Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Resep Nasi Liwet Sunda ala Mami Kenzie

December 6, 2013
Udah lama banget pengen bikin nasi liwet. Akhirnya setelah gugling sana-sini nemu deh beberapa resep nasi liwet. Dan ini resep nasi liwet ala mami Kenzie yang dimasak pake rice cooker 😀 Gampaaaaaaang banget ternyata. Enak pula. 😀 Jadi hari ini menunya: nasi liwet + ayam bakar + tumis toge + lalap + sambel.
Nasi Liwet ala Mami Kenzie
Bahan:
  1. 4 cup beras cuci bersih (cup bawaan dari rice cooker)
  2. 4 1/2 cup air
  3. 3 btg serai, geprek
  4. 5 lbr daun salam
  5. 1 lbr daun jeruk
  6. 5 btr bawang merah, iris kasar
  7. 3 siung bawang putih, iris kasar
  8. 1 1/2 sdt garam
  9. 1/2 sdt gula pasir
  10. 1 ons teri nasi, goreng kering, sisihkan
  11. Minyak untuk menumis
Cara Membuat:
  1. Masak nasi di rice cooker seperti biasa
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, sereh, daun salam, dan daun jeruk sampai harum
  3. Setelah harum masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam rice cooker.
  4. Tambahkan garam dan gula, aduk rata.
  5. Setelah nasi matang tambahkan ikan teri nasi yang telah digoreng. Aduk rata
  6. Siap disajikan
Ayam Bakar ala Mami Kenzie

Bahan:
  1. 1/2 kg daging ayam, cuci bersih
  2. 400 ml air
Bumbu Halus:
  1. 6 btr bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 2 cm lengkuas
  5. 2 cm kunyit
  6. 2 lbr daun salam
  7. 1 btg serai, geprek
  8. 1 sdt ketumbar sangrai
  9. 8 sdm kecap manis
  10. 2 sdt garam
  11. 1 sdt gula pasir
Cara Membuat:
  1. Ungkep ayam bersama air dan bumbu halus sampai bumbu menyerap
  2. Panggang ayam di atas teflon yang diberi sedikit minyak sampai matang.
Jadi deeeeh.. Untuk sayur bisa diganti apa aja. Bisa tumis kangkung, krecek oncom atau yang lainnya. Tinggal tambah lalapan dan sambel. Maknyuuuuss.. Makanan kaya gini nih yang bikin napsu makan meningkat hehehe.
Tapi sayaaang banget Kenzie gak mau makan nasi liwetnya. Sepertinya dia ga suka karena ada ikan terinya. 🙁 Kalo papi sih suka. lahap banget dia makannya. Hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *