Uncategorized

Resep MPASI: Nasi Tim Keju (1y+)

By on October 30, 2013
Resep ini saya dapat dari FanPage nya Kejumooo di Facabook. Bisa juga kok untuk  anak under 1y. Tinggal disesuaikan aja bahan-bahannya. Yang terutama no gulgar dan hanya pakai kuning telur saja.
Bahan:
  1. 100 gr beras, cuci, tiriskan
  2. 50 gr potongan buncis dan wortel
  3. 2 sdm mentega
  4. 1 sdm bawang bombay cincang
  5. 1 siung bawang putih cincang
  6. 1 btr telur ayam
  7. 250 ml air
  8. 50 gr Keju Craft Cheddar parut
  9. Garam dan merica secukupnya
Cara Membuat:
  1. Panaskan mentega dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih cincang, aduk, masukkan potongan wortel dan buncis
  2. Masukkan kocokkan telur yang telah diberi garam dan merica
  3. Masukkan beras, aduk-aduk, tuang air, masak, lalu masukkan keju parut. Aduk rata, angkat
  4. Ambil 2 mangkuk pyrex (wadah tahan panas) tuang adonan nasi tim lalu kukus sampai matang selama 30 menit.

Continue Reading

Uncategorized

Weekly Menu 28 Oktober – 3 November 2013

By on

Yeaay weekly menu minggu kemaren berhasil. Cuma satu hari yang meleset dari rencana 😀 Tak apa ya. Enak deh beneran udah nyusun menu untuk seminggu ke depan. Ini dia beberapa makanan di minggu kemarin.

Nah untuk minggu yang sekarang udah disusun juga menunya. Silahkan diintip 😉

Yang sekarang ditulis juga menu untuk Kenzie. Saya bikin makanan yang beda untuk Kenzie kalau saya lagi masak menu yang pedas, jadi kan Kenzie ga bisa ikut makan bareng. Atau saya lagi pengen nyoba resep baru untuk Kenzie. Soalnya ga enak kalo makan ga ada pedes-pedesnya, jadi ga napsu makan hehe.
Siapa tau ada yang lagi butuh ide untuk masak besok, boleh dicontek 😉
Selamat memasak.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tahu Kemangi Pedas

By on
Resep asli dari: www.resepnugraha.net

Bahan:

  1. 1 bh tahu putih cina, potong kotak, goreng sampai kecoklatan
  2. 2 btg serai, ambil putihnya, memarkan
  3. 6 bh cabai hijau, potong serong tipis
  4. 10 bh cabai rawit hijau, biarkan utuh
  5. 3 sdm kecap ikan
  6. 500 ml air
  7. 1 genggam daun kemangi
  8. 1 bh tomat, potong-potong
  9. 3 sdm untuk menumis
Bumbu halus:
  1. 10 btr bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt jahe cincang
  4. 2 sdt ketumbar sangrai
  5. 1/2 sdt merica
  6. 2 sdm garam
  7. 3 sdt gula pasir
Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus serta serai, cabai hijau, dan cabe rawit hijau sampai wangi
  2. Masukkan tahu dan sisa bahan lainnya
  3. Masak sampai seluruhnya matang dan kuah berkurang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Sayur Bening Oyong Ceker

By on

Resep dari: http://www.sajiansedap.com/

Bahan:

  1. 3 bh oyong, dibersihkan, potong 1 cm
  2. 3 pasang ceker ayam
  3. 1 bh wortel, potong serong
  4. 1.500 ml air
  5. 5 btr bawang merah, iris tipis
  6. 3 siung bawang putih, iris tipis
  7. 1 lbr daun salam
  8. 3 cm temu kunci
  9. 1 sdm garam
  10. 1 sdt gula pasir
Cara Membuat:
  1. Rebus air dan ceker sampai mendidih
  2. Tambahkan bawang merah, bawang putih, daun salam, dan temu kunci. Rebus sampai harum
  3. Tambahkan wortel, rebus sampai setengah layu. Masukkan oyong. Bubuhi garam dan gula. Aduk rata. Rebus sampai matang. Angkat. Sajikan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tahu Balado

