Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Resep MPASI: Bubur Salmon Sayur

November 29, 2012
Bosen dengan bahan makanan yang itu-itu aja. Nah pas belanja bulanan kemarin liat ikan salmon. Ya udah deh beli. Lagian Kenzie belum pernah nyoba makan ikan. Padahal belum cari resep yang pakai ikan salmon >.< Daaan pas baca-baca di milis, ada orang yang bilang klo ikan salmon itu high alergen, kenapa ga coba ikan tawar aja dulu untuk pertama kali. Doh! Mana Kenzie alergi lagi. Maminya makan udang atau ikan asin pasti muncul bintik-bintik merah kaya biang keringat di lengannya. Tapi bahan udah dibeli ya kita coba aja. Semoga gak muncul tanda alergi 😉
Setelah ngubek-ngubek milis akhirnya ketemu deh resep ikan salmon. Ternyata banyak. Tapi cuma dua resep yang paling mudah yang saya pakai 😀 Bubur salmon sayur dan tim salmon. Yuk kita bahas resep bubur salmon sayur. Menu ini untuk usia 8m+ yaa.. Masaknya juga sudah mulai tumis-tumisan pakai Extra Light Olive Oil (ELOO), bisa juga pakai minyak kelapa/sawit biasa. ELOO ini bisa jadi booster bb loh.
Oh ya, ada tips untuk penyimpanan dan cara menghilangkan bau amis ikan salmon. Emang beneran amis banget loh baunya >.<
  1. Potong ikan salmon sesuai dengan porsi yang dibutuhkan, tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Masukkan ke dalam plastik ziploc. Masukkan ke dalam freezer
  2. Malam sebelum dipakai, taruh ikan di kulkas bawah agar mencair esnya
  3. Cuci bersih, kemudian rendam dengan air perasan jeruk nipis kurleb 15 menit. Tapi jika menggunakan perasan air jeruk nipis takutnya rasa asam meresap ke dalam daging ikan. Jadi bisa juga direndam dalam parutan ketimun.
Bahan:
  1. 1 sdt ELOO, saya pakai merk Borges karena ada label halalnya
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. 1/2 sdt bawang putih cincang
  4. 1/2 sdt keju
  5. 3 sdm daging salmon cincang
  6. 1 sdm wortel parut
  7. 100 ml kaldu
Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay terlebih dahulu lalu bawang putih
  2. Masukkan daging salmon dan wortel, tumis sebentar
  3. Masukkan kaldu dan keju
  4. Aduk hingga mengental
Untuk bubur saya masak bubur polos. Gak boong deh enaaak banget menu ini. Wangiii. Saya aja suka 😀 Wuiiih Kenzie makannya super lahap. Mangapnya lebar. Kalau telat nyuapin dia teriak “mamam”. Hahaha. Ludeees semuanya yang ada dipiring. 
Reaksi Kenzie: Kenzie suka banget sama ikan salmon. Hari pertama makan salmon tanda alergi tidak muncul 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *