Uncategorized

Kenzie Dirawat :(

By on October 24, 2012
Minggu, 14 Oktober 2012
  • 17.15: makan sore, baru beberapa suap muntah banyak.
Senin, 15 Oktober 2012
  • Dari pagi sampai siang aktif, tidak ada tanda-tanda sakit.
  • 13.10: makan siang, 2 suap muntah banyak
  • 14.45: muntah agak banyak setelah minum air putih
  • 14.50: ukur suhu: 37,8 DC, minum paracetamol 0,8ml, muntah sedikit
  • sampai pukul 19.45 suhu di atas paling rendah 37,7 DC dan paling tinggi 37,9 DC
  • 19.45: muntah banyak pas lagi mimi
  • 20.00: Dibawa ke IGD RSIA Hermina Bogor, dikasih beberapa obat
  • 21.50: suhu 37,8 DC, minum paracetamol, muntah sedikit
  • 23.45: muntah pas lagi mimi
Selasa, 16 Oktober 2012
  • 04.30: minum  cairan pedialyte, muntah sedikit
  • 08.45: minum obat vometa, muntah sedikit
  • 09.30: makan puree pepaya 2 suap, muntah sedikit
  • 10.30: dibawa ke Poliklinik Afiat RS PMI Bogor
  • 12.00: masuk ruang rawat inap, suhu badan 38,8 DC
~Day 1~

Akhirnya Kenzie harus dirawat. Kenzie muntah-muntah, suhu badan tinggi, dan juga Kenzie terlihat lemas. Ya Kenzie lemaaaas sekali. Gak mau senyum, digendong nempel terus kepalanya, maunya bobo terus, dan Kenzie jadi males mimi. Yang biasanya liat mimi girangnya minta ampun ini gak ada ekspresi sama sekali.

Kenzie juga belum pup, terakhir pup hari Minggu 14 Oktober 2012, sedikit dan keras. Ada kemungkinan muntah-muntah Kenzie ini karena penumpukan kotoran di ususnya. Jadi, kalau makanan masuk akan keluar lagi. Tadinya Kenzie cuma diberi obat, tetapi karena saya ceritakan kalau Kenzie males mimi, apa yang masuk keluar lagi, dan juga dokter melihat kekhawatiran saya, jadinya Kenzie dirawat.
Setelah diinfus Kenzie langsung seger. Langsung ketawa-ketawa, tepuk tangan, udah ceria deh pokonya.  Suhu badan juga langsung normal. Setengah jam setelah diinfus kenzie bobo sendiri tanpa mimi. Bobonya agak lama. Pas bangun bobo Kenzie malah rewel, eh ternyata Kenzie muntah. Mungkin ga enak kali ya makanya rewel. Bobo malem lebih nyenyak, kebangun cuma pingin mimi aja.

Rabu, 17 Oktober 2012
~Day 2~
Hari kedua Kenzie lebih ceria lagi. Suhu badan sudah normal, tidak pernah demam lagi. Mulai gak bisa diem. Pengennya tengkurep, berdiri, padahal kan tangan masih diinfus. Ngeri infusnya ketarik pas dia lagi tengkurep. 


Kenzie juga sudah pup. Pupnya ga mencret dan juga ga keras. Kenzie udah gak muntah juga.

Kamis, 18 Oktober 2012
~Day 3~

Kenzie keliatan banget udah sehatnya. Beda dari hari pertama dirawat. Lihat deh fotonya, udah centil senyum-senyum. Hehehe. Mami yakin Kenzie pasti bisa pulang di hari ketiga. Tapiiii dokter lamaaaa banget dateng untuk visit. Biasanya dokter visit jam 9 pagi nah ini kok ga dateng-dateng. Eh dokter datengnya jam 2 siang. Alhamdulillah kata dokter Kenzie sudah bisa pulang.

Sebenernya Kenzie sakit apa?
Kenzie muntah-muntah dan badannya panas. Tapi Kenzie gak mencret. Berarti Kenzie gak kena muntaber. Justru Kenzie pup nya gak teratur malah pup nya keras. Nah, kata dokter mungkin perut Kenzie penuh karena pup nya belum keluar. Jadi ada penumpukan, kalau perut diisi yang ada keluar lagi. 
Aduuuh kasiannya anak mami. Mungkin porsi makan Kenzie terlalu banyak dan Kenzie belum kuat utk makan bubur saring yang teksturnya kasar. Maaf ya nak. Nanti mami bikin makanan yang gak bikin Kenzie pup nya keras.
Kenzie udah ya ini yang pertama dan terakhir kalinya Kenzie di infus. Amiiin. Sehat selalu ya Kenzie. Maafin mami kalau belum bisa ngurus Kenzie dengan baik sampai-sampai Kenzie dirawat. Maaf ya nak. :*

Continue Reading

Uncategorized

Happy 8 Months Sweetheart

By on October 19, 2012
19 Oktober 2012, hari ini usia Kenzie sudah 8 bulan. Selamat 8 bulan ya ganteng. Empat bulan lagi usia Kenzie 1 tahun loh. Aaah anak mami papi sudah besar. Banyak yang terjadi pada Kenzie di usia yang ke 7 menuju 8 bulan. Kenzie makin pintar dan Kenzie juga 2 kali sakit selama sebulan.
Kenzie 2 kali sakit selama sebulan. Pertama Kenzie kena batpil yang agak parah, kurang lebih 2 minggu. Kenzie juga demam. Panansnya sampai 38.5. Yang kedua Kenzie harus dirawat dari tanggal 16 Oktober sampai 18 Oktober. Kenzie muntah-muntah dan panas tinggi. Mami takut Kenzie dehidrasi jadi Kenzie dirawat. Alhamdulillah hari ini Kenzie sudah dirumah. Kenzie sudah sehat.
Apa aja sih perkembangan Kenzie di usia 7 bulannya? Ini dia perkembangan Kenzie.

  • Di usia 7 bulan berat Kenzie sudah mencapai 8,1 kg. Tapi karena Kenzie batpil selama 2 minggu berat Kenzie turun jadi 7,6 kg. Setelah sakit berat badan Kenzie sudah naik lagi. Sekarang berat badan Kenzie sudah kembali ke berat asal 8,1 kg. Panjang badan Kenzie sudah mencapai 69,5 cm.
  • Tekstur makanan Kenzie sudah meningkat. Kenzie sudah mulai makan bubur saring yang agak kasar. Kenzie juga sudah mulai mencoba makan sayuran dan sumber protein hewani serta nabati
  • Makin rajin ngoceh. mama, baba, papa, wawa, uh, huff, engeng, engeh, mamam. Paling lucu kalau mami telat nyuapin Kenzie, pasti Kenzie langsung bilang mamam. Hihihi
  • Kenzie sudah mulai merangkak. Sudah bisa 1-3 langkah. Pinteeeer. Tapi mami belum berani ngebiarin Kenzie merangkak di lantai, kadang Kenzie masih suka nyusruk. 😀
  • Kenzie lagi belajar duduk sendiri. Dari posisi merangkak Kenzie suka mundur-mundur trus pantatnya ditempelin ke kasur. Badannya sudah miring. Tinggal sedikit lagi posisinya langsung duduk
  • Kenzie maunya diriiii terus. Jarang mau duduk. Kadang suka berdiri sambil megang teralis jendela. Kalau dipapah juga Kenzie sudah jalan. Kenzie sudah bisa melangkahkan kaki.
  • Kenzie sudah muali mengerti beberapa perintah selain “kiss kiss mami dong”. Kalau ditanya “Cicak mana cicak?” Kenzie langsung liat ke atas sambil bilang “uuh, uuhh”. Sama kaya kalau ditanya “mpus mana mpus?” pasti mata Kenzie langsung nyari-nyari gitu. Kalau lagi digendong terus mami bilang “pukpuk mami dong sayang” Kenzie langsung tepuk-tepuk pundak mami. Kenzie juga udah pinter tepuk tangan. Kalau seneng langsung tepuk tangan. Kadang nangis tetep tepuk tangan. Hahaha
  • Yang pasti Kenzie semakin pintar dan aktif
Kenzie.. Selamat 8 bulan ya sayang. Semoga Kenzie sehat selalu. Kenzie jangan sakit lagi ya. Udah cukup sekali aja dirawatnya. Kenzie juga makin pinter ya sayang. Ayok tunjukin ke mami dan papi kemampuan Kenzie yang baru. Mami dan papi sayang banget sama Kenzie.. :*

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bubur Saring Tahu Wortel

By on October 14, 2012

Setelah coba bubur saring bayam, menu selanjutnya adalah bubur saring tahu wortel. Cara bikinnya sama aja seperti bubur saring bayam, hanya bahannya saja yang berbeda.

Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. air
  3. 1 buah wortel, potong-potong
  4. 1 potongan kecil tahu (bisa tahu sutra atau tahu biasa)
  5. daging dada ayam, cincang (ukurannya sesuai selera saja :D)
  6. 2 blok kaldu yang sudah dibekukan
Cara Membuat:
  1. Masak beras dan kaldu sampai setengah matang
  2. Masukkan wortel, tahu, dan ayam, masak sampai matang
  3. Setelah dingin blender atau saring menggunakan saringan kawat
Porsi ini untuk dua kali makan. Setengahnya saya taruh diwadah tertutup dan ditaruh di kulkas. Pas jam makan saya angetin di atas api kecil.

Reaksi Kenzie: Kenzie makannya ga selahap seperti makan bubur saring bayam. Tapi tetep banyak makannya. Di hari kedua makan bubur saring wortel, Kenzie gak pup. Di hari ketiga pupnya sedikit dan keras. Berarti harus saya amati nih apakah pencernaan Kenzie belum kuat untuk mencerna wortel yang akhirnya bikin pup Kenzie jadi keras.

Continue Reading

Uncategorized

Kalau Anak Sakit Katanya Sih Mau Pintar

By on October 10, 2012

“Oh lagi batuk pilek ya? Anget juga badannya? Mau pinter itu mah.”

“Ee-nya mencret warna hijau tapi ada kaya biji cabenya ga? Kalau ada mau pinter itu”

“Kenzie kurusan sekarang. Ngehampangin badan mau cepet jalan ya?” 

Ya, itulah beberapa kalimat yang saya dengar dari beberapa orang termasuk orang tua ketika Kenzie diare dan demam. Katanya kalau anak badannya anget atau panas tandanya mau pinter. Kalau anak diare tandanya mau pintar juga. Apa benar seperti itu? 
Waktu sekitar usia 4 bulan Kenzie ngalamin diare. Yang biasanya Kenzie bisa ga pup 10 hari, ini kok sehari 4-6 kali pupnya. Teksturnya cair tapi masih berampas. Ada seperti biji cabe. Saya cerita ke ibu dan mertua, katanya “mau pinter itu”. Cerita ke temen dapet tanggapan yang sama. Ah, tapi saya gak mau ngediemin Kenzie yg lagi diare. Walau pada bilang “gak apa-apa”. Orang dewasa ajah sampe dehidrasi kan kalau lagi diare, gimana bayi coba. Akhirnya saya bawa ke dokter. Sudah dikasih obat pun Kenzie masih diare. Totalnya Kenzie diare selama 2 minggu. Malah kalau sampe lebih dari 2 minggu Kenzie harus cek feses. Untung aja saya bawa ke dokter. Coba kalau nurut “gak apa-apa”. Waduuuhh saya ga tahu deh gimana keadaan Kenzie kalau gak saya bawa ke dokter.
Nah, 2 minggu yang lalu Kenzie kena batpil. Batpil kali ini agak parah. Kenzie agak sering kena batpil karena ketularan papinya. Akhir-akhir ini papi sering flu 🙁 Biasanya Kenzie kalo batpil cuma dengan home treatment terapi uap langsung sembuh sehari juga tapi ini agak parah. Ingusnya meler terus. Gara-gara dibawa keluar pas sore dan saat itu anginnya lagi kenceng. Jadi hari selasa sore Kenzie dibawa keluar, trus rabu pagi mulai meler, dan kamis subuh Kenzie panas. Suhunya sampai 38,5 derajat Celcius. Ngeri kejang. Sayangnya saya ga sedia paracetamol di rumah. Jadi harus nunggu jam 7 untuk beli paracetamol. Untungnya panasnya langsung reda setelah dia bobo. Kamis pagi langsung saya bawa ke dokter. Kalau panasnya sampai 3 hari Kenzie harus cek darah. Huaaa langsung degdegan saya. Sorenya Kenzie panas lagi 38,2 DC. Langsung saya kasih paracetamol. Setelah itu suhu Kenzie normal lagi. Sampai 3 hari suhunya normal. Pileknya agak lama nih sembunya. Sekarang ajah masih ada sedikit.
Gara-gara batpil plus demam itu, berat badan Kenzie turun 4 ons. Tadinya berat Kenzie udah 8kg eeeh minggu kemaren 7,6 kg. Keliatan langsing, mukanya jadi keliatan kecil. Sedih deh berat badannya Kenzie turun. Yang paling sedih pas ada orang yang ngomong dengan entengnya “sakit mau pinter tuh. trus ngurusin badannya,  ngehampangin badan mau bisa jalan kali”. Sedih dan kesel. Kenapa? Susah loh naikin berat badannya Kenzie, penuh perjuangan. Kenzie tuh ga segemuk bayi lainnya. Enak banget orang ngomong kaya gitu. 🙁 Apalagi sekarang, penambahan berat badan  di atas usia 6 bulan itu sedikit karena si anak udah aktif bergerak. Padahal pas beratnya 8kg di plot ke growth chart ada di garis ideal. Eh sekarang dibawah garis ideal.. Huks. Untungnya sih sekarang makannya udah lahap lagi. Semoga cepet naik lagi berat badannya.
Emang sih pas lagi sakit itu Kenzie mulai ngerangkak. Kenzie udah bisa merangkak 2-3 langkah gitu. Trus udah sering dari posisi merangkak, badannya mirng-miring kaya mau duduk.
Apa benar Kenzie sakit karena mau pintar? Saya sih ga terlalu percaya. Kalau Kenzie sakit saya ga pernah menganggap dia mau pintar. Sakit sedikit saya harus waspada, ada apa sama Kenzie. Apa yang harus saya lakukan. Saya ga mau ngediemin anak yang lagi sakit. Kalau sudah lebih dari sehari sakitnya ya saya bawa ke dokter. Kalaupun setelah sakit Kenzie punya kebisaan baru ya itu bonus aja buat Kenzie. Tapi waktu setelah diare Kenzie ga punya kebisaan baru tuh. Kasian juga ya kalau mau punya kebiasaan baru harus sakit dulu. Gak tega loh liat anak sakit, apalagi masih bayi gitu. Belum bisa bilang apa yang dia rasa 🙁
Sebelumnya maaf ya, bukannya saya sok ga percaya sama omongan para orang tua. Hehehe. Tapi yang namanya anak sakit jangan selalu dibilang mau pintar. Harus waspada juga, jangan ngegampangin. Kalau emang setelah sakit dia punya kebisaan baru ya Alhamdulillah aja. 🙂

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Mashed Potatoes Chicken

By on October 9, 2012
Mariii kita coba menu baru lagi untuk menu makannya Kenzie. Setelah browsing sana-sini tentang menu MPASI 7m+ akhirnya saya coba bikin mashed potatoes chicken. Kaldu udah ada, ayam dan kentang tinggal beli di warung.


