Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Terapi Uap Ruangan

June 26, 2012
Batuk Pilek (batpil), penyakit yang sering banget dialami sama anak-anak. Ya, Kenzie sudah dua kali kena batpil. Pertama waktu Kenzie umur 1 bulan dan yang kedua saat Kenzie umur 4 bulan (seminggu yang lalu). Kenzie selalu ketularan dari orang-orang. Waktu batpil yang pertama saya sampe gak tega litnya. Hidung Kenzie mampet, hidung penuh dengan ingus, dan batuk berdahak. Bayi baru umur 1 bulan udah ngerasain kayak gitu. Kita aja yang dewasa ngerasa sakit dan kewalahan kalau lagi batpil apalagi Kenzie 🙁 Pernah Kenzie sampai muntah mengeluarkan dahak berwarna kuning. Lemes rasanya liat Kenzie kaya gitu. Mata Kenzie sampe merah dan ngeluarin air mata. Rasanya pengen marah sama orang yang nularin batpilnya ke Kenzie. Ternyata gini ya rasanya jadi orang tua kalau liat anaknya sakit. Sedih banget. Batpil yang pertama ini Kenzie berobat ke dokter dan dikasih puyer. Kadang Kenzie suka muntah kalau dikasih obat. Dan pernah satu hari setelah minum obat Kenzie banyak banget tidurnya, melek cuma sebentar dan tidur lagi. Badan Kenzie lemes banget. Yang biasanya tangannya bertenaga ini nggak. Akhirnya saya berhentiin minum obatnya. 
Minggu kemarin Kenzie kena batpil lagi. Dan ini ketularan lagi. Huuft. Kesal rasanya. Kenzie sampai 2 kali kena batpil padahal usianya baru 4 bulan. Kali ini saya gak mau berobat lagi ke dokter. Pasti Kenzie dikasih obat lagi. Saya takut Kenzie ngalamin hal yang sama. Saya pernah baca twit @ID_AyahASI tentang penanganan bayi yang kena batpil. Bayi yang terserang batpil sebenarnya tidak perlu minum obat, cukup banyak diberi ASI, dijemur, dan treatment terapi uap ruangan. Saya mencoba 3 hal tersebut. Dan alhamdulillah batpil Kenzie tidak parah, tidak seperti yang pertama. Memang Kenzie  pilek tapi tidak parah. Dengan terapi uap ruangan bukan berarti hanya dengan sekali melakukan batpil akan langsung hilang. Butuh beberapa hari sampai batpil benar-benar hilang. Terapi uap ruangan ini bertujuan untuk mengencerkan dan mengeluarkan lendir, serta melegakan pernapasan.
Bagaimana sih terapi uap ruangan itu? 
  • Pertama sediakan air panas dalam sebuah wadah lalu teteskan dengan minyak kayu putih.  
  • Taruh wadah tersebut di pojokkan kamar
  • Tutup pintu kamar agar uap menyebar ke seluruh ruangan
  • Jika ruangan menggunakan AC, set AC agar tidak terlalu dingin, karena AC membuat udara menjadi kering
  • Lakukan beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal

Dalam sehari saya bisa 3-4 kali melakukan terapi uap ruangan ini. Mudah dan murah. Batuk pilek pun jadi tidak parah. Setelah sehari terapi uap ruangan, batuk Kenzie langsung hilang. Tinggal pileknya saja, tapi pilek itu cuma sedikit, tidak sampai mengalir terus dari hidung. Terapi uap ruangan ini berhasil buat Kenzie.

Silahkan mencoba ya buat ibu-ibu lainnya. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *