Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Dari Twitter Saya Belajar Merawat Kenzie

July 4, 2012
Kok bisa ya belajar merawat anak dari Twitter? Ya, tentu bisa. Sekarang ini banyak sekali akun yang memberikan informasi tentang cara merawat anak. Awalnya saya follow @aimi_asi dan @ID_AyahASI. Kedua akun tersebut memberikan banyak informasi terutama tentang ASI. Awalnya saya tahu kedua akun tersebut dari teman. Namun saya gak mau follow @ID_AyahASI karena pas saya buka timeline-nya, wah bahasanya agak kurang sopan -menurut saya-. Suami saya pun gak mau follow karena alasan yang sama. Eh tapi, hari kedua pasca melahirkan saya mulai follow @ID_AyahASI. Hari kedua pasca melahirkan ASI saya belum keluar, lalu Kenzie kuning karena blilirubinnya tinggi. Nah, mulai dari situ saya coba follow untuk bertanya dan mencari informasi. I’m a newly mom. Cuma berdua sama suami ngurus Kenzie. Belum ada pengalaman tentang merawat bayi, belum tahu bagaimana cara merawat bayi, belum tahu seluk beluk tentang ASI, dan belum tahu permasalahan-permasalahan apa saja yang sering dialami bayi. Alhamdulillah dengan follow @aimi_asi dan @ID_AyahASI saya mendapatkan banyak informasi.

@ID_AyahASI
Sekarang saya merasa sangat menyesal kenapa gak follow kedua akun tersebut. Seharusnya sejak dari awal hamil saya sudah follow, karena twit mereka sangat-sangat bermanfaat, saya sudah tahu ilmunya sebelum melahirkan. Dari mereka saya mendapatkan semangat untuk tetap bisa memberikan ASI untuk Kenzie, padahal ASI saya sudah seret. Sampai Kenzie sempat minum sufor selama 1 bulan. Sekarang Kenzie sudah full ASI. Banyak pertanyaan  saya yang mereka jawab. @ID_AyahASI selalu bilang: “Gak ada ASI yang gak bagus”, “Biar ASI lancar harus happy”, “Syukuri berapapun hasil perah”. Ada satu kata sakti yang suka disebut mimin dalam menjawab pertanyan “Anyone?” 😛 (mimin siapa ya yang sering jawab begitu?). Kadang jawaban mereka lucu-lucu. Saya baru sadar jawaban-jawaban mereka yang pada awalnya saya anggap tidak sopan ternyata bisa menghibur busui agar bisa tertawa. Busui kan harus tenang dan senang agar hormon oksitosin lancar jayaaa. Dan saya bisa bilang, kalau saya jatuh cinta sama akun @ID_AyahASI . Terimakasih mimin-mimin yang super baik dan super konyol 😛

Tidak hanya menjawab pertanyaan seputar ASI, @ID_AyahASI juga menjawab berbagai pertanyaan seputar kehamilan, cara merawat bayi, dan lain-lain. Misalnya tentang penanganan bayi yang terkena batpil, obat-obat apa saja yang boleh dikonsumsi busui, makanan apa ajah yang boleh dimakan sama busui. Saat Kenzie kena batpil untuk yang kedua kalinya, saya sengaja gak mau bawa ke dokter. Saya coba home treatment yang diajarin sama para mimin  ini. Dengan home treatment terapi uap ruangan, batpil Kenzie gak separah batpil yang pertama. Gak ada tuh ingus yang ngalir dari hidungnya.
Kalau malem jumat, mimin suka bikin pertanyaan yang kocak dan mereka RT jawaban para followernya. Asli deh menghibur banget. Hehehe. Dan yang pasti, mimin ini ga pernah bosen jawab pertanyaan yang sama.
Selain berkicau di twitter, mereka juga memberikan informasi di blog mereka, http://www.ayahasi.org/ dan  http://aimi-asi.org/ . Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di twitter, jawabannya bisa dilihat di blog secara lengkap. Oh ya, AIMI ASI dan Ayah ASI membuat iklan layanan masyarakat yang meceritakan tentang ayah ASI. Ayah juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan menyusui. Menyentuh sekali iklan layanan masyarakat ini. Alhamdulillah papi melakukakan semua yang dilakukan ayah ASI dalam iklan tersebut. Bahagianya istri yang selalu dibantu sama suami dalam mengurus anak 🙂
Ayah ASI ngeluarin buku loh. Infonya bisa dilihat di http://www.ayahasi.org/2012/06/hrefhttpwww.html . 
Selain AIMI ASI dan Ayah ASI, banyak akun lainnya yang membantu saya dalam merawat Kenzie. Untuk bertanya kepada DSA, saya biasanya bertanya kepada @drtiwi , @drOei , @dr_piprim , @dr_Muzal (konsultan pencernaan dan hati anak), dan @dr_ardi . Pertanyaan yang sering saya tanyakan tentang perkembangan berat badan Kenzie, perkembangan bayi setiap bulannya, dan tentang pup Kenzie yang sedang kena diare. Mereka merespon twit saya dengan sangat baik. Tapi jangan kecewa juga kalau pertanyaan kita gak dijawab. Pasti banyak banget mention yang masuk ke mereka dan mereka ga bisa jawab semua pertanyaan yang masuk. Saya sih sering dijawab tapi suka ga dijawab juga. hehe.
Akun-akun lainnya yang juga membantu dalam merawat anak diantaranya, @MamaKokiHandal (untuk mempelajari MPASI), @dokteranakkita , @tipsmenyusui dan @BuahHati_TTV (akun acara Buah Hati Trans TV). Sebenarnya masih banyak akun lainnya tapi cuma akun-akun tersebut yang saya tahu dan saya follow.
Saya juga mengikuti milis asiforbaby , disana saya banyak bertanya tentang pengalaman-pengalaman baru yang bikin saya bingung dalam merawat Kenzie, meminta support untuk tetap memberikan ASI. Saya juga bisa membaca permasalahan-permasalahan dari ibu lainnya yang tentunya memberikan pengetahuan buat saya.
Twit akun-akun tersebut, blog AIMI ASI dan Ayah ASI, serta milis asiforbaby jadi bacaan wajib buat saya setiap harinya. Saya sarankan bagi bumil, busui, atau bahkan yang belum menikah untuk mem-follow akun-akun yang saya sebutkan tadi. Akun-akun tersebut sangat bermanfaat, memberikan kita banyak ilmu. Selain itu, saya mendapatkan banyak teman karena bertanya kepada mereka dan follower mereka ikut membantu pertanyaan saya.
Semoga bermanfaat ya 🙂
  1. Sy jg busui. Setiap hari (ga pernah ga),sy pasti panteng'in twitter utk baca TL @ID_ayahASI. M'hibur bgttt…. ASI lg seret aj bs LDR gr2 cekikikan baca kata2 lucu n' celetuk'an2 konyol mreka. 🙂 Thx bwt para mimin2 yg senantiasa ngbantu kami para busui. Seneng yaa mngetahui msih ad para ayah yg perduli akan penting'na ASI. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *