Uncategorized

Resep MPASI: Martabak Pasta (1y+) ala Mama Debby Tondo

By on February 21, 2014
Yeaaay inilah eksekusi resep pertama dari buku terbarunya @mamakokihandal , 99+ Resep Rumahan Cihuy! Resep pertama yang saya buat, martabak pasta, resep dari Mama Debby Tondo.
Buku ini keren bangeeet.. Isinya resep semua. Mama yang lain wajib punyaa! Hehehe
Martabak Pasta (1y+)
Bahan:
  1. 10 bh pasta spiral (bisa juga pasta jenis lain)
  2. 1 btr telur ayam kampung
  3. 1 sdm wortel tyang sudah diiris kotakk kecil
  4. 1 sdm keju cheddar parut
  5. unsalted butter/minyak goreng utntuk menggoreng

Cara Membuat:
  1. Rebus pasta dan wortel sampai lunak, tiriskan
  2. Kocok telur, masukkan pasta dan wortel, aduk sampai rat
  3. Siapkan teflon, panaskan unsalted butter, tuang adonan telur
  4. Taburi keju parut, balik untuk mematangkan sisi satunya
  5. Angkat, sajikan

Tadi Kenzie ngemil ini. Dia suka.. Senangnya Kenzie suka masakan mami..

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Spaghetti Kuah Telur (1y+)

By on
Kenzie lagi batpil nih, makannya jadi agak susah. Hmm dia kalo makan pasta pasti selalu lahap. Akhirnya bikin spaghetti deh pake bahan yang ada aja. Pas banget lagi ga ada stok sayuran. Jadi bikin yang simpel dengan bahan yang ada 😀
Spaghetti Kuah Telur (1y+)
Bahan:
  1. 1 genggam spaghetti
  2. 1 sdm bawang bombay cincang
  3. 2 sdm wortel parut
  4. 1 sdm keju parut
  5. 1 sdm tepung terigu
  6. 80 ml air
  7. 1 btr telur, kocok lepas
  8. Garam dan merica secukupnya
  9. 1 sdm ELOO

Cara Membuat:
  1. Rebus spaghetti sampai lunak, sisihkan
  2. Tumis bawang bombay dengan ELLO sampai harum
  3. Tambahkan wortel parut, masak sebentar
  4. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk
  5. Tambahkan air. Masukkan keju parut, garam, dan merica. Aduk-aduk
  6. Setelah mendidih masukkan kocokan telur. Aduk-aduk
  7. Masak hingga matang
  8. Taruh spaghetti di mangkok, siram dengan kuah telur
Jadinya mirip sama mie rebus pakai telur hihihi. Rasanya enak. Saya aja suka >.<

Continue Reading

Uncategorized

Resep Cumi Saos Tomat

By on
Resep Cumi Sos Tomat


Bahan:

  1. 500 gr cumi, bersihkan kulitnya, potong-potong
  2. 1 bh bawang bombay ukuran sedang, iris-iris
  3. 2 bh cabai hijau buang biji, iris serong
  4. 2 bh tomat ukuran besar
  5. 5 sdm saus tomat
  6. Garam, gula, dan merica secukupnya
  7. air

Cara Membuat:
  1. Rendam tomat di dalam air panas. Kupas kulitnya lalu blender sampai halus
  2. Tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan cabai hijau
  3. Masukkan cumi, masak sampai berubah warna
  4. Tambahkan tomat yang sudah diblender, saus tomat, garam, gula, merica, dan air
  5. Masak hingga matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Misoa Kuah Pedas

By on
Resep ini saya dapat dari http://food.detik.com/read/2010/10/11/115852/1461023/921/misoa-kuah-pedas dengan sedikit modifikasi 😀
Bahan:
3 keping misoa
Kuah Pedas :
  1. 50 gr daging ayam, potong dadu sedang saja
  2. 4 Siung bawang Putih
  3. 1/2 sdt Terasi Bakar
  4. 3 biji Cabe Merah, buang isi, goreng hingga layu dulu
  5. 5 biji Cabe Rawit, iris tipis2
  6. 1 bh serai, belah dua
  7. 3 iris jahe segar
  8. 1 sdm kecap ikan
  9. 1 sdm kecap manis
  10. sedikit garam
  11. 1 sdt Gula Pasir
  12. 1/2 bulatan sedang bawang bombay, iris tipis2/cincang
  13. 3 sdm minyak sayur
  14. 1 btg daun bawang, iris tipis, untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Panaskan air, rendam misoa, lalu tiriskan
  2. Haluskan cabe merah, terasi bakar dan bawang putih
  3. Panaskan 3 sdm minyak sayur, masukkan bawang bombay, aduk hingga harum, baru masukkan bumbu halus beserta serai dan jahe serta cabe rawit, tumis hingga harum, besarkan api, masukkan potongan daging ayam, aduk hingga berubah warna, beri kecap asin dan kecap manis, aduk-aduk lagi.
  4. Bumbui dengan garam dan gula pasir, aduk rata, beri air secukupnya sebagai kuah, masak hingga kuah mendidih.
  5. Sajikan misoa ke dalam mangkuk saji, siram dengan kuah pedas, tabur atasnya dengan potongan daun bawang.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Gulai Ikan Tongkol

By on
Lagi kepengen banget makan gulai ikan. Di tukang ikan lagi ada ikan tongkol. Yuk ah kita bikin gulai ikan tongkol. Kenzie ikut makan gulai juga. rasanya ga pedes karena cabenya saya buang bijinya. Dan dia sukaaa.
Resep Gulai Ikan Tongkol
Bahan:
  1. 1 ekor ikan tongkol, potong-potong
  2. Santan dari 1/2 bh kelapa
  3. 10 bh cabai rawit utuh
  4. Garam dan gula pasir secukupnya
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 lbr daun salam
  7. 1 bh serai, geprek

Bumbu halus:
  1. 8 btr bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 2 bh cabai merah (buang biji)
  4. 2 ruas jahe
  5. 2 ruas kunyit
  6. 2 ruas lengkuas
  7. 3 ruas kunyit
  8. 5 btr kemiri

Cara Membuat:
  1. Goreng sebentar ikan tongkol
  2. Tumis bumbu halus. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai
  3. Masukkan ikan tongkol
  4. Masukkan santan
  5. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masukkan cabai rawit
  6. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Oncom Item 1

By on

Salah satu menu favorit saya nih. Enak banget dimakan pake nasi panas.

Resep Tumis Oncom Item
Bahan:

  1. 2 potong oncom item, cuci, hancurkan
  2. 1 bh wortel, potong korek tipis
  3. 3 bh buncis, iris tipis
  4. 3 btr bawang merah, iris tipis
  5. 2 siung bawang putih, iris tipis
  6. 5 bh cabai rawit merah, iris serong
  7. Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai
  2. Masukkan wortel dan buncis
  3. Tambahkan oncom item, garam, dan gula
  4. Aduk rata. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sate Udang

By on
Lagi bosen makan udang saos tiram. Tapi kepengen makan udang soalnya Kenzie lagi  banget sama udang. Setelah browsing sana-sini dapet deh resep sate udang. Gampang banget ternyata bumbu-bumbunya. Dan rasanya juga enak. Yang pasti Kenzie lahap banget makan pake udang.
Resep Sate Udang
Bahan:
  1. 500 gr udang, buang kepalanya
  2. 1/2 bh jeruk nipis
  3. 1/2 sdt garam
  4. tusuk sate
Bahan rendaman:
  1. 3 siung bawang putih, haluskan
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1/4 sdt merica
  4. 5 sdm kecap manis
Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan rendaman
  2. Tusuk udang dengan tusukan sate. Dalam satutusuk ada 4-5 udang
  3. Rendam udang selama 30 menit
  4. Panaskan teflon beri sedikit minyak goreng, panggang udang di atas teflon

Continue Reading