Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Resep Cookies Bunga Mawar Tanpa Telur ala JTT

July 21, 2014
“Ah pih kue mah beli ajah. Mami males kudu bikin-bikin. Beli ajah biar gak repot” Itu omongan saya dulu pas belum punya oven. Udah 3 tahun beli terus kue lebaran nya. Naaah semenjak punya oven jadi punya tekad bikin kue lebaran sendiri. buat apa punya oven kalo gak dipake. Jadi mending bikin sendiri deh. Kudu belajar. Harus bisa bikin kue sendiri! Bagus kalo bisa jadi usaha iyak nggak? hehehe.
Naaaah berhubung saya gak pernah diajarin bikin kue, jadinya saya mengandalkan internet untuk nyari resep kue lebaran. Biasanya kan dapet resep warisan ya. Saya mah cari di internet sajah. Web yang jadi andalan saya untuk bikin kue lebaran ada dua, www.justtryandtaste.com dan www.diahdidi.com . Kue pertama yang saya bikin kue yang mirip semprit. Saya tuh doyaaan banget sama semprit. Iya doyan makannya, tapi bikinnya gak bisa. Hehehe. Pas lagi nyari-nyari resep semprit eh ada resep dari JTT. Namanya Cookies Bunga Mawar Tanpa Telur. Pas dibaca resepnya ih bahannya sedikit alias muraaah. Hahahaha. Saya sengaja cari resep yang bahan-bahannya sedikit dan murah. Soalnya kalo udah pake bahan mahal trus gagal pasti pengen nangis rasanya. Sayang kan udah mahal-mahal trus rasanya ga enak. Ya udah lah saya bikin kue ini. Dan rasanyaaa ENAK!!!! Ini resepnya yaaaa..
Resep Cookies Mawar Tanpa Telur
Bahan:
  1. 175 gram mentega atau margarine (mentega memberikan rasa lebih nendang)
  2. 75 gram gula bubuk (haluskan gula pasir menggunakan blender)
  3. 1/2 sdt vanila ekstrak
  4. 175 gram tepung terigu serba guna
  5. 45 gram tepung maizena
Cara membuat: 
  1. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue, alasi permukaannya dengan kertas baking. Sisihkan. 
  2. Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula bubuk kemudian kocok dengan speed sedang hingga pucat dan mengembang. Masukkan vanila ekstrak dan proses hingga semua bahan tercampur baik. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena bersamaan dengan cara diayak ke dalam adonan mentega, kemudian aduk dengan spatula hingga tercampur baik.
  3. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 30 menit agar mengeras dan membuat kue tidak terlalu melebar kala dipanggang.
  4. Panaskan oven, set disuhu 165’C (api atas bawah).   
  5. Siapkan plastik segitiga yang biasa digunakan untuk menyemprot adonan kue atau anda juga bisa menggunakan kantong plastik transparan biasa, beri spuit ukuran paling besar dengan bentuk bintang/kembang di ujungnya. Masukkan adonan kue ke dalam pastik, kemudian gunting ujung plastik dan dorong spuit keluar plastik.
  6. Semprotkan adonan ke atas permukaan kertas baking dalam bentuk melingkar mulai dari titik di tengah kemudian melingkar keluar mengelilingi bagian tengah sehingga adonan menyerupai kelopak mawar. Lakukan hingga adonan habis. 
  7. Panggang adonan selama 20 menit di oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Jika permukaan kue terlihat telah mengeras dan bagian dasarnya mulai kecoklatan segera keluarkan dari oven dan biarkan dingin di rak kawat. Walau permukaan kue masih kekuningan sebenarnya kue telah matang dan kala dingin akan renyah dan garing. Jangan memanggangnya berlebihan.
Alhamdulillah banget pertama kali bikin kukis ini langsung berhasil. Kalo emang ada niat mah yang tadinya gak bisa pasti jadi bisa ya.  Semangat terus belajar bikin kuenya sampe jago 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *