Uncategorized

Bento: Baymax Big Hero 6

By on November 25, 2014
Akhirnyaaaaaaaa.. bisa nonton bioskop lagiii. Kali ini nontonnya sama Kenzie. Pertama kalinya dia nonton di bioskop. Alhamdulillah dari awal sampe akhir dia anteng nonton. Hehehe. wah kapan-kapan bisa diajak nonton lagi nih kalo ada film anak-anak.
Pulang dari nonton mami langsung kepikiran bikin bento Baymax. Soalnya wananya putih dan bentuknya gampang. Hehehe. Taraaaaaaa.. inilah baymax buatan mami.

Karen mau pergi, jadi paginya mami cuma masak pindang ayam aja. Tapi Kenzie tetep lahap makannya. Si Baymax cuma sisa sedikit bagian kepalanya.

Continue Reading

Uncategorized

Bento: Ikan

By on
Udah lama nih ga ngebento. Trus mami bikin deh bento super sederhana hehehe. Yang penting Kenzie seneng dibikinin bento. Mami bikin bento ikan. Ikan nya gak bagus-bagus amat Hahaha. Gak apa-apa ya nak yang penting kamu masih tau kalo itu bentuk ikan 😀

Menunya pake ayam bumbu tomat dan sup sayuran. Alhamdulillah lahaaap…

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tahsimi (1y+)

By on
Tahsimi alias Tahu Isi Mie, resep punya makmod Nandra. Enak loh. Bisa jadi cemilan berat atau temen makan nasi.


Resep Tahsimi ala Makmod Nandra
Sumber: http://www.mamakukokihandal.com/detail/resep-mama-kece/ne4wln-Tahu-Isi-Mie

Bahan:

  1. 5 tahu putih
  2. 1 papan mie kering kuning Cap Ayam 2 Telur, rebus, tiriskan lalu potong kecil-kecil.
  3. 2 siung bawang putih, dicincang halus
  4. 1 siung bawang merah, dicincang halus
  5. kerukan tahu
  6. 30 gram irisan daging ayam
  7. 10 gram wortel, diiris halus
  8. 10 gram bayam iris halus
  9. 1 kuning telur
  10. garam , merica bubuk , gula pasir (Untuk anak usia 1 tahun+)
  11. 15 ml air kaldu
  12. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

  1. Panaskan kukusan sambil menyiapkan tahu.
  2. Keruk tahu hingga berbentuk lubang untuk diisi, sisihkan. Simpan kerukannya.

Isi:

  1. panaskan minyak. Tumis bawang merah dan putih sampai harum. Masukkan sisa kerukan tahu, ayam, wortel, dan bayam. Aduk sampai layu. Tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan air kaldu masak sampai meresap. Matikan api.
  2. Campurkan mie yang sudah direbus, dan kuning telur. Aduk hingga rata Masukkan isi ke dalam tahu.
  3. Kukus selama 20 – 30 menit. Siap dihidangkan!

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Steak Nasi ala Mamah (1y+)

By on
Coba lagiii resep dari web MKH. Hihihihi. Rasanya Enak banget loh. Coba bikin deh. Beberapa mama di IG juga pada nyoba, dan anaknya pada suka. Yeaaay!

Karena papi lagi gak makan daging merah dan nasi  putih, jadinya mami ganti bahannya pake daging ayam dan nasi merah.

Resep Steak Nasi ala Mamah
Sumber: http://www.mamakukokihandal.com/detail/resep-12-bulan/ncgqmk-Steak-Nasi-ALa-Mamah

Bahan Steak Nasi:

  1. 200 gr nasi dari Beras Pulen Ayam Jago
  2. 45 gr breadcrumbs/tepung panko
  3. 350 gr daging sapi cincang
  4. 1 sdt Garam (atau sesuai selera)
  5. 1/2 sdt Gula (atau sesuai selera)
  6. 1/4 sdt Lada putih bubuk (atau sesuai selera)
  7. 1/2 sdt Bawang putih bubuk (bisa diganti dengan 2 siung bawang putih dihaluskan)
  8. 1 Telur, pisahkan putih dan kuningnya (yang dipakai hanya putihnya)
  9. Minyak sayur untuk memasak

Cara membuat:
1. Campur daging sapi cincang dengan breadcrumbs hingga rata, masukkan nasi. Aduk rata.
2. Masukkan bumbu-bumbu halus (gula, garam, bawang putih, lada). Aduk rata.
3. Tuang putih telur sedikit demi sedikit (tidak perlu semua) sampai adonan telihat bisa dibentuk (dipadatkan)
4. Bentuk adonan menjadi bentuk patty (bulat pipih). Goreng di pan rata dengan sedikit minyak sayur (pan fry) hingga matang sempurna.

Saus Steak:

  1. 50 gr bawang bombay cincang,
  2. 1 siung bawang putih,
  3. 50 gr cacahan jamur champignon,
  4. sedikit oregano bubuk.
  5. 300 ml kaldu sapi,
  6. 2 sdt kecap manis,
  7. 1 sdt saus tomat.?
  8. 1 sdm maizena yg sudah dilarutkan dengan sedikit air?
  9. garam dan gula secukupnya.

Pelengkap:

  1. Aneka sayuran kukus
  2. Saus mayo a’la Mamah: 3 kuning telur rebus, haluskan. Lalu aduk dengan 40 gram yogurt plain kental, tambahkan sedikit garam-gula-lada sedikit.

