Uncategorized

Resep Risoles Ragout Ayam

By on January 25, 2015
Beberapa waktu yang lalu tetangga ngasih risoles isi sayuran daging. Eh jadi kepengen bikin juga. Tapi pengennya ragout. Langsung gugling. Ketemu deh blog yang keren punya mbak Hesti. Ayok main-main ke blognya http://hesti-myworkofart.blogspot.com/ dijamin ngiler liat hasil masaknnya.
Setelah mengumpulkan bahan dan niat, akhirnya jadi juga kemaren bikin Risoles Ragout Ayam.

Resep Risoles Ragout Ayam
Bahan kulit : 
  1. 300 ml susu cair UHT
  2. 150 gr terigu protein sedang
  3. 1 sdm margarin cairkan
  4. 1 butir telur
  5. 1 kuning telur
  6. 3/4 sdt garam 

Cara membuat :
  1. Tuang terigu dalam wadah lalu lubangi tengahnya, tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk sampai terigu dan susu tercampur rata dan halus.
  2. Masukkan telur dan kuning telur sambil diaduk rata, masukkan garam dan margarin cair aduk hingga rata dan halus tidak bergerindil.
  3. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, tuangi dengan sesendok adonan kulit lalu ratakan dengan cara memutar wajan hingga rata. Biarkan sampai matang pinggirannya mulai kering. Angkat. 
  4. Lakukan semua sampai adonan kulit habisKulit risoles siap digunakan .

Ragout ayam :
  1. 250 gr ayam cincang
  2. 2 buah wortel ukuran besar potong kotak kecil, rebus sebentar lalu tiriskan
  3. 2 sdm mentega
  4. 1 siung bawang bombay cincang kasar
  5. 2 siung bawang putih cincang
  6. 100 gr terigu
  7. 300 ml susu cair
  8. 200 ml air
  9. 2 sdm gula
  10. 1/4 sdt pala bubuk
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. 50 gr keju parut atau sesuai selera
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk
  14. garam secukupnya
  15. 2 tangkai seledri, potong halus
  16. 1 batang daun bawang, potong halus

Cara membuat :
  1. Campur air dengan susu cair sisihkan.
  2. Panaskan mentega, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan ayam cincang lalu tumis sampai berubah warna. 
  4. Masukkan tepung terigu, aduk rata kemudian tuangi dengan campuran susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar terigu tidak menggumpal.
  5. Masukkan wortel, masak dengan api sedang sambil terus diaduk. 
  6. Tambahkan garam, gula, merica, pala dan keju parut. Beri kaldu bubuk.
  7. Masak sampai ragout meletup letup. Cicipi apa yang kurang. 
  8. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata.Matikan api 
  9. Setelah matang biarkan ragout dingin sebelum digunakan, ini bertujuan agar tidak mudah basi. 

Penyelesaian : 
  1. Celup masing masing risoles dalam kocokan telur lalu balur tepung panir, 
  2. Goreng dengan minyak panas api sedang sampai kekuningan. Angkat. Tiriskan.
  3. Apabila minyak mulai kelihatan keruh karena panir yang mulai gosong di dasar wajan, saring kembali minyaknya lalu gunakan kembali agar warna risoles tetap cantik.

Wuuiih panjang ya resepnya. Iyah banyak langkahnya. Sebenrnya sih gampang bikin risoles ragout ini. Tapi lama ngerjainnya. Hihihi. Bikinnya lama, makannya mah cepet >.<
Liat deh nih bocah, kalo maminya foto-foto makanan pasti ikut-ikutan. Dan dia gak sabar pengen nyomot makannya. Mami sodorin piring dia mangap. Hahahaha.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Ayam Suwir Lada Hitam

By on
Setelah kemaren bikin ayam suwir pedas versi mami. Sekarang mami bikin ayam suwir lada hitam. Resep ini dapet dari Mbak Ayu momylicious.com . Mami suka banget sama yang berbau lada hitam. Jadinya pas nemu resep ini langsung deh bikin. hehehe.

Resep Ayam Suwir Lada Hitam
Bahan:
  1. 500 gr dada ayam, goreng atau rebus
  2. 100 ml air kaldu rebusan ayam (kalau digoreng ganti dengan air biasa)
  3. 2 bh b.bombay, potong kasar
  4. 1 sdt lada hitam
  5. 3 sdm kecap manis
  6. 1 sdt minyak wijen
  7. 1 sdt kecap inggris
  8. 1 sdm kecap asin
  9. minyak untuk menumis
  10. 1/4 sdt merica bubuk
  11. 1 sdt maizena larutkan dengan air utk mengentalkan

Bumbu halus:
  1. 3 btr kemiri
  2. 2 siung b.putih
  3. 3 bh b.merah

Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng, masukkan b.bombay, tumis hingga layu
  2. Masukkan ayam, tambahkan air, masak hingga mendidih
  3. Tambahkan merica bubuk, kecap manis, kecap asin, kecap inggris, minyak wijen, dan lada hitam.
  4. Jika air sudah menyusut masukkan larutan maizena, masak sampai mendidih.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sayur Kacang Merah

By on

Sayur kacang merah ini, masakan favoritnya ayah. Ibu sering banget bikinin sayur ini. Ini sayurnya orang sunda katanya. Rasanya agak-agak manis gitu karena pake gula merah. Mami mah doyan banget sayur ini. Tapiiii masih belom bisa masak sayur ini dengan rasa yang sama kaya masakan ibu. Ihiks.

Oh iya Kenzie juga doyan, mau dia makan pake sayur kacang ini. Sekalian nyoba dia masih alergi gak makan kacang merah. Soalnya dulu waktu bayi abis makan kacang merah, besokannya langsung bruntusan muka sama tangannya. Alhamdulillah nih gak ada burntusan.

Resep Sayur Kacang Merah

Bahan:
  1. 200 gr kacang merah
  2. 5 btr b. merah
  3. 4 siung b.putih, iris tipis
  4. 1 bh cabai merah, buang biji, iris
  5. 2 btg daun bawang, potong-potong
  6. garam secukupnya
  7. gula pasir secukupnya
  8. gula merah secukupnya
  9. 1 sdm air asam jawa
  10. air secukupnya

Cara Membuat:
  1. rebus kacang merah sampai setengah matang, tambahkan air rebusan
  2. Masukkan semua bumbu, rebus sampai kacang merah matang
  3. Masukkan potongan daun bawang, koreksi rasa

Sayur ini tambah enak kalo dipakein tetelan atau daging sapi. Makin sedep

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sambal Gandaria

By on
Hayoooo siapa yang suka nyambel gandaria. Mami mah kalo lagi musim gandaria pasti nyambel teruuuuuus. Emang gandaria kaya gimana sih? Yang mami tau, gandaria yang selalu mami makan itu gandaria yang masih muda, warnanya hijau, bentuknya bulat, dan rasanya aseeeeeem. Kalo yang tua katanya warna kuning. Katanya? Iya temen mami cerita, mami belom pernah liat yang mateng. Yang kuning itu katanya dirujak pake kecap sama gula. Kalo mami mah yang muda doang taunya dan yang muda enaknya dibikin sambel. Beuuuh sambel pake gandaria enak bangeeet. 
Nah ini gandaria yang masih muda, yang biasa mami pake buat sambel.

Nah tuh dia sambelnya. Kalo udah disambel sih gak keliatan bentuk gandaria nya 😀 Bikin sambelnya gampang. Kalo mami senengnya sambel mentah. 
Bahan:
  1. cabe merah besar
  2. cabe rawit ijo
  3. cabe rawit merah
  4. terasi
  5. garam
  6. gula
  7. gandaria, cuci bersih, potong, buang biji

Cara:
  1. Ulek cabe merah besar, cabe, rawit ijo, cabe rawit merah, terasi, garam, dan gula
  2. Saat sudah halus semuanya, ulek gandaria, aduk rata

Kalo gandarianya kecil-kecil, mami pake 2 biji. Kalo gede mah 1 biji juga cukup. Duh duh rasanya enak banget. Pedes, asin, dan asemnya itu harus kerasa banget. Enaaaak banget. Bahaya sih ya sebenernya buat ke lambung. Tapi enak,  gmn dooong? Makan cuma pake nasi anget, sambel gandaria, dan ikan asin sepat juga udah nikmat bangeeeeet!

Continue Reading

Uncategorized

Resep Mie Goreng Saos Tomat

By on
Kebayang banget spaghetti waktu makan di PH. Lupa namanya apa. Simpel deh spaghettinya, cuma pake kacang polong, wortel, daging ayam, cincangan parsley, dan pake saos tomat gitu rasanya. Kepengen banget bikin, pas buka lemari dapur, yaaaah spaghetti nya abis. Cuma ada mie telor. Tak apa lah, tak ada rotan akar pun jadi. Halah.
Duuh maaf ya fotonya jelek. Gini nih klo foto sore-sore, mendung, ga ada sinar matahari, fotonya di dapur. Duh jelek jadinya >.< kaya yg fotonya bagus aja yaaa.. Hahahaha. Nih ini resepnya
Resep Mie Goreng Saos Tomat
Bahan:
  1. 1 lbr mie telur
  2. 2 sdm daging ayam cincang
  3. 1 bh wortel kecil, potong dadu kecil
  4. 1 sdm jagung manis pipil
  5. 1 btg seledri, cincang
  6. 2 siung b.putih, cincang
  7. 1/2 bh b.bombay, cincang
  8. garam dan merica secukupnya
  9. oregano secukupnya
  10. saos tomat secukupnya
  11. minyak utk menumis
Cara membuat:
  1. rebus mie, sisihkan
  2. tumis b.putih dan b.bombay sampai harum
  3. Masukkan daging ayam, masak sampai berubah warna
  4. Masukkan semua sayuran
  5. Masukkan mie, garam, merica, oregano, saos tomat, aduk rata
  6. Masak sampai semua matang, angkat, sajikan.
Makannya berdua sama Kenzie. Dan dia suka. Hihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Pindang Patin Pedas

By on

Pengen makan yang berkuah, seger, pedes. Mami beli ikan patin. Biasanya sih mami gak suka sama ikan patin. Agak-agak gimana gitu makan ikan patin. Tapi pas dibikin pindang patin pedas, sampe makan beberapa kali hehehe. Resepnya hasil dari gugling yaaa..


Resep Pindang Patin Pedas

Bahan:

  1. 1 ekor ikan patin, ptong-potong, cuci bersih. Lumuri dengan garam dan air perasan jeruk nipis
  2. 7 bh cabai merah keriting, haluskan
  3. 4 bh b. merah, iris tipis
  4. 3 siung b. putih, iris tipis
  5. 2 lbr daun salam,
  6. 2 lbr daun jeruk, sobek
  7. 1 cm lengkuas, geprek
  8. 1 btg serai, geprek
  9. 8 bh cabai rawit merah
  10. 1 bh tomat, potong2
  11. 2 btg daun bawang, potong-potonh
  12. garam dan gula secukupnya
  13. air perasan jeruk nipis
  14. 400 ml air
  15. Minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Tumis cabai yang dihaluskan bersama b.merah, b.putih, daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, sampai harum
  2. Masukkan air, masak sampai mendidih
  3. masukkan ikan patin
  4. tambahkan garam, gula, dan perasan air jeruk nipis
  5. Masak sampai ikan matang
  6. Masukkan cabai rawit merah, tomat, dan daun bawang
Pas banget deh buat cuaca Bogor yang lagi dingin. Selamat mencoba yaaa…

Continue Reading