Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Weaning With Love (Part 2) – Ayok Kita Mulai!

March 3, 2014
Neneh, sebutan Kenzie untuk nenen ASI. Neneh, hobinya Kenzie.
Dari mulai Kenzie ulang tahun saya sudah mulai bilang ke Kenzie “Ken, Kenzie kan sudah besar. Berari Kenzie sudah tidak neneh lagi. Oke? “No No!” “Kan sudah besar sayang.” “No. No. Aaaaaaaaahhh. Neneh!!!” Hahahaha. Dia gak mau disuruh berhenti nenen. Setelah dibilang jangan nenen lagi eh dia malah jadi sering nenen. Kayanya tau banget bakal diberentiin nenennya jadi dia minta nenen terus.
Si ganteng yang pinter diajak WWL

Pernah waktu mau tidur siang Kenzie minta nenen. Tantangan terbesar nyapih Kenzie itu disaat dia minta nenen pas mau tidur. Ngamuk Kenzienya gara-gara ga boleh nenen. Nangis kejer super sedih. “Mamiii. Nyuu nenen.” Aduuuh ga tega kasian nangis terus. Akhirnya kasih lagi nenennya. Beberapa hari masih kaya gitu. Papi juga ikut bantu ngebujukin Kenzie, ngelonin Kenzie tapi ga berhasil. Masih harus nenen. Hahaha.

Tapiii ada kejadian yang mengharuskan saya untuk menyapih Kenzie. Menyapihnya pelan-pelan tapi harus disapih dalam waktu dekat. Hormon saya sedang terganggu karna proses menyusui yang sudah tidak eksklusif dan mengonsumsi pil kb hormonal. Akibatnya saya mengalami haid yang berkepanjangan selama sebulan. Sampai-sampai saya diperiksa dalam untuk mengetahui apakah ada kista, miom, atau yang lainnya. Alhamdulillah banget saya bersih dari penyakit itu. Udah ketakutan aja takut ada penyakitnya. Dokter SPog saya menyarankan untuk disapih dan berhenti minum pil kb agar hormon saya stabil lagi. “Tapi dok Kenzie susah banget disapihnya. Masih suka ngamuk kalo ga dikasih nenen”. “Coba deh dengerin rekaman ngaji atau lulaby, nanti dia tidur sendiri.” Kalau siang sih Kenzie ga minta nenen. Nah kalau mau bobo malem yang harus nenen.
Pas malemnya saya coba kelonin Kenzie sambil didengerin rekaman ngaji dan ternyataaaa BERHASIL. Saya bilang ke Kenzie “Ken, Kenzie bobo ya. Gak usah neneh lagi ya. Kita bobonya sambil dengerin ngaji.” “Abif, ba, ta” “Iyah sambil denger ngaji. Trus mami kipasin juga”. Kenzie langsung miringin badannya dan lama-lama dia tertidur. Alhamdulillah. Sapih pertama berhasil di tanggal 28 Februari 2014. Tantangan terberat selanjutnya adalah saat Kenzie kebangun tengan malem minta nenen. Ini yang agak susah ngebujukinnya. Kalau dikasih air putih sih selalu. Tapi dia suka mentil kalo tengah malem. Tapi lagi-lagi saya bilang kalau bobonya sambil dengerin yang ngaji. Alhamdulillah berhasil.
Kalau pas siang Kenzie minta nenen, langsung saya alihkan dengan gajak dia main atau ngegambar.
Tanggal 28 Februari 2014 berhasil, tanggal 1 Maret berhasil, tanggal 2 Maret berhasil juga. Alhamdulillah sudah 3 hari proses WWL berjalan dengan lancar. Tapiiiii bukan berarti saya langsung benar-benar gak menyusui. Ada dalam 1 hari saya hanya menyusui Kenzie hanya 1 kali dan itu pun cuma 5 menit supaya dia tertidur lagi. Lagipula ASI nya udah sedikiiiiiiit bgt. Payudara saja juga ga bengkak. Cuma payudara kanan saja semalam rasanya ga enak, bengkak sedikit. Akhirnya saya perah dan saya susuin sedikit. Rasa ga nyaman dan bengkaknya hilang. Dan kata minah @aimi_asi juga jangan langsung benar-benar stop karena payudara akan kaget. Jadi secara perlahan-lahan dikurangi frekuensi menyusuinya sampai akhirnya tidak menyusu lagi.
Apakah malam ini akan berhasil lagi? Semoga. Alhamdulillah proses WWL beberapa hari ini sangat mudah saya jalani. Gak ada lagi Kenzie yang ngamuk minta nenen. Semoga proses WWL ini berjalan dengan lancar dan berhasil sampai Kenzie benar-benar sudah tidak nenen sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *