Uncategorized

Resep: Choco Cheese Muffin

By on August 22, 2014
Akhirnyaaaa kesampean juga bikin muffin. Resepnya hasil gugling. 
Yang paling bahagia dr bikin muffin ini selain berhasil adalah komennya Aa #Kenzie : “atik (cantik) mih, atik. Aa mau tue nya”. “Hmmmm enak mih enak. Pih enak, mamam”.
T E R H A R U :’)
Lahap bgt dia makan kuenya 😀

Choco Cheese Muffin
dengan sedikit modifikasi
Bahan:
  1. Tepung terigu 250 gr.
  2. Margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
  3. Telur 2 butir.
  4. Susu cair 150 ml.
  5. Keju parut 50 gr.
  6. Choco chips secukupnya
  7. Gula halus 60 gr (ella: 80 gr)
  8. Baking powder 1 1/2 sdt.
  9. Soda kue 1/4 sdt.
  10. Vanili bubuk 1/4 sdt.

Cara membuat:
  1. Masukkan susu cair dan keju parut kedalam panci, panaskan kompor.aduk-aduk dengan whisker hingga keju hancur. Diamkan hingga dingin. Sisihkan.
  2. Panaskan oven 190 derajat celsius sekitar 15 menit.
  3. Siapkan loyang muffin, alasi setiap lubang dengan mangkuk kertas.
  4. Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.
  5. Campur margarin cair dan telur (yang sudah dikocok lepas dengan diberi vanili bubuk) ke dalam panci yang berisi susu dan keju, aduk hingga rata dengan menggunakan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yang berisi tepung terigu dengan bahan kering lainnya, aduk asal dengan menggunakan spatula.
  6. Tuang adonan kedalam mangkok kertas muffin hingga hampir penuh. 
  7. Taburi chocochips di atas adonan
  8. Lubang loyang yang tdk terisi adonan hrs tetap dialasi mangkok kertas.
  9. Masukkan kedalam oven, panggang sekitar 20 menit dengan suhu 190 derajat celsius hingga matang.
  10. Keluarkan loyang dari dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan ke cooling rack, biarkan hingga hangat dan sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya

By on
“Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Peribahasa yang sering digunakan untuk menunjukkan perilaku anak  yang tak jauh berbeda dari perilaku  orang tuanya. Peribahasa yang sesuai dengan gambar di atas.

Saya setuju banget sama kalimat yang ada di gambar. Saya sekarang sudah menjadi orang tua. Dan saya merasa Kenzie berperilaku seperti saya dan papi.  Saat ini adalah masa meniru Kenzie. Masa Kenzie belajar. Belajar dari apa yang dia lihat dan dia dapat. Kenzie belajar dari siapa? Dari mami papi nya. Terutama maminya karena mami yang selalu 24 jam sama Kenzie. Gak cuma perilaku yang baik, perilaku yang buruk pun ditiru sama Kenzie.

Perilaku baik misalnya saya selalu mengajarkan bilang terima kasih setiap dikasih sesuatu. Dan Kenzie pun selalu bilang terima kasih setiap diberi sesuatu oleh orang. Selalu diajarkan cium tangan ke orang tua, dan dia pun melakukkannya. 

Nah, yang perilaku jeleknya nih yang nyontoh maminya juga. Aduuh maaf ya Ken 🙁 Saya orangnya gampang ngambek. Trus kalo Kenzie gigit saya atau gak nurut, saya suka bilang gini: “ah mami ngambek ah. Aa mah gitu”. Eeeeeh dia sekarang kalo lagi kesel suka bilang: “Aa abek (ngambek) ah” sambil ngelipet tangannya di dada. Duuuuh… Dicontoh sama Kenzie >.< Kenzie juga agak gak sabaran kaya maminya. Duuuuuh dicontoh lagiii… (_ ___!)
Kenzie sekarang lagi seneeeeng banget cubit. Kalo gemes tuh nyubit dia. Si papi bilang “aa gak boleh gitu nanti papi sintrek” sambil tangannya kaya mau nyintrek. Diikutin juga sama Kenzie. “Papi itek nih!” dengan gaya tangannya mau nyintrek. Tapi saya selalu bilang “Gak boleh gitu nak. Tidak sopan. Anak baik tidak boleh sintrek, tidak boleh pukul, tidak cubit, tidak gigit”. Jadi kadang Kenzie suka bilang “Aa baik, ndak ubit, ndak putul, ndak gigit”.
Semakin besar dia akan semakin belajar bagaimana berperilaku. Mencontoh dari apa yang mami dan papinya lakuin. Yang baik dan yang buruk akan dicontoh. Tapi semoga Kenzie hanya mencontoh perilaku yang baik dari mami papinya.
Saya selalu berpesan sama papi, “Pih, kita harus jadi orang tua yang baik buat Kenzie. Kita harus selalu ngasih contoh yang baik. Kita sebagai orang tua harus bisa jaga sikap kita pih. Hati-hati dalam melakukan sesuatu. Jangan sampai anak kita mencontoh sesuatu yang buruk dari kita. Jangan sampai anak kita malu sama perilaku kita”.
Saya masih belajar menjadi mami yang baik untuk Kenzie. Mami yang sabar dan lembut dalam memperlakukan anak. Suka nyesel kalo udah berperilaku yang kurang baik ke Kenzie kaya ngebentak karena kesel Kenzie nangis terus atau susah diaturnya. Takut dia suka bentak-bentak juga. Nah pas ngerasa kaya gitu saya langsung mikir saya harus ekstra sabar menghadapi Kenzie. Jangan sampe dia jadi anak yang pemarah. Harus dengan kata-kata yang lembut ngasih taunya. 
Oh iya, saya juga bilang ke papi kalau kita harus menunjukkan rasa kasih sayang kita. Gak perlu malu untuk cium, peluk, dan mengungkapkan rasa kasih sayang. Jangan cuma waktu kecil aja anak dipelukin atau diciuminnya, tapi sampai dia besar. Jangan cuma ngerasa sayang aja tapi ga ditunjukin rasa kasih sayangnya. Pelukan dan ciuman itu bisa bikin bahagia! Ngebayangin anak-anak yang sudah besar tanpa ragu peluk dan cium mami papinya :’)
Dan juga jangan ragu untuk memuji dan memberi penghargaan ke anak. Saat anak berhasil melakukan sesuatu kita harus puji. “Wuuiih aa Kenzie pinter. Anak mami hebaaaat”, itu yang selalu saya bilang kalau Kenzie berhasil membuat sesuatu. Apalagi nanti saat dia sekolah, kalau dapat nilai bagus ya harus dipuji, jangan diem aja. Kalau nilai jelek aja ngomel-ngomel. Biasanya kan gitu ya 😀
Buat saya, saya dan papi harus berperilaku yang baik terlebih dahulu agar Kenzie mempunyai perilaku yang baik. Saya dan papi harus bisa mengajarkan dan memberi contoh perilaku yang baik. Saya dan papi sama-sama belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi Kenzie dan adik-adiknya nanti  :”)

Ambil yang baik dan buang yang jelek dari mami dan papi ya, Ken…

Continue Reading

Uncategorized

Main Masak-masakan

By on August 21, 2014
Naaah ini dia salah satu hobi kenzie yang lain, MAIN MASAK-MASAKAN. Hahahahahah. Mungkin karena liat maminya kerjanya masaaaak mullu, jadi Kenzie seneng masak juga.

Dari umur setauan kurang lah Kenzie udah seneng mainin panci dan penggorengan. Panci sama penggorengan pada penyok diketok-ketok pake sodet alias spatula 😀 Haduuuh ken mami cuma bisa geleng-geleng aja. Hahaha.

Daripada mainin panci dan penggorengan punya mami, akhirnya dibeliin mainan masak-masakan sama enin nya. Udah gede gini malah seneng banget main masak-masakan. Udah ngerti kali ya fungsi kompor untuk apa, fungsi penggorengan untuk apa.
“Mami, ayo main macak-macak. Cayi Beh (Charlie Bear) juga”. “Ini matok (mangkok) Aa, ini matok cayi beh, ini matok mami”. Trus Kenzie ambil teko, “ini emuh (minum). Yah abis. Macak emuh. Nyaya tompoh (kompor)” Seruuuuuu banget kalo main masak-masakan. Rame ngoceh ini itu. Hihihihi. Ngerti ya Ken masak kaya gimana. Hihihihihi. 
Anak laki-laki kok main masak-masakan? Saya sih gak apa-apa. Siapa tau nanti Kenzie jadi seneng masak. Terus jago masak. Bisa masakin maminya. Bisa masakin istrinya nanti -masih jauh bangeeeet-. Walaupun seneng main masak-masakan tapi Kenzie tetep seneng main bola juga 🙂 Yang pasti sih kenapa Kenzie seneng main masak-masakan karena dia niru maminya yang kerjaannya masak mulu. Hihihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Hobi Gambar

By on
Taiada hari tanpa menggambar. Itu lah Kenzie. Hehehehe. Yup! Kenzie seneng banget ngegambar. Walo kadang maminya yang disuruh gambar ini itu. Hehehe.
Tapi maminya gak jago gambar, jadi ya gambarnya gitu-gitu aja. Kaya gambar anak SD. Paling sering bikin Pou, itu loh yang games ituu. Kenzie juga doyan banget nyuruh maminya gambar pou. Hihihi.

Nah, beberapa waktu yang lalu kita lagi gambar-gambar. Eh Kenzie langsung manggil, “mami, iyat itan uba-uba (lumba-lumba)” Pas diliat bener loooh gambarannya mirip lumba-lumba. Trus gak lama dia bikin Pou! Miriiip banget. Sebelumnya emang suka bikin pou dia, tapi ini yang paling bagus! Liat deh liat, mirip kan sama Pou dan lumba-lumba? Aaaah pintarnya anak mami.

Kenzie juga bisa bikin alif ba dan ta. tapi kadang ba dan ta nya kebalik bikinnya. Jadi nungging. Hihihihi.

Kalo bikin matahari, mami cuma bikin buletnya aja, kenzie yang gambar garis-garis sinarnya.

Alhamdulillah daya imajinasi nya Kenzie bagus. Semoga Kenzie emang jago gambar ya. Gak kaya mami papinya. Hihihihi.

Continue Reading

Uncategorized

17-an

By on
Selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-69. Merdekaaaa! Merdekaaaaa!
Di komplek rumah diadain lomba 17-an. Walo acaranya sederhana tapi tetep seruuu. Kenzie ikut lomba lari 2x dapet juara deh. Juara pertama dan juara kedua. Tapi gak ada fotonya. Si papi gak motoin >.< 
Oh iya, kita bertiga pake baju samaan pas ikutan lomba. Biar keliatan kompak. Hahaha. Kita bertiga pake jersey Chelsea.

Pas selesai acara, Kenzie minta makan kerupuk sisa lomba balap kerupuk. Karena masih banyak jadi dikasih. Tali rapia nya masih dipasang, ya udah saya pegangin talinya trus Kenzie suruh makan kerupuknya kaya lomba balap kerupuk. Anaknya mau aja lagi. Hahaha. Nurut pas dibilang suruh dikebelakangin tangannya 😀
Latihan ya Ken buat lomba taun depan. Hahahaha.

Continue Reading

Uncategorized

Homemade Playdoh

By on

 Contek resep playdoh-nya mama @novinurviy di IG. Ternyata bikin playdoh sendiri tuh gampang ya. Bahan-bahannya mudah dan cara buatnya mudah juga. Dan yang penting bahan-bahannya aman! Soalnya bahan-bahannya sama kaya bahan bikin kue.

Dan ini dia resep playdoh nya:

Bahan:
  1. 1 cup terigu
  2. 1/4 cup garam
  3. 1/4 cup air
  4. 1 sdt minyak sayur
  5. Pewarna makanan

Cara:
  1. Adonan 1: campur terigu dan garam, aduk rata
  2. Adonan 2: campur air, minyak sayur, dan bbrp tetes pewarna
  3. tuang adonan 2 ke adonan 1
  4. uleni sampai kalis dan tidak lengket
  5. Simpan playdoh di wadah kedap udara

Kenzie seneeeeeeng banget dibikinin playdoh. Dari mulai bikin udah heboh banget ikut bantu ngadonin. Jadi riweuh hahahaha.  Kenzie mah bilangnya “anah iat” alias tanah liat kaya di Mister Maker. Giraaaang bangeeet dia mainin play dohnya. “Mami, nih cocis (sosis)”. Dia gulung-gulung bikin sosis 😀
Selain itu Kenzie juga bikin mata dan hidung trus dia tempel di playdoh yang besar. “Mami, ada mata, ada muyu (mulut)”. Aaaah pinternya anak mami. Daya imajinasinya sudah jalan ya nak.

Saya juga buat huruf-huruf hijaiyah dari playdoh, lalu Kenzie memberikan titik di huruf hijaiyah yang ada titiknya. Alhamdulillah Kenzie bisa. Dia tahu huruf mana yang ada titiknya.

Inilah hasil kreasi mami dan Kenzie. Main sambil belajar ya nak. Semoga mami menjadi mami yang kreatif. Jadi kita bermain sambil belajar. Saatnya Kenzie sekolah nanti Kenzie sudah pintar. Aamiin.

