Uncategorized

Resep Tahu Balado

By on October 22, 2013

Resepnya masih sama, dapet dari http://www.resepnugraha.net/

Bahan:

  1. 500 gr tahu putih, potong dadu 2×2 cm
  2. 1 sdt garam
  3. 1 1/2 sdt gula pasir
  4. 3 sdm air asam
Bumbu Halus:
  1. 6 btr bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah
  4. 5 buah cabai rawit
  5. 1 sdt terasi sangrai
Cara Membuat:
  1. Goreng tahu setengah matang, sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Masukkan tahu, gula, dan garam. Aduk rata lalu masukkan air asam
  4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Pare Saos Tiram

By on
Bosen banget masak pare yang pake bumbu cabe. eh nemu resep ini di http://www.resepnugraha.net/

Bahan:
  1. 1 buah pare ukuransedang, buang bijinya lalu potong tipis bulat
  2. 1 sdm garam
  3. 200 gram udang kupas, potong-potong sesuai selera
  4. 4 siung bawang putih, rajang halus
  5. 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong sesuai selera
  6. 5 buah cabe merah, iris serong tipis
  7. 4 sdm saos tiram
  8. 1/2 sdt garam
  9. 3 sdt gula pasir
  10. 1/2 sdt merica bubuk
  11. 100 ml air
  12. 3 sdt tepung maizena larutkan dalam 2 sdm air
  13. 3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
1. Remas-remas pare dengan garam lalu diamkan selama 1 jam, cuci bersih, sisihkan.
2. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan cabe merah sampai wangi.
3. Masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna.
4. Tambahkan pare serta sisa bahan lainnya (kecuali larutan maizena) kemudian masak sampai pare layu.
5. Masukkan larutan maizena, masak sampai kuah kental, angkat segera.

Continue Reading

Uncategorized

Weekly Menu

By on
Tiap pagi dari bangun tidur langsung kepikiran: Hari ini masak apa ya? Pas udah di warung masih bingung juga mau masak apa. Bahan-bahan yang dijual ya cuma itu-itu aja. Bosen. Dimasaknya juga masih gitu-gitu aja, belum nemu resep baru. Nah, pas kemaren Kenzie lagi bobo saya iseng nyari-nyari resep di internet. Langsung deh kepikiran kenapa ga buat menu untuk seminggu ke depan. Jadi kan tinggal beli bahannya aja ga perlu mikir mau masak apa. Cari resep yang beda juga. Jadiiii makan menu baru deh. Yeaaay!
Web resep andalan saya selama ini ada dua: http://www.resepnugraha.net/ dan http://www.sajiansedap.com/
Wuiih kalo udah ngubek-ngubek resep seneng banget dapet banyak resep baru. 
Semoga aja weekly menu ini bisa berlanjut terus. Dan juga bisa sesuai sama yang udah direncanain. Hehehe. Semangaaaaat! 
Oh iya, banyak yang bilang saya ini jago banget masak. Alhamdulillah saya bisa masak walopun ga jago ke sebenernya. Makanan yang saya masak makanan sederhana, kaya makanan warteg 😛 Dan juga resepnya masih nyontek sana-sini, belom menciptakan inovasi resep. Hahaha. Untungnyaaa si papi gampang makannya, ga pilih-pilih dan apa yang dimasak dimakan sama dia. Makanya si papi sekarang gembrot kaya apa tau. Hahaha.
Saya punya cita-cita dari dulu, saya harus rajin masak. Suami dan anak harus sarapan tiap pagi. Bahkan kalo bisa tiap hari bekal masakan saya. Jangan sampai suami dan anak-anak kelaparan di rumah. Lagian kan kalo ada makanan dirumah dan juga bikin cemilan, kita jadi jarang jajan di luar. Termasuk pengiritan juga. Hahahaha *dasar emak-emak* 😛
Tadinya sih saya masak pas jam 10 pagi, pas Kenzie lagi bobo. Tapi karena si papi minta dibawain bekel jadi sekarang masaknya jam setengah 6 pagi. Ternyata ada enaknya juga. Pas jamnya Kenzie bobo saya ga perlu sibuk di dapur. Saya bisa santai malah bisa ikutan tidur. 
Oh iya, ini ada weekly menu yang saya buat untuk tanggal 22 Oktober – 27 Oktober 2013.
Semoga bisa menginspirasi yaaa.. Tenang nanti saya tulis kok resepnya di blog 😀

Continue Reading