Uncategorized

Resep Pancake

By on October 20, 2014

Bikin sarapannya papi lagi nih. Ini resepnya dari mbak @flysophia … Akhirnya bisa bikin pancake yang enak juga 😀


resep Pancake by @flysophia

Resep pancake

Bahan:

  1. 3 sdm margarin (lelehkan)
  2. 2 btr telur (pisahkan kuning dan putihnya)
  3. 3-4 sdm gula
  4. 1/8 sdt vanilla bubuk
  5. 150-180 ml susu uht
  6. 128 gr (1cup) tep terigu

Cara:
– kocok putih telur smp mengembang, sisihkan
– kocok kuning telur, gula, dan vanilla bubuk, smp agak larut
Tambahkan susu, kocok. Tambahkan tep terigu, kocok. Tambahkan margarin, kocok.
-masukkan putih telur, aduk balik dgn spatula
– panaskan wajan, tuang adonan, panggang dgn api kecil

Continue Reading

Uncategorized

Resep Soup Pangsit

By on

Dulu pernah bikin pangsit kuah pake resepnya JTT, sekarang pake resep yang lain aaah. Iyah saya mah masih suka pake resep orang klo masak belom bisa menciptakan resep sendiri. Hihihi

Sup Pangsit
Source : Sedap Khusus Pemula 59/XI/2010
http://dapur-eeyand.blogspot.com/2012/03/dua-minggu-bersama-sup-dan-soto.html

Bahan :
16 lembar kulit pangsit, potong 2 bagian diagonal

Bahan isi :

  1. 100 gr ayam giling
  2. 50 gr udang, cincang halus (gak pake, jadinya pakai daging ayam semua)
  3. 2 siung bawang putih, haluskan
  4. 5 tangkai kucai, iris (pake daun bawang)
  5. 1/4 sdt garam
  6. 1/4 sdt merica bubuk
  7. 1/2 sdt minyak wijen

Bahan Kuah :

  1. 2.000 ml kaldu ayam
  2. 1 tangkai seledri, buat simpul
  3. 1 batang daun bawang, iris 1 cm
  4. 1 blok kaldu ayam (gak pake)
  5. 1 sdm garam
  6. 1/4 sdt merica bubuk
  7. 1/2 sdt minyak wijen

Pelengkap: 
sawi hijau atau boksoi, potong-potong

Cara membuat :

  1. Isi, campur ayam giling, udang giling, bawang putih, kucai, merica bubuk, dan minyak wijen, aduk rata.
  2. Ambil kulit pangsit, sendokkan, lipat.
  3. Rebus pangsit dalam air mendidih sampai matang. Angkat.
  4. Kuah, rebus kaldu ayam, seledri, dan daun bawang sampai mendidih. Tambahkan kaldu ayam blok, garam, dan merica bubuk. Masak sampai matang dan harum.
  5. Menjelang diangkat, masukkan minyak wijen. Aduk rata. Tambahkan sawi hijau atau boksoi.
  6. Terakhir tambahkan pangsit.
  7. Sajikan pangsit dengan kuahnya.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Salad Bayam

By on

Abis stalking blognya Mama Mitha intip-intip resepnya. Dan kepengen bgt nyobain salad bayam. Enyaaak. Dan mami sukaaaaa…


salad bayam
Sumber: http://mithahilal.wordpress.com/2013/11/21/salad-bayam-sigeumchi-namul/

Bahan:
-Bayam
-bwg putih cincang or halus
-daun bawang iris
-1sdm kecap asin/ shoyu halal
-minyak wijen
-wijen

Cara membuat:
-panaskan air. rebus bayam smp layu, angkat, buang airnya
-cuci dengan air dingin supaya proses masaknya brhenti. jd bayamnya ttp hijau segar..
-peras bayamnya. jgn trlalu kencang.asal peras saja dan jgn trlalu kering
-iris asal bayamnya.sisihkan
-dlm mangkuk, masukkan bwg putih, daun bwg, kecap asin, dan minyak wijen, aduk rata
-masukkan bayam. aduk2 pake tangan biar lbh rata n meresap, cicip
-pindahkan kepiring saji, taburi wijen

Continue Reading

Uncategorized

Resep Hambagu Steak by @inyakawaii

By on

Nyobain resep yang lagi heeiittzz banget di IG. Resep hambagu steak nya mami @inyakawaii. Tampilannya menggodaaaa banget. Makanya ikut-iktan bikin. Iiih rasanya enyaaak banget. Sausnya juga enaaaak…

Resep Hambagu steak by @inyakawaii
Bahan:

  1. 100 gr daging sapi giling
  2. 100 gr daging ayam giling
  3. 1 btr telur
  4. 50 ml susu cair uht plain
  5. 7 sdm tepung roti kasar
  6. 1/4 sdt pala (parut)
  7. 1/2 sdt black pepper
  8. garam secukupnya

Saus:
  1. 1 sdm butter
  2. kecap manis secukupnya
  3. saus inggris secukupnya
  4. air matang sedikit

Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay dengan minyak, beri garam dan lada sedikit. Masak sampai wangi. Lalu matikan api dan sisihkan
  2. di mangkok, campur duo daging giling, telur, susu cair, tepung roti kasar, tumisan b.bombay, garam, lada, pala. Aduk rata. Lalu bentuk bulat-bulat mumbul
  3. panaskan pan anti lengket beri minyak/unsalted butter sedikit lalu ratakan, taruh beberapa hambagu di pan dan masak dengan api kecil, balik daging bila sudah kecoklatan matang
  4. Pan bekas masak habagu jgn dicuci krn ada sisa2 kaldu utk membuat saus

Saus:
– Panaskan butter di pan tadi, masukkan semua bahan dan aduk hingga mendidih. Koreksi rasa

Continue Reading

Uncategorized

Resep Pindang Daging Sapi Cemplung

By on
Naaah ini masaknya pas abis lebaran Idul Adha kemaren. Kan dapet daging sapi kayanya bosen deh di sop terus, akhirnya gugling deh. Nemu lah resep pindang daging sapi cemplung ini di blognya mbak Diah Didi.

Enak kayanya manis, asem, dan pedes gitu. Dan ternyata emang beneran enaaaaakk.. 
Resep Pindang Daging Sapi Cemplung
Sumber:
Bahan-bahan :
  1. 500 gram  iga sapi (saya pakai daging sapi)
  2. 2 buah tomat hijau , iris tipis
  3. 5 buah cabai merah 
  4. 5 buah cabai rawit merah
  5. 8 butir bawang merah 
  6. 3 siug bawang putih
  7. 2 cm lengkuas
  8. 1 cm kunyit
  9. 1 sendok teh air asam jawa kental
  10. 2 lembar daun salam 
  11. 2 sendok makan kecap manis 
  12. 1 sendok teh garam
  13. 1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa sapi
  14. 2  sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
  1. Sangrai bawang merah, bawang putih, cabai lengkuas, kunyit hingga ada aroma bakaran dan matang. lalu geprek  atau potong2 kasar atau di ulek kasar saja  bumbu2nya. (pokoknya jangan di haluskan) Kecuali cabai rawit merah biarkan utuh.
  2. Rebus  iga dalam  air mendidih. Buang airnya. Tambahkan lagi 2000 ml air dan rebus hingga jadi kaldu. Angkat iganya. Potong-potong. Saring kaldunya. ukur 1500 ml. Masukkan kembali daging ke dalam kaldunya. Rebus sampai mendidih.
  3. Masukkan bumbu bakar dan daun salam ke dalam kaldu.
  4. Masukkan kecap manis, garam, kaldu bubuk dan gula. Masukan juga air asam Jawa
  5. Masak dengan api kecil kurang lebih 1/2 – 1 jam hingga iga empuk dan bumbu meresap. Terakhir masukkan tomat hijau. Masak sebentar lagi, test rasa, lalu hidangkan hangat . 

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tomato Soup

By on

Bikinin papi tomato soup dan garlic bread buat sarapan papi yang ceritanya gak sarapan nasi 😀 Resep dari mbak @ariana_octavia .


Resep Tomato Soup by @ariana_octavia

Bahan: 

  1. 3 bh tomat
  2. bawang bombay, iris
  3. bubuk cabai (saya gak pakai)
  4. oregano
  5. garam
  6. palm sugar (saya gak pakai)
  7. lada hitam
  8. fillet dada ayam, potong dadu
  9. daun bawang, iris tipis, utk taburan

Cara:

  1. haluskan tomat, sisihkan. (tomat disayat bag atasnya lalu rebus sebentar, kupas kulitnya lalu blender halus)
  2. tumis bawang bombay dengan minyak kelapa. Masukkan potongan ayam
  3. masak tomat yang sudah dihaluskan sampai mendidih
  4. masukkan tumisan ayam
  5. bumbui dengan garam, palm sugar, oregano, bubuk cabai, dan lada hitam
  6. aduk rata, masak sampai agak mengental
  7. angkat. taburi dengan daun bawang
Resep garlic breadnya cuma daun seledri cincang campur dgn mentega lalu oles di atas roti, panggang deh. Enaaaaak bangeeett…

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tim Ikan Bawang Putih

By on
Papi gak boleh makan seafood atau daging merah. Jadinyaaa tiap hari menunya ayam atau ikan selang-seling. Terus lagi mengurangi konsumsi garam dan minyak. Si ayam dan ikan dikukus masaknya deh. Kata papi sih enak ikan kukus. Tapi kalo kata mami mah ga enak. Berasa amis, padahal ngga. Trus tampilannya masih kaya ikan mentah. Hihihi. Tapi kata papi sih tetep enak 😀

Resep Tim Ikan Bawang Putih
Sumber: http://www.femina.co.id/kuliner/resep/hidangan.indonesia/tim.ikan.bawang.putih/004/001/238/02

Bahan:

  1. 500 g ikan kerapu, bersihkan
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  3. 2 sdt garam
  4. 150 g jamur kancing segar, potong 4
  5. 1 buah wortel, potong bentuk korek api
  6. 5 siung bawang putih, iris tipis
  7. 2 cm jahe, iris bentuk korek api
  8. 1 batang bawang daun, iris bentuk korek api
  9. 2 sdm kecap asin
  10. 2 sdt minyak wijen
  11. ½ sdt merica bubuk
  12. ½ sdt garam

Cara Membuat:

  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam dalam pinggan antipanas. Diamkan selama 30 menit. Sisihkan.
  2. Campur jamur kancing, wortel, bawang putih iris, jahe, bawang daun, kecap asin, ang ciu, minyak wijen, merica bubuk, dan garam. Aduk rata. Tuang ke dalam pinggan berisi ikan.
  3. Tutup pinggan dengan kertas aluminium foil dan kukus selama 15 menit hingga semua bahan matang. Angkat.
  4. Sajikan hangat. 

Continue Reading