Uncategorized

Resep MPASI: Labu Parang

By on
Apa sih labu parang itu? Itu loh labunya halloween. Hehe. Ini dia penampakannya:
Nah dari labu parang ini bisa dbikin berbagai macam menu. Ini beberapa menu yang saya bikin pake labu parang.
Cemilan: Labu Parang Kukus Tabur Keju
Bahan:
  1. 50gr labu parang
  2. 1sdt keju parut
Cara Membuat:
  1. Kukus labu parang selama 10 menit, hancurkan menggunakan sendok
  2. Taburi keju parut di atasnya, aduk
Rasanya manis dan gurih. Enak deh.. Kenzie suka 😉
Sop Labu Parang

Bahan:
  1. 1 siung bawang putih cincang
  2. 1 sdt ELOO
  3. 100gr labu parang, potong dadu kecil
  4. 50 gr daging cincang yg susah dikukus
  5. 400 ml air kaldu
  6. 1sdt keju parut
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih sampai wangi
  2. Masukkan daging giling, masak sebentar
  3. Masukkan labu parang dan kaldu, masak sampai empuk
  4. Setelah matang campurkan keju parut, aduk-aduk
Sop labu parang dimakan pakai bubur nasi polos. Sayang Kenzie gak terlalu suka. Dia lebih suka labu parang kukus tabur keju.
Labu parangnya masih ada sedikit lagi. Sepertinya mau dibikin agar-agar labu parang. Nanti setelah dibikin saya share lagi resepnya 😉

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASi: Tim Roti Pisang Keju

By on
Menu ini jadi menu favorit baru Kenzie. Kenzie lahap banget kalo makan pisang. Makanan ini bisa untuk sarapan dan juga cemilan. Menu seperti biasa didapat dari milis MPASI Rumahan 😉
Bahan:
  1. 3 lbr roti gandum, buang pinggirnya, potong dadu kecil
  2. 120ml susu UHT/sufor (gak pake, diganti air matang)
  3. 1 bh pisang, ambil bagian daging luar potong dadu kecil (bisa diganti buah apel)
  4. 2sdm keju parut
  5. 1btr kuning telur, kocok
Cara Membuat:
  1. Tata potongan roti gandum di atas pinggan tahan panas/ wadah aluminiumfoil, siram dengan susu cair (air), diamkan sebentar agar meresap
  2. Aduk-aduk hingga susu (air) tercampur rata, tambahkan kuning teluryang sudah dikocok, aduk rata
  3. Campurkan pisang, aduk rata
  4. Ratakan permukaan adonan, taburi dengan keju parut
  5. Kukus kurleb 45 menit
Note: setelah dingin bisa dimasukkan ke dalam kulkas untuk cemilan
Karena saya ga punya pinggan anti panas atau wadah aluminium foil, cuma punya kertas aluminium foil, jadinya bikin sendiri dibentuk-bentuk gitu. Agak berantakan wadahnya. Hehehe.

Continue Reading

Uncategorized

Yippiiie, Kenzie sudah 10 Bulan

By on December 18, 2012
Hai my boy, selamat tanggal 19, selamat ulang bulan, selamat 10 bulan. Yippiiee hari ini Kenzie 10 bulan. Waktu cepat banget berlalu. Rasanya mami baru aja ngelahirin kamu nak. Jaitan bekas operasai caesar aja masih suka kerasa nyut-nyutan. Hehehe. Dua bulan lagi Kenzie 1 tahun. Cepat sekali kamu tumbuh besar.
Kenzie makin besar, makin lucu, makin pintar, makin banyak tingkahnya, dan makin ga mau diem. Kenzie maunya maiiin terus. Kalau bobo siang cuma sebentar.
Alhamdulillah di usia 9 bulan ke 10 bulan Kenzie sehat. Kenzie ga ngalamin sakit. Seterusnya seperti itu ya nak, sehat selalu. Tapiiiiii pas ditanggal 12-12-2012 ada kejadian bersejarah loh, hari itu Kenzie terjun bebas dari tempat tidur. :(( Kasiannya anak mami. Kenzie nangis kejer dan ada benjol di belakang kuping. Tapi Kenzie pinter nangisnya cuma sebentar abis itu langsung aktif lagi. Udah ya nak jangan pernah jatoh lagi. Amiiin.
Apa aja ya perkembangan Kenzie di usianya yang ke 9 bulan?
  • Udah lancaaaar banget merangkaknya. Udah bisa ngejar mami/papi. 
  • Duduknya udah jago. Udah gampang kalau mau duduk
  • Maunya di tatah terus. Udah ga betah kalau digendong lama-lama
  • Udah jago merambatnya
  • Kenzie sudah punya gigi sekarang. Horeeee.. Gigi bawah sudah tumbuh 2 di depan
  • Daya tangkap Kenzie bagus. Sekali diajarin gerakan untuk sebuah lagu, Kenzie bisa langsung ngikutin. Setiap dinyanyiin lagu itu Kenzie hapal gerakannya.
  • Sudah hapal jam makan. Setiap jam 7 pagi, 12 siang, dan 4 sore pasti Kenzie teriak “mamam”. Baru berenti kalau makanan udah masuk mulut. Hihihi
  • Makin seneng manjat jendela. Dan itu jadi ritual sebelum tidur, mau tidur siang atau tidur malem. Pasti aja menjat jendela dulu.
  • Kenzie seneng kalau ada temennya. Dia ajak ngobrol pakai bahasa bayi dan bakal protes kalau temennya itu pulang. Biasanya teriak atau nangis.
  • Kenzie mulai ngacak barang. Liat barang di meja atau dimana aja pasti langsung di ambil.
Semoga Kenzie bisa jalan ya sebelum umurnya 1 tahun. Makin pinter, cepet bisa ngomong juga. Terus jangan cepet ngambek :p hehehe.
Sehat selalu ya nak. Mami papi doain yang terbaik buat Kenzie.
Love u :*

