Uncategorized

Resep Salmon Tumis Cabe Rawit

By on January 29, 2015
Kemaren temen mami ada yang nawarin salmon, ya udah deh mami beli. Jadi menu di rumah hari ini serba salmon. Gaya benget deh ah! hahahaha

Tapi kan mami mah gak terlalu suka sama salmon masakan sendiri 😀 cuma kan kudu diabisin biar ga disimpen lama-lama dalem kulkas. Gugling deh mami, eh ada resep Salmon Tumis Cabe Rawit di JTT. Naaaah kalo dimasaknya gini mami doyan nih. Pake cabe dan bumbu rempah-rempah gitu. yah namanya juga lidah Indonesia, gak cocok makan steak salmon. Lidah ndeso 😛

Resep Salmon Tumis Cabe Rawit
Bahan & bumbu:
  1. 200 gram fillet salmon, (bisa menggunakan jenis ikan lainnya) + 1 sendok makan air jeruk nipis + 1/2 sendok teh garam + 1/2 sendok teh merica bubuk
  2. 5 siung bawang putih, cincang halus
  3. 8 siung bawang merah, rajang tipis
  4. 3 ruas jari jahe, pipihkan
  5. 20 butir cabai rawit hijau atau merah, iris melintang1/2 cm
  6. 2 buah tomat hijau
  7. 2 batang daun bawang, rajang melintang kasar 
  8. 3 lembar daun salam 
  9. 2 ruas jari lengkuas, pipihkan 
  10. 1 sendok makan saus tiram
  11. 1/2 sendok makan kecap manis
  12. 1 sendok makan gula merah sisir, bisa diganti dengan gula pasir
  13. 1 sendok teh garam
  14. 1/2 sendok teh merica bubuk (optional)
  15. 100 ml air
  16. 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara:
  1. Masukkan ikan ke dalam mangkuk, beri garam, air jeruk nipis dan merica bubuk, aduk rata. 
  2. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis ikan hingga berubah warnanya menjadi pucat.Aduk-aduk selama ikan ditumis. Angkat dan sisihkan. Biarkan minyak ikan tetap di wajan, kita akan menggunakannya untuk menumis bumbu. 
  3. Panaskan minyak ikan di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga berwarna transparan dan berbau harum. Tambahkan jahe, lengkuas, daun  salam, cabai rawit, daun bawang dan belimbing wuluh, aduk dan tumis hingga layu.
  4. Masukkan saus tiram, kecap manis, gula merah sisir (gula pasir) , garam, dan merica bubuk.  Aduk hingga rata.Tambahkan air, aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Tuangkan salmon ke dalam tumisan, aduk hingga rata dan masak hingga mendidih dan kuah mengental. Cicipi rasaya, seimbangkan gula dan garam. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat. 

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tumis Salmon Oregano (1y+)

By on
Akhirnya makan salmon lagi si Aa. Hahaha. Dulu makan salmon pas 9 bulan. Baru makan lagi udah mau 3 tahun. Yak ampuuun lama amat nak. Kasian? Ngga dooong. Walo Kenzie gak makan salmon kan masih banyak jenis ikan lainnya yang kandungannya lebih dari ikan salmon. Hehehe. 

Tadi bingung salmonnya mau diapain, tadinya sih mau di grilled, tapi takut gak sempurna ah matengnya tar mual lagi. Soalnya bikin buat papi juga. Eh ternyata si papi gak mau, ga napsu liatnya katanya hahaha. Emang sih mami juga gak terlalu suka sama salmon. Kalo di sushi sih suka. Enakan ikan peda sama ikan sepat buat mami sama papi mah. Hahahaha.
Ini resepnya gampil surampil pake banget. Hehehe
Tumis Salmon Oregano ala Mami Kenzie
Bahan:
100 gr ikan salmon, cincang kasar
1 siung b.putih, cincang
1/2 bh b.bombay, potong dadu kecil
garam dan merica secukupnya
oregano secukupnya
jeruk nipis
minyak untuk menumis
Cara Membuat:
lumuri ikan salmon dengan air jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan 30 menit
tumis b,putih dan b.bpmbay sampai harum
masukkan salmon
masukkan garam, merica, dan oregano. Aduk rata. Masak sampai matang
Alhamdulillah bocahnya mah doyan-doyan aja. Hahaha.

Continue Reading