By on October 22, 2013

Resepnya masih sama, dapet dari http://www.resepnugraha.net/

Bahan:

  1. 500 gr tahu putih, potong dadu 2×2 cm
  2. 1 sdt garam
  3. 1 1/2 sdt gula pasir
  4. 3 sdm air asam
Bumbu Halus:
  1. 6 btr bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah
  4. 5 buah cabai rawit
  5. 1 sdt terasi sangrai
Cara Membuat:
  1. Goreng tahu setengah matang, sisihkan
  2. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Masukkan tahu, gula, dan garam. Aduk rata lalu masukkan air asam
  4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep Tumis Pare Saos Tiram

By on
Bosen banget masak pare yang pake bumbu cabe. eh nemu resep ini di http://www.resepnugraha.net/

Bahan:
  1. 1 buah pare ukuransedang, buang bijinya lalu potong tipis bulat
  2. 1 sdm garam
  3. 200 gram udang kupas, potong-potong sesuai selera
  4. 4 siung bawang putih, rajang halus
  5. 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong sesuai selera
  6. 5 buah cabe merah, iris serong tipis
  7. 4 sdm saos tiram
  8. 1/2 sdt garam
  9. 3 sdt gula pasir
  10. 1/2 sdt merica bubuk
  11. 100 ml air
  12. 3 sdt tepung maizena larutkan dalam 2 sdm air
  13. 3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
1. Remas-remas pare dengan garam lalu diamkan selama 1 jam, cuci bersih, sisihkan.
2. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan cabe merah sampai wangi.
3. Masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna.
4. Tambahkan pare serta sisa bahan lainnya (kecuali larutan maizena) kemudian masak sampai pare layu.
5. Masukkan larutan maizena, masak sampai kuah kental, angkat segera.

Continue Reading

Uncategorized

Weekly Menu

By on
Tiap pagi dari bangun tidur langsung kepikiran: Hari ini masak apa ya? Pas udah di warung masih bingung juga mau masak apa. Bahan-bahan yang dijual ya cuma itu-itu aja. Bosen. Dimasaknya juga masih gitu-gitu aja, belum nemu resep baru. Nah, pas kemaren Kenzie lagi bobo saya iseng nyari-nyari resep di internet. Langsung deh kepikiran kenapa ga buat menu untuk seminggu ke depan. Jadi kan tinggal beli bahannya aja ga perlu mikir mau masak apa. Cari resep yang beda juga. Jadiiii makan menu baru deh. Yeaaay!
Web resep andalan saya selama ini ada dua: http://www.resepnugraha.net/ dan http://www.sajiansedap.com/
Wuiih kalo udah ngubek-ngubek resep seneng banget dapet banyak resep baru. 
Semoga aja weekly menu ini bisa berlanjut terus. Dan juga bisa sesuai sama yang udah direncanain. Hehehe. Semangaaaaat! 
Oh iya, banyak yang bilang saya ini jago banget masak. Alhamdulillah saya bisa masak walopun ga jago ke sebenernya. Makanan yang saya masak makanan sederhana, kaya makanan warteg 😛 Dan juga resepnya masih nyontek sana-sini, belom menciptakan inovasi resep. Hahaha. Untungnyaaa si papi gampang makannya, ga pilih-pilih dan apa yang dimasak dimakan sama dia. Makanya si papi sekarang gembrot kaya apa tau. Hahaha.
Saya punya cita-cita dari dulu, saya harus rajin masak. Suami dan anak harus sarapan tiap pagi. Bahkan kalo bisa tiap hari bekal masakan saya. Jangan sampai suami dan anak-anak kelaparan di rumah. Lagian kan kalo ada makanan dirumah dan juga bikin cemilan, kita jadi jarang jajan di luar. Termasuk pengiritan juga. Hahahaha *dasar emak-emak* 😛
Tadinya sih saya masak pas jam 10 pagi, pas Kenzie lagi bobo. Tapi karena si papi minta dibawain bekel jadi sekarang masaknya jam setengah 6 pagi. Ternyata ada enaknya juga. Pas jamnya Kenzie bobo saya ga perlu sibuk di dapur. Saya bisa santai malah bisa ikutan tidur. 
Oh iya, ini ada weekly menu yang saya buat untuk tanggal 22 Oktober – 27 Oktober 2013.
Semoga bisa menginspirasi yaaa.. Tenang nanti saya tulis kok resepnya di blog 😀

Continue Reading

Uncategorized

Resep Keluarga: Tongseng Sapi

By on October 17, 2013
Selamat Idul Adha semuanyaaa.. Selamat berkurban.. Selamat makan kambing dan sapi.. hihihi. 
Tahun ini lagi gak kurban. Soalnya uang tabungan untuk kurban kepake utk suatu keperluan. Sedihnya 🙁 Mudah-mudahan tahun depan bisa kurban. kalau bisa dua kambing setiap tahunnya. Aamiin ya Allah.
Nah, kalau dapet daging kambing niatnya mau dibikin tongseng. Eh tapi ternyata dapetnya daging sapi. Alhamdulillah. Gak bikin darah tinggi yaaa.. Hihihi. Gak apa-apalah ya daging sapinya dibikin tongseng. Tetep enak kok. Hehehe.
Ini resep tongsengnya saya dapat dari sajiansedap.com . Cuma dagingnya aja yang diganti sama daging sapi.
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
  1. 500 gram daging paha kambing, rebus 1/2 matang (saya ganti dengan daging sapi)
  2. 2 lembar daun salam, untuk merebus daging
  3. 2 cm jahe, memarkan, untuk merebus daging
  4. 1.000 ml air 
  5. 1.500 ml santan dari 1 butir kelapa 
  6. 1/2 ibu jari lengkuas, memarkan
  7. 1 batang serai, memarkan
  8. 2 lembar daun salam 
  9. 100 gram kol, potong 2 cm
  10. 2 batang daun bawang, potong kasar
  11. 1 buah tomat merah, potong
  12. 4 buah cabai rawit merah, potong 2 cm
  13. 3 sendok makan kecap manis 
  14. 4 buah bawang merah, iris tipis
  15. 4 sendok makan minyak untuk menumis 
Pelengkap:
bawang merah goreng
Bumbu Halus:
  1. 4 siung bawang putih 
  2. 6 butir bawang merah 
  3. 1 sendok teh merica 
  4. 4 buah kemiri, sangrai
  5. 3 cm kunyit, bakar
  6. 3 1/2 sendok teh garam 
  7. 1 sendok makan gula pasir 
  8. 2 cm jahe 
  9. 1 sendok teh ketumbar 
Cara Pengolahan :
  1. Rebus daging kambing, daun salam, jahe dan air sampai lunak.
  2. Angkat dan buang airnya. Potong-potong.
  3. Tumis bawang merah, bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, bawang merah, cabai rawit merah, serai sampai harum dan matang betul.
  4. Masukkan daging kambing, kecap manis dan santan, didihkan sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah sampai semua bumbu meresap dalam daging.
  5. Tambahkan kol, daun bawang, tomat, dan potongan cabai.
  6. Sajikan hangat.

Continue Reading

Uncategorized

Family Trip: Ragunan (5 Oktober 2013)

By on
“Ayoook Kenzie kita ke kebun binatang. Kita belajar mengenal binatang. Nanti disana kita liat gajah, jerapah, singa, beruang, dan masih banyak lagi” Kenzie antusias banget ngedengerin maminya ngomong sambil senyum-senyum. Hihihi. Selama ini kan dia cuma mengenal binatang dari gambar saja. Kalau binatang yang bener-bener dia liat bentuknya kan paling ayam, kucing, ikan, dan burung 😀
Berangkat deh kita ke Ragunan pas tanggal 5 Oktober 2013. Murah banget tiketnya cuma Rp 4500 utk orang dewasa. Jauh banget sama harga tiket Taman Safari 😀 
“Ayoook mih pih kita liat binatang” Oh iya, kami kompakan loh pake baju warnanya biru 😀
Yang pertama kali kami lihat akuarium ikan. Ada beberapa macam ikan, seperti arwana dan piranha. Tapiiii sama sekali ga menarik. Akuariumnya jelek dan kotor 🙁 Habis liat ikan kami melihat ke bagian reptil. Ada ular. Ular sanca, ular kobra, dan ular lainnya. Lagi-lagi tempat hewannya kotor dan ga terawat 🙁 Tapi Kenzie antusias liat ular sanca kuning yang besar. Warnanya mencolok jadi keliahatan.
Dari kandang reptil lanjut ke bagian burung. Kami melihat merak yang lagi melebarkan ekornya. Subhanallah banget ya ciptaan Allah. Benar-benar indah. Kalau kandang burung ini ga terlalu kelihatan kotor. 
Yuk lanjut ke kandang monyet. Ada beberapa jenis monyet, tapi saya lupa itu jenis apa. Lagi-lagi, kandang monyet ini kotor, sepi, pokonya kasian banget deh liatnya. Makanannya cuma sedikit. Yang saya lihat makanan ditaruh di baki plastik, ada beberapa jenis sayuran. Monyet-monyet itu ngeluarin tangannya lewat jeruji minta makanan ke pengunjung. Gak tau kenapa saya liat muka si monyet ini kok ya sedih banget. huks. 

Lanjut lagi keliling liat binatangnya. Kita ke kandang singa. “Pih, mana pih singanya? Kok ga ada sih?” “Itu mih, di bawang batang pohon yang bangkunya itu tuh” Yak ampuuuuun, kandang segede itu kok cuma ada satu singa. Kandangnya luaaaaas banget. Tapi ilalangnya tinggi. Singanya cuma satu. Singanya udah leiatan tua, surainya udah tinggal dikit -hampir botak-, kurus, napasnya ngos-ngosan. Asli kasian banget liatnya.

Pemandangan yang sama saya liat juga di kandang orang utan. Kandangnya luaaas. Ada ayunan dari ban buat si orang utan. Tapi mana orang utannya. Akhirnya muncul salah satu orang utannya. Kandang sebesar itu tapi cuma sedikit orang utannya.

Jalan lagi cari gajah dan jerapah. Tapi kok dari tadi gak nemu-nemu ya???? Di petunjuk jalan juga gak ada keterangan petunjuk gajah dan jerapah. Apa kebun binatang ini gak punya gajah dan jerapah??? Padahal dua binatang itu kan gede, jadi Kenzie bisa liat binatang itu dengan jelas. Apalagi Kenzie hapal banget sama gajah dan jerapah kalau lewat gambar. Atau mungkin ga semuanya dijelajahi oleh kami. Tapi kami sama sekali ga lihat papan petunjuk kandang kedua binatang tersebut.

Sambil cari gajah dan jerapah kami melewati kandang landak. Nemu tuh satu landak. Kecil. kandangnya kotor dan ilalangnya tinggi 🙁 Kandang kura-kura juga. Kotor banget. Saya pikir itu batu tau-taunya kura-kura >.<

Setetalah liat beberapa binatang kami istirahat dulu. Eh Kenzie pengen naik mobil-mobilan. Berhubung papi gendut, jadi papi ga bisa bawa mobilnya. Hahaha. Jadi mami deh yang bawa mobilnya.


Capek juga muterin Ragunan ini. Luas sebenernya kebun binatang ini. Sambil cari pintu keluar, mampir deh ke kandang beruang. Ada 3 beruang disana. Tapi di kandang itu gak ada makanan dan air. Kolam untuk airnya kering. Mukanya sedih banget. Tangannya di ke atasin minta makanan ke pengunjung.

Saya lagi pegang bungkus ciki. Kenzie minta. Saya pikir dia mau makan ciki. Ternyataaaa, Kenzie ngasih siki itu ke beruang. “Nih” kata Kenzie sambil nyodorin ciki di tangannya. Baiknyaaa anak mami :’)

Kandang terakhir yang kami lihat adalah unta. Saya pikir itu patung tapi ternyata unta beneran. Untanya duduk tanpa bergerak >.<

Kebun binatang yang seluas itu tidak sebanding dengan jumlah binatang yang sangat sedikit. Kandang dan binatang yang tidak terawat. Selama mengelilingi kandang binatang saya sama sekali tidak melihat petugas yang berseragam memberikan makanan atau berdiri di dekat kandang. Apakah hewan ini tidak diperhatikan dengan baik? Sedih liat binatang-binatang di Ragunan 🙁 Mungkin karena harga tiket yang masuk jadi pendapatannya juga sedikit. Jadi ga bisa maksimal dalam pengelolaannya.

Oh ya, saya baca berita Jokowi mau memberikan dana untuk pengelolaan Ragunan. Jokowi mengunjungi Ragunan pada tanggal 8 Oktober 2013. Jokowi mau memberikan 500 miliar. Wow! Sayanganya Ketua Dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan belum siap menerima. Semoga saja Ragunan bisa dipercantik secepatnya, hewan-hewannya bisa terawat dengan baik juga. Aamiin.

Beritanya bisa dilihat disini:
http://www.merdeka.com/jakarta/percantik-ragunan-jokowi-akan-gelontorkan-rp-500-miliar.html

http://www.tempo.co/read/news/2013/10/08/214520100/Adik-Prabowo-Tolak-Rp-500-Miliar-dari-Jokowi

Yaaaah walaupun cuma sedikit binatang yang bisa Kenzie lihat, tapi Kenzie tetep seneng kok. Sampai jumpa di family trip selanjutnya yaaaa… Daaaah!

Continue Reading

Uncategorized

Family Trip: Seaworld (31 Agustus 2013)

By on
Sebenernya sih pergi Seaworld nya udah lama waktu tanggal 31 Agustus 2013 kemarin. Tapi baru inget belum cerita di blog. Hihihi. Udah niat banget pengen ngajak Kenzie ke Seaworld tapi papi lagi sibuk sama projekannya. Eh ternyata adik ipar punya tiket gratisan ke Seaworld yang ga dipake sama dia. Yasudahlah diminta tuh tiket. Lumayan banget ga mesti bayar masuk ke Seaworld Hihihi.
Sayangnya Kenzie pas pergi lagi ga enak badan. Baru mau mulai flu. Idungnya meler trus matanya sayu. Kasian banget. Agak rewel juga. Tapi dia tetep ceria pas liat ikan di sana.
Kami naik kereta sampai Stasiun Kota. Seneeeng banget diajak naik kereta. Pinter lagi ga rewel di kereta. Kalau ngantuk tumben banget ga minta mimi. Dipangku eh dia bobo.
Sampai disana masih sepi banget. Baru buka soalnya. Seneng banget Kenzie lari sana lari sini. Liat patung ikan hiu di pintu masuk sambil nunjuk-nunjuk “tuh tuh tuh”. Iya, Kenzie seneng liat ikan hiu. 
Pas masuk ke dalem dia langsung antusias nyamperin akuarium. Seneng liat ikan gede. Liat penyu juga. Dipegang sama dia. Alhamdulillah Kenzie bukan anak yang penakut sama binatang. Dia berani ngedeketin binatang. Kenzie paling seneng pas liat ikan di dalem akuarium mobil.
Oh iya, Kenzie ga takut loh sama badut. Biasanya kan anak kecil takut ya sama badut. Kenzie malah pengen nyamperin. Minta di foto berkali-kali sama badut. Udah pergi eh dia balik lagi pengen ke badut. Hahaha.

 

Tadinya setelah dari Seaworld pengeeen banget main ke Pantai Ancol, tapi Kenzie udah rewel karena ga enak badan. Jadi abis sholat Dzuhur kami langsung pulang. Semoga nanti bisa main ke pantai. Aamiin.

Family trip yang selanjutnya kita pergi kemana yaaa?

Continue Reading