Uncategorized

Resep MPASI: Red Dragon Fruit Pudding

By on February 28, 2013
Kenzie tuh suka banget kalo makan ager atau pudding. Resep ini saya dapet dari blognya @momyanya http://www.chelseacarolina.blogspot.com/2013/01/red-dragon-fruit-pudding.html
Tapi kok susunya misah ya ngumpul di atas. Apa yang salah ya? Padahal udah ngikutin resep.
Bahan:
  1. 200 gr buah naga merah, potong kotak-kotak
  2. 100 ml air
  3. 250 ml UHT/sufor
  4. 25 gr gula pasir (<1y skip)
  5. 1/2 sdm agar-agar plain
Cara Membuat:
  1. Blender buah naga dengan 100 ml air, sisihkan
  2. Siapkan susu UHT/sufor di atas, tambahkan 1/2 sdm agar-agar plain, masak di atas api kecil hingga mendidih
  3. Tuang buah naga yang sudah di blender ke dalam agar
  4. Tuang ke dalam cetakan, biarkan sampai dingin, masukkan ke dalam kulkas.
Kenzie suka banget makan ager atau puding yang dingin.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Pangsit Ayam Tahu Kuah (1y+)

By on
Pengen bikin makanan yang gak kaya biasanya, biar Kenzie gak bosen. Setelah ngubek file milis MPASI Rumahan nemu deh resep pangsit ayam tahu kuah. Selain buat Kenzie jadi cemilan juga buat mami papi 😀 Kenzie sukaaaaa banget. Sekali makan bisa abis 4 pangsit plus pake nasi. dan inilah resepnya yang agak sedikit dimodif.
Pangsit:
Bahan:
  1. 18 lbr kulit pangsit 
  2. 100gr daging ayam cincang
  3. 2 buah tahu putih, haluskan
  4. 1/2 buah wortel ukuran sedang, parut
  5. 2 sdm oatmeal halus
  6. 1 buah daun bawang, iris tipis
  7. 2 sdm  keju parut 
  8. 2 butir telur ayam kampung (atau 1 telur ayam negri yg besar), kocok lepas
  9. 50 ml kaldu
Haluskan:

  1. 3 siung bawang merah
  2. 1 siung bawang putih
  3. Garam secukupnya
Cara:
  1. Campur dan aduk rata bumbu halus, ayam giling, tahu,wortel, oatmeal, daun bawang, keju. Tuangkan telur, aduk rata.
  2. Tuangi air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan kental saja. Jangan sampai terlalu cair jg krn kan buat isian pangsit.
  3. Ambil 1 lembar kulit pangsit, isi dengan 2 sdt adonan, rekatkan sedemikian rupa sisi2nya. Lakukan sampai adonan habis. Saya rekatkan dengan adona tepung terigu yang agak kental
  4. Masukkan ke kukusan yg sudah panaskan terlebih dahulu. kukus 15-20menit.
Kuah:
Bahan:
  1. 500cc kaldu
  2. 1 buah daun bawang, iris tipis
  3. 4 lbr daun seledri, iris tipis
  4. Garam dan gula sedikit
  5. 1 sdt ELOO u/ menumis
Haluskan:
  1. 3 siung bawang putih 
  2. Garam dan merica, sedikit saja
Cara:
  1. Didihkan kaldu, sementara itu,Panaskan ELOO, tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan ke kaldu yg mendidih. Aduk.
  2. Masukkan daun bawang dan seledri, garam dan gula.
  3. Masukkan 4-5 (atau sesuai selera) buah pangsit yg sudah dibuat sebelumnya. Didihkan sebentar sampai agak layu kulit pangsitnya. Angkat. Hidangkan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Ayam Tempe 2in1

By on

Resep dari: milis MPASI Rumahan

Bahan:

  1. 250 gram ayam kampung potong (saya pakai ayam biasa)
  2. 100 gram tempe, potong kotak kecil, goreng
  3. 50 gram buncis, potong-potong
  4. 50 gram wortel, potong-potong
  5. 700 ml air matang
  6. 3 siung bawang putih, digeprek
  7. ½ sendok teh pala bubuk (gak pake karena ga punya)
  8. ELOO untuk menggoreng 

Bumbu tambahan untuk 1th+, secukupnya:

  1. Garam
  2. Gula
  3. Merica (gak pake)

Cara membuat:

  1. Rebus ayam sampai berkaldu, tipsnya kalau mau kaldunya keluar semua, ayam potong dan air matang dimasukan bersama ke dalam panci, baru dipanaskan.
  2. Tumis bawang putih hingga wangi, tuang ke dalam rebusan ayam yang sudah mendidih.
  3. Tambahkan buncis, wortel dan tempe.
  4. Setelah sayuran matang, sisihkan ayam dan sayur untuk anak, daging ayamnya bisa disuwir kecil-kecil.  Kemudian tambahkan garam, gula, dan merica secukupnya untuk disajikan ke keluarga.

