Uncategorized

Resep Tumis Teri Cabe Hijau

By on January 15, 2015
Sebenernya ini mirip-mirip sama resep mami yang Tumis Ikan Teri . Cuma bedanya kalo ini pake daun jeruk dan ga terlalu banyak airnya. Kalo tumis teri mami enaknya ada kuahnya 😀

Resep Tumis Teri Cabe Hijau
Bahan:
  1. 200 gr teri, cuci, goreng kering
  2. 5 bh cabai hijau, iris serong
  3. 4 bh b. merah, iris tipis
  4. 2 bh b.putih, iris tipis
  5. 5 bh cabai rawit merah, iris serong
  6. 1 bh tomat, potong-potong
  7. 2 lbr daun jeruk, sobek
  8. 5 cm lengkuas, geprek
  9. 1/4 gelas air
  10. gula, garam secukupnya
Cara:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, tambahkan daun jeruk dan lengkuas, masak sebentar.
  2. Masukkan cabai hijau, cabai rawit merah, dan tomat. Masak hingga semuanya layu.
  3. Tambahkan teri, aduk-aduk, masukkan air. 
  4. Beri garam dan merica secukupnya. Koreksi rasa
Dimakan pake nasi anget. Beuuuh mantap!

Continue Reading

Uncategorized

Resep Gurame Asam Manis

By on
Pertama kalinya masak ikan gurame. Gara-gara mamang ikan bawa gurame jadinya beli deh. Lagian bosen banget ikannya kalo gak kembung ya nila. Mumpung ada gurame mari kita beli.

Gurame? Langsung kepikiran bikin gurame asam manis. Sayang gak pake nanas karena gada yang jual. Walo gak pake nanas rasanya tetep enak. Jadi pengen bikin lagi. Dapet resep hasil gugling trus dimodif sedikit 😀

Resep Gurame Asam Manis
Bahan-bahan:
  1. 1 ekor gurame ukuran sedang, fillet dagingnya  dan potong-potong
  2. 200 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung beras
  4. garam secukupnya
  5. merica secukupnya
  6. minyak 
  7. air secukupnya

Saus asam manis:
  1. 5 sdm saus sambal
  2. 5 sdm saus tomat
  3. 100 gr nanas, potong-potong
  4. 1 buah wortel, potong tipis
  5. 3 buah bawang putih, cincang halus
  6. 1/2 buah bawang bombai,
  7. 1 sdm maizena, encerkan
  8. 1 buah paprika hijau
  9. 3 buah cabe merah besar, buang bijinya
  10. 2 sdm gula pasir
  11. garam secukupnya
  12. merica secukupnya
  13. 300 ml air

Cara memasak:
  1. Buat adonan cair tepung terigu dan tepung beras, beri garam sedikit.
  2. Panaskan minyak untuk menggoreng. Celupkan potongan daging gurame pada adonan, kemudian goreng hingga kecoklatan.
  3. Angkat dan tata gurame pada piring.

Saus:
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum.
  2. Masukkan saus sambak dan tomat. Tambahkan air, aduk rata.
  3. Masukkan nanas, wortel dan paprika da cabe.
  4. Tambahkan garam,merica dan gula, masak hingga mendidih.
  5. Terakhir masukkan maizena, aduk hingga mengental.
  6. Siram saus di atas gurame.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Toddie Tom Yum (1y+)

By on
Asiiik dapet resep tom yum dari mami @kentskyler .. Enaaak banget. Rempah dan kaldu udangnya bener-bener pengen bikin nyeruput terus. Bikinnya agak banyakan biar sekalian buat mami juga 😀

Resep Toddie Tom Yum (1y+) ala @kentskyler
Bahan:
  1. 250 gr udang
  2. 1 sdt perasan air jeruk nipis
  3. 500-600 ml air
  4. 1 sdt kecap asin (optional)
  5. beberapa kuntum brokoli (diganti pake 200 gr kembang kol)
  6. beberapa buah jamur, potong-potong
  7. 1 bh wortel, iris serong
  8. 10 gr daun kemangi
  9. garam dan gula secukupnya

Bumbu: 
  1. 4 btr bawang merah, iris tipis
  2. 2 btg serai, geprek
  3. 1 ruas lengkuas, geprek
  4. 3 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  5. 2 btg daun bawang bag putihnya saja, potong-potong
  6. 1/2 bh tomat, bagi 4

Cara Membuat:
  1. kupas udang. Sisakan ekor
  2. Rebus kulit dan kepala udang yang sudah dicuci bersih bersama 500 ml air. Masak hingga matang dan aak keruh. Saring buih-buih yang mengapung, sisihkan. (kaldu udang)
  3. Lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam
  4. rebus air keladu bersama smua bumbu dan wortel. Jika wortel sudah setengah matang, masukkan jamur, brokoli, dan udang
  5. koreksi rasa, bumbu dengan garam dan gula jika perlu
  6. Masak hingga matang
  7. masukkan daun kemangi dan tomat.

Continue Reading