Uncategorized

Haduuh Lupa Minum Pil KB

By on November 25, 2013
Jadi gini ceritanya. Pas hari Sabtu malem ketiduran pas ngelonin Kenzie. Nah kebangun tuh, inget belum minum pil KB. Kebangun tuh pas jam 02.00 itu kan udah masuk hari Minggu ya. Dan ternyataaaaaa pil hari Jumat belum diminum juga. Huaaa.. dua hari telat minum pil KB. Langsung deh nenggak 2 pil. Huhuhu.. Bener-bener lupaaa.
Minggu depan harus testpack nih. Mulai was-was. Hahahaha >.< Soalnya udah mulai subur karena udah mulai menstruasi lagi setelah 19 bulan ga menstruasi. Semoga semuanya aman terkendali. Kalo gak hamil alhamdulillah banget. Kalo hamil ya alhamdulillah banget banget banget. Hehehe. Masa iyah ga seneng dapet kesempatan untuk hamil lagi. 

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bola Tahu Keju (1y+)

By on
Salah satu lagi resep dari bukunya dr. Tiwi. Kenzie suka pake banget. Selain buat temen makan nasi bisa jadi cemilan juga. Kalo Kenzie bilangnya sih “co”, bakso maksudnya 😀
Bahan:
  1. 20 gr mentega
  2. 30 gr tepung terigu
  3. 50 ml air
  4. 250 gr tahu putih, haluskan
  5. 25 gr keju cheddar, parut
  6. 1 btr telur ayam, kocok
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1/4 sdt merica
  9. minyak goreng
Cara Membuat:
  1. Panaskan mentega hingga leleh, Masukkan tepung terigu dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tepung larut.
  2. Masukkan tahu, keju, telur, garam, dan merica. Aduk hingga tercampur rata
  3. Bentuk adonan menjadi 10 bulatan sebesar bakso dengan bantuan 2 bh sendok makan
  4. Panaskan minyak dalam jumlah agak banyak. Goreng bola tahu hingga matang kecoklatan. Angkat. Tiriskan.
  5. Sajikan hangat

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sate Ayam Goreng (1y+)

By on
Kenzie antusias makan ini. Dia seneng makan sendiri, pegang tusuk satenya. Hihihi. Resep ini dari milis MPASI Rumahan.
Bahan:
  1. 1 pasang dada ayam filet
  2. 1 bh kemiri
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1/4 sdt lada putih butir
  5. garam secukupnya
Bahan olesan:
  1. 1 btr telur kocok lepas
  2. tepung panir
Cara Membuat:
  1. Haluskan kemiri, bawang putih, lada, dan garam. Campur di ayam yang sudah di potong kotak-kotak. Rendam kurleb 1 jam
  2. Setelah 1 jam tusuk 3 sampai 4 potong ayam ke tusukan sate. 
  3. Kukus kurleb 10 menit agar ayam sudah matang sebelum di goreng.
  4. Setelah dikukus gulingkan ke kocokan telur dan balur ke tepung panir.
  5. Goreng dengan api kecil sampai kecoklatan.
  6. Goreng dengan 

Continue Reading

Uncategorized

Resep Kembang Tahu Kuah Pedas

By on

Seger, pedes, enak. Hehehe..

Bahan:

  1. 1 lbr kembang tahu, direndam, potong kotak
  2. 100 gr kembang kol
  3. 50 gr wortel, iris serong
  4. 5 bh cabai rawit, memarkan
  5. 2,5 sdt kecap ikan
  6. 2,5 sdt garam
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 1.250 ml santan dari 1/2 btr kelapa
  9. 1 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus:
  1. 3 bh cabai merah
  2. 6 btr bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1/2 sdt merica
Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan cabai rawit sampai harum. 
  2. Masukkan santan, kecap ikan, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih
  3. Tambahkan wortel dan kembang kol. Masak sampai matang
  4. Masukkan kembang tahu. Masak sampai mendidih

Continue Reading

Uncategorized

Resep Buncis Tumis Tauco

By on

Bahan:

  1. 150 gr buncis mini utuh, siangi, rebus matang
  2. 4 siung bawang putih, cincang kasar
  3. 3 bh cabai merah keriting, cincang kasar
  4. 1 sdm tauco manis
  5. 1 sdt kecap manis
  6. 1/4 sdt merica bubuk
  7. 100 ml air
  8. 50 gr teri nasi, goreng
  9. 1 btg daun bawang iris
  10. 2 sdm makan untuk menumis
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dan cabai merah keriting sampai harum. Masukkan tauco manis. Tumis sampai harum
  2. Tambahkan kecap manis dan merica bubuk. Aduk rata
  3. Tuang air. Masak sampai kental. Masukkan buncis, teri nasi, dan daun bawang. Aduk rata. Angkat

Continue Reading

Uncategorized

Resep Jagung Putren Masak Paprika

By on November 15, 2013

Bahan:

  1. 250 gr jagung putren, belah dua panjang
  2. 100 gr buncis, potong dua
  3. 1/2 bh paprika merah, potong panjang lebar
  4. 1/2 bh paprika hijau, potong panjang lebar
  5. 1 bks saori saos tiram
  6. 2 siung bawang putih, memarkan
  7. 1/2 bh bawang bombay, potong kotak
  8. garam, gula, dan merica
  9. 100 ml air
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum
  2. Masukkan jagung putren, buncis, dan paprika. Masak sampai layu
  3. Tambahkan saos tiram, garam, gula, dan merica. Aduk rata
  4. Tuang air. Masak sampai air meresap

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sapo Tahu

By on

Menu hari ini adalah sapo tahu. Menu untuk mami, papi, dan Kenzie.

Bahan:

  1. 1/4 kg daging dada ayam, potong kotak
  2. 2 bh tofu, potong bulat
  3. 2 bh wortel, iris serong
  4. 100 gr jamur kancing, potong-potong
  5. 1 ikat kembang kol, potong per kuntum
  6. 2 siung bawang putih, memarkan
  7. 1/2 bh bawang bombay, potong kotak
  8. 1 bks saori saos tiram
  9. 2 sdm kecap ikan
  10. garam, gula, dan merica
  11. 200 ml air
  12. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air
Cara Membuat:
  1. Goreng tofu sampai kecoklatan, sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging ayam, masak sampai matang
  3. Tambahkan jamur, wortel, kembang kol, air, saos tiram, kecap ikan, garam, gula, dan merica. Masak sampai sayur matang
  4. Tambahkan air. Masak sampai mendidih, lalu tambahkan larutan tepung maizena
  5. Tambahkan tofu, masak jangan sampai tofu hancur. Angkat.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Pepes Tahu Kerang

By on

Bahan:

  1. 1 bh tahu cina, haluskan
  2. 250 gr kerang, bersihkan
  3. 2 btg daun bawang, potong-potong
  4. 1 lbr daun salam
  5. 2 cm lengkuas, geprek
  6. 1 btr telur
  7. daun pisang
Bumbu Halus:
  1. 10 btr bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit
Cara Membuat:
  1. Rebus kerang dengan daun salam dan lengkuas selama 5 menit. Tiriskan
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan tahu, keran, dan daun bawang. Matikan kompor
  3. Tambahkan telur. Aduk rata
  4. Bungkus dengan daun pisang
  5. Kukus kurleb 20 menit
Kenzie makan ini juga, suka loh dia. Tapi kerangnya ga makan banyak-banyak hehehe.

Continue Reading

Uncategorized

Si Peniru Ulung

By on November 13, 2013
Kenzie sekarang lagi jadi si peniru ulung. Lagi meniru banyak hal yang dilakuin sama mami dan papinya. Atau yang dilakuin sama orang yang ada disekitarnya.
~Kenzie jago banget ngelakuin kerjaan rumah tangga~

Seneeeeng banget dia mainin perabotan rumah tangga. Karena sering diajak masak ke dapur, Kenzie sering minta diambilin penggorengan dan spatula (kaya spongebob aja bilangnya spatula :D). Trus dia masak deh, ceritanya aduk-aduk, masukin bumbu, dan dicicipin masakannya.
Di rumah kan ada ART, Kenzie biasa liat si mbak nyapu, ngepel, dan  ngejemur. Nah Kenzie jadi seneng deh tuh ngepel, nyapu, sama iku-ikut jemur pakaiannya. Kalau jemurannya dah beres, ember kosongnya langsung dia taro ke dalem rumah.
Mudah-mudahan rajinnya sampe gede ya Ken. Jadi bisa bantu mami. Hihihi

~Gerakan Sholat~

Alhamdulillah bangeeeet Kenzie bisa ngikutin gerakan sholat. Gerakan takbiratul ikhram, ruku, dan sujud. Walau beleum terlalu bener sih hehehe. Kalau mami mau sholat, Kenzie langsung ikut ambil sajadah dan sarung. Minta dipakein dan kita sholat bareng. Sering juga diajak sholat berjamaah sama mami dan papi. Terharu banget pas Kenzie tiba-tiba dia ambil sajadah sama sarung begitu denger suara adzan.

~Meniru ucapan dan gerakan dari film dan video~


Kenzie suka banget nonton video-video di tab tentang Islam. Saat lagi nonton video huruf hijaiyah, Kenzie ikut ngucapin ba dan ta. Dan sampai sekarang kalau lihat gambar huruf hijaiyah Kenzie langsung ngaji, tapi baru bisa ba sama ta aja. Dari video-video ini juga Kenzie mulai belajar bicara.

Kenzie suka sama video klip lagunya Demi Lovatto yang Heart Attack. Hobiii banget dia nonton video ini. Kalau pengen liat video ini, dia ambil remote tv trus dikasihin ke maminya sambil bilang “Mih, toto” Hahaha lucuuu banget anak sekecil ini dah ngerti ya minta nonton video klip. Nah, pas nonton video ini, Kenzie tuh tangannya gerak-gerak ngikutin si Demi Lovatto, dikeatasin lah, megang kepala lah. Lucu! Bisa ngikutin juga nyanyi. Tapi cuma owowowo aja. :)))

Jake and neverland pirates dan Mickey Clubhouse adalah dua film kesukaan Kenzie. Kalau liat film Jake dia langsung bilang “YO HO HO” sambil gerakin tangannya seperti yang dilakuin Jake. Itu sapaan bajak laut yang diucapkan Jake. Kalau di Mickey Clubhouse dia selalu jawab pas Mickey bilang “Katakaaaan” trus Kenzie bilang “Ciiiis” 😀

Ada lagi yang baru nih. Jadi tiap pagi papi kan nonton Lensa Olahraga di ANTV setalah acara itu ada acara ceramah Mamah Dedeh. Nah kami tuh selalu nonton Mamah Dedeh juga. Eeeh kemarin tuh dia lagi makan sama papinya di deket dapur pas denger jingle acara Mamah Dedeh, Kenzie langsung pindah ke depan tv dan nonton. Tiap bilang “Alhamdulillah ya” Kenzie ngikutin gerakan tangan kaya ibu-ibu tv. Pas Abdel blg “Ada ya mau beratanya?” Kenzie langsung ngacungin jari sambil teriak “TAAAAA” yang maksdunya saya. Hahaha

Sebenernya masih banyak hal yang ditiru sama Kenzie. Kadang diajarin sekali dia langsung ngikutin dan hapal. Ya, diusianya sekarang ini dia memang sedang menjadi peniru. Dia akan melakukan dari apa yang dia lihat. Maka dari itu, saya dan papi sebisa mungkin selalu memberikan contoh yang baik. Sebisa mungkin saya sabar menghadapi Kenzie dan tidak memukul atau mencubit. Karena dia bisa mencontoh itu semua. Gak dicontohin aja suka nyubit dia. Mungkin hal itu emang udah alamiah kali yah? Kalu ngga suka atau lagi marah. Saya dan papi harus berhati-hati dalam bersikap dan berucap. Supaya Kenzie bisa mendapatkan contoh yang baik.

Semoga saya dan papi bisa menjadi orang tua yang selalu memberikan contoh yang baik. Dari Kecil anak sudah dididik untuk menjadi anak yang baik. Hal itu dimulai dari menjadi orang tua yang bagi anak 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Patin Tomat

By on
Resep ini ada dibukunya dr. Tiwi yaaa..
Bahan:
  1. 150 gr daging ikan patin
  2. 3 sdm air jeruk nipis
  3. 2 sdm minyak
  4. 2 siung bawang putih, cincang halus
  5. 1 btr bawang merah, cincang halus
  6. 1 bh tomat merah besar, kupas, haluskan
  7. 1 cm jahe, memarkan
  8. 1 cm lengkuas, memarkan
  9. 250 ml air putih
  10. 1 bh baby wortel, kupas, potong dadu
  11. 1 btg seledri, simpulkan
  12. 2 btg baby buncis, potong 1 cm
  13. 1 sdt garam
  14. 1/4 sdt merica
Cara Membuat:
  1. Lumuri ikan patin dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu dan harum
  3. Masukkan tomat, jahe, dan lengkuas. Masak sebentar sambil diaduk
  4. Masukkan air putih dan wortel. Masak hingga mendidih dan wortel empuk
  5. Masukkan ikan patin dan daun seledri. Masak sambil sesekali diaduk hingga ikan matang
  6. Masukkan buncis. Masak sebentar hingga buncis matang
  7. Tambahkan garam dan merica. Aduk hingga tecampur rata. Angkat

Dibuku dr. Tiwi resep ini ada dibagian 13 bulan ke atas. untuk yang dibawah 1y tinggal disesuaikan aja ya bahannya.

Continue Reading