Uncategorized

Resep MPASI: Beef in Gravy (Saus Daging)

By on November 29, 2012
Hmmm.. Bosen deh bikin bubur tim terus. Semua bahan dicampur jadi satu. Pengen bikin bubur trus ada lauknya terpisah. Mariii ngubek-ngubek file milis MPASI rumahan lagi. Hihihi. Yup ketemu deh menu baru! Bikin beef in gravy aja deh. Mumpung ada persediaan daging giling di kulkas. Dan yang paling pentiiiing bahan-bahannya gampang di dapat. Hehe
Bahan:
  1. 1 sdt ELOO
  2. 1 siung bawang putih, cincang
  3. 2 sdm bawang bombay, cincang
  4. 250 gr daging sapi giling. Bisa juga diganti dengan daging ayam kampung atau hati ayam kampung
  5. 250 ml air matang, saya pakai kaldu juga
  6. 1 btg daun bawang, cacah halus
  7. 50 gr wortel, parut
  8. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan ELOO
  2. Masukkan daging sapi dan air matang/ kaldu, masak hingga daging berubah warna
  3. Masukkan bahan-bahan lain selain maizena, masak selama 15 menit dengan api kecil hingga matang
  4. Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental, angkat dan dinginkan
  5. Haluskan dengan blender atau food processor bila perlu
  6. Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan bila perlu
Kalau untuk Kenzie, takaran segini untuk 4 kali makan. Beef in gravy ini adalah lauk. Buburnya saya bikin bubur polos. Kalau saya sih saya tambahin keju biar rasanya lebih enak. Emang enak banget deh rasanya. Yummy! 
Fotonya kurang menarik nih. Hehe. Terlalu halus gravy-nya, terlalu lama diblender.

Reaksi Kenzie: Lagi dan lagi Kenzie lahaaap makannya. Seneng banget!

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tim Salmon Keju

By on
Udah dua hari menunya bubur salmon sayur. Hmm pengen coba menu baru takutnya Kenzie bosen tapi bahan yang dipake kurang lebih sama kaya menu sebelumnya. ya udah deh bikin yang gampang aja 😀 Tim salmon keju.
Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. Air sesuai kebutuhan
  3. 2 sdm daging salmon cincang
  4. Tempe secukupnya, iris-iris kecil
  5. 1 buah wortel kecil, parut
  6. 1 sdt keju parut
  7. 1 sdt ELOO
Cara membuat:
  1. Masak beras dan air di atas api kecil
  2. Tumis daging salmon menggunakan ELOO
  3. Setelah bubur setengah jadi masukkan wortel, tempe, dan ikan salmon
  4. Setelah masak masukkan keju parut, aduk
Gak kalah enak menu ini dibandingkan dengan bubur salmon sayur. Sama-sama enyaaak..
Reaksi Kenzie: Kenzie lahap hap hap makan menu ini. Ludes juga bubur yang dimasak. Seneeeeng deh rasanya kalau anak lahap makannya. Apalagi kalau makan makanan yang kita masak sendiri. Di hari kedua makan salmon mulai muncul bintik-bintik merah di lengan Kenzie. Tapi gak banyak. Gak separah kalau makan buah melon.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bubur Salmon Sayur

By on
Bosen dengan bahan makanan yang itu-itu aja. Nah pas belanja bulanan kemarin liat ikan salmon. Ya udah deh beli. Lagian Kenzie belum pernah nyoba makan ikan. Padahal belum cari resep yang pakai ikan salmon >.< Daaan pas baca-baca di milis, ada orang yang bilang klo ikan salmon itu high alergen, kenapa ga coba ikan tawar aja dulu untuk pertama kali. Doh! Mana Kenzie alergi lagi. Maminya makan udang atau ikan asin pasti muncul bintik-bintik merah kaya biang keringat di lengannya. Tapi bahan udah dibeli ya kita coba aja. Semoga gak muncul tanda alergi 😉
Setelah ngubek-ngubek milis akhirnya ketemu deh resep ikan salmon. Ternyata banyak. Tapi cuma dua resep yang paling mudah yang saya pakai 😀 Bubur salmon sayur dan tim salmon. Yuk kita bahas resep bubur salmon sayur. Menu ini untuk usia 8m+ yaa.. Masaknya juga sudah mulai tumis-tumisan pakai Extra Light Olive Oil (ELOO), bisa juga pakai minyak kelapa/sawit biasa. ELOO ini bisa jadi booster bb loh.
Oh ya, ada tips untuk penyimpanan dan cara menghilangkan bau amis ikan salmon. Emang beneran amis banget loh baunya >.<
  1. Potong ikan salmon sesuai dengan porsi yang dibutuhkan, tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Masukkan ke dalam plastik ziploc. Masukkan ke dalam freezer
  2. Malam sebelum dipakai, taruh ikan di kulkas bawah agar mencair esnya
  3. Cuci bersih, kemudian rendam dengan air perasan jeruk nipis kurleb 15 menit. Tapi jika menggunakan perasan air jeruk nipis takutnya rasa asam meresap ke dalam daging ikan. Jadi bisa juga direndam dalam parutan ketimun.
Bahan:
  1. 1 sdt ELOO, saya pakai merk Borges karena ada label halalnya
  2. 1 sdt bawang bombay cincang
  3. 1/2 sdt bawang putih cincang
  4. 1/2 sdt keju
  5. 3 sdm daging salmon cincang
  6. 1 sdm wortel parut
  7. 100 ml kaldu
Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay terlebih dahulu lalu bawang putih
  2. Masukkan daging salmon dan wortel, tumis sebentar
  3. Masukkan kaldu dan keju
  4. Aduk hingga mengental
Untuk bubur saya masak bubur polos. Gak boong deh enaaak banget menu ini. Wangiii. Saya aja suka 😀 Wuiiih Kenzie makannya super lahap. Mangapnya lebar. Kalau telat nyuapin dia teriak “mamam”. Hahaha. Ludeees semuanya yang ada dipiring. 
Reaksi Kenzie: Kenzie suka banget sama ikan salmon. Hari pertama makan salmon tanda alergi tidak muncul 

Continue Reading

Uncategorized

Selamat 9 Bulan, Baby K!

By on November 27, 2012
Halo anak mami yang ganteng. Selamat 9 bulan yaaa.. Selamat bertambah usia, selamat bertambah pintar!
Sudah besar ternyata anak mami. Sudah makin pintar. Sudah bisa marah juga. Hehehe. Duuh Kenzie tuh makin gemesin deh. Makin banyak tingkahnya. Alhamdulillah di usia 8 bulan Kenzie ga ngalamin sakit ya sayang. Kenzie sehat selalu. Amin. Yang pasti banyak perkembangan baru diusia 8 bulan.
  • Yeaay Kenzie sudah bisa duduk sendiri. Dari posisi merangkak trus mundur nempelin pantat ke lantai daaaaan duduk deh. Duduknya juga udah lama dan seimbang. Tapi Kenzie punya kebiasaan jelek nih suka buang badan seenaknya >.<
  • Merangkaknya sudah lancar car car. Bisa ngejar mami ke dapur. 
  • Ngocehnya jago banget. Rame deh kalo lagi ngoceh. Kalo lagi nangis manggil “mama mamaaaa”. Suka bersenandung juga. Hihihi
  • mulai merambat. Ngerangkak trus ada yang bisa jadi pegangan langsung deh berdiri. Kadang suka lepas tangan, tapi belum bisa seimbang 😀
  • Kalau dilarang suka marah >.<
  • Makin ga bisa jauh dari mami. Maunya sama mamiii terus. Baru digendong sebentar sama orang lain langsung minta gendong maminya. Mungkin karena bonding yang kuat kali ya, Kenzie ga mau jauh dari maminya.
  • Udah bisa dadah.
  • Udah bisa ngajakin bercanda.
Doa mami untuk Kenzie semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk Kenzie. Kenzie sehat, Kenzie makin pintar, Kenzie jadi anak yang sholeh, dan semua yang terbaik untuk Kenzie. Cepet bisa jalan yah, nak. Love u more and more.. :*

