Cerita Mami Kenzie & Keana

Sharing is Caring!
Uncategorized

Kenzie Pup-nya Gak Teratur

April 19, 2012
Aduuuuh.. Kenzie udah 5 hari nih ga pup. Tapi sebelumnya Kenzie gak pup selama 8 hari. Sebelumnya lagi gak pup selama 4 hari. Siapa coba yang ga bingung kalo anaknya ga pup. Pasti orang tua baru yang belum ada pengalaman bakal panik kalo anaknya yang tadinya pup-nya tiap hari sekarang jadi ga teratur gini. Ya itulah yang saya alami, panik, takut, dan bingung harus bagaimana.
Untungnya, walopun pup-nya ga teratur Kenzie ga pernah rewel atau mengedan sambil kesakitan. Berarti Kenzie gak mengalami sembelit.

Setelah 4 hari gak pup dan pas banget sama jadwal imunisasi, saya pergi ke dokter. Saya kasih tahu ke dokter A. “Dok, Kenzie udah 4 hari belum pup. Gimana nih dok, harus digimanain? Kenzie miminya campur sufor dok.” “Sudah 4 hari yah. Kalo lebih dari 5 hari harus diwaspadai. Ibu colok aja lubang anusnya pakai ujung termometer yang dikasih baby oil.”

Sampai di rumah, lubang anus Kenzie dicolok pakai ujung termometer. Besoknya Kenzie langsung pup banyak. Setelah itu, sampai 8 hari Kenzie gak pup juga. Saya makin takut karena ini lebih lama dari sebelumnya. Akhirnya saya dan papi nya bawa Kenzie ke dokter lagi. Kami pergi ke DSA yang lain, yang lebih enak diajak diskusinya. Kata dokter B “Gak apa-apa kok bu. Kenzie kentut kan? Kenzie sehat kok.” “Jadi gak apa-apa nih dok Kenzie belum pup? Apa perlu dikasih microlax?” “Gak perlu. Biar aja.” Sesampainya di rumah, gak berapa lama Kenzie pup. Hahaha.. Masa setiap mau pup harus ke dokter dulu.
Masalah pup ini sering banget terjadi pada bayi. Pada bayi usia 6 bulan yang baru mencicipi MPASI sering mengalami pup yang teratur. Bagi bayi yang menyusu ASI secara eksklusif, hal ini tidak perlu ditakuti karena ASI terserap secara sempurna oleh tubuh bayi sehingga tidak ada ampas yang harus dibuang. Sedangkan pada bayi yang mengonsumsi sufor, hal ini perlu diwaspadai karena bisa saja bayi mengalami sembelit karena tidak cocok dengan sufornya. Bagi bayi yang baru mencoba MPASI terjadi karena mereka baru memakan sesuatu yang baru.
Untuk mengetahui tentang pup bayi silahkan baca di blog @ID_ayahASI : http://www.ayahasi.org/2011/12/ini-pup-kumana-pup-mu.html
Sekarang Kenzie saya berentiin sufornya. Saya memberikan sufor karena merasa ASI saya kurang. Tapi karena pup Kenzie jadi ga teratur, takut karena sufornya makanya saya berentiin. Kenzie sudah mimi ASI aja, jadi saya ga akan khawatir kalau Kenzie gak pup selama beberapa hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *