Uncategorized

Resep MPASI: Shrimp Sushi Roll (1y+)

By on September 19, 2013
Sushi? Ya ini sushi-sushi-an untuk anak-anak hehehe. Resepnya inspirasi dari mama @nanausil. Gampaaang banget buatnya. Kenzie juga suka. Resepnya udah dimodif sedikit yaaa… Gak sama persis 😀
Bahan:
  1. 3 bh kentang ukuran sedang
  2. 1 bh wortel bagi 4 potong memanjang
  3. 4 potong tempe, ukurannya samakan dengan potongan wortel
  4. 6 ekor udang kupas
  5. 1 sdm keju parut
  6. 1 btr telur ayam
  7. Garam dan merica secukupnya
Cara Membuat:
  1. Kukus kentang, wortel, tempe, dan udang. Haluskan kentang yang sudah dikukus tambahkan sedikit garam dan merica
  2. Kocok telur dengan garam sedikit. Dadar telur kemudian potong pinggirannya sampai membentuk kotak
  3. Tata kentang yang sudah dihaluskan secara merata di atas telur dadar.
  4. Tata tempe, wortel, udang, dan keju di tengah, lalu gulung telur
  5. Potong-potong.
Ini bisa juga untuk 9m+ tinggal disesuaikan aja bahannya. Misalnya untuk telur cukup pakai kuningnya saja; garam dan merica tidak perlu; tempe, wortel, udang dihaluskan.
Kenzie makannya tetep pakai nasi, tapi klo dijadiin cemilan bisa juga. Cemilan yang mengenyangkan karena komplit komposisinya 😉

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bakso Oatmeal (10m+)

By on
Yeaaay dapet inspirasi resep dari mama abel di milis mpasi rumahan. Langsung deh bikin karna semua bahannya gampang dan ada di rumah 😉 Udah dua kali bikin resep ini dan berhasil bikin mangap Kenzie yang lagi GTM. 
Bahan: 
  1. 2 sdm daging ayam cincang, bisa diganti pakai ikan atau daging sapi
  2. 2 potong tahu sutra 
  3. 3 sdm tepung oatmeal yang sudah digrinder halus 

Bumbu halus: 
  1. 2 atau 3 siung bawang merah 
  2. 1 siung bawang putih 
  3. 1/2 potong kemiri 

Kuah: 
  1. 2 cangkir kaldu ayam 
  2. 1/2 potong tomat, kupas, buang bijinyam potong2 kecil 
  3. 1 lbr daun salam (gak pake)
  4. daun bawang secukupnya cincang halus 
  5. serai 1 batang simpulkan (gak pake)

Cara membuat: 
  1. Campur semua bahan kecuali bahan kuah
  2. dibulatkan pake sendok, rebus sampe matang (ngambang kalau sudah matag), tiriskan. 
  3. Kuahnya: rebus semua bahan sampe mendidih, masukin bakso rebus sampe matang, angkat sajikan, hangat. Teksturnya dijamin lembut gak bikin keselek dan gampang dipotong. 

Continue Reading