Continue Reading

Uncategorized

Review MPASI 8 Bulan Kenzie

By on
Lagi dan lagi telat cerita tentang review MPASI nya Kenzie. Maklum sekarang ga bisa sering2 depan leptop. Kenzie udah pengen ikut-ikutan maen leptop. Ikut-ikut ngetik, sampe-sampe satu tombol copot karena dicongkel sama dia >.< Maaf pih, leptop papi jadi rusak. Doh. 😀
Yuk mari kita review MPASI nya Kenzie.
  • Buah: buah yang dimakan sama Kenzie diusianya yang ke 8 bulan masih sama saja. Tapiiii, di 8 bulan ini Kenzie udah suka sama buah pir. Yeaaay! Jadi bisa ngebantu pencernaan dia yang suka sembelit
  • Sayur: masih sama juga dan ditambah dengan sayur brokoli
  • Karbohidrat: masih sama ditambah oatmeal
  • Serelia: masih mengandalkan tepung gasol beras coklat
  • Protein: masih sama dan ditambah daging sapi
  • Lemak: unsalted butter

Di usia 8 bulan, bubur Kenzie sudah tidak diblender atau disaring lagi. Jadi Kenzie sudah naik tekstur. Lagipula kalau masak buburnya menggunakan slow cooker, hasilnya sudah lembut.

Oh iya, berat badan Kenzie agak kurang untuk usianya di 8-9 bulan ini. Gara-gara sakit jadi ajah berat badannya turun banyak dan susah untuk naik. Karena itu saya cari tau bahan-bahan makanan apa saja yang bisa menjadi booster bb. Kata dokter makanannya harus mengandung sumber lemak. Langsung deh nanya ke mama-mama kece di milis MPASI rumahan. Nah, katanya sumber lemak untuk booster bb itu bisa didaptkan dari daging merah, kacang merah, Extra Virgin Olive Oil, Extra Light Olive Oil, dan unsalted butter. Sayang sepertinya Kenzie gak suka kalau makanannya dipakein unsalted butter, soalnya jadi ga lahap makannya. Mudah-mudahan dengan ditambah sumber lemak, berat badan Kenzie bisa nambah banyak. Amin
Masalah yang masih ada di masa MPASI nya Kenzie itu: sembelit. Huks. Kasian pupnya keras. Tapi kata dokter, anak yang sudah makan memang terkadang mengalami sembelit. Apalagi Kenzie lagi naik tekstur. Selain itu, karena beberapa kali pup keras dan Kenzie merasa sakit, jadi Kenzie males ngeden. Saya pernah lihat saat pup sudah mau keluar, ketarik lagi karena Kenzie ga kuat ngeden atau merasa sakit. Nah, pas saya cerita ke dokter, anak memang jadi sedikit trauma untuk ngeden karena takut sakit. Tapi hal itu masih wajar. Kenzie pup nya kadang tiap hari kadang 2-3 hari  sekali. Bunyi ususnya juga bagus jadi gada masalah sama pencernaannya. Alhamdulillah ya Allah. Semogaaaa Kenzie ga sembelit lagi yaaa. Pup anak yang sudah MPASI memang lebih padat. Gak lembek kaya waktu hanya minum ASI.
Gitu deh review MPASI 8 bulannya Kenzie. Mudah-mudahan bermanfaat buat yang baca. Hehehe.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Tim Daging Brokoli

By on November 23, 2012
Kali ini saya masak bubur tim menggunakan slow cooker (SC). Sebenernya masak menggunakan SC memakan waktu yang lama, yaitu 4-5 jam. Tapi enaknya, kita ga perlu selalu mantengin tuh bubur, bisa kita diemin aja buburnya. Ga akan gosong dan lengket. Jadi saya masak sekitar pukul 7 pagi, nah matengnya pas jam 12 siang, pas kan tuh sama jam makannya Kenzie.
Untuk tahu lebih lengkap cara masak menggunakan SC bisa dilihat di http://mpasirumahan.blogspot.com/2011/08/vlog-tips-dan-cara-membuat-bubur-tim.html
Saya pakai SC merk Takahi ukuran 0,7L.
Saya sudah beberapa kali masak tim daging menggunakan SC ini. Sekarang saya buat tim daging brokoli
Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. 50 gr daging sapi/ayam, cincang halus
  3. daun salam
  4. kurleb 350ml air matang
  5. 1/4sdt unsalted butter
  6. Brokoli
Bisa ditambahkan juga:
  • pelengkap: tahu, daun bawang, dll
  • sayuran: wortel, zucchini, bayam, brokoli (diiris halus)
Cara memasak:
  1. Ambil bagian bunganya saja dari brokoli, rendam dengan air garam beberapa saat lalu cincang
  2. Masukkan 4 bahan pertama ke dalam SC, masak selama 4-5 jam
  3. Setengah jam sebelum dicabut listriknya masukkan unsalted butter dan bahan pelengkap, tutup dan masak lagi
  4. 5-10 menit sebelum listrik dicabut masukkan sayuran (brokoli), masak lagi sampai waktu yang ditentukan
  5. Cabut listrik, aduk-aduk, dan biarkan sampai dingin

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bubur Bawang + Sup Sayur Kaldu Ayam Jahe (Menu untuk yang lagi Batpil)

By on
Ini dia menu untuk anak yang lagi batpil. Setelah ngubek ngubek milis mpasirumahan, ketemu deh menu untuk yang lagi batpil. Bagusnya makan makanan yang berkuah. Selain itu bubur bawang dan kaldu ayam jahe manjur untuk meredakan gejala batpil.
Pertama-tama kita buat dulu yuk kaldu ayam jahenya.
Bahan:
  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 2 siung bawang putih, geprek
  3. 1 kelingking jahe, georek
Cara membuat:
  1. Lumuri semua bagian ayam dengan bawang putih dan jahe
  2. Taruh ayam diwadah stainles, tim/kukus selama kurleb 45 menit, nanti ayam bakal ngeluarin kaldu sekitar 200-300ml
Ini saya ga pake 1 ekor ayam ya.. Hehe jadi cuma dapet sedikit.
Nah, setelah itu kita buat deh bubur bawangnya. Mudah kok.
Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. 1 siung bawang putih, geprek
Cara membuat:
  1. Masak beras sampai menjadi bubur dan tambahkan 1 siung bawang putih
Tahap akhir kita buat sup sayuran dengan menggunakan kaldu ayam jahe.
Bahan:
  1. 1 buah wortel ukuran sedang, parut halus
  2. 1 buah kentang ukuran kecil, parut halus
  3. bayam secukupnya, cincang halus
  4. 1 cangkir kaldu ayam/daging (saya pakai kaldu ayam jahe)
Cara membuat:
  1. Panaskan kaldu ayam, masukkan wortel dan kentang
  2. Setelah wortel dan kentang lunak, masukkan bayam, masak sampai matang
Reaksi Kenzie: Kenzie suka sama menu ini. Lumayan manjur untuk Kenzie. Gejala batuknya berkurang dan pileknya gak parah.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Sup Krim Jagung

By on November 12, 2012
Masih pake bahan yang sama, yaitu oat sekarang saya bikinin sup krim jagung untuk Kenzie. Resep ini saya dapat dari milis mpasirumahan.
Bahan:

  1. 2 sdm daging ayam/sapi cincang
  2. 1 sdm oatmeal, cairkan dengan 3 sdm air matang
  3. 150ml kaldu
  4. secuil pala bubuk (saya gak pake)
  5. 2 sdm jagung manis parut
  6. 1 sdt keju parut (saya gak pake)
Cara Membuat:
  1. Masak daging dengan air kaldu hingga matang
  2. Masukkan jagung, keju parut, dan pala bubuk
  3. Masukkan oatmeal, aduk hingga sup mengental
Oat nya sudah saya blender terlebih dahulu jadi lebih lembut setelah matang.
Reaksi Kenzie: Yeaay Kenzie suka sama sup krim jagungnya. Rasanya emang enak loh. 😉

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bubur Oat Saus Pir

By on
Hmmm.. bikin apa ya untuk Kenzie makan hari ini? Bosen juga kali ya kenzie kalau tiap hari makan bubur tim. Ya udah deh yuk kita bikin bubur oat aja 😉 Ada buah pir juga. Jadiii kita bikin bubur oat saus pir!
Bahan:
  1. 2 sdm oat (saya pakai quaker oat yang kemasan biru)
  2. 120ml air atau kaldu
  3. 1/2 buah pir
Cara Membuat:
  1. Masak oat dengan air atau kaldu sampai mengental
  2. Kupas kulit pir dan haluskan
  3. Simpan bubur oat di mangkuk dan siram dengan saus pir
Gampang kan ya cara buatnya. Heheh. 
Reaksi Kenzie: Kenzie lumayan suka sama bubur ini. Tapi karena sekarang lagi agak GTM jadi cuma sedikit makannya. 

