Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Air Susu Ibu Perahan (ASIP)

May 14, 2012
Awalnya sih saya ga menganggap ASIP ini penting karena saya ibu rumah tangga yang tinggal ngeluarin payudara kalau Kenzie minta mimi. Saya pun gak beli peralatan dan perlengkapan untuk ASIP. Tapi ternyataaa ASIP itu penting banget -bagi saya-. Apalagi waktu Kenzie di rawat di perinatologi karena kuning. Karena saya ingin memberikan ASI eksklusif, saya harus memberikan ASIP untuk Kenzie. Saat itu saya belum punya peralatan dan perlengkapannya sama sekali. Aaaahh nyesel banget rasanya kenapa gak beli. Untungnya RSIA Hermina Bogor menyediakan pompa untuk ASI jadi saya hanya membeli botol saja untuk menyimpan ASI. Karena di 1 lantai hanya ada 1 alat pompa, jadi pakainya bergantian dengan ibu yang lain.
Saya ini orang yang malas untuk pumping (memompa ASI) -sampai sekarang-. Jadi payudara sering bengkak karena saat kuning Kenzie malas menyusu. Padahal harusnya saya rajin pumping, pasti saya punya stok ASIP yang banyak sampai sekarang. Karena Kenzie males mimi  waktu kuning, lalu campur sufor setelah sembuh, dan saya males pumping, alhasasil ASI saya seret. Tapi sekarang ASI saya sudah banyak lagi karena Kenzie sudah berhenti sufor dan saya mulai agak rajin pumping. 
Enaknya ibu rumah tangga nyetok ASIP, kalau kita mau berpergian tapi anak gak dibawa, si anak tetep bisa minum ASI, gak perlu minum sufor. Jadi ibu bisa pergi dengan tenang.
Alat Pompa ASIP
Breast Pump
Breast pump terdiri dari 2 jenis, manual dan elektrik. Beberapa merk breast pump di antaranya, Little Giant, Medela, Tommee Tippee, Pigeon, Avent, dan lain-lain. Saya pernah memakai breast pump Medela elektrik, Little Giant elektrik, dan sampai sekarang saya pakai Little Giant manual. Saya lebih suka memakai yang manual, kalau yang eletrik puting terasa sakit karena kekuatannya berasal dari mesin walaupun bisa kita atur kekuatan pompanya. Harga breast pump Little Giant manual Rp 100.000
Breast Pump Little Giant Manual

Perah Tangan


Ada beberapa ibu yang lebih senang memompa ASI menggunakan tangan. Saya pernah mencobanya. Saat payudara sedang keras, ASI mudah keluar tapi kalau payudara lembek ASI susah keluar. Berikut gambar cara perah ASI menggunakan tangan dengan benar.
Memerah dengan Tangan
sumber: www.tahukahbunda.wordpress.com

Media Penyimpanan ASIP


Botol Kaca
Botol kaca yang saya gunakan merk nya PAX. Selain itu, ada juga yang menjual botol UC 1000 yang tutupnya sudah diganti dengan tutup plastik. Saya suka sekali tulisan di botol ini “Mum’s milk is the best”.
Botol Kaca

Kantong ASI


Kantong ASI yang saya pakai merk nya Natur. Saya beli Rp 40.000 isi 30 kantong. Ini kantong ASI merk Little Giant, bonus dari beli breast pump.
Kantong ASI

Cara Menyimpan ASI


Suhu Ruangan
  • Pada suhu ruangan hangat, ASI dapat bertahan selama 4 – 6 jam
  • Pada suhu ruangan ber AC, ASI dapat bertahan selama 10 jam

Kulkas


  • ASI yang baru diperah dapat bertahan selama 3 – 8 hari
  • ASI yang sudah cair (ASI yang diturunkan dari freezer) bertahan selama 24 jam
Botol kaca atau kantong ASI harus diletakkan dibagian paling dalam jangan dekat dengan pintu.
Freezer
  • Kulkas 1 pintu, ASI dapat bertahan selama 2 minggu
  • Kulkas 2 pintu, ASI dapat bertahan selama 3 – 6 bulan
  • Freezer khusus, ASI  dapat bertahan selama 6 – 12 bulan
Cara Menghangatkan ASI

Rendam Air Hangat

ASI dari Kulkas Bawah
ASI yang disimpan di kulkas bawah cara menghangatkannya dengan menaruhnya dulu pada suhu ruangan beberapa menit, lalu aliri botol kaca dengan air hangat atau rendam botol dalam mangkuk yang berisi air hangat. Usahakan tidak ada perubahan suhu yang drastis.
ASI dari Freezer
Sebelum dihangatkan untuk diberikan pada bayi, ASIP harus disimpan terlebih dahulu ke kulkas bawah sehari sebelumnya. Misalnya, ASIP akan diberikan besok, maka ASIP harus disimpan dulu di kulkas bawah pada malam hari ini. Cara menghangatkan selanjutnya sama seperti di atas.
Warmer
Selain dengan cara di atas, tersedia juga warmer yang digunakan untuk mengahangatkan ASI. Produsen breast pump memproduksi juga warmer nya.
Warmer Little Giant

 Media Pemberian ASIP
Media pemberian ASIP di antaranya, cup feeder, spoon feeder, dan pipet. Penggunaan dot kalau bisa dihindari karena bisa membuat bayi bingung puting. Saya menggunakan cup feeder dan dot untuk memberikan ASIP kepada Kenzie. Dot yang saya gunakan bentuknya mirip dengan puting, biar Kenzie tidak bingung puting.
Cup Feeder
Bentuk cupfeeder seperti gelas kecil. Bagian depannya didesain untuk memudahkan bayi meminum ASIP. Penggunaan cup feeder memang harus lebih hati-hati agar ASIP tidak berceceran. Bentuknya sudah didesain sedemikian rupa yang memudahkan bayi untuk meminum ASIP walaupun dari gelas. Cup feeder yang saya pakai dari Medela. Harganya Rp 15.000
Cup Feeder

Dot


Dot yang saya pakai merk nya Tomme Tippee. Sesuai dengan slogannya Closer to Nature, dot ini bentuknya memang menyerupai payudara. Awalnya saya pakai dot biasa tapi Kenzie jadi bingung puting. Sedih deh rasanya saat Kenzie gak mau mimi langsung. Akhirnya atas saran temen saya beli dot ini. Harganya sekitar Rp 55.000. Setelah pakai dot ini Kenzie ga pernah bingung puting.
Dot Tommee Tippee
Memompa ASI dapat membantu produksi ASI agar tetap terjaga. Yang saya tahu dari mimin @ID_AyahASI , waktu yang bagus untuk memompa itu sekitar pukul 01.00 – 05.00 . Tapi jam segitu waktunya kita tidur nyenyak ya. Hihihi.  
Harus ada keinginan yang kuat untuk melakukan kegiatan ini karena kegiatan ini membutuhkan waktu yang agak lama. Kalau saya sih kadang saat lagi pumping, eh Kenzie bangun dari bobonya, jadi tertunda. Kadang saat Kenzie lagi tidur, saya memanfaatkan waktu untuk makan atau mengerjakan hal lainnya. Tapi saya tetep berusaha untuk rajin pumping. Biar saya punya stok ASIP yang banyak.
Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya. Pengetahuan saya tentang ASIP baru sebatas ini. Mohon maaf jika masih ada yang kurang 🙂
  1. mom..aku pake brest pump little giant, Asi yang masuk ke botol cuma dikit sisanya merembes dari bawah corong.. apa aku salah pemakaian ya?

  2. Hi mom.. Salam kenal ya. Aku jg baru pake BP little giant manual ini. Jadi memang ga bisa mengalir langsung ke botol lewat corong ya? Ngumpul di corongnya aja. Cara benerin saringannya itu gimana mom biasanya supaya netesnya jadi banyak? Agak mulai frustasi ni soalnya.. Hehe. Pdhl lumayan enak dipakenya ya, ga sakit. Makasih sebelumnya.

  3. biasanya aku teken si saringannya itu. aku buka dulu jadinya. sepertinya kekurangannya disitu deh.. kadang asinya ga netes ke botol malah ngumpul di saringannya aja.. 🙁

    1. hai mbak salam kenal… yup ASI itu emang penting karena kandungannya yang luar biasa. Saya pikir menyusui itu tinggal sodorin payudara ke mulut bayi, tapi ternyata ada ilmunya. Dan juga saya salah satu yang menyusuinya butuh perjuangan di awal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *