Uncategorized

Rindu Masa Itu

By on February 10, 2014

Ya saya sangat rindu..
Rindu masa itu..

Rindu,
melihat 2 garis merah di testpack

Rindu,
melihat perut yang semakin membesar tiap harinya

Rindu,
merasakan tendangan bayi di dalam perut

Rindu,
merasa terharu setiap melihat USG

Rindu,
tegangnya proses melahirkan

Rindu,
melihat pertama kali wajah bayi yang baru lahir

Rindu,
akan kebahagiaan memiliki anak lagi

Rindu,
perjuangan menyusui di awal-awal kelahiran

Rindu,
melihat perkembangan bayi

Rindu,
merasa takjub melihat perkembangan baru si kecil

Rindu,
membuat MPASI untuk bayi dibawah 1 tahun

Sangat rindu itu semua..
Semoga Allah memberikan adik untuk Kenzie di waktu yang tepat 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tempe Penyet

By on
Bahan:

  1. 1 bh tempe, potong-potong sesuai selera
  2. 1 genggam daun kemangi

Bahan sambal:

  1. 3 bh cabai merah besar
  2. 15 bh cabai rawit hijau
  3. 1/2 sd terasi bakar
  4. 2 btr kemiri
  5. Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng tempe sampai kecoklatan, sisihkan
  2. Tumis sebentar bahan sambal, lalu ulek
  3. Taruh tempe di atas sambal lalu tekan-tekan sampai setengah hancur
  4. Aduk rata, tambahkan daun kemangi di atasnya

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Buncis Cumi Asin

By on


Bahan:

  1. 250 gr buncis, potong ujungnya
  2. 100 gr cumi asin, cuci bersih, rendam air hangat
  3. 4 btr bawang merah, iris tipis
  4. 3 siung bawang putih, iris tipis
  5. 3 bh cabai merah keriting, iris serong
  6. 6 bh cabai rawit, iris serong
  7. 1 bh tomat, buang biji, potong-potong
  8. Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:

  1. Goreng cumi asin sampai setengah matang, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan tomat
  3. Tambahkan buncis, masak sampai buncis empuk
  4. Tambahkan cumi asin, garam, dan gula. Aduk rata. Angkat

Continue Reading

Uncategorized

Resep Misoa Goreng

By on
Dapet misoa dari nenek. Langsung kepikiran bikin misoa goreng. Biasanya dulu nenek atau ibu yang bikinin buat saya. Nah sekarang saya mau bikin buat Kenzie dan papi. Hehe.
Masakan yang memakai misoa adalah masakan Cina, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Ini dia bentuk dari misoa.
Bahan:

  1. 4 keping misoa
  2. 1 bh wortel, parut halus
  3. 5 sdm daging ayam cincang
  4. 2 btg seledri, cincang halus
  5. 250 ml air

Bumbu halus: 

  1. 3 btr bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt merica
  4. 1 sdt garam

Balutan:

  1. 1 btr telur kocok lepas
  2. tepung roti

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum
  2. Masukkan wortel, seledri, daging ayam cincang, tumis sampai setengah matang
  3. Tambahkan air, garam, dan merica.
  4. Masukkan misoa. Masak sampai air meresap dan misoa mengental
  5. Masukkan adonan misoa ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit mentega.
  6. Tekan-tekan adonan sampai padat. Diamkan sampai adonan dingin
  7. Keluarkan adonan dari cetakan lalu potong-potong
  8. Gulingkan adonan ke dalam kocokan telur lalu balur dengan tepung roti
  9. Goreng sampai kecoklatan

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tahu Gulung Isi Sosis

By on
Satu lagi resep dari www.justtryandtaste.com yang udah berhasil saya coba. Tahu gulung isi sosis.
Bahan: 

  1. 300 gram tahu sutera
  2. 4 buah sosis sapi/ayam
  3. 2 butir telur
  4. 1/2 batang wortel, serut kasar atau cincang halus
  5. 1 daun bawang, rajang halus

Bumbu:
  1. 2 siung bawang putih, cincang halus
  2. 1 sendok teh merica bubuk
  3. 1/2 sendok teh garam
  4. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  5. 1 sendok teh minyak wijen (optional) 
Bahan dadar, kocok jadi satu:
  1. 3 butir telur
  2. 8 sendok makan air
Cara Membuat:
  1. Hancurkan tahu menggunakan garpu atau remas-remas hingga tahu benar-benar hancur
  2. Tambahkan wortel, daun bawang dan bumbu, aduk rata. Cicipi rasanya. Tuangkan telur, aduk tahu menjadi adonan yang tercampur baik. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan datar anti lengket diameter 20 cm, olesi permukaannya dengan minyak. 
  4. Tuangkan 1 sendok sayur kocokan telur, miringkan wajan ke kiri dan ke kanan sehingga kocokan telur menyebar merata menjadi lapisan tipis. Masak hingga telur mengeras dan matang. Angkat dan balikkan wajan ke permukaan talenan atau piring. Goreng sisa telur lainnya. 
  5. Letakkan selembar dadar di atas meja datar, ambil sekitar 3 sendok makan adonan tahu, ratakan di permukaan dadar telur.
  6. Taruh sebuah sosis diatas tahu, tutup sosis dengan adonan tahu.
  7. Kemudian gulung dadar berisi tahu dan sosis menjadi satu gulungan, lakukan dengan hati-hati sambil dipadatkan. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan dan dadar.
  8. Bungkus gulungan tahu dengan alumunium foil, kukus selama 15 menit agar adonan tahu matang.
  9. Siapkan wajan datar, beri minyak agak banyak dan panaskan. 
  10. Goreng gulungan dadar berisi tahu dengan api sedang hingga dadar menjadi kecoklatan dan ketika ditekan dengan spatula terasa keras. Balikkan dan masak semua sisinya hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Nugget Ayam Wortel

By on
Pengen banget bikin nugget buat makan Kenzie dan bisa jadi cemilan juga. Pengen ada sayurannya di dalem si nugget. Langsung deh browsing ketemu lah blog www.justtryandtaste.com wuiiiiihh keren bangeeet isi blognya. Banyak aneka resep. Langsung jatuh cinta sama blog nya. Saya udah nyoba dua resep dari www.justtryandtaste.com . 
Resep komplit dan cara pembuatan nugget ayam wortel ini bisa diliat di: http://www.justtryandtaste.com/2012/12/nugget-ayam-dengan-wortel-its-homemade.html
Bahan & Bumbu:
Adonan Nugget Ayam Wortel
  1. 400 gram daging ayam cincang
  2. 1/2 buah wortel serut kasar
  3. 1/2 buah bawang bombay, serut kasar
  4. 3 buah bawang putih, parut atau haluskan
  5. 2 butir telur
  6. 2 sendok makan tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji bisa juga menggunakan tepung maizena
  7. 1 1/2 sendok teh merica bubuk
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok makan gula pasir
  10. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk (optional)
  11. 1 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
  12. 4 sendok makan tepung panir, bisa diganti dengan oatmeal instan
  13. 5 sendok makan mayonaise (saya gak pakai)

Untuk lapisan permukaannya:
  1. 2 butir telur, kocok lepas
  2. tepung panir secukupnya

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang, pastikan ukuran loyang anda pas dengan dandang kukusan yang anda miliki
  2. Alasi permukaan loyang dengan kertas minyak/kertas baking, olesi permukaan kertas dan bagian samping loyang dengan minyak. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula. 
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya agar smooth.
  5. Kukus adonan selama 25 – 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.
  6. Kaluarkan adonan dari dalam kukusan, biarkan hingga benar-benat dingin. 
  7. Lepaskan adonan dari loyang, buang kertas minyak yang melekat. 
  8. Olesi pisau/cookie cutter dengan minyak goreng ketika akan memotong adonan agar tidak lengket. 
  9. Potong-potong adonan sesuai bentuk yang anda inginkan, bisa kotak atau menggunakan cookie cutter dengan aneka bentuk. 
  10. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget.
  11.  Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebih crispy. 
  12. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, karena tepung panir mudah menjadi gosong, hingga permukaan nugget menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Jika akan menyimpan nugget di freezer, maka nugget tidak perlu di goreng, setelah di lumuri dengan tepung panir, tata nugget di atas loyang,  jangan bertumpukan, masukkan ke freezer hingga nugget membeku, kemudian simpan nugget di wadah tertutup rapat. Nugget tahan hingga 1 bulan.
Daaaan inilah si nugget ayam wortel.. Kenzie jadi lahap banget makannya.. Rasanya emang enaaaak banget.

Continue Reading