Cara membuat saus:

  1. Tumis 50 gr bawang bombay cincang, 1 siung bawang putih dengan minyak hingga harum.
  2. Tambahkan 50 gr cacahan jamur champignon, sedikit oregano bubuk.
  3. Masukkan 300 ml kaldu sapi, 2 sdt kecap manis, 1 sdt saus tomat. Aduk hingga mendidih.
  4. Masukkan 1 sdm maizena yg sudah dilarutkan dengan sedikit air ke dalam larutan yang mendidih. Aduk sampai mengental.
  5. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya.

Penyajian: Taruh rice patty, sayuran kukus yang disiram saus mayones ala Mamah, dan saus steak

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bakso Sarang Burung ala Mama Mitha (1y+)

By on

Lagi seneng coba-coba resep di web MKH . Resep pertama yang dicoba resep bakso sarang burung nya Mama Mitha. Waktu #kopdarMKH Mama Mitha demo masak ini.

Resep Bakso Sarang Burung MPASI ala Mama Mitha
Sumber: http://www.mamakukokihandal.com/detail/resep-9-11-bulan/ne5abc-Bakso-Sarang-Burung-MPASI

Bahan-bahan:

  1. 200 gr daging ayam tanpa kulit, giling.
  2. 200 gr ikan (ikan daging putih seperti kakap, tenggiri, gabus, dory/patin vietnam, dll)
  3. 60 gr tepung sagu?
  4. 80 gr wortel, parut kasar
  5. 80 gr buncis yang sudah diiris tipis
  6. 4 sdm daun bawang yang sudah diiris tipis
  7. 40 gr jamur kuping yang sudah direndam air dan dicincang halus
  8. 100 gr soun yang sudah direbus, potong kecil-kecil.
  9. 1 sdt bawang putih (dari 2 siung besar) yang sudah dihaluskan
  10. 2 sdt minyak wijen
  11. 1 sdt air jahe (jahe, diparut, peras airnya)

Cara memasak:

  1. Panaskan air dipanci yang cukup dalam.
  2. Sambil menunggu mendidih, masukkan smua bahan kedalam mangkok.
  3. Aduk rata sampai adonannya tercampur
  4. Bulatkan bakso menggunakan tangan, atau sendok, langsung cemplung ke air yang sudah mulai mendidih.
  5. Lakukan sampai adonan habis..
  6. Siapkan saringan. Kalau sudah ada bakso yang terapung tandanya sudah matang. Angkat dan sisihkan.

Bakso nya dibikin sup aja. Pake sayur brokoli. Alhamdulillah Kenzie suka. Kalo mami makannya pake sawi, bihun, irisan cabe rawit, dan saos. enak loooh..

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Kukus Ikan Mujaer (7m)

By on

Ya gini sekarang menu di rumah, sering bikin yang kukus. Sampe-sampe ikan juga  dikukus. Mami sih gak suka. Ini menunya papi sama Kenzie. Bumbu-bumbunya mirip-mirip sama resep ikan kukus lainnya. Cuma ini mami tambahin kemangi, biar makin sedep, ga kecium amisnya.

Oh iya ini peralatan makan, daun bawang, dan kemanginya dapet dari #kopdarMKH loh. Hehehe.


Resep ini bisa dicoba mulai dari 7m ya. Karena ikan air tawar sudah bisa diberikan mulai umur 7 m. Tinggal gak pake garem aja. Si ikan cukup dibalur dengan sedikit air jeruk nipis.

Ikan Mujaer Kukus

Bahan:

  1. 1 ekor ikan mujaer
  2. 1 siung bawang putih, iris
  3. 1 btr bawang merah, iris
  4. 1 lbr daun salam
  5. 1 cm jahe, iris
  6. 1/2 bh tomat, potong dadu (tadinya pake tomat ceri tapi terlalu asem)
  7. 1 btg daun bawang, iris tipis
  8. beberapa lembar daun kemangi

Cara:

  1. Bersihkan ikan, sayat ikan, cuci. Balur ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit lalu cuci bersih lagi.
  2. Taruh sebagian bahan di dasar wadah tahan panas, taruh ikan di atasnya, lalu taruh lagi sebagian bahan
  3. Kukus selama 20 menit sampai ikan benar-benar matang

Note: Ikan bisa diganti dengan fillet ikan patin, fillet ikan lele, atau dillet ikan dori.

Oh iya, resep ini juga dimuat di webnya Mamaku Koki Handal loh hehehe. Alhamdulillah bisa masuk web si mamah. Ini link resep mami http://www.mamakukokihandal.com/detail/resep-mama-kece/neuv1j-Ikan-Mujaer-Kukus

Continue Reading

Uncategorized

OOTD ke Undangan

By on
Beberapa minggu yang lalu kita pergi ke undangan. Trus mami tuh paling seneng dandanin Kenzie. Pokonya ootd Kenzie tuh harus kece maksimal. Dan senengnya lagi nih, Kenzie tuh seneng banget didandanin sama maminya. “Aa pake dasi kupu-kupu yaaa” “Ote (oke) mih”. Hihihi. Untuuuung banget dia betah dipakein kacamata sama topi. Malah dia sendiri yang gak mau lepas tuh kacamata “Biay teyen” katanya, alias biar keren. Sneng deh dia mau dibikin kece sama maminya. Semoga nanti kalo punya anak cewe seneng juga didandanin sama maminya, Hehehe.

Continue Reading