Uncategorized

Resep MPASI: Tumis Brokoli Jagung Manis

By on March 25, 2013

Bahan:
  1. 250 gr brokoli, potong-potong lalu rendam dalam air garam
  2. 3 sdm jagung manis pipil
  3. 100 gr daging ayam, potong dadu
  4. 1 sdm bawang bombay cincang
  5. 100 ml air
  6. Gula, garam seukupnya

Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay sampai wangi
  2. Tambahkan daging ayam dan jagung manis, masak sebentar
  3. Tambahkan brokoli, air, gula, dan garam
  4. Masak sapai air habis

Bisa untuk makan keluarga

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sop Ceker Ayam (1y+)

By on

Bahan:

  1. 5 pasang ceker ayam
  2. 2 bh wortel, potong bulat tipis
  3. 1 bh kentang, potong dadu kecil
  4. 1 batang seledri, iris tipis
  5. 1 batang daun bawang, iris tipis
  6. 1 cm jahe, geprek
  7. 1 sdm minyak goreng
  8. 500 ml air kaldu
  9. Garam, gula, lada secukupnya

Bumbu Halus:

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Peratama, buat kaldu dari ceker. Lalu sisihkan sebagian kaldu untuk dibekukan
  2. Masukkan wortel dan kentang ke dalam air kaldu bersama ceker
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan ke dalam rebusan
  4. Tambahkan daun bawang, seledri, dan jahe geprek
  5. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie di Arena Bermain

By on March 17, 2013
Seneng deh ngajak Kenzie ke arena bermain yang ada di mall. Pertama kali diajak kesana waktu umur 9 bulan. Langsung antusias liat mobil-mobilan. Di naikin ke mobil-mobilan gak mau duduk, diri sambil pegang stir dan diputer-puter. Pertama kali main langsung bisa. Pinter banget. Sekarang klo ngemall harus ngajak dia  ke arena bermain. Hihihi.

Continue Reading

Uncategorized

Bola-Bola Nasi Goreng (1y+)

By on
Huks Kenzie lagi susah makannya >.< Apalagi kalo disuapin pake sendok. Tuh sendok bakal digigit terus. Ditariknya susah >.< Terus nemu resep di www.kumpulanmasakanbalita.blogspot.com ada resep bola-bola nasi goreng. Wah seru nih, makan nasi tapi ga keliatan bentuk nasinya. Jadi kaya ngemil. Cemilan yang sangat-sangat mengenyangkan hihii. Soalnya selain pakai nasi, pake kentang juga 😀 Ini dia resepnya yang sudah saya modif. Kalau mau liat resep aslinya silahkan ke sini http://www.kumpulanmasakanbalita.blogspot.com/2012/10/bola-bola-nasi-goreng.html . Dan Kenzie pun suka. Mulut kebuka lebar minta disuapin. Hihihi.

Bahan:

  1. 2 centong nasi putih 
  2. 1 bh kentang kukus, haluskan
  3. 1 batang wortel, serut/parut
  4. 3 butir bawang merah + 1 siung bawang putih, haluskan
  5. Garam + merica bubuk secukupnya 
  6. 1 kuning telur
  7. 1 sdm daging ayam cincang
  8. 2 sdm keju yang dipotong kotak-kotak kecil

Bahan untuk balutan:

  1. Tepung roti
  2. 1 putih telur

Cara Membuat :

  1. Tumis bawang merah+putih, wortel serut, beri garam dan merica bubuk secukupnya. Angkat.
  2. Siapkan wadah, campurkan tumisan tadi bersama nasi putih, kentang, daging ayam, keju dan kuning telur, campur hingga rata.
  3. Bentuk bola2, celupkan ke putih telur, baluri dengan tepung roti.
  4. Simpan di freezer selama 1 jam agar adonan padat.
  5. Goreng di minyak panas hingga kuning keemasan.
Hasil: 10 bola ukuran sedang

Continue Reading

Uncategorized

Makaroni Sayur Kukus

By on March 16, 2013
Masih dari blog resepmasakanbalita.blogspot.com saya coba bikin makaroni sayur kukus. Tapi penampakannya berbeda dari gambar yang ada di blog. Saya cuma pakai 1 genggam makaroni karena tinggal segitu. Dan juga saya cuma pakai tomat kecil. Hehehe.

Bahan :

  1. 2 genggam macaroni, rebus hingga lunak, angkat dan titiskan
  2. 1 buah kentang rebus, haluskan
  3. ½ buah labu siam, serut
  4. 1 buah tomat, haluskan
  5. garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya
  6. kaldu ayam secukupnya
  7. 1 butir telur ayam, kocok lepas
  8. 1 sdm bumbu dasar putih (bawah merah+bawang putih yang dihaluskan)

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Tambahkan labu siam, tomat, garam, merica bubuk, gula pasir, beri sedikit kaldu ayam, dan masak hingga labu siam layu. Angkat.
  3. Campur rata : macaroni rebus, kentang rebus, tumisan labu siam-tomat, kocokan telur ayam, kemudian masukkan ke wadah/cetakan tahan panas
  4. Kukus 20 menit, angkat dan sajikan.

