Uncategorized

Resep MPASI: Roti Gulung Sosis

By on April 15, 2013
Bosen cemilan Kenzie cuma roti tawar aja. Eh, @momyanya update blognya ada resep roti gulung isi. Langsung deh dipraktekin. Hihihi. Resepnya @momyanya bisa diliat disini yaa  http://www.chelseacarolina.blogspot.com/2013/04/roti-gulung-abon-1y.html
Ini resep roti gulung sosis versi mami Kenzie 😀
Bahan:
  1. 6 lbr roti tawar kupas
  2. Minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
  1. 1 sdm bawang bombay cincang
  2. 2 bh sosis, potong dadu kecil
  3. 2 sdm daging ayam cincang
  4. Keju parut secukupnya
Bahan Untuk Balutan:
  1. 1 btr putih telur
  2. Tepung panir
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay sampai wangi, masukkan daging ayam cincang, masak sampai daging matang
  2. Tambahkan sosis. Masak sampai matang
  3. Ambil selembar roti tawar yang sudah digilas,  taburi keju dan 1 sdm bahan isi.
  4. Gulung roti dan rekatkan dgn telur, lalu balur dengan tepung panir
  5. Goreng dlm minyak panas hingga kecokelatan, angkat
Bahan isi bisa diganti ya sesuai selera. Roti gulung ini bukan cemilan buat Kenzie aja, tapi cemilan buat mami papinya juga. Hihihihi

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Nugget Mie Sosis (1y+)

By on

Masih dapet dari blognya @momyanya Hihihi. Blog yang sangat-sangat inspiratif. Apalagi kalo lagi keabisan ide. 😀 Resep asli bisa diliat di http://www.chelseacarolina.blogspot.com/2013/04/nugget-mie-sosis-brokoli-1y.html

Bahan Nugget : 

  1. 40gr mie telor, rebus, tiriskan, potong2
  2. 1buah sosis sapi, potong kotak kecil
  3. 1buah jagung manis, kukus, serut halus
  4. 1 sdm daun bawang cincang
  5. 1 sdm tepung terigu
  6. 1 butir kuning telur
  7. 2 sdm keju parut
  8. 1/4buah b. Bombay, cincang halus
  9. 1 siang bawang putih, cincang
  10. Gargul + merica secukupnya
  11. 2sdm ELOO u/ menumis
  12. Minyak untuk menggoreng

Bahan untuk Pelapis :

  1. 1butir telor, kocok lepas
  2. 5sdm breadcrumbs (saya pakai tepung panir)

Caranya membuat :

  1. Panaskan ELOO, tumis bawang bombay & bawang putih hingga harum, masukkan sosis, masak sebentar, masukkan daun bawang & jagung, aduk rata, bumbui sesuai selera, masak hingga matang, angkat
  2. Dlm mangkok, campur mie, tumisan, kuning telur, tepung terigu, keju parut, aduk rata.
  3. Ambil 1sdm penuh adonan bentuk bulat pipih lonjong, celupkan ke telur yg sdh dikocok, gulingkan ke breadcrumbs (atau tepung panir), lakukan hingga adonan habis, lalu goreng hingga kecokelatan, angkat, tiriskan, sajikan.

Bisa juga buat dijadiin cemilan. Hihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Krim Makaroni (1y+)

By on

Dapet ide nih buat sarapannya Kenzie dari blog @momyanya. Dan @momyanya dapet ide dari blognya makmod yudith hihihi 😀 http://www.chelseacarolina.blogspot.com/2013/04/sup-krim-macaroni-1y.html
Bahan:
  1. 30 gr makaroni, rebus hinga matang, tiriskan
  2. 2 sdm jagung manis serut
  3. 1 sdm unsalted butter
  4. 1 siung bawang putih, cincang
  5. 1 sdm bawang bombay, cincang
  6. 1 sdm tepung terigu
  7. 100 ml susu cair
  8. 100 ml kaldu ayam
  9. 1 sdm wortel serut
  10. 1 sdt keju parut
  11. 1/2 sdt merica bubuk
  12. 1/2 sdt daun seledri, cincang
Cara membuat:
  1. Campurkan makaroni rebus dan jagung dalam mangkuk blender, haluskan sebentar.
  2. Panaskan unsalted butter, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan tepung terigu aduk cepat.
  3. Tuang campuran susu dan kaldu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai habis, biarkan mendidih.
  4. Masukan campuran makaroni dan jagung, wortel serut, keju parut, merica bubuk, aduk lagi hingga mendidih, angkat
  5. Sajikan hangat dengan taburan seledri

Rasanya enaaak banget. Saya aja sampe suka. Makannya dipakein saos cabai makin enyaak.. Ini sih maminya yang suka Hehehehe

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Nugget Ayam (1y+)

By on
Bahan:
  1. 250 gr daging dada ayam
  2. 1 butir telur
  3. 1 ons tepung terigu
Bumbu halus:
  1. 3 siung bawang putih
  2. Garam secukupnya
Bahan untuk balutan:
  1. 1 butir putih telur
  2. Tepung panir
Cara Membuat:
  1. Haluskan daging ayam (saya diblender)
  2. Campur daging ayam, bumbu halus, dan telur. aduk rata. Tambahkan tepung terigu.
  3. Masukkan ke dalam loyang atau cetakan apapun. Kukus kurleb 15 menit
  4. Potong-potong adonan nugget sesuai selera
  5. Lumuri nugget dengan putih telur dan balur dengan tepung panir. Lakukan sampai adonan habis
  6. Goreng nugget sampai kecoklatan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Ayam Goreng Mentega (1y+)

By on
Bahan:

  1. 250 gr daging dada ayam
  2. 2 sdm bawang bombay cincang
  3. 2 cm jahe, iris tipis
  4. 3 sdm kecap manis
  5. 100 ml air matang
  6. Gula, garam, merica secukupnya
  7. Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
  1. Cuci bersih ayam, lalu goreng sampai kecoklatan
  2. Tumis bawang bombay sampai wangi, tambahkan jahe. Tumis sampai wangi
  3. Masukkan ayam yang sudah digoreng terlebih dahulu
  4. Tambahkan kecap manis, air matang, gula, garam, dan merica. Masak sampai air tinggal sedikit.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sop Jagung Manis (1y+)

By on

Bahan:

  1. 1 sdm bawang bombay cincang
  2. 1 bh jagung manis, 1/2 diserut dan 1/2 diparut
  3. 125 ml air kaldu
  4. 1 batang daun bawang, iris tipis
  5. 1 butir telur, kocok lepas
  6. 1 sdm keju parut
  7. Gula dan garam secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay sampai wangi.
  2. Masukkan jagung manis serut dan parut. Tambahkan air kaldu
  3. Masak sampai mendidih, tambahkan kocokan telur. Aduk-aduk
  4. Tambahkan daun bawang, keju, gula, dan garam. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Nasi Goreng Daging Sayur (1y+)

By on
Nasi goreng sekarang jadi salah satu andalan buat sarapannya Kenzie. Gampang dan komplit komposisinya. Hihihi. Isinya bisa dikreasikan sendiri yaaa..
Bahan:
  1. 1 centong nasi 
  2. 2 sdm daging sapi giling (saya pakai yang sudah dikukus terlebih dahulu)
  3. 1/2 bh jagung manis, serut
  4. 5 lbr daun bayam, cincang
  5. 1 sdm keju parut
  6. 1 sdm bawang bombay cincang
  7. 1 sdm ELOO untuk menumis
  8. Merica dan garam secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay dengan ELOO sampai wangi. Tambahkan daging giling
  2. Tambahkan jagung manis. Masukkan nasi dan daun bayam
  3. Tambahkan keju, merica, dan garam.
  4. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Soto Ayam (1y+)

By on
Bahan:
  1. 150 gr daging dada ayam, potong dadu
  2. 1 bh kentang, potong kecil, goreng
  3. 1 batang daun bawang, iris tipis
  4. 1 batang seledri, iris tipis
  5. 1 lembar daun salam
  6. 1 batang serai, geprek
  7. 1 cm lengkuas, geprek
  8. 125 ml susu UHT plain
  9. 100 ml air matang
  10. Gula, garam, merica secukupnya
  11. 1 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu halus:
  1. 4 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm kunyit
Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis sampai wangi
  2. Masukkan daging ayam, masak sampai daging matang
  3. Tambahkan susuh UHT plain, masak sampai mendidih
  4. Tambahkan air matang, irisian daun bawang, seledri, kentang, gula, garam, dan merica.
  5. Masak sampai matang
Wuiih Kenzie lahap banget makan pake soto ayam 😀

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie Panas Tinggi

By on April 4, 2013
Udah 3 hari suhu badan Kenzie naik turun. Awalnya pas bangun tidur senin malem, badan Kenzie kok panas. Pas diukur suhunya 38.5DC. Panas banget. Langsung telepon papi buat beli parasetamol. Setelah beberapa jam panasnya agak turun. Tapi ga pernah ke suhu normal. Jam 3 pagi badannya makin panas 39.7DC. Ya ampun itu kulitnya sama telapak tangan panaaaaas banget. Gimana rasanya ya Kenzie suhu badannya segitu. Akhirnya minum parasetamol lagi. Selasa siangnya suhu masih turun naik aja.
Selasa malem suhu badannya tinggi lagi. Sampe >39DC. Ngeri banget, takut Kenzie kejang. Alhamdulillah Kenzie kuat, gak sampe kejang. Saya gak tau mesti gimana kalau Kenzie sampe kejang. Akhirnya Rabu pagi saya bawa ke dokter. Kata dokter belom bisa dipastikan sakit apa karena panasnya baru kurang dari 48 jam. Kalau saat panas keluar bercak merah kemungkinan roseola, tapi jika panas tinggi sampai 3/4 hari lalu suhu normal dan muncul bercak merah kemungkinan rubela. Saya sampai ditanya “ibu lagi hamil?” “Nggak dok.” “Soalnya kalau lagi hamil dan ternyata dedenya rubela takutnya ketularan. Kalau ibu kena rubela, janin bisa cacat”. Astaghfirullah serem banget ya efek dari rubela ini bagi ibu hamil 🙁 Alhamdulillah sampai sekarang di badan Kenzie gak muncul bercak merah. Akhirnya Kenzie dikasih obat untuk anti virus.

Nah ini ada link tentang campak, rubella, dan roseola
Campak:
http://mommiesdaily.com/2010/03/11/campak-rubella-dan-roseola-i/


Rubella
http://mommiesdaily.com/2010/03/18/campak-rubella-dan-roseola-ii/


Roseola
http://mommiesdaily.com/2010/03/24/campak-rubella-dan-roseola-iii/

Badan Kenzie panas banget setiap tengah malem sampai subuh. Di Rabu malem suhunya masih tinggi, 39.4DC. Tangan Kenzie nempel di perut tuh kerasa banget, tembus ke dalem baju. Kasiannya anak mami. Hari ini, Kamis, alhamdulillah suhu badannya udah mulai normal 37,6DC. Walo masih agak sedikit anget dari suhu biasanya.
Waktu hari Rabu ke dokter saya bener-bener kasian banget sama Kenzie. Baru kali ini Kenzie histeris banget pas lagi diperiksa. Kenzie kan gak mau lepas dari saya, sama papinya aja gak mau. Nah, pas ditaro ditempat tidur dia langsung nangis. Pas diperiksa mulut apalagi. Kenzie bener-bener ketakutan. Nangis sampe sesenggukan kata orang sunda mah. Baru kali ini saya lihat Kenzie nangis kaya gitu. Gak tega banget. Karena saya mau ngobrol dulu sama dokternya, saya kasih Kenzie ke papi. Tapi Kenzie masih nangis juga. Saya gendong lagi. Saya minta suster untuk ukur lingkar kepalanya, ditidurin lagi lah di tempat tidur. Nangisnya makin kenceng. Pas saya gendong Kenzie nangis sampe batuk dan akhirnya muntah banyak. Susu sama makanan keluar lagi. Gak tegaaaa. Sampe segitunya Kenzie ketakutan diperiksa 🙁
Setelah bersih-bersih, papi yang ngurus pembayaran dan pengambilan obat. Kenzie ngajakin pergi, badannya ngajakin keluar. Akhirnya saya bawa keluar RS. Dia minta saya jalan terus sampai ke jalan raya. Karena papi belom beres, saya mau masuk lagi ke RS, Kenzie nangis lagi. Saya ajak jalan lagi. Begitu saya mau masuk lagi, dia nangis lagi. Kenzie trauma ya? Kasian. :((
Sering saya lihat anak kecil yang ketakutan saat mau diperiksa. Anak-anak pada nangis kejer. Sekarang saya mengalaminya. Bener-bener ga tega liatnya. Semoga kalau harus ke dokter Kenzie ga sehisteris kemarin. Aamiin.
Selama sakit Kenzie jadi rewel. Sering ngerengek. Maunya digendong terus. Gak mau sama siapa-siapa. Tidur terus. Tapi Kenzie segini tuh pinter banget, rewelnya ga parah. Pas malem bobonya nyenyak. Ga nangis kejer yang ga berenti-berenti ataupun ngajakin begadang. Cuma maminya ga bisa kemana-mana soalnya mau mimi terus. Alhamdulillah hari ini  Kenzie udah mulai ceria. Mau jalan sendiri, ketawa, ngoceh. Seneng bisa liat senyum Kenzie dan denger suara ketawanya Kenzie.
Kenzie sayang cepet sembuh ya. Jangan sakit lama-lama. Mudah2an ini cuma demam aja, ga perlu kena roseola atau rubela. Mami sama papi ga tega liat Kenzie sakit. Sehat terus ya nak. Ceria lagi. Mami dan papi sayang Kenzie :*

Continue Reading