Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Growth Chart: WHO Anthro

August 6, 2012
~Aduuuh.. Berat badan Kenzie normal gak ya di usianya sekarang? Kok Kenzie gak gendut ya? Kok Kenzie gak kaya bayi lainnya yang seumuran ya berat badannya?~
Begitulah pertanyaan saya tiap kali kontrol ke dokter. Sering juga saya menanyakan ke @ID_AyahASI dan @drOei . Siapa sih yang gak pengen anaknya punya pipi yang chubby dan badan yang montok? Saya salah satunya πŸ˜€ Pasti gemes kan liat bayi montok kaya gitu. Tapi, Kenzie gak seperti itu. Kenzie tidak montok. Malah Kenzie terlihat kecil. Di usianya yang 5 bulan 1 minggu beratnya 7,04kg. Sedangkan ada anak teman yang seumuran beratnya sudah 8,5kg. Nah loh, beda jauh kan. Iri? Ya saya agak sedikit iri. Tapi lagi-lagi saya ingat kalimat yang sering saya dengar dan saya baca “Bayi ASI itu ada yang gemuk dan ada yang kecil. Ingat sehat itu gak perlu gemuk dan gemuk itu belum tentu sehat”. Selain itu, kadang saya suka menanyakan berat badan bayi yang saya temui di dokter. Ada yang usianya 6bulan beratnya baru 6,5 kg dan bayi itu mimi ASI. Oh, berarti memang bayi ASI ada yang kecil dan ada yang gemuk. Tapi banyak juga yang bilang Kenzie gemuk. Kalau denger ada yang bilang gitu seneng banget rasanya.
Karena berat badan Kenzie yang agak kecil inilah saya tergoda kembali untuk memberikan sufor. Begitu bilang mau pkai sufor, papi langsung tegas bilang “Ngapain sih pakai sufor? Mungkin memang postur tubuh Kenzie kecil, mi. Biarlah Kenzie gak segemuk bayi lainnya, tapi Kenzie sehat”. Oke, siap pi. πŸ˜€ Lambat laun saya mulai tidak mempermasalahkan berat badan Kenzie.Selama 5 bulan ini berat badan Kenzie naik 600-900gram per bulannya. Berarti bagus kan? πŸ˜‰
Tapi kok saya masih belum tenang ya dengan masalah berat badan ini. Kenapa? Karena dokter selalu bilang perkembangan berat badan Kenzie bagus, tapi gak pernah di plot ke growth chart. Setiap nanya ke @ID_AyahASI dan @drOei jawaban mereka selalu “di plot ya ke growth chart”. Sampai usia Kenzie 4 bulan, belum pernah saya plot berat badannya ke growth chart. Growth Chart itu Kartu Menuju Sehat (KMS). Waktu zaman kita bayi sih orang tua kita nyebutnya KMS. Itu loh, grafik perkembangan berat bada yang diisi tiap kita datang ke posyandu. Nah, dari situ ketahuan kan perkembangan berat badan anak bagus atau kurang. Sebenernya sih di buku catatan kesehatan Kenzie yang dikasih rumah sakit ada tuh growth chart dari WHO, tapi ukurannya keciiiiilll banget. Pusing liatnya.
Mimin @ID_AyahASI ngasih link untuk download growth chart yang dikeluarkan oleh WHO. Growth Chart ini dibedakan untuk anak laki-laki dan perempuan.  Growth chart sudah saya download, tapi masalahnya saya gak punya printer jadi yaaa belum bisa plot ke growth chart deh. Link untuk download growth chart: https://sites.google.com/site/downloadayahasi/home
Growth Chart Anak Laki-Laki
Growth Chart Anak Perempuan

Pas saya baca-baca email dari  milis asiforbaby, ada yang ngasih link untuk download Growth Chart WHO Anthro. Jadi, disitu dikasih link untuk download aplikasinya yang bisa diinstal di PC. Langsung deh saya download.
Udah beres di-install saya gak tahu cara pakainya. Setelah saya baca-baca lagi emailnya, ada yang ngasih link video tentang cara pakainya. Alhamdulillah. ternyata cara pakainya gampang banget. Hehe.

Berikut cara pakai Growth Chart WHO Anthro

1. Tampilan awal

Pilih Individual assessment
2. Pengisian Data
a. Data diri anak
– Klik tanda simbol tambah yang berwarna hijau
– Isi data nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama orang tua. Setelah itu simpan data dengan mengklik tombol disket.
– Setelah itu pilih nama anak dan klik simbol “open selected child” untuk mengisi perkembangan BB, PB, dan LK
b. Mengisi berat badan (BB), panjang badan (PB), dan lingkar kepala (LK)
– Klik “add new visit”
– Isi tanggal ketika anak diukur BB, PB, dan LK. Isi juga berapa BB, PB, dan LK anak. Pilih “Recumbent” jika anak diukur dalam posisi tiduran. Lalu “Save” data.
– Lakukan dari BBL sampai usianya sekarang. Lakukan berulang setiap anak diukur BB, PB, dan LK nya. Jangan lupa untuk selalu menyimpan data.
3. Melihat grafik
– Untuk mengetahui grafik, klik tanda tersebut
– Pilih “weight-for-age” untuk melihat grafik BB atau “length/height-for-age” untuk melihat grafik PB.

– Pilih “percentile”

– Pilih “multiple-points”
– Lalu akan mucul grafiknya. Untuk memperbesar blok grafik tersebut.
– Hasil grafik yang sudah diperbesar
Bisa terlihat BB Kenzie tidak berada di garis hijau tetapi di atas garis kuning. Memang tidak sesuai dengan berat badan yang ideal berdasarkan grafik tersebut. Lalu saya menanyakan ke @drOei apakah perkembangan BB Kenzie bagus. Beliau bilang perkembangannya masih bagus karena tidak berada di garis merah. Alhamdulillah walaupun tidak digaris hijau tapi perkembangannya masih bagus.
Sekarang kita harus jadi orang tua yang pintar. Kadang dokter tidak terlalu telaten dalam memeriksa anak. Seperti yang saya alami, dokter tidak pernah mencatat perkembangan BB dan PB Kenzie di growth chart, jadi ya saya sendiri yang harus rajin mencatat. Sehingga saya tau perkembangannya baik atau kurang.
Cara mengurus anak zaman sekarang berbeda dengan cara mengurus anak yang dilakukan oleh orang tua kita. Jadi cari tahu apa saja caranya dan bagaimana cara mengurus anak. Salah satunya, browsing di internet. Bisa juga follow orang-orang yang berkompeten di twitter, seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya. http://ceritamamikenzie.blogspot.com/2012/07/dari-tiwitter-saya-belajar-merawat.html
Berikut link untuk mendownload aplikasi WHO Anthro http://www.who.int/childgrowth/software/en/ dan link video cara pakai WHO Anthro http://www.youtube.com/watch?v=xG3Jg6bPCBs
Semoga tulisan saya bermanfaat yaaa…
  1. Baru kemarin download growth chart karena penasaran pengen bisa baca sendiri perkembangan baby, eh dapetnya yang anthroplus, ini bedanya apa ya? Yang setauku liat sih cuma ga selengkap yang anthro, anthroplus lebih simple..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *