Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Resep Cake: Cake Keju Ala Bolu Hongkong

October 15, 2014
Pengen bikin bolu tapi agak males karena selalu bantet. Gak tau kenapa. Huks. Mungkin adonannya kurang ngembang. Yah namanya juga belajar sendiri jadiwajar ajah klo gagal. Hahaha *cari pembenaran.

Akhirnya gugling deh. Baca resep sana sini. Dan akhirnya memutuskan utk bikin Cake Keju ala Bolu Hongkong ini. Soalnya bahan-bahannya gampang dan gak banyak πŸ˜€

Resep Cake Keju ala Bolu Hongkong
Bahan:
  1. 4 kuning telur
  2. 30 gram gula pasir halus
  3. 1 sdt emulsifier ( pakai SP)
  4. 1/2 sdt essence vanilla 
  5. 1 sdm susu cair
  6. 4 putih telur
  7. ΒΌ sdt garam
  8. 50 gram gula pasir halus
  9. 60 gram tepung terigu protein rendah (aku pakai Kunci Biru)
  10. 15 gram maizena 
  11. Β½ sdt baking powder
  12. 30 gram keju cheddar parut
  13. 50 gram margarin, lelehkan dan dinginkan (aku pakai butter)
  14. keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:
  1. Kocok kuning telur, 30 gram gula pasir halus dan emulsifier sampai kental dan pucat. Masukkan susu cair dan essence vanilla. Kocok rata. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur, garam dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Masukkan 50 gram gula pasir halus sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
  3. Masukkan kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil dikocok perlahan sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
  5. Masukkan margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dan merata.
  6. Tuang ke dalam loyang yg dialas kertas roti.
  7. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 30 menit atau sampai matang.
  8. setelah benar2 dingin lepaskan kertas roti
  9. olesi dgn butter cream dan taburi keju parut

Buttercream nya pake buttercream resep Chef Juna
Resep Buttercream Chef Juna
  1. 225 gram unsalted butter
  2. 75 gram gula halus
  3. 1,5 sdm susu kental manis putih

Cara Membuat:
  1. Mixer unsalted butter dengan kecepatan tinggi sampai lembut atau sampai berwarna keputihan.
  2. Tambahkan gula halus, kocok rata.
  3. Tambahkan susu kental manis, kocok.
  4. Setelah semua tercampur rata, matikan mixer, buttercream siap digunakan.

Nah, pas tanggal 21 Sept kemaren ibuku ulang tahun. Coba-coba bikin birthday cake sederhana ala kadarnya. Hahahaha. Yang penting niatnya yaaa.. πŸ˜€ Gimana, gimana? cantik ga? πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *