Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Resep Sambal Gandaria

January 25, 2015
Hayoooo siapa yang suka nyambel gandaria. Mami mah kalo lagi musim gandaria pasti nyambel teruuuuuus. Emang gandaria kaya gimana sih? Yang mami tau, gandaria yang selalu mami makan itu gandaria yang masih muda, warnanya hijau, bentuknya bulat, dan rasanya aseeeeeem. Kalo yang tua katanya warna kuning. Katanya? Iya temen mami cerita, mami belom pernah liat yang mateng. Yang kuning itu katanya dirujak pake kecap sama gula. Kalo mami mah yang muda doang taunya dan yang muda enaknya dibikin sambel. Beuuuh sambel pake gandaria enak bangeeet. 
Nah ini gandaria yang masih muda, yang biasa mami pake buat sambel.

Nah tuh dia sambelnya. Kalo udah disambel sih gak keliatan bentuk gandaria nya 😀 Bikin sambelnya gampang. Kalo mami senengnya sambel mentah. 
Bahan:
  1. cabe merah besar
  2. cabe rawit ijo
  3. cabe rawit merah
  4. terasi
  5. garam
  6. gula
  7. gandaria, cuci bersih, potong, buang biji

Cara:
  1. Ulek cabe merah besar, cabe, rawit ijo, cabe rawit merah, terasi, garam, dan gula
  2. Saat sudah halus semuanya, ulek gandaria, aduk rata

Kalo gandarianya kecil-kecil, mami pake 2 biji. Kalo gede mah 1 biji juga cukup. Duh duh rasanya enak banget. Pedes, asin, dan asemnya itu harus kerasa banget. Enaaaak banget. Bahaya sih ya sebenernya buat ke lambung. Tapi enak,  gmn dooong? Makan cuma pake nasi anget, sambel gandaria, dan ikan asin sepat juga udah nikmat bangeeeeet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *