Uncategorized

Resep Salmon Tumis Cabe Rawit

By on January 29, 2015
Kemaren temen mami ada yang nawarin salmon, ya udah deh mami beli. Jadi menu di rumah hari ini serba salmon. Gaya benget deh ah! hahahaha

Tapi kan mami mah gak terlalu suka sama salmon masakan sendiri 😀 cuma kan kudu diabisin biar ga disimpen lama-lama dalem kulkas. Gugling deh mami, eh ada resep Salmon Tumis Cabe Rawit di JTT. Naaaah kalo dimasaknya gini mami doyan nih. Pake cabe dan bumbu rempah-rempah gitu. yah namanya juga lidah Indonesia, gak cocok makan steak salmon. Lidah ndeso 😛

Resep Salmon Tumis Cabe Rawit
Bahan & bumbu:
  1. 200 gram fillet salmon, (bisa menggunakan jenis ikan lainnya) + 1 sendok makan air jeruk nipis + 1/2 sendok teh garam + 1/2 sendok teh merica bubuk
  2. 5 siung bawang putih, cincang halus
  3. 8 siung bawang merah, rajang tipis
  4. 3 ruas jari jahe, pipihkan
  5. 20 butir cabai rawit hijau atau merah, iris melintang1/2 cm
  6. 2 buah tomat hijau
  7. 2 batang daun bawang, rajang melintang kasar 
  8. 3 lembar daun salam 
  9. 2 ruas jari lengkuas, pipihkan 
  10. 1 sendok makan saus tiram
  11. 1/2 sendok makan kecap manis
  12. 1 sendok makan gula merah sisir, bisa diganti dengan gula pasir
  13. 1 sendok teh garam
  14. 1/2 sendok teh merica bubuk (optional)
  15. 100 ml air
  16. 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara:
  1. Masukkan ikan ke dalam mangkuk, beri garam, air jeruk nipis dan merica bubuk, aduk rata. 
  2. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis ikan hingga berubah warnanya menjadi pucat.Aduk-aduk selama ikan ditumis. Angkat dan sisihkan. Biarkan minyak ikan tetap di wajan, kita akan menggunakannya untuk menumis bumbu. 
  3. Panaskan minyak ikan di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga berwarna transparan dan berbau harum. Tambahkan jahe, lengkuas, daun  salam, cabai rawit, daun bawang dan belimbing wuluh, aduk dan tumis hingga layu.
  4. Masukkan saus tiram, kecap manis, gula merah sisir (gula pasir) , garam, dan merica bubuk.  Aduk hingga rata.Tambahkan air, aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Tuangkan salmon ke dalam tumisan, aduk hingga rata dan masak hingga mendidih dan kuah mengental. Cicipi rasaya, seimbangkan gula dan garam. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat. 

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tumis Salmon Oregano (1y+)

By on
Akhirnya makan salmon lagi si Aa. Hahaha. Dulu makan salmon pas 9 bulan. Baru makan lagi udah mau 3 tahun. Yak ampuuun lama amat nak. Kasian? Ngga dooong. Walo Kenzie gak makan salmon kan masih banyak jenis ikan lainnya yang kandungannya lebih dari ikan salmon. Hehehe. 

Tadi bingung salmonnya mau diapain, tadinya sih mau di grilled, tapi takut gak sempurna ah matengnya tar mual lagi. Soalnya bikin buat papi juga. Eh ternyata si papi gak mau, ga napsu liatnya katanya hahaha. Emang sih mami juga gak terlalu suka sama salmon. Kalo di sushi sih suka. Enakan ikan peda sama ikan sepat buat mami sama papi mah. Hahahaha.
Ini resepnya gampil surampil pake banget. Hehehe
Tumis Salmon Oregano ala Mami Kenzie
Bahan:
100 gr ikan salmon, cincang kasar
1 siung b.putih, cincang
1/2 bh b.bombay, potong dadu kecil
garam dan merica secukupnya
oregano secukupnya
jeruk nipis
minyak untuk menumis
Cara Membuat:
lumuri ikan salmon dengan air jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan 30 menit
tumis b,putih dan b.bpmbay sampai harum
masukkan salmon
masukkan garam, merica, dan oregano. Aduk rata. Masak sampai matang
Alhamdulillah bocahnya mah doyan-doyan aja. Hahaha.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Misoa Kuah Udang (1y+)

By on January 28, 2015
Ini menu maksor Aa Kenzie kemaren. Bikin misoa ah, biar gak makan nasi mulu. Biar bervariasi hehehe. Alhamdulillah anaknya doyan.
Resep Misoa Kuah Udang
Bahan:
  1. 2 ikat misoa
  2. 1 genggam daun bayam
  3. 6 bh udang, kpas kulit
  4. 2 siung b.putih
  5. garam dan merica secukupnya
  6. air secukupnya
Cara membuat:
  1. tumis b.putih sampai harum. Masukkan udang, masak sampai udang matang
  2. masukkan air, masak sampai mendidih
  3. masak daun bayam, sampai layu
  4. masukkan misoa, garam, dan merica, masak sebentar. Angkat.
Kalo masak misoa sebaiknya garamnya sedikit saja, karena misoanya udah asin kalo menurut mami.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sup Udang Asam Pedas ala Thai

By on

Nyobain resep lagi dari bukunya mbak Endang JTT, Masakan Rumahan. Ini resep kedua yang saya coba. Enak bangeeet. Cocok deh dimakan pas lagi ujan kaya gini. Kuah panas, rasa asam, dan pedas bikin pengen nyeruput kuahnya terus.

Resep sup udang asam pedas ala Thai JTT

Bahan: 

  1. 15 ekor udanv jerbung  buang kepala, biarkan kulitnya dan iris punggungnya
  2. 8 bh jamur champignon, iris tipis (pakai jamur merang)

Bumbu iris:

  1. 4 btr b.merah
  2. 4 siung b.putih
  3. 3 btg serai
  4. 2 ruas jahe
  5. 2 ruas lengkuas
  6. 8 bh cabai rawit merah
  7. 5 lbr daun jeruk

Bumbu lainnya:

  1. 3 sdm kecap ikan
  2. 1 btg daun bawang, rajang kasar
  3. 2 bh tomat, iris
  4. 1/2 sdm garam
  5. 1/4 sdt gula
  6. 2 btr jeruk nipis, ambil airnya
  7. 1 ikat daun ketumbar (pakai seledri)
  8. 1 sdm utk menumis
  9. 1 lt air

Cara:

  1. tumis semua bumbu iris smp harum. Masukkan air. Masak hingga mendidih
  2. masukkam udang, jamur, kecap ikan, garam, gula, dan air jeruk nipis. Masak smp udang matang
  3. masukkan daun bawang, cabai rawit iris, tomat, dan daun ketumbar.
Selalu suka sama resep-resepnya Mbak Endang. Pasti enak. Hehehe..

Continue Reading

Uncategorized

Mami, tenapa mih?

By on January 26, 2015
Kalo maminya udah teriak aw atau aduh pasti Kenzie langsung panik. 
M: aw!
K: mami, tenapa mih? tenapa cayang?
Pasti deh gitu. Kalo misalnya mami kena pisau atau minyak panas di dapur, dia langsung nyamperin sambil nanya kenapa dengan muka panik. Ya begitulah Kenzie, anak laki-laki kesayangan mami. Selalu so sweet sama maminya.
Beberapa hari yang lalu perut mami sakit.
M: Aa, perut mami sakit deh a.
K: tenapa cayang? Mami mau te dokter?
M: tidak usah
K: mami mau minum obat?
M: tidak. Makasih ya A..
K: sama-sama mami.
Ken kamu kok manis sekali sih nak.. Sampai besar selalu seperti itu ya nak..

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Nasi Tim Telur Sayur (1y+)

By on

Dapet resep nasi tim dari teh Wisda @ibu_bapa_aqlan. Kenzie kan doyan banget sama nasi tim.

Resep Nasi Tim Telur Sayur ala @ibu_bapa_aqlan

Bahan:
  1. 4 sdm beras, rendam selama 30 menit, lalu cuci bersih, sisihka
  2. 1 btr telur, rebus, sisihkan
  3. 1 sdm wortel parut
  4. 3 btg baby pokcoy, cincang
  5. 1 bh b. putih
  6. 1 sdm kecap
  7. garam dan merica sejumput
  8. 200 ml air kaldu ayam

Cara Membuat:
  1. tumis b.putih hingga harum lalu masukkan sayuran 
  2. Tambahkan kecap manis, garam, dan merica
  3. masukkan beras dan tambahkan 20 ml air kaldu, masak hingga air surut, koreksi rasa
  4. panaskan kukusan, tata telur di bawah wadah tahan panas
  5. Masukkan campuran beras dan sayuran kemudian tekan-tekan lalu masukkan sisa air kaldu
  6. kukus kurleb 30-45 menit hingga nasi matang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Risoles Ragout Ayam

By on January 25, 2015
Beberapa waktu yang lalu tetangga ngasih risoles isi sayuran daging. Eh jadi kepengen bikin juga. Tapi pengennya ragout. Langsung gugling. Ketemu deh blog yang keren punya mbak Hesti. Ayok main-main ke blognya http://hesti-myworkofart.blogspot.com/ dijamin ngiler liat hasil masaknnya.
Setelah mengumpulkan bahan dan niat, akhirnya jadi juga kemaren bikin Risoles Ragout Ayam.

Resep Risoles Ragout Ayam
Bahan kulit : 
  1. 300 ml susu cair UHT
  2. 150 gr terigu protein sedang
  3. 1 sdm margarin cairkan
  4. 1 butir telur
  5. 1 kuning telur
  6. 3/4 sdt garam 

Cara membuat :
  1. Tuang terigu dalam wadah lalu lubangi tengahnya, tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan whisk sampai terigu dan susu tercampur rata dan halus.
  2. Masukkan telur dan kuning telur sambil diaduk rata, masukkan garam dan margarin cair aduk hingga rata dan halus tidak bergerindil.
  3. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, tuangi dengan sesendok adonan kulit lalu ratakan dengan cara memutar wajan hingga rata. Biarkan sampai matang pinggirannya mulai kering. Angkat. 
  4. Lakukan semua sampai adonan kulit habisKulit risoles siap digunakan .

Ragout ayam :
  1. 250 gr ayam cincang
  2. 2 buah wortel ukuran besar potong kotak kecil, rebus sebentar lalu tiriskan
  3. 2 sdm mentega
  4. 1 siung bawang bombay cincang kasar
  5. 2 siung bawang putih cincang
  6. 100 gr terigu
  7. 300 ml susu cair
  8. 200 ml air
  9. 2 sdm gula
  10. 1/4 sdt pala bubuk
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. 50 gr keju parut atau sesuai selera
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk
  14. garam secukupnya
  15. 2 tangkai seledri, potong halus
  16. 1 batang daun bawang, potong halus

Cara membuat :
  1. Campur air dengan susu cair sisihkan.
  2. Panaskan mentega, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan ayam cincang lalu tumis sampai berubah warna. 
  4. Masukkan tepung terigu, aduk rata kemudian tuangi dengan campuran susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar terigu tidak menggumpal.
  5. Masukkan wortel, masak dengan api sedang sambil terus diaduk. 
  6. Tambahkan garam, gula, merica, pala dan keju parut. Beri kaldu bubuk.
  7. Masak sampai ragout meletup letup. Cicipi apa yang kurang. 
  8. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata.Matikan api 
  9. Setelah matang biarkan ragout dingin sebelum digunakan, ini bertujuan agar tidak mudah basi. 

Penyelesaian : 
  1. Celup masing masing risoles dalam kocokan telur lalu balur tepung panir, 
  2. Goreng dengan minyak panas api sedang sampai kekuningan. Angkat. Tiriskan.
  3. Apabila minyak mulai kelihatan keruh karena panir yang mulai gosong di dasar wajan, saring kembali minyaknya lalu gunakan kembali agar warna risoles tetap cantik.

Wuuiih panjang ya resepnya. Iyah banyak langkahnya. Sebenrnya sih gampang bikin risoles ragout ini. Tapi lama ngerjainnya. Hihihi. Bikinnya lama, makannya mah cepet >.<
Liat deh nih bocah, kalo maminya foto-foto makanan pasti ikut-ikutan. Dan dia gak sabar pengen nyomot makannya. Mami sodorin piring dia mangap. Hahahaha.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Ayam Suwir Lada Hitam

By on
Setelah kemaren bikin ayam suwir pedas versi mami. Sekarang mami bikin ayam suwir lada hitam. Resep ini dapet dari Mbak Ayu momylicious.com . Mami suka banget sama yang berbau lada hitam. Jadinya pas nemu resep ini langsung deh bikin. hehehe.

Resep Ayam Suwir Lada Hitam
Bahan:
  1. 500 gr dada ayam, goreng atau rebus
  2. 100 ml air kaldu rebusan ayam (kalau digoreng ganti dengan air biasa)
  3. 2 bh b.bombay, potong kasar
  4. 1 sdt lada hitam
  5. 3 sdm kecap manis
  6. 1 sdt minyak wijen
  7. 1 sdt kecap inggris
  8. 1 sdm kecap asin
  9. minyak untuk menumis
  10. 1/4 sdt merica bubuk
  11. 1 sdt maizena larutkan dengan air utk mengentalkan

Bumbu halus:
  1. 3 btr kemiri
  2. 2 siung b.putih
  3. 3 bh b.merah

Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng, masukkan b.bombay, tumis hingga layu
  2. Masukkan ayam, tambahkan air, masak hingga mendidih
  3. Tambahkan merica bubuk, kecap manis, kecap asin, kecap inggris, minyak wijen, dan lada hitam.
  4. Jika air sudah menyusut masukkan larutan maizena, masak sampai mendidih.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sayur Kacang Merah

By on

Sayur kacang merah ini, masakan favoritnya ayah. Ibu sering banget bikinin sayur ini. Ini sayurnya orang sunda katanya. Rasanya agak-agak manis gitu karena pake gula merah. Mami mah doyan banget sayur ini. Tapiiii masih belom bisa masak sayur ini dengan rasa yang sama kaya masakan ibu. Ihiks.

Oh iya Kenzie juga doyan, mau dia makan pake sayur kacang ini. Sekalian nyoba dia masih alergi gak makan kacang merah. Soalnya dulu waktu bayi abis makan kacang merah, besokannya langsung bruntusan muka sama tangannya. Alhamdulillah nih gak ada burntusan.

Resep Sayur Kacang Merah

Bahan:
  1. 200 gr kacang merah
  2. 5 btr b. merah
  3. 4 siung b.putih, iris tipis
  4. 1 bh cabai merah, buang biji, iris
  5. 2 btg daun bawang, potong-potong
  6. garam secukupnya
  7. gula pasir secukupnya
  8. gula merah secukupnya
  9. 1 sdm air asam jawa
  10. air secukupnya

Cara Membuat:
  1. rebus kacang merah sampai setengah matang, tambahkan air rebusan
  2. Masukkan semua bumbu, rebus sampai kacang merah matang
  3. Masukkan potongan daun bawang, koreksi rasa

Sayur ini tambah enak kalo dipakein tetelan atau daging sapi. Makin sedep

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sambal Gandaria

By on
Hayoooo siapa yang suka nyambel gandaria. Mami mah kalo lagi musim gandaria pasti nyambel teruuuuuus. Emang gandaria kaya gimana sih? Yang mami tau, gandaria yang selalu mami makan itu gandaria yang masih muda, warnanya hijau, bentuknya bulat, dan rasanya aseeeeeem. Kalo yang tua katanya warna kuning. Katanya? Iya temen mami cerita, mami belom pernah liat yang mateng. Yang kuning itu katanya dirujak pake kecap sama gula. Kalo mami mah yang muda doang taunya dan yang muda enaknya dibikin sambel. Beuuuh sambel pake gandaria enak bangeeet. 
Nah ini gandaria yang masih muda, yang biasa mami pake buat sambel.

Nah tuh dia sambelnya. Kalo udah disambel sih gak keliatan bentuk gandaria nya 😀 Bikin sambelnya gampang. Kalo mami senengnya sambel mentah. 
Bahan:
  1. cabe merah besar
  2. cabe rawit ijo
  3. cabe rawit merah
  4. terasi
  5. garam
  6. gula
  7. gandaria, cuci bersih, potong, buang biji

Cara:
  1. Ulek cabe merah besar, cabe, rawit ijo, cabe rawit merah, terasi, garam, dan gula
  2. Saat sudah halus semuanya, ulek gandaria, aduk rata

Kalo gandarianya kecil-kecil, mami pake 2 biji. Kalo gede mah 1 biji juga cukup. Duh duh rasanya enak banget. Pedes, asin, dan asemnya itu harus kerasa banget. Enaaaak banget. Bahaya sih ya sebenernya buat ke lambung. Tapi enak,  gmn dooong? Makan cuma pake nasi anget, sambel gandaria, dan ikan asin sepat juga udah nikmat bangeeeeet!

Continue Reading