Uncategorized

Dapur Macan: Special Weekly Challenge with @gerai_s3hat #nguber_pasta

By on August 5, 2015
Haiiiii Special Weekly Challenge (SWC) is back! Setelah libur lebaran 2 minggu, Dapur Macan bekerjasama dengan @gerai_s3hat mengadakan SWC dengan tema pasta, #nguber_pasta. Jadi tiap mama hanya membuat 1 kreasi masakan yang berbahan pasta. Untuk lebih lengkapnya langsung aja cek di IG @dapurmacan.
Terus terus hadiahnya apa? Akan ada 3 pemenang yang akan mendapatkan produk kecap, mie, dan kaldu dari @gerai_s3hat. Yuk ah buruan ikutan.

Continue Reading

Uncategorized

Mimpi Kenzie

By on
Kenzie udah mulai bisa inget sama mimpinya. Soalnya pas kebangun dia suka masih kebawa mimpi gitu. Udah 2x dia ceritain mimpinya.
Cerita 1

Kenzie kebangun terus dia keluar kamar sambil lari kaya yang kebingungan nyari orang. Pas liat mami dia langsung meluk dan cerita.
K: aa cayi_cayi (cari) mami. Tadi mami aa papi di tempat makan. Teyus mami papi peygi. Aa cayi-cayi mami.
Dia cerita sambil meluk mami dan seddih kaya yang abis ditinggalin gitu.
Cerita 2
Bangun tidur langsung nangis sambil bilang
K: kata papi donal peyempuann. Butan peyempuan papiiiii.
P: iya iyaaa
K: donal butan peyempuan papiiii. Donal yati-yati (laki-laki)
Mami sih lucu aja liatnya. Hihihi. Tapi kalo pas bangun tidur mami tanya aa mimpi apa dia pasti jawabnya mimpi indah. Hahahah.
Kalo ngigo pas lagi tidur mah sering Kenzie. Seringnya sih teriak-teriak “tidak mauuuu, tidak mauuu” Kayanya dia lagi mimpi diiseingin sama mami atau papinya gitu. Hihihi. Soalnya kalo diisengin suka bilang tidak mau.

Continue Reading

Uncategorized

Jauh Kangen, Deket Sebel

By on
Ya gitu deh Kenzie sama papinya. Kalo papinya lagi kerja trus belom pulang-pulang nih bocah kangeeeen banget sama papinya. Sering nanyain “papi kapan pulang?” atau bilang “aa mau papi. Aa mau papi disini. Aa pangen peyuk papi”. Dan Kenzie tuh ngomongnya sambil mengeluarkan air mata loh. Sedih banget! Ampun nih anak drama abis hahaha.
Tapiiii kalo papinya udah di rumah nih, papinya mau peluk atau mau cium pasti kenzie gak mau. “papi sana, syuh syuh syuuuh”, Jiaaaah dia kaya ngusir kucing. Hahaha. 
Lucu sih liatnya. Tapi mami kasih tau Kenzie ga boleh bilang syuh syuh gitu. Papinya sih yang suka iseng juga jadi anaknya gitu deh. Hihihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Kerang Asam Manis

By on
Mami lagi boseeen banget makan ayam. Gara-garanya Kenzie lagi beruntusan kan kemaren itu kata dokternya alegi. Jadi lagi menghindari ikan atau seafood. Akhirnya mami bikin buat menu ini buat mami sendiri. Hehehe. Resepnya ada di buku JTT yang kedua.
Resep Tumis Kerang Asam Manis
Sumber: http://www.justtryandtaste.com/2015/02/tumis-kerang-asam-pedas-manis.html
Bahan & bumbu:
  1. 2 sendok makan minyak untuk menggoreng
  2. 5 siung bawang merah, iris tipis 
  3. 4 siung bawang putih, iris tipis 
  4. 5 buah cabai merah keriting, iris serong tipis
  5. 5 buah cabai rawit merah, iris serong tipis 
  6. 2 ruas jari jahe, pipihkan
  7. 1 sendok makan saus tiram
  8. 2 – 3 sendok makan kecap manis
  9. 1 sendok makan gula Jawa disisir halus
  10. 1/2 sendok makan gula pasir
  11. 3 lembar daun salam
  12. 3 lembar daun jeruk
  13. 350 gram kerang darah kupas
  14. 3 sendok makan air asam Jawa
  15. 250 ml air
  16. 2 sendok teh garam
Cara Membuat:
  1. Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang, masukkan cabai merah keriting, jahe, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga layu dan harum.
  2. Tambahkan saus tiram, kecap manis dan gula Jawa sisir, aduk rata dan tumis selama 2 atau 3 detik.
  3. Tambahkan kerang darah, aduk rata. Masukkan sekitar 250 ml air, air asam Jawa dan garam. Aduk rata dan masak hingga kerang empuk dan air menyusut habis. Jika kerang belum empuk dan air habis, tambahkan kembali air dan masak hingga kering.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Pastel Tutup Keju (1y+)

By on

Pastel Tutup Kentang (1y+)
.
Bahan kentang:

  1. 1bh kentang besar, kukus, haluskan
  2. Sejumput garam, lada, pala bubuk

Bahan isi:

  1. 2 sdm daging sapi cincang
  2. 1 bh wortel, potong dadu kecil, 
  3. 1 btg daun bawang, ambil daunnya saja, iris tipis
  4. 1 sdm bawang bombay cincang
  5. Sejumput garam, gula, lada
  6. 2 sdm air

Bahan Pelapis:
Keju quickmelt / keju mozarella / 1 bh kuning telur

Cara Membuat:

Kulit:
Campur kentang kukus yang sudah dihaluskan dengan semua bahan. aduk rata

Isi:

  1. Tumis bawang bombay sampai harum
  2. Masukkan daging cincang, aduk rata. Masak sampai berubah warna
  3. Masukkan wortel dan bahan-bahan lain
  4. Tambahkan air agar bumbu meresap
  5. Masak sampai kering.

Penyelesaian:

  1. letakkan sebagian adonan kentang di dasar wadah tahan panas
  2. Isi dengan tumisan daging dan sayur
  3. Tutup kembali dengan adonan kentang. Ratakan
  4. taburi dengan keju quickmelt atau olesi dengan kuning telur
  5. Panggang di oven panas kurleb 15-20 menit dengan suhu 170dercel

Continue Reading

Uncategorized

Resep Muffin Keju Cheddar

By on

Enyak enyaaaaak,, ngejuuu banget. Simpel lagi bikinnya (itu yang penting)!

Muffin Keju Cheddar
Sumber: http://www.justtryandtaste.com/2015/06/resep-cara-membuat-muffin-keju.html

Untuk 12 buah muffin dengan loyang muffin diameter 8 cm

Bahan:

  1. 260 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna
  2. 100 gram gula pasir
  3. 2 sendok teh baking powder double acting
  4. 2 sendok makan susu bubuk
  5. 1/2 sendok teh garam
  6. 250 ml susu cair
  7. 2 butir telur, kocok lepas
  8. 3 sendok makan mentega/margarine dicairkan, sekitar 50 gram
  9. 50 ml minyak sayur 
  10. 1 sendok teh vanilla extract, atau 1/4 sendok teh vanilla essence atau vanili bubuk
  11. 100 gram keju cheddar parut + 20 gram keju parut untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang muffin, olesi permukaannya dengan margarine, taburi dengan tepung terigu
  2. Siapkan oven, letakkan rak pemanggang di tengah oven, set oven disuhu 170’C.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering (tepung terigu, baking powder, garam, gula pasir dan susu bubuk) dan aduk rata.
  4. Siapkan mangkuk lainnya atau gelas besar, masukkan bahan basah (telur, susu cair, minyak sayur, mentega cair dan vanila ekstrak), aduk rata. 
  5. Tuangkan bahan basah ke dalam mangkuk berisi bahan kering. 
  6. Aduk perlahan adonan hingga tercampur dengan baik, jangan over mixing.
  7. Masukkan keju parut, aduk seperlunya saja. Adonan yang terbentuk pekat dan kental. 
  8. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin hingga penuh.
  9. Taburi permukaan muffin dengan keju parut. 
  10. Panggang di oven selama 20 – 25 menit atau hingga tidak ada adonan yang melekat kala lidi ditusukkan di tengah muffin.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sup Udang Jamur

By on

Resep Sup Udang Jamur

Bahan:

  1. 250 gr udang, kupas bersih sisakan ekor
  2. 6 bh jamur kancing/merang/champignon, potong-potong
  3. 5 batang pokcoy, iris-iris
  4. 350 ml kaldu udang (dari rebusan kepala dan kulit udang)
  5. garam dan merica secukupnya

Bumbu halus:

  1. 2 siung b.putih
  2. 1 cm jahe



Cara Membuat:

  1. Tumis udang sampai berubah warna, sisihkan
  2. Tumis bumbu sampai harum, tambahkan air kaldu. Masak sampai mendidih
  3. Masukkan udang, jamur, dan pokcoy
  4. Tambahkan garam dan merica. Masak sampai pokcoy layu.
  5. Angkat, sajikan.

Continue Reading