Continue Reading

Uncategorized

Happy 1st Birthday, Kenzie!

By on
19 Februari 2012 – 19 Februari 2013.
Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun..
Selamat ulang tahun Kenzie..
Selamat ulang tahun…



  • Nama: Kenzie Adla Kanandar
  • Lahir: Bogor, 19 Februari 2012
  • Jam: 02:27
  • Tempat Lahir: RSIA Hermina Bogor
  • Berat Lahir: 3140 gram
  • Panjang Lahir: 48 cm
  • Cara Persalinan: SC
  • Dokter penolong: Dr. Budi Susetyo
Kenzie sayang, mami masih inget gimana rasanya waktu detik-detik menjelang kelahiran kamu. Mami masih inget pertama kali mami liat muka Kenzie. Mami masih inget waktu pertama kali mendengar suara Kenzie. Mami masih inget waktu pertama kali menggendong kamu. Mami masih inget waktu pertama kali menyusui kamu. Semua tentang Kenzie selalu ada dalam ingatan mami.
Tak terasa sudah 1 tahun umur Kenzie. Selamat ulang tahun jagoan mami dan papi. Sudah 1 tahun Kenzie menghiasi kehidupan mami dan papi. Satu tahun kita lewati bersama. Selama 1 tahun mami dan papi selalu belajar untuk menjadi orang tua yang baik untuk Kenzie.
Doa mami dan papi selalu yang terbaik untuk Kenzie. Kenzie sehat terus ya sayang. Makin pinter. Makin sayang sama mami papi. Kenzie jadi anak yang baik ya. Kenzie harus jadi anak yang sholeh, anak yang taat agama, anak yang gak pernah ninggalin sholat dan ngaji. Insya Allah mami dan papi bakal menanamkan ilmu agama sejak Kenzie kecil. Mami gak sabar pengen liat Kenzie pakai baju koko, sarung, dan peci trus pergi ke mesjid atau tempat pengajian. Aaahh anak sholeh mami pasti ganteng deh :*
Begitu banyak perkembangan Kenzie selama 1 tahun. Mami bisa lihat perubahan wajah kamu, perkembangan tiap bulannya, mami bisa tahu apa yang Kenzie suka dan tidak suka. Selama 1 tahun mami belajar memahami Kenzie, belajar bagaimana merawat Kenzie dengan baik. 
Apa aja perkembangan Kenzie di usia 11 bulan menuju 1 tahun?
  1. Kenzie sudah bisa jalan sendiri. Horeee. Tanpa dipegangin tangannya
  2. Giginya sudah 6 sekarang. 4 gigi baru tumbuh di bagian atas depan
  3. Sudah bisa bilang “tahteh” (tante), “teteh”, “nyamnyam”, “papa”
  4. Sudah bisa ngajakin mami maen, misalnya cilukba, cing ciripit, petak umpet
  5. Suka pengen makan sendiri, nyendokin sendiri makanan ke mulut
  6. Mengerti beberapa perintah sederhana, misalnya disuruh duduk karena mau pakai sepatu, duduk, genit, dll
  7. Kalau pegang hape, langsung ditempelin ke kuping trus bilang “a-oh”
  8. Kalau pegang sisir, langsung nyisir rambut sendiri
Dan ini lah catatan milestone Kenzie selama 1 tahun:
  • 0 bulan: 3.14kg, 48cm. Disinar biru sebanyak 3x karena bilirubin tinggi (19.5mg/dl)
  • 1 bulan: 3,6kg. Mulai fokus menatap seseorang
  • 2 bulan: 4.18kg. Sudah mulai ngoceh “aaah” “uuh”
  • 3 bulan: 5.6kg. Sudah bisa tengkurap sendiri tapi masih belum bisa balikin badannya lagi. Mulai meraih benda yang ada di dekat Kenzie.
  • 4 bulan: 6.4kg. Semakin mahir tengkurap. Seru kalau diajak ngobrol
  • 5 bulan: 7kg. Mulai belajar duduk di pangkuan mami atau papi. Tengkurepnya udah jago bolak-balik
  • 6 bulan: 7.2kg/62cm. Mulai makaan, makanan pertamanya puree alpukat. . Meraih benda dengan cara gulang-guling. Bisa panggil “mama”. Rajin “onngong-onggong”
  • 7 bulan: 8.1kg/69.5cm. Sudah bisa duduk sebentar tanpa disangga. Mengerti perintah sederhana seperti “kiss-kiss”. Mulai belajar duduk sendiri dari posisi tengkurap dan belajar merangkak. Kenzie dirawat karena muntah-muntah yang bikin bb nya turuuuun dan susah naik lagi hiks 🙁 
  • 8 bulan: 7.7kg. Jago merangkak. Makin rame ngocehnya. Bisa duduk sendiri dan lamaaa
  • 9 bulan: 7.8kg/72cm. Tumbuh 2 gigi depan bawah. Udah bisa berdiri sendiri. Maunya ditatah. Jago merambat. 
  • 10 bulan: 8.4kg/74cm. Melangkahnya udah jago banget kalo dituntun. Hapal beberapa gerakan yang diajarin.
  • 11 bulan: *gak nimbang* Tumbuh 4 gigi atas bagian depan. Sudah bisa jalan sendiri tanpa dipegangin. Bisa bilang “mama”, “papa”, “mamam”, “teteh”, “tahteh” (tante)
  • 12 bulan: *belum nimbang* Mau tumbuh 2 gigi depan samping, udah mulai keliatan. 
Ulang tahun pertama Kenzie dirayain bersama keluarga mami dan papi. Semua keluarga kumpul. Mami pesen kue dengan karakter yang ada di babytv. Kenzie kan sukaaa banget nonton baby tv.
Tapi gak ada foto Kenzie, mami, dan papi disamping kue soalnya Kenzie keburu ngantuk pas mulai acaranya. Orang-orang pada potong kue eh Kenzie nya malah bobo >.<
Sekali lagi selamat ulang tahun ya jagoan mami papi. Mami papi sayaaaang banget sama Kenzie. Mami ga bisa jauh dari Kenzie. Kenzie dan papi itu segalanya buat mami.:*

Continue Reading

Uncategorized

Review MPASI 11 Bulan Kenzie

By on
Mari kita bahas MPASI 11 bulannya Kenzie. Ada beberapa bahan makanan baru yang saya kenalkan ke Kenzie.
  • Sayur: sawi putih, kangkung, dan bit
  • Ikan: ikan patin
  • Buah: semangka
Wah nemu lagi nih buah kesukaan Kenzie selain pisang. Pas baru pertama kali makan semangka, Kenzie langsung lahap makannya. Dia makan sendiri. Udah jago gigit dan ngunyah. 
Menu makannya sudah mulai saya pisah antara lauk dan nasinya. Misalnya saya bikin nasi lembek dan ikan patin kuah kuning atau nasi lembek dan tumis sayuran plus kuah kaldu. Selain itu, saya juga sudah mulai bikin makanan yang ditumis atau digoreng.
Alhamdulillah di 1 bulan ini Kenzie makannya lahap walau kadang ada gak maunya. Kenzie paling ga suka makan sayur bening bayam.
Menu favorit Kenzie: sup krim, pancake kentang keju, dan semua jenis agar atau puding. Oh iya, saya sudah mulai memakai sufor untuk bahan makanannya. Tadinya mau coba UHT tapi ga jadi deh daripada bikin Kenzie mencret mending pake sufor aja. Cari aman.
Kenzie sudah mulai pengen makan sendiri. Kalau udah ga mau disuapin biasanya saya suruh dia nyuap sendiri. Tapi tetep saya arahin tangannya, kalo gak gitu makanannya ga masuk ke mulut. Hahaha
Berikut beberapa menu MPASI 11 bulannya Kenzie:

Resep MPASI nya Kenzie hampir semuanya saya dapat dari milis MPASI Rumahan, blog chelseacarolina.blogspot.com , dan dari sumber lainnya.

Sekarang Kenzie sudah 1 tahun, lebih banyak menu yang harus dicoba. Selain itu, pemakaian gula dan garam juga sudah diperbolehkan. Saya sudah mulai pakai gulgar tapi cuma sedikiiiiiiiit bgt. Cuma syarat aja. Hehehe.
Saya harus tetap bisa bikinin makanan yang sehat dan bergizi untuk Kenzie. Bahagia banget rasanya saat Kenzie bilang “mamam mamam” minta disuapin karena ga sabar pengen makan. Trus makannya lahap sampe ludes yang ada di piring, waaaaah seneeeeeng banget rasanya.
Kenzie harus makan yang banyak ya biar mami makin semangat masakin buat Kenzie :*

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Jagung Bola Wortel

By on February 26, 2013

Bahan:

  • Kuah
  1. 1 sdm unsalted butter
  2. 1/2 bawang bombay, cincang halus
  3. 1 bh jagung manis, parut
  4. 1 sdm daun bawang cincang
  5. 2 sdm kacang polong beku (saya gak pakai)
  6. Air kaldu secukupnya
  • Bola wortel
  1. 100 gr daging ayam cincang
  2. 100 gr wortel parut halus
  3. 1 kuning telur ayam
  4. 2 sdm tepung terigu
Cara Membuat:
  1. Bola wortel: campur semua bahan lalu bentuk bola-bola kecil. Rebus terlebih dahulu selama 15 menit
  2. Tumis bawang bombay
  3. Masukkan jagung parut, air kaldu, dan daun bawang. Didihkan
  4. Masukkan bola wortel, masak hingga mengapung
  5. Tambahkan kacang polong
  6. Sajikan
Kenzie suka sama makanannya. Lahaaap…

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Puding Marie

By on February 14, 2013

Kemarin Kenzie gak mau makan puding bit. Hari ini coba bikin puding marie. Semoga Kenzie suka yaa.. 🙂

Bahan:

  1. 6 bh biskuti marie (saya pakai merk promina)
  2. 1 sdm agar-agar plain
  3. 250 ml sufor/UHT
Cara Membuat:
  1. Hancurkan biskuit mari dengan air
  2. Campur agar-agar plain dengan sufor/UHT masak di atas api kecil sampai mendidih
  3. Tambahkan biskuit marie yang sudah dihancurkan, aduk rata
  4. Tuang ke dalam cetakan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bakwan Panggang Tahu Ikan

By on

Resep kedua dengan bahan ikan patin. Resep dari milis MPASI Rumahan.

Bahan:

  1. 100 gr tahu putih
  2. 100 gr fillet ikan cincang
  3. 50 gr wortel, parut
  4. 50 gr jagung manis, serut
  5. 1 sdt daun bawang cincang
  6. 2 sdm tepung terigu
  7. 1 btr kuning telur
  8. 1/2 sdt bawang putih parut
  9. 3 sdm keju parut
Cara Membuat:
  1. Siapkan kukusan, panaskan
  2. Haluskan tahu, campur dengan ikan, wortel, jagung manis, daun bawang, tepung terigu, kuning telur, bwang putih, dan keju.
  3. Bentuk adonan, kukus selama 20 menit
  4. Panggang adonan di teflon sampai kedua sisi berwarna kecoklatan

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Ikan Patin Kuah Kuning

By on
Udah lama banget Kenzie gak makan ikan. Akhirnya beberapa hari yang lalu Kenzie nyoba makan ikan patin. Lagi dan lagi resep yang saya tulis disini saya dapat dari milis MPASI Rumahan . Disitu tuh surganya buat para mommy yang mau bikin makanan sehat dan bergizi untuk anaknya. Ada banyak bangeeet resep disana. 
Oh iya, Kenzie suka loh sama ikan patin kuah kuningnya. Mulutnya mangap lebaar tiap disuapin. Hihihi. Ini nih kebahagiaan seorang ibu, salah satunya saat anak lahap makan makanan yang dibuat sendiri. Udah dibuat pake cinta eh si anak seneng makannya. 🙂
Bahan:
  1. 40 gr ikan laut/tawar
  2. 1 siung bawang merah, iris
  3. 1 siung bawang putih, iris
  4. 1 lbr daun salam
  5. 1 cm jahe, iris
  6. 1 cm kunyit, iris
  7. 1/4 tomat sedang, iris
  8. 1/2 bh jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  9. 70 ml air
Cara membuat:
  1. Ikan dilumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 10-15 menit, lalu cuci kembali agar ikan tidak terlalu asam
  2. Panaskan kukusan
  3. Tata semua bahan di atas wadah tahan panas
  4. Tambahkan 70 ml air
  5. Kukus kurleb 25 menit

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Kaserol Bit

By on
Resep kedua yang saya coba dengan bahan dasar bit, yaitu kaserol bit. Resep masih dari milis MPASI Rumahan. Kali ini Kenzie suka sama kaserol bitnya. Lahaaaapp makannya. Yeaaay!
Bahan:
  1. 1/2 bh bit, kukus, haluskan
  2. 1 bh kentang, kukus, haluskan
  3. 1 sdm daging ayam cincang kukus
  4. 1 btr kuning telur
  5. 1/2 sdt bawang bombay parut
  6. 1/2 sdt bawang putih parut
  7. 30 l air kaldu
  8. 1 sdt ELOO
Cara Membuat:
  1. Panaskan kukusan
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan ELOO, tambahkan daging ayam cincang
  3. Siram dengan air kaldu, matikan api.
  4. Tambahkan bit, kentang, dan kuning telur.
  5. Taruh di wadah tahan panas
  6. Kukus kurleb 20menit

Continue Reading