Continue Reading

Uncategorized

Seperempat Abad

By on
Alhamdulillah umur saya udah seperempat abad alias 25 tahun tanggal 12 Agustus kemarin. Apaaa udah 25 tahun? Udah berumur ya. Tapi masih ngerasa masih anak-anak aja.Hihihi. 
Alhamdulillah masih dikasih umur panjang sama Allah dan semoga terus dipanjangkan umurnya supaya bisa lihat kebahagiaan anak cucu :’)  Aamiin. Semoga di umur yang sekarang kedewasaan saya bisa bertambah. Semakin sabar dan ikhlas mengurus rumah tangga. Semakin menjadi istri yang sholeh bagi papi dan mami yang hebat buat Kenzie. Aamiin.

Ulang tahun kali ini papi kasih kejutan kue pas pulang kerja. Makasih piiiih :* Yang semangat dan seneng liat kuenya Kenzie loh. Hahaha. Anak mami udah ngerti kue lang tahun ya. Pas papinya bawa kue ada lilin dia yang sibuk “tiup pih, tiup lilin” Hahahaha.
Terus terus dia semangat banget pas disuruh foto sama kuenya. “Aa, foto ya sama kuenya. Senyum yaaa”. “IYAAAA” :))))
Seneng banget kan ekspresinyaaaa. Hihihihihi..
Nah yang ini foto berdua sama papi. Tapi udah gak sabar pengen potong kuenya. Hahahaha. Jadi gak mau diem difotonya.
Makasih ya pih buat kejutannya. Makasih ya Ken buat keceriaannya.. Mami sayang kalian berdua… :*

Continue Reading

Uncategorized

Resep Bandeng Masak Pindang Serani ala JTT

By on

Pengen coba resep baru yang bahannya pakai ikan patin. Setelah gugling akhirnya diputuskan bikin bandeng masak pindang serani dari resepnya mbak Endang Just Try And Taste.

Resep Bandeng Pindang Serani

Bahan:
  1. 1 ekor ikan bandeng berat 300 – 400  gram, bersihkan potong menjadi 4 bagian
  2. 2 batang daun bawang, iris kasar
  3. 600 ml air

Bumbu diiris:
  1. 4 butir cabai rawit, potong melintang
  2. 3 butir bawang merah
  3. 2 butir bawang putih
  4. 1 ruas jahe
  5. 1 ruas kunyit 
  6. 2 buah tomat merah
  7. 2 buah serai, dipipihkan
  8. 4 lembar daun jeruk
  9. 2 lembar daun salam

Bumbu lainnya:
  1. 1 1/2 sendok makan gula pasir
  2. 1/2 sendok makan garam
  3. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  4. 1/4 sendok teh merica bubuk
  5. air perasan jeruk nipis

Cara membuat:
  1. Remas-remas ikan bandeng dengan 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis, diamkan selama 20 menit. Sisihkan.
  2. Masukkan air kedalam panci, tambahkan semua bumbu kecuali daun bawang, air perasan jeruk nipis, dan tomat. Masak hingga air mendidih. 
  3. Tambahkan ikan bandeng, tomat, air perasan jeruk nipis, gula pasir, garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Masak hingga ikan matang.
  4. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang dan pindang serani siap untuk disajikan.
Bandeng pindang serani nya ditemenin sama  tumis buncis tahu dan udang saos padang. Udangnya buat mami dan Kenzie. Ikan patin khusus buat papi 😀

Continue Reading

Uncategorized

Resep Cheesy Chicken

By on
Satu lagi eksekusi resep dari acara I Can Cook di CBeebies. Cheesy Chicken! Enak juga. Tips: banyakin kejunya ya. Saya pakenya terlalu sedikit 😀


Resep Cheesy Chicken “I Can Cook”

Bahan:

  1. 1 bh paprika oranye, belah 2 buang biji
  2. 4 sdm ayam suir
  3. 1 sdm b. Bombay cincang
  4. 1/2 bh tomat, cincang
  5. 1 bt daun bawang, iris tipis
  6. Keju mozarela atau quick melt secukupnya
  7. Lada secukupnya

Cara:

  1. Campur b. Bombay cincang, tomat cincang, dan daun bawang
  2. masukkan 2 sdm ayam suir ke dlm masing2 paprika
  3. tambahkan campuran b bombay, tomat, dan daun bawang di atas ayam
  4. taburi keju
  5. taburi lada
  6. panggang selama 20menit 

Continue Reading