Uncategorized

Resep MPASI: Puding Marie

By on February 14, 2013

Kemarin Kenzie gak mau makan puding bit. Hari ini coba bikin puding marie. Semoga Kenzie suka yaa.. 🙂

Bahan:

  1. 6 bh biskuti marie (saya pakai merk promina)
  2. 1 sdm agar-agar plain
  3. 250 ml sufor/UHT
Cara Membuat:
  1. Hancurkan biskuit mari dengan air
  2. Campur agar-agar plain dengan sufor/UHT masak di atas api kecil sampai mendidih
  3. Tambahkan biskuit marie yang sudah dihancurkan, aduk rata
  4. Tuang ke dalam cetakan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bakwan Panggang Tahu Ikan

By on

Resep kedua dengan bahan ikan patin. Resep dari milis MPASI Rumahan.

Bahan:

  1. 100 gr tahu putih
  2. 100 gr fillet ikan cincang
  3. 50 gr wortel, parut
  4. 50 gr jagung manis, serut
  5. 1 sdt daun bawang cincang
  6. 2 sdm tepung terigu
  7. 1 btr kuning telur
  8. 1/2 sdt bawang putih parut
  9. 3 sdm keju parut
Cara Membuat:
  1. Siapkan kukusan, panaskan
  2. Haluskan tahu, campur dengan ikan, wortel, jagung manis, daun bawang, tepung terigu, kuning telur, bwang putih, dan keju.
  3. Bentuk adonan, kukus selama 20 menit
  4. Panggang adonan di teflon sampai kedua sisi berwarna kecoklatan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Ikan Patin Kuah Kuning

By on
Udah lama banget Kenzie gak makan ikan. Akhirnya beberapa hari yang lalu Kenzie nyoba makan ikan patin. Lagi dan lagi resep yang saya tulis disini saya dapat dari milis MPASI Rumahan . Disitu tuh surganya buat para mommy yang mau bikin makanan sehat dan bergizi untuk anaknya. Ada banyak bangeeet resep disana. 
Oh iya, Kenzie suka loh sama ikan patin kuah kuningnya. Mulutnya mangap lebaar tiap disuapin. Hihihi. Ini nih kebahagiaan seorang ibu, salah satunya saat anak lahap makan makanan yang dibuat sendiri. Udah dibuat pake cinta eh si anak seneng makannya. 🙂
Bahan:
  1. 40 gr ikan laut/tawar
  2. 1 siung bawang merah, iris
  3. 1 siung bawang putih, iris
  4. 1 lbr daun salam
  5. 1 cm jahe, iris
  6. 1 cm kunyit, iris
  7. 1/4 tomat sedang, iris
  8. 1/2 bh jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  9. 70 ml air
Cara membuat:
  1. Ikan dilumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 10-15 menit, lalu cuci kembali agar ikan tidak terlalu asam
  2. Panaskan kukusan
  3. Tata semua bahan di atas wadah tahan panas
  4. Tambahkan 70 ml air
  5. Kukus kurleb 25 menit

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Kaserol Bit

By on
Resep kedua yang saya coba dengan bahan dasar bit, yaitu kaserol bit. Resep masih dari milis MPASI Rumahan. Kali ini Kenzie suka sama kaserol bitnya. Lahaaaapp makannya. Yeaaay!
Bahan:
  1. 1/2 bh bit, kukus, haluskan
  2. 1 bh kentang, kukus, haluskan
  3. 1 sdm daging ayam cincang kukus
  4. 1 btr kuning telur
  5. 1/2 sdt bawang bombay parut
  6. 1/2 sdt bawang putih parut
  7. 30 l air kaldu
  8. 1 sdt ELOO
Cara Membuat:
  1. Panaskan kukusan
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan ELOO, tambahkan daging ayam cincang
  3. Siram dengan air kaldu, matikan api.
  4. Tambahkan bit, kentang, dan kuning telur.
  5. Taruh di wadah tahan panas
  6. Kukus kurleb 20menit

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puding Bit

By on
Udah lamaaa banget pengen nyoba bikin MPASI Kenzie pake bit. Sebelum beli ngubek-ngubek file milis MPASI Rumahan dulu. Nemu beberapa resep yang pake bahan bit. Pertama saya coba bikin puding bit.
Ini dia penampakan bit:
Pertama saya coba bikin puding bit.
Bahan:

  1. 1/2 bh bit ukuran sedang
  2. 250 ml sufor/UHT
  3. 1 sdm agar-agar plain
Cara Membuat:
  1. Kukus bit sampai empuk, lalu blender
  2. Campur agar-agar plain dengan sufor atau UHT, masak di atas api kecil sampai mendidih
  3. Campur bit yang sudah diblender
  4. Tuang dalam cetakan
Kenzie gak terlalu suka, mungkin rasa bitnya yang terlalu pekat. Gak kaya makan agar atau puding seperti biasa, makan puding bit ini ga lahap. Mangapnya ga lebar 😀

Continue Reading