Uncategorized

Resep Mun Tahu

By on January 7, 2015

Udah pernah mun tahu sebelumnya tapi kali ini bikin mun tahu pake resepnya @ig.mommies22 di Instagram. Duuuh si minyak wijen bikin enak banget deh. I love minyak wijen!

Resep Mun Tahu ala @ig.mommies22

Bahan:

  1. 50 gr tahu sutra, potong kotak kecil
  2. 25 gr daging sapi/ayam cincang
  3. 1 btg daun bawang, iris halus
  4. 1 sdm maizena larutkan dengan air
  5. 2 siung b.putih, haluskan
  6. 1 sdt saus tiram
  7. 1/2 sdt minyak wijen
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1/4 sdt lada

Cara Membuat:

  1. tumis bawang putih sampai harum
  2. lalu masukkan daging cincang, masak sampai matang
  3. Masukkan tahu sutra
  4. Tambahkan larutan maizena, saus tiram, minyak wijen, garam, dan lada, aduk rata
  5. Terakhir masukkan irisan daun bawang, aduk sebentar. Angkat

Continue Reading

Uncategorized

Resep Ayam Madu Wijen ala @poe3wong

By on

Bikin masakan lagi dari resepnya mommy kece @poe3wong . Kali ini coba resep ayammadu wijen.


Ayam Madu Wijen by @poe3wong

Bahan:

  1. 2 ons fillet ayam
  2. 1 siung b.putih, cincang
  3. 1 sdm kecap asin 
  4. 2 sdm kecap manis
  5. 1 sdm saus tiram
  6. 200 ml air kaldu ayam

Bahan utk perendam

  1. 1 ruas jahe, parut
  2. 2 siung b.putih, parut
  3. 1/2 bh jeruk nipis, peras
  4. 1 sdm kecap asin
  5. 1 sdm minyak wijen
  6. 2 sdm madu

Cara:

  1. campur ayam dgn bumbu perendam. Diamkan semalaman
  2. tumis b.putih smpai harum
  3. masukkan daging ayam
  4. tambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram, dan air kaldu
  5. masak sampai semuanya meresap
  6. taburi dgn wijen yang sudah disangrai
Mommy @poe3wong terimakasih yah resepnya.. Cinta sama mommy banget dah ah.. Hahahaha

Continue Reading

Uncategorized

Resep Spaghetti Aglio Olio

By on

Resep spaghetti favorit, soalnya bahannya simpel dan bikinnya cepeeeet. Dan papi juga suka sama spaghetti ini. Kalo bolognese katanya terlalu asem, kalo carbonara terlalu giung sama kejunya. Cuma kalo papi gak makan udangnya. Kasian deh papi 😛


Spaghetti Aglio Olio

Bahan:

  1. 250 gr spaghetti, rebus, sisihkan
  2. 3 siung b.putih, cincang
  3. 100 gr udang, kupas, sisain ekornya
  4. parskey cincang, secukupnya
  5. oregano bubuk, secukupnya
  6. garam dan lada secukupnya
  7. minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih sampai harum
  2. Masukkan udang, masak sampai matang
  3. masukkan cabai rawit merah, spaghetti, parsley, oregano, garam, dan lada. Aduk rata
  4. Masak sebentar, angkat

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Misoa Kukus (1y+)

By on

Punya stok misoa, mari kita masak. Bikin cemilan berat ah buat Kenzie. Mari kita bikin misoa kukus. Gampang dan cepet bikinnya.

Misoa kukus
Bahan:
  1. 2 keping misoa, rebus sebentar, sisihkan
  2. 1 sdm b.bombay cincang
  3. 2 sdm daging ayam cincang
  4. 1 bh wortel, parut
  5. 1 btg daun bawang, iris tipis
  6. Garam merica secukupnya
  7. 1 btr telur

Cara:
campur semua bahan, aduk rata
tuang ke wadah tahan panas
kukus selama 10 menit
Mami juga ikut makan, enak deh pake saos sambel 😀

Continue Reading

Uncategorized

Resep Steamed Tofu ala @poe3wong

By on

Ihiiiy dapet ide masak tahu, biasanya cuma di pepes atau digoreng doang 😀 Dapet resep ini dari mommy kece @poe3wong.

Ini dia resep Steamed Tofu nya

Steamed Tofu by @poe3wong

Bahan:

  1. 1 bh tahu sutra, potong-potong
  2. 1/2 ons daging ayam cincang
  3. 1 sdt oyster sauce
  4. 1 sdt minyak wijen
  5. Lada secukupnya
  6. 1 siung b.putih, cincang
  7. 1/4 bh b.bombay, cincang
  8. Garam dan gula secukupnya
  9. 1 sdm kecap manis
  10. 200 ml air
  11. Larutan maizena

Cara membuat:

  1. campur daging ayam, oyster sauce, lada, dan minyak wijen. Sisihkan
  2. kukus tahu selama 10 menit
  3. tumis b.putih dan b.bombay smp harum. Masukkan daging ayam. Masak sampai berubah warna. Tambahkan kecap manis, garam, gula, dan air. Setelah air mendidih masukkan larutan maizena
  4. siram tumisan ayam di atas tahu

Karena tumisan ayamnya masih banyak, mami iseng rebus misoa. trus disiramin tumisan ayam sama daun bawang. Ih enaaaaak ternyata hihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Nasi Ayam Hainan ala JTT

By on
Kebayang pengen makan nasi hainan. Kayanya cocok juga buat si papi, hehehe. Langsung ngubek web JTT, dan ketemuuuu.. Coba bikin deh, enaaaak…