Continue Reading

Uncategorized

Review MPASI 7 Bulan Kenzie

By on November 2, 2012
Halooo semuanya. fiuuh akhirnya ada waktu buat bikin review MPASI 7 bulannya Kenzie. Ya ampun, Kenzie udah umur 8m15d baru sempet bikin review-nya? Hihihi. Maklum saya fokus ngurus Kenzie. Kan Kenzie sempet dirawat pas beberapa mau umur 8 bulan. Ga ada waktu buat ngurus blog. Hehehe. Anaknya udah gak mau didiemin sekarang. Saya harus aktif ngajak main dia.
Oke, oke mari kita mulai review nya. Di usia 7 bulan, Kenzie sudah makan beberapa makanan tambahan seperti sayur dan sumber protein baik hewani maupun nabati. Beberapa makanan yang dimakan di usia 6 bulan masih Kenzie makan juga. Terutama buah-buahan.
  • Buah: pepaya, melon, alpukat, mangga, pir
  • Sayur: buncis, labu siam, bayam, wortel, jagung manis
  • Karbohidrat: kentang, beras putih
  • Serelia: tepung beras coklat, tepung kacang hijau
  • Protein: daging ayam, ceker, tahu putih/sutra

Warna kuning: makanan pencetus alergi

Di usia 7 bulan, saya coba kasih melon lagi ke Kenzie. Hasilnya masih sama. Setelah makan puree melon muncul bintik-bintik merah di lengannya
Warna hijau: makanan favorit Kenzie
Pertama kali bikin bubur saring bayam dipakein kaldu ceker buatan sendiri, makannya lahap banget.  Bubur nya wangiiiii. Pertama kalinya Kenzie makan sampai habis dengan porsi yang banyak. Mulutnya mangaaaap terus.
Pas usia 7 bulan, pas banget lagi musim mangga. Nah, di usia 7 bulan mangga udah boleh dikasih. Mangga jadi primadona di MPASI 7 bulannya Kenzie. Katanya mangga bisa melancarkan pup juga.
Saya ga bisa share gambar jadwal dan menu MPASI 7 bulan Kenzie karena gak bagus untuk dijadiin contoh. Hehehe. Ada tiga hari Kenzie gak makan karena di rawat. Kenzie muntah-muntah, tapi ga mencret. Malah pup sebelum dia muntah-muntah, teksturnya keras. Pas dijelasin ke dokter mungkin muntah-muntah karena usus penuh, kotorannya belum keluar semua. Jadi ada penumpukan. Jadinya 3 hari dirawat dan Kenzie gak dikasih makan dulu.
Kenzie mulai makan bubur saring di usia 7 bulan. Karena mulai naik tekstur ini, Kenzie mengalami sembelit. *sigh* Masalahnya masih sama nih semenjak mulai makan. Nah, pernah baca dari tweet nya orang, anaknya ga pernah sembelit karena tiap pagi menu sarapannya puree buah. Langsung deh saya rubah jadwal makannya Kenzie. Pagi: puree buah, siang dan sore: bubur saring. Lumayan manjur, hehehe. Jadi Kenzie banyak makan puree pepaya tiap pagi. Selain itu asupan air putih saya banyakin juga sekitar 180-200ml sehari. Gak lupa tiap pagi abis mandi saya pijat ILU di perutnya dan juga gerakan kaki seperti menggoes sepeda. 
Menu makan Kenzie masih belum terlalu variatif menurut saya. Soalnya bubur saring terus, hehe. Masih kalah sama para mama kece yang ada di milis mpasirumahan. Menu yang ada di milis macem-macem. Ternyata makanan bayi tuh ga sebatas bubur saring aja. Yuk ah kita belajar dan lebih semangat lagi hehe. Semangat bikin makanan yang sehat untuk anak. Selain sehat dibikinnya pake cinta juga, rasanya pasti super enak. 😉

Continue Reading