Kenzie sukaaaaa banget. Maminya juga suka hihihi, saya tambahin keju parut lagi dan saos, mmmm enaaak banget..

Continue Reading

Uncategorized

Tumis Labu Siam Udang (1y+)

By on
Kenzie udah 1 tahun, saya mau coba kasih udang. Alhamdulillah gak muncul tanda alergi 🙂

Bahan:
  1. 2 bh labu siam kecil, potong tipis memanjang
  2. 1 bh wortel, potong tipis memanjang
  3. 10 bh udang kupas kulit dan buang buntut
  4. 1 sdm bawang Bombay cincang
  5. 1 sdm minyak untuk menumis
  6. Garam, gula, merica secukupnya
  7. Kaldu secukupnya

Cara membuat:
  1. Tumis bawang Bombay sampai harum
  2. Masukkan udang, tumis sampai berubah warna
  3. Masukkan sayuran dan kaldu
  4. Tambahkan garam, gula, dan merica
  5. Masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Capcay Kangkung (1y+)

By on
Bosen sama menu sop-sopan akhirnya gugling nyari resep buat umur 1y. Eh nemu blog http://www.kumpulanmasakanbalita.blogspot.com .. Seru-seru resepnya. Dapet deh 1 blog lagi yang bisa jadi referensi bikin makanannya Kenzie..

Bahan :

  1. Kangkung, ambil daunnya saja
  2. Kentang, iris kotak tipis
  3. Wortel, iris serong
  4. Labu siam, iris kotak tipis
  5. Bakso, iris tipis
  6. Bawang putih, haluskan
  7. Garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya
  8. Kaldu ayam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tumis bawang putih halus hingga harum.
  2. Masukkan sayuran (kecuali kangkung), beri garam, merica bubuk, gula pasir, kaldu ayam secukupnya dan masak hingga sayuran empuk.
  3. Terakhir masukkan kangkung, masak sebantar. Angkat.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Abon Ayam Homemade (1y+)

By on March 11, 2013
Binguuung banget mau bikin makanan apa buat Kenzie. Lagi gak ada ide. Eh keingetan ada resep abon di bukunya @mamakokihandal , #MPASITravelingCihuy . Takarannya saya modif ya. Ternyata gampang banget bikinnya. Dan rasanya, enaaaak banget.. Semoga Kenzie suka.
Bahan:
  1. 150 gr daging dada ayam (bisa juga diganti daging sapi giling has dalam atau fillet ikan tuna)
Bumbu Halus:
  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1/2 potong kemiri
  4. 2 sdm kecap manis
  5. unsalted butter atau minyak untuk menggoreng
  6. garam dan gula secukupnya
Cara Membuat:
  1. Kukus dahulu daging, lalu suwir-suwir halus
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daging, kecilkan api, aduk rata sampai daging kering dan berwarna kecoklatan
  3. Simpan dalam wadah tertutup rapat
Daya tahan abon sekitar 1 minggu, tapi sebaiknya dikonsumsi 4 hari saja setelah dibuat.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puding Pisang Hunkue

By on

Peratam kalinya bikin cemilan pake tepung hunkue dan Kenzie suka. Resepnya dari milis MPASI Rumahan yang sedikit dimodif 😉

Bahan:

  1. 1 sdm tepung hunkue
  2. 1 cangkir air matang
  3. 1 bh pisang ambon
  4. keju parut secukupnya
Cara membuat:
  1. Larutkan tepung hunkue dengan 2 sdm air matang
  2. Didihkan sisa air, saat air mendidih masukkan larutan tepung hunkue, aduk-aduk hingga matang dan licin, sisihkan
  3. Parut/atau potong2 kecil pisang, campurkan dengan keju parut
  4. Siapkan cetakan tahan panas, tuang hunkue dan tambahkan pisang serta keju parut
  5. Kukus kurleb 10 menit
Hasil: 1 cup alufoil kecil

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Cheese Corn Bread (8m+)

By on

Cheese Corn Bread ala Bunda Tama (milis MPASI Rumahan)

Bahan: 

  1. 1 lembar roti tawar tanpa kulit 
  2. 1 buah jagung manis 
  3. 1/2 sdm keju parut 
  4. 1/2 sdm unsalted butter 
  5. 1/2 butir telur ayam 

Cara membuat: 

  1. Potong dadu roti tawar 
  2. Parut jagung manis,masukkan,keju,unsalted butter,telur ayam,roti,aduk rata 
  3. Tuang dalam mangkuk aluminium foil,kukus hingga matang 

Hasil jadi: 1 mangkuk aluminium foil

Continue Reading