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Smoothy Puding w/ Mango Sauce

By on
Lagi semangat banget nih bikin cemilan yang oke buat Kenzie. Mudah-mudahan ga cuma sebentar ya semangatnya. Hihihi. Kali ini saya bikin smoothy puding with mango sauce. Tadinya cuma mau bikinin jus aja buat Kenzie, tapi kok kepengen bikin yang beda, tapi bahannya masih tetep pake buah. Nemu deh resep ini pas lagi baca-baca milis MPASI rumahan. Di resepnya sih gak pake mango sauce. Ini saya tambahin sendiri biar ada rasa manisnya. Soalnya puding ini gak pake gula jadi ga ada rasa manisnya.
Bahan:
  1. 100 gr wortel manis, kukus
  2. 100 gr pear xiang-lie (saya ganti dengan melon)
  3. 150ml air
  4. 250 ml susu UHT/santan (saya pakai santan, kalau ga pake susu UHT/santan pun bisa)
  5. 1/2 sdt agar-agar plain
  6. 10 gr gula pasir (under 1y skip)
Cara Membuat:
  1. Blender halus wortel, pear/melon, dan air, sisihkan
  2. Masak di atas api kecil, susu UHT/santan, gula, dan agar-agar plain, aduk-aduk sampai mendidih, angkat
  3. Campur rata dengan hasil blenderan
  4. Tuang ke dalam cetakan , tunggu sampai dingin, dan siap disajikan
Hasilnya lembuuut banget, malah gampang hancur kalau menurut saya. Kalau mau lebih kenyal tinggal dikurangi aja airnya.
Untuk mango sauce tinggal blender aja buah mangga yang manis.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Perkedel Ayam – Sayur Sembunyi + Keju (9m+)

By on December 17, 2012
Binguuung banget mau bikin cemilan apa buat Kenzie. Pengennya sih yang tinggal kukus-kukus aja, tapi bahannya gak ada. Belom sempet ke supermarket. Pengen banget ngasih cemilan yang sehat buat Kenzie. Biar berat badannya cepet naik. Ya udah deh ngubek-ngubek blog dan milis MPASI Rumahan. Nemu deh resep perkedel ayam – sayur sembunyi + keju. Bahan-bahannya gampaaang banget. Cara bikinnya juga gampang. Cemilan yang padat gizi. Sayang kejunya keabisan, jadi ga pake keju deh. Hiks.
Bahan:
  1. 100 gr dada ayam cincang, kukus terlebih dahulu
  2. 3 bh kentang, kukus, haluskan
  3. 1 bh wortel, parut dengan parutan keju, kukus, haluskan
  4. beberapa kuntum brokoli, cuci bersih, kukus, cacah halus (gak ada brokoli, jadi pakai bayam)
  5. 100 gr keju parut, bisa juga dikurangi (gak pake karena keabisan >.<)
  6. 1 siung bawang putih, parut
  7. 1 kuning telur
Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan jadi satu dan halus
  2. panaskan pan anti lengket, oleskan sedikit minyak secara rata. 
  3. Ambil sesendok adonan perkedel, pipihkan di atas wajan
  4. “Panggang” perkedel sampai memadat dan agak kecoklatan
  5. Angkat, tunggu sampa agak dingin dan siap dijasajikan

Makanan ini bisa juga dijadikan makanan utama

Reaksi Kenzie: Walaupun ekspresinya aneh pas nyuap, tapi dia lahap makan perkedelnya. Setiap makan kentang pasti kaya gitu ekspresinya. Hehe 

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Tahu Ayam + Wokini Kukus

By on December 11, 2012
Aduuh kemarin tuh keabisan ide bikin menu makannya Kenzie >.< Lagi ga sempet juga nyari-nyari resep baru. Di rumah masih ada zucchini/sukini. Pengen bikin menu yang gak dicampur-campur sama buburnya. Jadi kaya orang dewasa gitu. Bubur, sayur, dan lauk terpisah. Bikin apa ya yang gampang tapi komposisinya lengkap? Tiba-tiba kepikiran bikin sup tahu ayam, trus sayurnya dikukus terpisah aja deh. Zucchini nya campur wortel aja.  Jadi deh wokini kukus, Wortel zucchini kukus. Hahaha. Ngarang abis 😀 Yuk mariii kita bikin 😀
~Bubur~
Buburnya polos aja
~Sup Tahu Ayam~

Bahan:
  1. 1/2 sdt ELOO
  2. 1sdt bawang bombay cincang
  3. Tahu putih secukupnya, potong dadau kecil-kecil
  4. 2 sdm daging ayam cincang
  5. 3 lembar daun seledri, cincang
  6. 150ml kaldu/air biasa
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang bombay sampai wangi
  2. Masukkan daging ayam, masak sebentar
  3. Tambahkan air kaldu
  4. Masukkan tahu dan daun seldri, masak sampai matang

 ~Wokini Kukus~




Bahan:
  1. Wortel secukupnya, parut
  2. Zucchini secukupnya, parut
Cara Membuat:
  1. Kukus semua bahan selama 5 menit
Reaksi Kenzie: Kenzie suka sama menu ini. Banyak juga makannya
Hari ini menu sup tahu ayam masih sama cuma sayurnya diganti sama labu siam dan jagung manis. tapi sayang kenzie ga suka. Makannya ga lahap. Huks. Besok harus cari ide menu lainnya nih.. semangaaaaaaatt…

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Makaroni Saus Keju

By on December 10, 2012
Ini dia satu lagi menu sarapan favorit Kenzie.
Bahan:
  1. 2 sdm makaroni + air utk merebus
  2. 200 ml kaldu ayam
  3. 2 sdm kabocha parut
  4. 1 sdm keju parut
  5. 1 sdt bawang bombay cincang
  6. 2 sdm daging sapi/ayam cincang
  7. brokoli 2-3 kuntum (gak pake karna ga ada :D)
  8. 1 sdt ELOO
  9. 1 kuning telur kocok
Cara Membuat:
  1. Rebus makaroni dengan air selama kurleb 10 menit. Sisihkan lalu haluskan dengan saringan kawat
  2. Tumis bawang bombay dengan ELOO, masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna
  3. Masukkan kaldu, kabocha parut, dan keju parut
  4. Masukkan kocokan telur, kemudian masukkan brokoli
  5. Masak sebentar sampai matang
  6. Siramkan saus keju di atas makaroni
Reaksi Kenzie: Waaaahhh Kenzie sukaaa banget sama menu ini. Lahap hap hap. Gak muncul tanda alergi juga setelah makan kuning telur.
Pengenalan makan telur dimulai dengan kuning telurnya terlebih dahulu. Dari info yang saya dapat setelah ikutan #KelasMPASI nya AIMI ASI, ternyata putih telur lebih banyak mengandung bakteri.
Nah, saya masak saus kejunya kebanyakan, jadi pas siangnya saya pakai aja untuk lauknya. Buburnya sapa pakein hati ayam. Gak kalah lahap makannya. Seneng deh liat anak lahap makannya 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tim Hati Ayam+Bayam

By on December 5, 2012

Bahan:

  1. 1 genggam beras
  2. Air
  3. 100ml kaldu
  4. 1 buah hati ayam, cincang (kalau saya, hati ayam direbus bersama daun salam, 1cm jahe, dan 1btg sereh terlebih dulu selama 15menit. biar hatinya gak bau amis)
  5. Tempe secukupnya, cincang
  6. 6 lembar daun bayam, cincang
  7. 1 sdt keju parut
Cara Membuat:
  1. Rebus beras bersama kaldu, air, hati ayam, dan tempe, masak sampai menjadi bubur
  2. Tambahkan bayam dan keju parut
  3. Masak sampai semuanya matang

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Soup Veggie

By on December 4, 2012
Umur Kenzie sudah 9m+, jadwal makannya mau saya rubah, 3 kali makan padat dan 1-2 kali cemilan. Nah, tadinya kan sarapannya Kenzie makan buah yang dicampur oatmeal atau hanya buah saja sekarang buahnya mau saya jadikan cemilan. Jadi, sarapannya mulai makanan padat. Hari ini saya coba bikin soup veggie. Resepnya saya dapat dari milis MPASI Rumahan tapi udah saya modif sedikit 😀
Bahan:
  1. 1 sdt ELOO
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. Brokoli secukupnya, ambil bagian bunganya saja, cincang
  4. Wortel secukupnya, parut
  5. Kentang secukupnya, parut
  6. Tempe secukupnya, cincang
  7. 2 sdm daging ayam cincang
  8. 100 ml air/kaldu
  9. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air matang
  10. 1 sdt keju parut
Cara Membuat:
  1. Kukus semua sayuran
  2. Tumis bawang bombay dengan ELOO sampai wangi, tambahkan daging ayam cincang dan sayuran yang sudah dikukus
  3. Masukkan 100ml air/kaldu, kemudian masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit
  4. Tambahkan keju, aduk-aduk, masak sampai mengental dan matang
Rasanya enaaak. Gurih. Saya aja suka. Semenjak masak menu MPASI pakai ELOO dan keju rasanya jadi lebih enak 😉
Reaksi Kenzie: Kenzie suka sama soup veggie. Minta disuapin terus 😀

Continue Reading