Nasi Ayam Hainan dengan Jamur Shiitake
Bahan:
  1. 1 ekor ayam kampung muda/ayam negeri, berat kira-kira 600 gram, bersihkan biarkan utuh
  2. 1 liter air
  3. 3 buah jamur shiitake, iris-iris
  4. 300 gram beras, cuci bersih dan tiriskan

Bumbu untuk merebus ayam:
  1. 1/2 buah bawang bombay, belah 4
  2. 4 butir bawang putih, iris tipis
  3. 3 ruas jahe, kupas, iris tipis
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok makan kecap asin
  6. 1 sendok teh saus tiram

Bumbu untuk menumis ayam:
  1. 2 buah bawang putih, cincang halus
  2. 1 ruas jahe, cincang halus
  3. 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  4. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  5. 1/4 sendok teh merica bubuk
  6. 1/2 sendok teh saus tiram
  7. 1/2 sendok teh kecap asin
  8. 1 sendok makan kecap manis
  9. 1/2 sendok makan gula pasir
  10. 1/4 sendok teh garam

Bumbu & bahan kuah:
  1. 2 batang daun bawang, iris halus
  2. 300 ml air
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1/4 sendok teh merica bubuk
  5. 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
  1. Bersihkan ayam dari bulu-bulu halus yang melekat, potong ceker, tunggir, leher dan kepalanya. Sisihkan bagian-bagian tersebut, kita akan menggunakannya untuk membuat kuah. 
  2. Letakkan ayam diatas talenan atau tempat datar lainnya, ambil segenggam garam dapur kemudian gosok-gosokkan garam ke seluruh bagian ayam menggunakan telapak tangan. Gosok ayam. Lakukan hingga seluruh permukaan ayam licin dan bersih. Kulit ayam terasa kesat ketika dipegang. Kemudian cuci ayam di air mengalir hingga garam bersih. 

Merebus ayam:
  1. Masukkan irisan jahe, bawang bombay dan bawang putih ke dalam rongga ayam. Sisihkan. Siapkan panci, beri 1 liter air, kemudian masukkan ayam, kecap asin, garam, dan saus tiram ke dalam panci. Rebus hingga ayam setengah matang. 
  2. Selama merebus, buang busa yang muncul ke permukaan hingga kuah benar-benar bebas busa. Busa ini menimbulkan rasa yang tidak enak pada kuah rebusan. Matikan api, tiriskan ayam. Sambil menunggu ayam dingin agar bisa dipotong, kita masak nasinya terlebih dahulu.

Memasak nasi:
Masukkan beras yang telah dicuci ke dalam rice cooker, beri 400 ml kaldu bekas merebus ayam. Masak beras hingga matang. Sisihkan.
Menumis ayam:
  1. Belah ayam menjadi 4 bagian, masukkan bumbu yang terdapat di dalam rongga ayam ke dalam kuah kaldu. Sisihkan dulu kuah kaldunya karena kita akan menumis ayam. 
  2. Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan merica, kaldu bubuk, gula pasir, garam, saus tiram, kecap asin dan kecap manis, tambahkan kira-kira 200 ml kuah kaldu ke tumisan. Aduk rata. 
  3. Masukkan ayam dan jamur shiitake, aduk rata dan masak hingga ayam matang dan kuah habis. Sisihkan. 

Membuat kuah kaldu:
  1. Panaskan sisa kaldu yang telah dimasukkan bumbu bekas merebus ayam, tambahkan 300 ml air, potongan kepala, leher, ceker ayam, kaldu bubuk, merica dan garam. Aduk dan masak hingga daging empuk. Cicipi rasanya. Masukkan daun bawang, aduk rata dan angkat. 

Membuat saus sambal:
– 10 butir cabai rawit merah haluskan
– 1 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh cuka
– 100 ml kuah kaldu
Aduk semua bahan diatas hingga larut dan jadikan pelengkap nasi ayam hainan. 
Penyajian:
Siapkan piring saji, letakkan nasi diatasnya dan 1 potong bagian ayam yang telah diiris-iris seukuran yang pas untuk dimakan (bite size), siram kuah tumisan ayam dan jamur shiitake ke atas ayam.  Sajikan nasi bersama kuah kaldu yang diletakkan di mangkuk terpisah dan saus sambal.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Ikan Teri

By on
Beberapa waktu yang lalu main ke rumah ibu, trus dimasakin tumis ikan teri. Duuuh nikmatnyaaaa.. Karena masih kebayang-bayang besokannya bikin lagi dooong 😀 Tapi gak pake pete. Sebenernya sih lebih sedep pake pete, tapi kalo pake sayang gak dimakan tar kebuang jadi mubazir 😀 Coba deh bikin, dijamin bikin pengen makan mulu 😛

Resep Tumis Ikan Teri
Bahan:
  1. 200 gr ikan teri, goreng, sisihkan
  2. 2 siung b.putih, geprek
  3. 1/2 b.bombay, iris tipis
  4. 10 bh cabai rawit merah, iris
  5. 1 lbr daun salam
  6. 1 ruas laja, geprek
  7. 1 btg daun bawang, potong-potong
  8. 1 bh tomat, iris-iris
  9. garam gula secukupnya
  10. air secukupnya

Cara Membuat:
  1. Tumis b.bombay dan b.putih sampai harum, masukkan cabai rawit, daun salam, dan laja
  2. Masukkan ikan teri yang sudah digoreng, garam sedikit saja, gula, air, tomat, dan daun bawang
  3. Masak sebentar, angkat

Continue Reading