasa mami mau liat juga kondisi adek kaya gimana, jadi mami bisa nentuin kudu puasa apa ngga. Alhamdulillah sampe hari ini sih mami baru batal 5. Emang sengaja ada yang gak puasanya. Pas lagi gak puasa mami makan teroooos. Biar adek kenyang hehehe.
  • Usia adek 25 weeks
  • Berat adek 685 gr. Kata dokter ini beratnya ideal. Mami juga gugling berat ideal janin, alhamdulillah beratnya ideal
  • Berat mami 56,5 kg. Yak ampuuuun sebulan naik 3kiloooo. wakakakaka. Mulai kayanya nih menggendut 😀
  • HPL berubah dari bulan kemarin. Buln kemarin 30 september, bulan ini jadi 4 oktober
  • Posisi plasenta mami sudah mulai bergeser. Alhamdulillah. Semoga sampe lahiran nanti posisinya jadi bagus. Aamin!
  • And it’s a GIRL!!!! Alhamdulillah ya Allah. Setelah 2 bulan USG hasilnya sama perempuan. Semogaaaa beneran perempuan ya adek. Alhamdulillah bisa punya sepasang. Siap-siap kalap deh yaaa bulan depan belanja
  • Aktif banget! Adek ini aktiiif banget diperut mami. Kalo udah gerak beuuuh perut bergelombang. Tendangannya mantap! Mungkin bakal aktif kayak Aa nya yang gak mau diem. Hahaha.

Sayang ih si papi kelupaan foto USG nya. Mami juga lupa bilang mau dicetak. Bulan depan deh dicetak. Semoga mukanya keliatan yah adeeek.

~ Kram Betis Disaat Tidur ~

Udah 2x mami ngerasain kram kaki pas lagi tidur. Jadi pas mami mau ngelurusin kaki lagi menggeliat gitu betis langsung kram. Sakitnyaaa warbiyasak! Sampe nangis nahan sakitnya. 3 Hari yang lalu ngerasain dua betis yang kram. Gantian gitu, pertama kaki kanan trus ilang mami bobok lagi. Beberapa jam kemudian eeeh kram dong yang kiri. Hiks. Kram tuh efek sakitnya bukan pas lagi kram nya aja. Besokannya sampe 2 hari berikutnya masih berasa sakitnya si otot betis. Sampe rasanya ga kuat jalan sebenernya. Pengennya rebahan aja tapi kan gak mungkin. huhuhu. Akhirnya mami cari tau deh kram betis yang dialami sama bumil ini. Dulu pas hamil Kenzie juga sering kram betis pas hamil gede.

Oh iya sebelum mami ngerasain kram betis ini, mami abis muterin mall. Yang sebelumnya abis muterin IKEA. kayanya karena kecapean ya si kaki ditambah bawa beban perut yang membesar.

Ini mami kutip dari bidanku.com yaaa info tentang kram pada ibu hamil.

Apakah Pemicu Kram Ketika Tidur

Faktor pemicu pasti yang menyebabkan kram pada kaki yang banyak dialami saat malam hari ini terjadi, belum diketahui secara pasti apakah pemicunya. Namun yang jelas, ada beberapa faktor potensial yang mampu memicu kram antara lain yakni dehidrasi, kurangnya asupan potasium, kalsium, magnesium dan senyawa mineral lain yakni sodium serta berkurangnya aliran darah pada otot karena terlalu lama beraktifitas diatas kursi tanpa melakukanhal lainnya atau terlalu banyak berbaring, berpotensi memicu kram ini terjadi. Namun, ada beberapa hal lain yang memicu terjadinya kram pada kaki saat tidur dimalam hari yang terjadi secara tiba-tiba.

Dehidrasi
Kurangnya pasokan cairan dalam tubuh juga dapat menyebabkan kram kaki yang terjadi saat tidur dimalam hari. Dehidrasi akan mempengaruhi kinerja syaraf yang pada akhirnya berujung pada terjadinya kondisi kra

Sirkulasi Darah yang Tidak Lancar
Salah satu penyebab terjadinya kondisi kram pada kaki terutama dimalam hari adalah karena kurang lancarnya aliran darah dalam tubuh. Selain itu, posisi tidur yang tidak benar dapat menyebabkan kram terutama saat anda sedang tidur, karena posisi tidur yang salah mampu menghambat aliran darah yang pada akhirnya memicu kondisi kram tersebut terjadi. Saat anda merasakan sakit yang ditimbulkan oleh rasa kera yang begitu menyiksa,  namun  jika kondisi kerang tersebut sudah terlanjur menyerang cobalah untuk melakukan peregangan  sebentar atau jia kondisi krem telah terlanjur menyerang, anda juga bisa mengompres bagian kaki yang diserang kondisi kram menggunakan air hangat secara perlahan dengan begitu otot-otot yang menegang akan kembali pulih dengan air hangat.

Hamil
Kondisi hamil atau mengandung juga dikaitkan dengan serangan kondisi kram yang akan sering muncul. Sehingga tak heran jika banyak ibu hamil mengeluhkan bahwa mereka sering kali mengalami kram pada betis kaki terutama saat tidur dimalam hari. Namun kram betis pada baguan kaki yang meneyrang ibu hamil umunya, disebabkan karena kurangnya asupan magnesium beserta kalsium pada sata si ibu sedang hamil. Untuk itulah, saat sedang mengandung, para ibu hamil amat disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan makanan yang kaya akan kandungan kalsium dan magnesium untuk mencegah kekuragan kalsium dan magnesium sebagai salah satu pemicu terjadinya kondisi kram pada kaki.

Cedera Otot
Cedera pada otot ini bisa disebabkan sebagai akibat dari terlalu banyaknya melakukan aktivitas saat siang hari. Efeknya mungkin tidak akan terasa begitu cepat setelah anda melakuakn banyak aktivitas dan tiba-tiba otot mengalami cedera dan menjadi kram. Biasanya, efek dari gejala tersebut akan kita rasakan baru pada malam hari. Yang mana jika terus-terusan dibiarkan, bukan saja organ fisik dibagian kaki saja yang mengalami penurunan fungsi, bisa jadi jam tidur anda menjadi berantakan, karena rasa nyeri yang disebabkan oleh kram yang begitu menyiksa pada malam hari. Namun apabila, kram tersebut telah terlanjur menyerang anda saat anda tengah terlelap tidur.

Beberapa cara berikut ini untuk dapat mengobati kram tersebut.

  • Jika kram terlanjur menyerang tubuh anda terutama pada bagian kaki, cobalah untu tidak panik. Kondisi tubuh yang pani malah menambah frekuensi ketegangan pada otot, saat otot tegang maka kram akan semakin terasa sakit. Sebaliknya, saat kram menyerang salah satu oragn tubuh anda, maka cobalah untuk meregangkan dan memijat bagian otot yang keram secara perlahan.
  • Tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik, sehingga ketegangan pada otot dapat perlahan mengendur. Dan setelah sakit mereda, tidak ada salahnya lakuakn pemijatan untuk melemaskan kembali otot-otot yang menegang dan sekaligus memberikan kehangatan.
  • Perlu diketahui bahwa kram juga sebagai akibat dari faktor kelelahan, seperti setelah berolahraga seharian atau melakukan pekerjaan rumah dengan begitu keras. Bila hal ini terjadi, cobalah kompres menggunakan ice pack pada area disekitaran kram, bukan tepat diatas daerah yang kram.

Sumber : Apakah Pemicu Kram Ketika Tidur – Bidanku.com http://bidanku.com/apakah-pemicu-kram-ketika-tidur#ixzz4CQR0rEio

Tips Mengatasi Kaki yang Sering Kram Saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu anda dalam mengatasi kram pada kaki saat hamil :

  1. Perlahan-lahan anda dapat meluruskan tumit dan kaki sehingga lebih rileks selanjutnya anda dapat menekuk tumit dan jari.
  2. Lakukan pijatan otot kaki yang sedang kram secara perlahan dan lembut
  3. Apabila anda mengalami kram ketika duduk atau tidur maka anda dapat menggerakan jari-jari kaki arah atas secara perlahan. Kemudian anda dapat bangun secara perlahan, beberapa menit memberikan waktu untuk kaki anda rilek hingga rasa kram berkurang.

Berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan :

  • Konsumsi air putih yang cukup sehingga dapat membantu menghindari diri dari dehidrasi dan juga melancarkan darah.
  • Mulailah mengatur makanan yang mengandung mineral dan kalsium yang cukup. Kalsium yang bisa anda dapatkan dari susu, yogurt dan sayuran hijau dapat mengurangi kram yang terjadi tiba-tiba.
  • Hindari menggunakan sepatu yang berhak tinggi. Sepatu dengan hak tinggi akan memberikan tekanan pada ujung kaki dan juga betis sehingga beresiko kram kaki.
  • Hindari  berdiri terlalu lama, selama kehamilan beban anda menjadi dua kali dibandingkan keadaan normal sehingga berdiri terlalu lama akan memicu kram kaki.
  • Lakukan peregangan kaki, sesekali anda dapat memutar persendian searah jarum jam ataupun sebaliknya sehingga dapat meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.

Sumber : Tips Mengatasi Kaki yang Sering Kram Saat Hamil – Bidanku.com http://bidanku.com/tips-mengatasi-kaki-yang-sering-kram-saat-hamil#ixzz4CQS99UHC

Kayaknya kalo mami sih penyebabnya kaena kekuranganc airan dan berdiri terlalu lama atau mami kecapean ya. Semoga info dari bidanku.com ini membantu bumil lainnya ya yang suka mengalami kram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *