Uncategorized

Resep MPASI: Robita (1y+)

By on March 30, 2015
Oh iya mami kelupaan posting weekly challenge dapur macan yang  ke 5 nih. Temanya beetroot, mama @graciayunita yang punya tema. Karena Kenzie gak doyan beet dari waktu bayi jadi jaraaang banget masak beet. Kali ini mami pake resep yang ada di buku 99+ Resep Rumahan Cihuy nya Mamakukokihandal.


Robita
Sumber: Buku 99+ Resep Rumahan Cihuy Mamakukokihandal

Bahan:

  1. 2 lbr roti tawar gandum/biasa, potong kotak
  2. 20 ml susu cair plain
  3. 1 btr telur
  4. 20 gr kenu cheddar parut
  5. 30 gr bit, cincang
  6. Sejumput gula pasir

Cara:

  1. aduk rata telur, susu, bit, keju, dan gula pasir
  2. oles pinggang dgn minyak, tuang potongan roti
  3. tuang adonan telur ke atas potongan roti, biarkan selama 15 menit agar semua meresap ke roti
  4. panggang sampai matang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Soft Bread

By on
Demiii apaaaa mami bisa bikin rotiii. Seneng banget ni hati rasanya berhasil bikin roti. Le to the bay ya si mami. Hahaha. Di IG tuh berseliweran postingan roti. Mami jadi tertantang untuk bikin juga. Mami juga kudu bisa. Hihihi. Akhirnya bikin roti deh pake resep yang di share sama teh @tiyarahmatiya . 

Rotinya manis dan lembuuut. Sebenernya sih di resep si roti ini ada isiannya. Tapi mami gak pakein, soalnya takut gagal. Lagian mami gak punya selai coklat atau srikaya. Kapan-kapan mau coba isi srikaya aaah. Soalnya mami suka banget sama roti srikaya. Bukannya sok yaaa, tapi beneran deh ternyata bikinnya gampang. Mirip sama bikin donat. Cuma yaaaa itu pegel abis nih tangan nguleni adonan. Tangan mami langsung berotot. Hahaha

SOFT BREAD @tiyarahmatiya

Bahan:
  1. 200 gram terigu protein tinggi (cakra kembar) 
  2. 50 gram terigu protein sedang (segitiga biru) 
  3. 60 gram gula 
  4. 6 gram ragi instant 
  5. 1/2 sdt bread improver (optional, boleh di skip) 
  6. 2 kuning telur 
  7. 50 ml air es 
  8. 50 ml susu cair full cream yang dingin
  9. 50 gram mentega / margarine
  10. sedikit garam

Bahan olesan: 1 kuning telur, 1 sdm susu kental manis,(aduk rata)
Cara Membuat:
  1. Campur di bowl: terigu, gula, ragi, bread improver, aduk rata. Lalu masukkan kuning telur satu per satu, aduk rata dengan sendok kayu/spatula.
  2. Masukkan air es dan susu cair dingin. aduk rata. Uleni sampai kalis dan halus.
  3. Setelah kalis, masukkan mentega dan garam. Uleni sampai kalis dan elastis
  4. Setelah benar-benar kalis dan elastis, baru taruh di bowl yang sudah diolesi minyak, kemudian tutup dengan lap ato dengan plastic wrap. 
  5. Diamkan/istirahatkan adonan sampai mengembang 2x lipat dari ukuran semula (biasanya sekitar 30menit, tergantung cuaca di dalam rumah, kalau hangat makin cepat mengembang)
  6. Setelah mengembang 2x lipat, kempeskan adonan. Lalu bagi-bagi adonan, timbang 30-35gram (tergantung selera)
  7. Isi adonan dengan filling (coklat, keju, isi daging, sosis, selai strawberry, selai srikaya, dll). 
  8. Setelah diisi filling, bulat-bulatkan. Letakkan di cetakan atau tray, yang sudah diolesi minyak. Beri jarak karena adonan bakal mengembang lagi. 
  9.  Setelah di fermentasi tahap 2
  10. Istirahatkan adonan selama 30 menit
  11. Sebelum di oven, olesi dengan bahan olesan.
  12. Oven dengan suhu 160-170 derajat celcius, selama 15menit (tergantung ukuran adonan yang dibuat) sampai matang, angkat sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Oseng Daun Cikur

By on
Daun cikur? Apaan tuh? Itu loh daun kencur yang biasa dipake buat urap sayuran. Kalo orang sunda bilangnya cikiur 😀 Mami suka sama daun cikur kalo di urap, tapi mami gak bisa bikinnya hiks. Pas mamang sayur bawa eh tetangga bilang masaknya di tumis aja cuma bumbu bawang putih sama cabe doang. Kalo mau enak pake teri nasi juga. Tapi karena mami udah masak teri kacang tanah jadinya mami masaknya ga pake teri lagi. Dan ternyata enak loh ditumis jugaa. 

Oseng daun cikur
Bahan:
  1. 1 ikat daun kencur, cuci bersih, iris tipis
  2. 3 siung b.putih, geprek
  3. 6 bh cabai rawit merah, iris
  4. Garam gula secukupnya
  5. Air sedikt
  6. Minyak utk menumis

Cara:
  1. Tumis b.putih dan cabe
  2. Masukkan daun kencur, garam, gula, air. Masak sampai daun agak layu

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Ikan Tenggiri Panggang Saus Keju (1y+)

By on
Yuhuuuu tema weekly Challenge Dapur Macan minggu kemaren tanggal 23-29 Maret adalah ikan. Mami yang punya tema. Jadi masakan yang bahan utamanya ikan. Pokonya cara masaknya gak deep fried. Jadi inilah hasil kreasi masakan mami, ikan tenggiri panggang saus keju.

Tenggiri Panggang Saus Keju
Bahan:
  1. 1 potong ikan tenggiri, lumuri dgn air jeruk nipis dan garam, diamkan 10 menit. Cuci bersih
  2. 1 siung b.putih, parut
  3. Merica secukupnya
  4. Mixed herbs secukupnya
  5. Saus keju secukupnya (resep bisa dilihat disini)

Cara:
  1. Lumuri ikan dgn b.putih, merica, dan mixed herbs
  2. Panggang selama 20 menit
  3. Sajikan di piring lalu siram dengan saus keju

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Martabak Spaghetti (1y+)

By on
Bikn cemilan buat Aa Kenzie. Kepikiran di kepala martabak mie yang pake ind**** itu loh. Tapi kan gak mungkin Kenzie makan itu. Eh keingetan punya spaghetti jadinya pake spaghetti aja deh.

Bahan:

  1. 2 btr telur
  2. 15 btg spaghetti, rebus, tiriskan
  3. 1 genggam bayam, cincang
  4. 1 bh wortel, potong-potong, kukus
  5. garam dan merica secukupnya
  6. oregano secukupnya

Cara Membuat:
Campur semua bahan. Masak dengan api kecil sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Baked Chicken (1y+)

By on
Sebenernya sih ini bikin untuk Papi dan Aa, tapi dipikir-pikir ini bisa juga loh utk menu MPASI 1 tahun ke atas. Masaknya enak, simpel ga ribet. Kalo rasa dijamin enak dooong.

Baked Chicken

Bahan:
  1. 1/2 bh  fillet dada ayam
  2. 1 siung b.putih, parut
  3. garam dan merica secukupnya
  4. oregano bubuk secukupnya

Cara membuat:
  1. Balur dada ayan dengan semua bumbu, diamkan selama 15 menit
  2. Panggang dalam oven 170 dercel sampai ayam matang kecoklatan

Continue Reading