Bahan:

  1. 1 buah kentang
  2. 2 blok kaldu
  3. daging ayam, bisa dikukus atau direbus terlebih dahulu lalu haluskan
Cara membuat:
  1. Kukus kentang lalu haluskan
  2. Panaskan 2 blok kaldu
  3. Masukkan daging ayam dan kentang
  4. Aduk-aduk sampai matang
Kalau di resep yang ada di milis mpasirumahan, daging ayamnya langsung dimasak dengan kaldu. Tapi karena Kenzie belum bisa makan yang kasar jadi ayamnya saya kukus dan dihaluskan terlebih dahulu.
Reaksi Kenzie: Ekspresi suapan pertama agak aneh. Tapi Kenzie tetap mau makan. Sepertinya Kenzie masih gak suka sama kentang, jadi makannya cuma sedikit deh. Tanda alergi juga tidak muncul saat makan kentang, tidak seperti waktu di usia 6 bulan.

Continue Reading

Uncategorized

Resep MPASI: Bubur Saring Bayam

By on
Halooo semuaaa.. Baru sempet update blog lagi nih tentang MPASI 7 bulannya Kenzie. Maklum Kenzie udah ga bisa ditinggal jadi ya waktu habis buat Kenzie. Hehehe. Kali ini saya mau berbagi resep bubur saring bayam. Sebenarnya Kenzie sudah makan beberapa macam bubur saring, yaitu bubur saring labu siam, bubur saring buncis, dan bubur saring wortel. Namanya sih bubur saring, tapi gak saya saring. Pernah saya saring pake saringan kawat tapi Kenzie belum mau yang terlalu kasar, jadi buburnya saya blender. Saya blender ga terlalu halus biar masih ada teksturnya. Belajar pelan-pelan makan yang bertekstur.
Kenzie makan 3 kali sehari. Pagi makan puree buah, siang dan sore makan bubur saring. Alhamdulillah sampai saat ini  saya selalu memberi makanan homemade untuk Kenzie.. Yeaaayy!!
Komposisi bubur saring Kenzie: karbohidrat+sayuran+protein. Harusnya ditambah sumber lemak untuk booster berat badan Kenzie yang turun gara-gara sakit, cuma saya belum ke supermarket untuk beli olive oil atau butter unsalted.  Sebenernya daging merah juga bisa jadi booster berat badan, tapi di warung jarang sedia daging merah. Huks.
Bubur saring bayam ini wangiii banget. Gurih juga rasanya. Wangi dan gurihnya berasal dari kaldu ceker yang saya buat sendiri. NO GULA GARAM untuk makanan Kenzie 😉
Resep kaldu ceker

Bahan:
  1. 5 buah ceker ayam
  2. 1L air
  3. 1 batang seledri, cincang kasar
  4. 1 lembar daun salam

Cara membuat:

  1. Rebus ceker di dalam 1L air
  2. Setelah air sedikit berkurang masukkan seledri dan daun salam
  3. Masak sampai air mengental lalu saring kaldu
  4. Masukkan kaldu ke dalam ice cube yang ada tutupnya lalu masukkan ke dalam freezer
Resep Bubur Saring Bayam

Bahan:
  1. 1 genggam beras
  2. Air
  3. 1 blok kaldu
  4. 7 lembar daun bayam, cincang kasar
Cara Membuat:
  1. Masak beras di atas api kecil
  2. Setelah bubur hampir jadi masukkan kaldu dan daun bayam
  3. Masak sampai matang
  4. Dinginkan lalu diblender atau disaring menggunakan saringan kawat

Porsi ini untuk dua kali makan. Setengah porsinya saya taruh dikulkas dan diangetin saat waktunya makan sore.

Reaksi Kenzie: Waaaah Kenzie selalu lahap makan bubur saring bayam ini. Dan baru tadi Kenzie makan lebih banyak dari porsi biasanya. Saat makan bayam tidak muncul tanda alergi. Pup nya juga sama seperti jika Kenzie makan menu yang lainnya.

Continue Reading