Uncategorized

Resep MPASI: Setup Makaroni

By on January 28, 2013

Bahan:

  1. 2 sdm makaroni
  2. 1 sdt ELOO
  3. 1 siung bawang merah kecil, iris tipis
  4. 1 siung bawang putih kecil, iris tipis
  5. 1 sdm daging sapi cincang
  6. 50ml air kaldu
  7. 2 sdm keju parut
  8. 1 sdm seledri cincang
  9. 2 sdm oatmeal halus
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni sampai empuk
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan ELOO sampai harum, masukkan daging sapi cincang. Masak sampai matang
  3. Larutkan 2 sdm oatmeal dengan 50ml air kaldu. Tambahkan ke dalama tumisan
  4. Masukkan makaroni, aduk rata
  5. Tambahkan keju dan seledri cicang, masak sampai matang
Menu ini untuk sarapannya Kenzie. Alhamdulillah Kenzie suka. Habis bersih ga ada yang tersisa di piring. Heheh.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Pancake Kentang Keju

By on January 25, 2013
Bahan:
  1. 1 buah kentang, kukus, haluskan
  2. 2 sdm tepung terigu
  3. 1 btr kuning telur
  4. 50 ml air kaldu
  5. 2 sdm keju parut
  6. 1 sdm unsalted butter cair
Cara Membuat:
  1. Campurkan semua bahan, lalu masukkan air kaldu terakhir sedikit demi sedikit sampai kekentalannya sesuai. jangan terlalu cair.
  2. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan. Masak sampai kecoklatan
Kenzie super suka sama pancakenyaaaa. 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Review MPASI 10 Bulan Kenzie

By on
Mari kita mulai review MPASI 10 bulannya Kenzie. Gak banyak jenis makanan baru di MPASI 10 bulan. Masih pakai bahan-bahan yang sama. Saya jarang ke spm, jadi cuma beli bahan makanan di warung yang itu lagi itu lagi 🙁 
Bubur instan kadang masih suka saya kasih kalau saya ga sempet masak untuk sarapan. Selain itu, Kenzie GTM juga :(( cuma mau bubur instan. Hiks. Gak apa-apa lah daripada dia ga mau makan. Tapi jarang kok makan bubur instannya.
Disaat Kenzie GTM itu perjuangan banget deh. Puter otak cari resep yang kira-kira bakal lahap di makan. Kenzie gak mau makan bubur nasi atau nasi lembek. Tapi begitu makan gravy, sup krim, dan bubur instan makannya bisa lahap. Yang paling lahap itu makan sup krim. Yang biasanya makan paling banyak 1/2 mangkok bayi, ini bisa abis 1 mangkok loh. Ternyata eh ternyataaa, Kenzie mau tumbuh 2 gigi atas bagian depan. Udah keliatan giginya sekarang. Kenzie mau makannya yang lembut, gak mau makanan keras yang harus ngunyah dulu. Dan akhirnya Kenzie makannya jadi turun tekstur dulu nih. Sempet saya blender juga buburnya sampai halus. Tapi kalo sekarang ga diblender lagi buburnya. Trus ya kalo lagi ga mau makan, makannya disembur-sembur. Huaaa kadang saya suka kesel. Hiks.. Bener-bener deh perjuangan ngasih makan disaat anak lagi GTM.
Saya mengenalkan beberapa bahan makanan untuk MPASI 10 bulannya Kenzie. Apa aja? Bisa diliat disini.
Warna ungu bahan makanan yang baru saya kenalkan
Sampai usia Kenzie 10 bulan dan sekarang 11 bulan, saya masih bikin jadwal dan menu MPASI yang saya tempel di kulkas. Menu MPASI nya sih saya bikinnya dadakan, ga saya bikin dari jauh hari. Hehehe. Catatan ini berguna banget buat saya. Dari catatan itu saya bisa tau makanan apa yang bikin pup kenzie keras, makanan apa yang jadi pencetus alergi, selama seminggu Kenzie sudah makan apa saja jadi di minggu berikutnya saya harus bikin menu yang baru supaya Kenzie gak bosan, dll.
Saya juga gak lupa memindahkan catatannya ke file excel. Kalau kertas bisa ilang soalnya atau kadang lupa nyimpen dimana. Hehe. Ini menu dan jadwal MPASI 10 bulan Kenzie.
Hmmm sebenernya jadwal dan menu MPASI nya Kenzie ini belum bagus untuk dicontoh. Hihihi. Masih belum jago saya dalam masalah perMPASIan ini. Saya cuma mau share aja. 😀 Kenzie juga udah jarang pake aturan tunggu 4 hari. Soalnya masaknya itu-itu aja. Hehe. Udah lulus aturan tunggu 4 hari. Artinya bahan makanan itu ga bikin Kenzie alergi. 
Beberapa menu MPASI Kenzie:
Menu favorit di MPASI 10 bulan ini adalah: Tim roti pisang/apel keju, bubur makaroni, dan sup krim ayam.
Okeee.. begitulah MPASI 10 bulannya Kenzie. Semoga saya bisa lebih baik lagi di MPASI 11 bulan. Semoga bermanfaat buat yang baca 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Horeee.. Kenzie Sudah 11 Bulan!

By on January 20, 2013
Selamat ulang bulan ke 11 jagoan mami :* Huaaa.. anak mami sudah besar. Bulan depan sudah 1 tahun. Kenzie, ga kerasa mami udah ngerawat Kenzie selama 11 bulan. Dari seneng, kesel, sedih, mami laluin sama Kenzie. Seneng kalo liat Kenzie ketawa, Kenzie nunjukin perkembangan barunya, dan Kenzie lahap makan masakan mami. Kesel kalo Kenzie lagi susah mamam, kalo Kenzie sembur-sembur makanannya 🙁 Sedih kalo Kenzie lagi sakit :(( Tapi mami bahagiaaa banget bisa ngurus Kenzie. Mami sendiri loh yang ngurus Kenzie. Papi juga bantu kok, tapi porsi mami lebih besar. Hihihi.
Kenzie makin banyak gayanya, makin banyak tingkahnya, makin banyak maunya. Hihihi. Kenzie juga makin pinter kok. Pinteeer banget.

  • Berat badan Kenzie alhamdulillah naiknya banyak. Mami seneeeng
  • Kenzie makannya sudah mulai pakai nasi lembek
  • Kenzie udah jago bangeeet merambatnya
  • Sudah bisa berdiri sendiri tanpa pegangan
  • Sudah mulai jalan sendiri beberapa langkah. Tapi Kenzie kadang masih suka takut nih kalau di lepas tangannya
  • Maunya jalaaan terus walaupun itu di dalem rumah. Maunya dituntun kesana-sini
  • Kalau minta dituntun pasti Kenzie nempel-nempelin badannya ke mami sambil berdiri trus megangin tangan mami
  • Sudah mulai bisa turun sendiri dari tempat tidur
  • Tiap hari mami ngajarin Kenzie baca buku yang isinya cuma gambar-gambar aja. Kenzie udah tahu kalo ditanya mana ikan, kepiting, kura-kura, dan kerang. Kenzie tunjuk binatangnya.
  • Kenzie juga sudah hapal dengan muka mami dan papi di foto. Kalau ditanya mana mami dan mana papi, Kenzie tunjuk foto dengan benar
  • Setiap dengar musik, kepala dan tangan Kenzie langsung goyang. Lucu deh kalao ditambah sama ekspresi genitnya
  • Kenzie sudah bisa gerakan sholat. gerakan takbir sambil mengangkat kedua tangan lalu melipat kedua tangan di depan perut. Kalao mami bilang “Allahu Akbar” pasti Kenzie langsung ngelakuin gerakan sholat
  • Bisa main cing ciripit. jari telunjuknya ditaro di telapak tangan
  • Kalau urusan nempel sama mami sih masih. Malah makin lengket. Maunya sama mami terus.
  • Sudah bisa nyari “engeh” (mimi) dimana. Kalau udah mau engeh langsung deh nyari engehnya, narik-narik baju mami sambil nempelin mukanya ke dada trus langsung ngerebahin diri di tangan mami.
Masih banyak tingkahnya Kenzie, banyak kalau diceritain satu-satu. Gak kerasa ya nak kamu sekarang sudah besar. Gak kerasa juga mami sudah menyusui kamu selama sebelas bulan. Satu bulan lagi genap mami menyusui kamu selama setahun. Perjuangan banget. 
Kenzie, Kenzie harus tambah pintar ya. Sehat selalu. Makan yang banyak. Cepet ngomong dan cepet jalan. Mami dan papi selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk Kenzie. Mami dan papi sayang Kenzie :*

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sop Bihun Ayam

By on

Bahan:

  1. Bihun secukupnya
  2. 1 sdm daging ayam cincang
  3. 1 ruas wortel, potong kecil-kecil
  4. 1 bh buncis, iris tipis
  5. 1 siung bawang merah, cincang
  6. 1 siung bawang putih, cincang
  7. 1 sdt ELOO
  8. 100 ml air kaldu
Cara Membuat:
  1. Rebus bihun sampai lunak, tiriskan, lalu potong-potong menggunakan sendok agar bihun menjadi potongan kecil
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan menggunakan ELOO sampai wangi
  3. Masukkan daging cicang, tambahkan air kaldu
  4. Masukkan sayuran, masak sampai matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep: Bubur Makaroni

By on
Bahan:
  1. 50 gr makaroni
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. 50 gr daging ayam cincang
  4. 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  5. 150 ml kaldu ayam
  6. 10 lbr daun bayam, cincang halus
  7. 2 sdt keju parut
  8. 1 sdt ELOO
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni sampai lunak, angkat, tiriskan
  2. Panaskan ELOO lalu tumis bawang bombay
  3. Tambahkan daging ayam cincang, lalu masukkan kaldu
  4. Masukkan bayam, masak hingga matang
  5. Tuang larutan maizena, masak hingga mengental
  6. Masukkan makaroni
  7. Sajikan lalu taburi dengan keju
Waaahh. Kenzie lahaaap banget makannya. Makaroninya gak saya hancurin, tapi saya rebus sampe lunaaak banget jadi Kenzie tinggal kunyah sedikit aja..

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Krim Ayam

By on January 7, 2013
Ini dia salah satu menu yang berhasil di lahap sampai ludes sama Kenzie saat lagi GTM. Pastinya resep ini saya dapet dari milis MPASI Rumahan. Tapi biasa ada yang saya modif sedikit. Hehehe.
Bahan:
  1. 150 gr daging merah cincang (saya ganti pakai daging ayam cincang)
  2. 50 gr wortel, potong kecil, kukus
  3. 100 gr kentang, ptong kecil, kukus
  4. 1 sdm potongan daun bawang dan seledri
  5. 400ml air matang
  6. 2 sdm bawang bombay cincang
  7. 1 siung bawang putih, cincang
  8. 1 sdm munjung tepung terigu
  9. 3 sdm unsalted butter utk menumis
  10. 1 sdm keju parut
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay lalu bawang putih
  2. Masukkan daging, masak sampai daging berubah warna
  3. Tambahkan 1 sdm munjung tepung terigu, aduk cepat
  4. Tambahkan 400ml air sedikit demi sedikit sambil di aduk, lalu air akan mengental
  5. Masukkan potongan wortel, kentang, daun bawang, seledri, dan keju parut
  6. Masak sampai matang
  7. Setelah agak dingin sup krim ayam bisa diblender
  8. Sajikan hangat
Saya sih numisnya pake ELOO. Menurut saya lebih enak pake ELOO daripada unsalted butter. Wangi unsalted butter terlalu menyengat. Gak boong deh rasanya enaaaak banget. Maminya aja suka. Hehe. Kalo untuk saya tinggal tambaj merica rasanya udah enak banget. Rasa gurih di dapet dari keju.

Continue Reading

Uncategorized

Cemilan: Agar-Agar

By on January 6, 2013
Beberapa waktu yang lalu janji mau share resep agar-agar labu parang. Yuks diliat resepnya. 
~ Agar-Agar Labu Parang ~


Bahan:
  1. 1/2 sdt agar-agar plain
  2. 200ml air
  3. 100 gr labu parang, kukus
Cara membuat:
  1. Blender labu parang yang sudah dikukus dengan menambahkan sedikit air
  2. Masak 1/2 sdt agar-agar dengan 200ml air di atas api kecil sampai mendidih
  3. Setelah matang diamkan sebentar lalu campur dengan labu parang
  4. Taruh di cetakan, masukkan ke dalam kulkas
Rasanya manis. Padahal gak pake gula. Kenzie juga suka sama agar-agarnya. Lahap makannya.
Saya bikin agar-agar lagi dengan resep yang sama, hanya saja labu parangnya saya ganti dengan buah melon.
~ Agar-Agar Melon ~

Kenzie juga suka sama agar-agar melonnya.. 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tim Hati Ayam Tahu Telur (10m)

By on
Masih dalam rangka GTM nya, saya coba bikin makanan yang mengenyangkan tapi ga pake bahan nasi. Dapet resep Tim Hati Ayam Tahu Telur dari milis MPASI Rumahan.

Bahan:

  1. 1 keping hati ayam, cuci bersih kemudian potong kecil-kecil
  2. 1/2 potong tahu sutra, haluskan (saya pakai tahu biasa)
  3. 1 sdm wortel parut
  4. 1 sdm apel parut (saya gak pake)
  5. 1 btr telur, kocok rata (cuma pake kuningnya)
  6. 1 siung bawang putih, cincang
  7. 1 siung bawang merah, cincang
  8. 50 gr keju parut
  9. sejumput merica (gak pake)
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dan bawang merah
  2. Campur tumisan bawang dengan tahu, wortel, apel, hati ayam, dan telur. 
  3. Tambahkan keju parut dan merica, aduk rata
  4. Kukus sampai matang
Kenzie mau makan ini walaupun gak terlalu lahap.

Continue Reading

Uncategorized

Kenzie Menjalankan Aksi GTM nya

By on
GTM, Gerakan Tutup Mulut. Pfft udah hampir 1 minggu lebih Kenzie GTM. Tapi GTM nya cuma sama bubur nasi aja. Tiap dibikinin bubur tim, mulutnya rapet pet pet pet. Susaaah banget ngebujukin dia makan. Di rayu-rayu, naik sepeda, sambil nonton tv, disuapin sama yang lain, teteeeep susah. “Kenzieee,aaaa, ayok nih mamam. Ayok buka mulutnya yang lebar” Tuh mulut langsung rapet banget. Muka melengos ke kiri ke kanan menghindari sendok. Pas bilang “nih enum (minum) dulu” langsung minum dia. Glek glek glek. Kalo nggak nih, makanannya udah di dalem mulut, eeeh dia sembur-sembur sambil ketawa. Duh! 
Kadang saya suka kesel juga sih pas Kenzie nolak makan kaya gitu. Ya gimana ngga, udah dimasakin dia ga mau makan. Mana dia harus ngejar berat badannya yang masih kurang di umurnya yang 10 bulan. Mau ngejar berat badan eh dia malah GTM. Huks!
Mungkin Kenzie bosen kali ya makan bubur tim yang dicampur-campur gitu. Ya mungkin aja sih, dari umur 7 bulan lebih makannya begituan terus >.<
Kalau makan cemilan, oat pake sayur atau buah, dia mau. Nah berarti beneran bosen nih sama bubur nasi. Beberapa makanan yang dicoba selain bubur nasi sih dia mau. Jadi saya harus puter otak nyari-nyari resep untuk anak yang lagi GTM. Milis MPASI Rumahan lah tempatnya. Yup, disinilah sumber ide saya untuk memasak MPASI Kenzie. Nemu deh  beberapa menu untuk anak yang lagi GTM. Beberapa di antaranya berhasil. Yeaaay!!
Untuk mengatasi GTM nya, saya harus cari tahu makanan apa aja yang Kenzie suka. Selain itu kalau dia ga mau makan banyak, saya kasih cemilan padat kalori. Saya kasihnya sering tapi porsinya sedikit-sedikit. Jadi Kenzie tetep makan.
Saya juga tetap bikinin bubur nasi. Misalnya 2 hari saya bikin makanan tanpa bahan nasi, di hari ketiga baru saya bikin bubur nasi. Saya gak mau nanti Kenzie bener-bener gak suka sama makan nasi. Ngeri juga kalo dia sampe gede gak mau makan nasi. Semoga ngga, amin!
Sekarang saya masih berjuang mencari ide-ide menu untuk Kenzie dan harus sabar ngadepin Kenzie kalo dia nutup mulutnya rapet-rapet. *kencangkan ikat kepala* Harus semangat. Gak boleh males bikin makanan untuk Kenzie. Semangaaaat!
Kenzie harus makan yang banyak yaa. Biar sehat dan berat badannya cepet naik. Mami masakin makanan yang Kenzie suka :*

Continue Reading